Penting! Ini Lho Rekomendasi Tabungan Yang Cocok Untuk Anak Muda

Dibuat oleh blogunik

Ada banyak jenis tabungan yang cocok untuk anak muda yang belum berpenghasilan ataupun masih duduk di bangku sekolah maupun kuliah.

Rekening tabungan kini tidak lagi hanya untuk mereka yang sudah bekerja dan berpenghasilan, mereka yang belum bekerja dan masih duduk di bangku sekolahpun bisa memiliki rekening tabungan sendiri. Apalagi jika kamu merupakan mahasiswa rantau, akan sangat mudah jika memiliki rekening tabungan sendiri. Alasannya adalah untuk memudahkan kita menerima kiriman uang dari orang tua untuk segala kebutuhan hidup di rantau termasuk untuk membayar segala keperluan finansial selama kuliah. Dengan memiliki rekening sendiri, kita bisa mengatur keuangan sendiri dan lebih bertanggung jawab dengan uang yang kita miliki.

Masalahnya tidak banyak orang mengetahui jenis rekening apa yang paling bagus untuk menyimpan uang sesuai dengan tujuannya apalagi untuk anak muda ataupun remaja. Nah sebelum mencari tahu jenis rekening tabungan apa saja yang cocok untuk anak muda, lebih baik, ketahui terlebih dahulu beberapa tips dalam memilih dan membuka jenis tabungan untuk anak muda berikut ini!

Tips Memilih Tabungan Untuk Anak Muda

1. Pilih tabungan yang setoran awalnya kecil

Tips pertama yang bisa kamu perhatikan saat ingin membuka tabungan untuk anak ataupun remaja adalah dengan memilih jenis tabungan yang setoran awalnya minim dibanding dengan tabungan biasa.

Saat ini ada banyak bank yang membuka program menabung untuk anak dan juga remaja yang setoran awalnya minim dan tidak akan memberatkan kamu ataupun para orang tua. Kamu hanya perlu memilih yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

2. Jumlah setoran minimal tidak terlalu besar

Tips selanjutnya adalah memilih bank penyedia yang memungkinkan untuk menabung dengan jumlah setoran yang kecil. Sehingga anak-anak ataupun remaja bisa menabung dengan lebih mudah. Merekapun bisa menabung kapanpun saat mereka memiliki uang saku yang lebih.

3. Biaya admin rendah atau bisa 0 rupiah

Perhatikan juga biaya admin yang terpotong setiap bulannya. Jika kamu sudah berpenghasilan setiap bulannya, dikenakan biaya admin mungkin tidak akan terasa terlalu berat, namun bagi anak-anak dan remaja yang belum berpenghasilan, biaya ini tentu sangat memberatkan. Oleh karenanya, pastikan memilih tabungan dengan biaya admin seminim mungkin, bahkan jika ada, kamu bisa memilih yang 0 rupiah, agar tabungan tetap aman.

4. Pilih bank yang memberikan bunga pada jumlah saldo minimum

Salah satu keuntungan dari menabung adalah mendapatkan bunga. Meskipun tidak besar, namun bunga tabungan bisa membuat tabungan kita bertambah. Namun kebanyakan tabungan biasa hanya memberikan bunga pada jumlah saldo yang besar. Untuk itu, dalam memilih jenis tabungan untuk anak muda, pastikan kamu memilih bank yang memberikan bunga pada jumlah saldo minimum.

Rekomendasi Tabungan Yang Cocok Untuk Anak Muda

Setelah mengetahui beberapa tips dalam memilih tabungan untuk anak muda, kini saatnya kita cari tahu rekomendasi tabungan yang cocok untuk anak muda. Berikut ulasannya!

1. Tabungan BNI Taplus Muda

Rekomendasi Tabungan Yang Cocok Untuk Anak Muda

photo via twitter.com/BNI

Rekomendasi tabungan terbaik yang cocok untuk anak muda diawali dengan tabungan BNI Taplus Muda. Tabungan satu ini merupakan produk tabungan yang diperuntukkan bagi anak muda Indonesia mulai dari usia 17 tahun sampai dengan 35 tahun.

Taplus muda memberikan keringan dalam menabung karena setoran awal cukup kecil dan biaya administrasi lebih murah daripada tabungan biasa. Produk tabungan ini juga memberikan fasilitas yang cukup lengkap, terdiri dari BNI ATM, BNI Mobile Banking, BNI Internet Banking, BNI SMS Banking, dan BNI Phone Banking.

Biaya Administrasi BNI Taplus Muda

Setoran awal minimal :  Rp. 100.000,-
Setoran minimal selanjutnya (di counter Teller)  : Rp. 10.000
Biaya administrasi rekening : Rp. 5.000
Biaya penerbitan awal Kartu Debit BNI Taplus Muda Generik : Gratis
Biaya penerbitan awal Kartu Debit BNI Taplus Muda Personalized : Rp. 25.000
Biaya penggantian Kartu Debit BNI Taplus Muda karena hilang/rusak : Rp. 25.000
Biaya penutupan rekening : Rp. 50.000
Tunggakan biaya administrasi rekening Maksimal : 3x tunggakan
Tunggakan denda < saldo minimum Maksimal : 3x tunggakan
Tunggakan biaya administrasi kartu Maksimal : 3x tunggakan

Bunga BNI Taplus Muda

Tiering Saldo < Rp. 1 Juta – Suku Bunga 0,00%
Tiering Saldo ≥ Rp. 1 Juta s/d Rp. 10 Juta – Suku Bunga  0,25%
Tiering Saldo > Rp. 10 Juta s/d Rp. 50 Juta – Suku Bunga 0,50%
Tiering Saldo > Rp. 50 Juta s/d Rp. 100 Juta – Suku Bunga 0,75%
Tiering Saldo > Rp. 100 Juta – Suku Bunga 1,00%

2. Tabungan BNI Syariah iB Hasanah

Rekomendasi Tabungan Yang Cocok Untuk Anak Muda

photo via kataloghasanah.bnisyariah.co.id

Selain BNI Taplus Muda, kamu juga bisa memilih Tabungan Tabungan BNI Syariah iB Hasanah. Ini merupakan jenis tabungan yang cocok untuk mahasiswa yang memegang konsep syariah. Ada dua tipe yang bisa kamu pilih yakni akad/perjanjian wadiah dan mudharabah.

Kalau kamu ingin bebas biaya administrasi bulanan, kamu bisa memilih sistem akad/perjanjian wadiah. Namun kamu tidak akan menerima imbalan apapun selama menabung di BNI Syariah dengan sistem ini. Jadi berapa uang yang kamu simpan, maka jumlahnya tidak akan berkurang dan tidak bertabah.

Untuk Tabungan BNI Syariah iB Hasanah dengan sistem mudharabah, terdapat biaya bulanan untuk pengelolaan rekening dan kamu juga akan mendapatkan bagi hasil dari pihak Bank, sehingga tabungan kamu akan bertambah.

Fasilitas yang kamu dapatkan berupa BNI Syariah Silver Card yang memiliki jaringan ATM yang banyak. Fitur lainnya berupa e-Banking dan phone banking.

Untuk setoran awal juga tidak terlalu tinggi, hanya dengan Rp 100.000. kamu sudah bisa memiliki rekening tabungan BNI Syariah iB Hasanah.

Biaya-biaya BNI Syariah iB Hasanah

Pengelolaan Rekening per bulan : Wadiah Rp 0, Mudharabah Rp 5000
Tutup Rekening : Wadiah Rp 20.000, Mudharabah Rp 10,000
Saldo Minimum : Wadiah Rp 20.000, Mudharabah Rp 100.000
Biaya Dibawah Saldo Minimum : Wadiah Rp 0, Mudharabah Rp 10.000
Pembuatan Kartu ATM : Wadiah Rp 5.000

3. Tabungan Tahapan Xpresi BCA

Rekomendasi Tabungan Yang Cocok Untuk Anak Muda

photo via bca.co.id

Rekomendasi tabungan terbaik untuk anak muda berikutnya adalah Tabungan Tahapan Xpresi BCA. Ini merupakan salah satu produk tabungan yang dikeluarkan oleh Bank BCA. BCA Xpresi secara umum memiliki layanan kartu ATM yang tidak jauh berbeda dengan jenis tabungan lain yang dikeluarkan oleh bank BCA. Hanya saja nasabah tidak akan mendapatkan buku tabungan. Meski begitu, kamu masih bisa mengecek mustasi melalui aplikasi BCA mobile, SMS banking, maupun internet banking sehingga lebih praktis.

Setoran awal tabungan yang cukup ringan, yaitu hanya sekitar 50 ribu rupiah. Menariknya, fungsi kartu ini sama dengan Paspor BCA, dengan desain kartu yang lebih unik dan trendi sehingga cocok untuk anak muda. Kamu bahkan bisa membuat desain custom kartu ini dengan menambahkan foto sesuai dengan keinginan kamu.

Biaya-biaya Tabungan Tahapan Xpresi BCA

Setoran Awal Minimum : Rp50.000
Setoran Minimum Selanjutnya : Rp50.000
Saldo Minimum Ditahan : Rp10.000
Biaya Kartu / Ganti Kartu : Rp25.000
Biaya Administrasi per Bulan : Rp7.500
Biaya Penutupan Rekening : Rp10.000
Biaya Penarikan di Counter per transaksi* : Rp15.000

Suku Bunga

Saldo < 1.000.000 : Bunga 0,00
Saldo ≥ 1.000.000 : Bunga 0,10

4. Tabungan BCA Simpanan Pelajar (SimPel)

Rekomendasi Tabungan Yang Cocok Untuk Anak Muda

photo via bca.co.id

Ada juga Tabungan BCA Simpanan Pelajar yang bisa kamu jadikan alternatif untuk wadah menabung. Tabungan ini ditujukan untuk anak berusia 12-17 tahun dan belum memiliki KTP. Ini bisa menjadi pilihan untuk para orang tua yang ingin mengajarkan anak-anak agar lebih disiplin dalam mengelola keuangan.

Ada SimPel untuk anak di bawah 12 tahun, ada pula SimPel untuk anak berusia 12-17 tahun. Bedanya, untuk anak berusia 12-17 tahun, mereka bisa melakukan aktivasi PIN untuk kartu ATM.

Tabungan ini memberikan beberapa keuntungan seperti bebas biaya administrasi bulanan, setoran awal yang sangat minim dan masih banyak lagi. Kamu juga akan mendapatkan reward sebesar Rp 10 ribu untuk saldo rata-rata Rp1-5 juta dan reward hingga Rp50 ribu dengan saldo rata-rata di atas Rp5 juta.

Biaya-biaya Tabungan BCA Simpanan Pelajar (SimPel)

Setoran Awal Minimum : Rp 5.000
Setoran Minimum Selanjutnya : Rp 1.000
Saldo Minimum Ditahan : Rp 5.000
Saldo Maksimum : Rp 20.000.000
Biaya Penggantian Kartu : Bebas Biaya
Biaya Penutupan Rekening : Rp 5.000 atau Senilai sisa Saldo Jika dibawah Rp 5.000 dan dormant
Biaya Transaksi Debet : Rp 2.500 per Transaksi setelah transaksi ke-5
Biaya Pasif : Rp 1.000 per Bulan sejak bulan ke-13
Biaya Cetak Mutasi : Bebas Biaya

5. Tabungan BritAma Muda/BritAma X

Rekomendasi Tabungan Yang Cocok Untuk Anak Muda

photo via bri.co.id

BRITAMA Muda atau yang disebut juga dengan BritAma X merupakan salah satu produk tabungan dari Bank BRI. Tabungan ini memberikan berbagai kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan.

Tak kalah dari tabungan lain, BritAma Muda juga memberikan fasilitas layanan e-Banking seperti mobile banking, Internet banking, sms notifikasi, dll. Dengan setoran awal Rp 100.000, kamu akan bisa menikmati suku bunga tabungan yang kompetitif.

Uniknya, tabungan satu ini memberikan desain kartu debit khusus yang elegan berlogo Master Card sehingga disukai oleh kebanyakan kaum muda millenial.

Biaya-biaya Tabungan BritAma Muda/BritAma X

1. Biaya administrasi per bulan dengan saldo ≤ Rp 10 Juta sebesar Rp 11.000. Sedangkan untuk saldo > Rp 10 Juta sebesar Rp 12.000.
2. Kartu BRI tipe Classic dikenakan biaya sebesar Rp 2.000/bulan, sedangkan untuk kartu tipe Gold sebesar Rp 6.500/bulan.
3. Biaya administrasi penarikan dana di teller dengan jumlah ≤ Rp. 2.500.000 akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000, sedangkan penarikan > Rp. 2.500.000 hingga Rp. 5.000.000 biayanya Rp. 10.000.
4. Biaya penutupan rekening atas dasar kemauan nasabah dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000
5. Untuk pergantian buku tabungan dengan alasan rusak dikenakan biaya sebesar Rp 25.000
6. Jumlah limit transaksi antar cabang BRI hingga mencapai Rp 300.000.000

6. Tabunganku

Rekomendasi Tabungan Yang Cocok Untuk Anak Muda

photo via banksentral.com

Alternatif tabungan yang cocok untuk anak muda lainnya adalah Tabunganku. Tabunganku merupakan produk Pemerintah yang diselenggarakan bank-bank yang ada di Indonesia dengan memakai aturan standardisasi yang telah ditetapkan Bank Indonesia. Kamu bisa memilih produk Tabunganku dari Bank BCA, BRI, BNI dan bank lainnya sesuai keinginan kamu.

Di bank manapun kamu membuka rekening Tabunganku, kamu akan diberikan syarat paling mudah dan batasan nominal setoran yang paling merakyat. Tabungan ini cocok untuk anak muda dan bahkan segala kalangan umur.

Produk tabunganku membebaskan biaya administrasi bulanan, penggantian buku, dan biaya penarikan. Untuk membuka rekening tabungan ini, kamu hanya perlu setor awal sebesar Rp 20.000 (bank umum) dan Rp10.000 (BPR/syariah). Tabunganku juga memberikan bunga serta bonus wadiah yang bisa menambah jumlah tabunganmu.

Namun perlu diperhatikan bahwa setiap bank memiliki persyaratan dan aturan yang berbeda-beda untuk membuka produk Tabunganku. Selain itu, Tabunganku juga biasanya tidak memberikan fasilitas ATM dan layanan e-Banking. Jadi, setor tunai ataupun tarik tunai harus dilakukan di bank tempat kamu membuat rekening tersebut.

Biaya-biaya Tabunganku

1. Bebas biaya administrasi bulanan, penggantian buku, dan biaya penarikan.
2. Pembukaan rekening minimal setoran awal Rp20.000 (bank umum) dan Rp10.000 (BPR/syariah).
Minimal setoran tunai Rp10.000.
3. Saldo minimum Rp20.000 (bank umum) dan Rp10.000 (BPR/syariah).
4. Biaya penalti saldo dorman Rp2.000 per bulan (bank umum) dan Rp1.000 per bulan (BPR/syariah). Saldo dorman merupakan rekening yang tidak melakukan transaksi (pasif) selama enam bulan berturut-turut.
5. Minimal penarikan tunai di konter Rp100.000 (bank umum) dan Rp50.000 (BPR/syariah).
6. Biaya penutupan rekening atas inisiatif sendiri Rp20.000 (bank umum) dan Rp5.000 (BPR/syariah).

7. Tabungan CIMB OCTO Savers

Rekomendasi Tabungan Yang Cocok Untuk Anak Muda

photo via cimbniaga.co.id

Rekomendasi tabungan yang cocok untuk anak muda selanjutnya adalah tabungan OCTO Savers dari bank CIMB Niaga. Jenis tabungan ini akan membuat para anak muda merasa happy karena 60x bebas biaya setiap bulan. Salain itu OCTO Savers juga menawarkan benefit top up eWallet gratis hingga 20x. Penggunaannya juga sangat praktis karena tarik tunai ataupun bayar-bayaran bisa langsung dari HP. Setoran awal untuk membuka rekening tabungan inipun tidak terlalu tinggi, hanya minimal Rp 100.000 kamu sudah bisa memiliki produk tabungan ini.

Biaya serta syarat dan ketentuan lainnya

1. Syarat membuka tabungan dengan memiliki e-KTP
2. Setoran awal minimal Rp 100.000
3. Minimum saldo mengendap adalah Rp 50.000
4. Saldo rata-rata bulanan apabila < Rp 2 Juta, maka akan dikenakan biaya di bawah saldo minimum sebesar Rp 17.500
5. Bukti kepemilikan tabungan menggunakan e-statement
6. Apabila melakukan transaksi via counter teller, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000 per transaksi dan akan didebet otomatis oleh sistem pada hari berikutnya, kecuali untuk setor tunai & setoran awal.
7. Apabila rekening tabungan tidak aktif selama 6 bulan, maka akan dikenakan biaya dormant account sebesar Rp 5.000 per bulan.

8. Tabungan iB X-Tra CIMB Niaga Syariah

Rekomendasi Tabungan Yang Cocok Untuk Anak Muda

photo via cimbniaga.co.id

Kamu juga bisa mencoba produk tabungan iB X-Tra yang dikeluarkan oleh CIMB Niaga Syariah. Tabungan ini cocok untuk anak muda karena memberikan banyak kemudahan dan keuntungan untuk nasabahnya. Setoran awal untuk membuka tabungan ini adalah Rp 200.000, dengan fasilitas yang diberikan adalah kartu ATM dan layanan e-banking. Kamu bahkan dibebaskan biaya administrasi bulanan jika memiliki saldo rata-rata bulanan Rp 25 Juta.

Tak hanya itu, kamu juga bisa bebas biaya tarik tunai Mmaksimum 10 kali transaksi/bulan. Bebas biaya transfer maksimum 20 kali transaksi/bulan.

Tarif dan Biaya Tabungan iB X-Tra CIMB Niaga Syariah

1. Setoran Awal = Rp 200 ribu
2. Saldo Minimum Mengendap Rp 100 ribu (akad mudharabah)
3. Biaya administrasi (fall below fee) apabila saldo rata-rata dibawah Rp 25 Juta adalah Rp 17.500 (akad mudharabah)
4. Biaya dormant, Rp. 5.000,-/bulan
5. Tabungan akan ditutup secara otomatis jika rekening bertatus dormant dan bersaldo Rp 0,-.
6. Biaya Kartu Debit, Gratis
7. SMS Notifikasi (transaksi debet & kredit ≥ Rp 1 Juta) pendaftaran melalui OCTO Clicks, Cabang, Layanan CIMB Niaga 14041
8. Biaya SMS Notifikasi sebesar Rp. 6.000/bulan untuk 20 SMS pertama (SMS ke-21 dan seterusnya akan dikenakan Rp 350/SMS) Khusus untuk rekening yang dibuka hingga Okt 2017 sudah otomatis terdaftar

9. Tabungan CIMB Junior – CIMB Niaga

Rekomendasi Tabungan Yang Cocok Untuk Anak Muda

photo via cimbniaga.co.id

Tabungan untuk yang cocok untuk anak muda berikutnya adalah Tabungan CIMB Junior dari bank CIMB Niaga. Jenis tabungan ini diperuntukkan untuk anak berusia 0-12 tahun. Tabungan ini bisa menjadi solusi bagi orang tua yang ingin mengajarkan anak-anak menabung dari dini.

Jenis tabungan ini memberikan banyak keuntungan buat kamu, salah satunya adalah reward berupa koin yang akan semakin banyak kamu dapatkan jika kamu rajin menabung. Kamu juga bisa menggunakan kartu debit untuk berbelanja di toko manapun yang memiliki logo Mastercard dan dapatkan diskon atau penawaran menarik di merchant pilihan. Kamu bisa tarik tunai dengan Kartu Debit di semua jaringan ATM CIMB Niaga, dan semua ATM berlogo Mastercard, ATM Bersama dan Jaringan MEPS.

Setor awalnyapun tidak menyiksa dan kamu akan gratis biaya bulanan dan biaya administrasi karty debit. Untuk lebih lengkapnya, berikut ketentuan tarif dan biaya Tabungan CIMB Junior.

Tarif dan Biaya Tabungan CIMB Junior

Eligible Usia : 0 < 12 Tahun
Setoran Awal : Rp 100.000
Saldo Minimum Mengendap : Rp 50.000
Biaya Administrasi Bulanan : Gratis
Biaya Administrasi Kartu Debit : Gratis
Biaya bila saldo di bawah Minimum : Rp 5.000 (Jika Saldo rata-rata < Rp 1 Juta)
Biaya Dormant Account : Rp 5.000
Biaya Penutupan Rekening : Rp 50.000
Biaya Penggantian Kartu Debit** : Rp 20.000
Biaya Tarik Tunai : Free
Saldo sebelum penarikan < Rp 10 Juta dikenakan biaya tarik tunai :

  • Rp 7.500 (jaringan ATM Bersama & Prima);
  • Rp16.500 (jaringan MEPS); atau
  • Rp 30.000  (jaringan MasterCard / Cirrus).

Biaya Cek Saldo ATM Bersama/Prima : Rp 4.000
Master Card/Cirrus = USD 0.5
Biaya Transfer ATM Bersama/Prima : Rp 6.500
Biaya Transaksi Gagal karena Saldo tidak cukup ATM Bersama/Prima : Rp 3.000

Suku Bunga Tabungan CIMB Junior

< 1 Juta : 0,00%
≥ 1 Juta – < 1 Milyar : 0,25%
≥ 1 Milyar – < 5 Milyar : 0,75%
≥ 5 Milyar – < 10 Milyar : 1,00%
≥ 10 Milyar : 1,00%

10. Tabungan D-Save iB Danamon

Rekomendasi Tabungan Yang Cocok Untuk Anak Muda

photo via irfan.id

Satu lagi jenis tabungan yang cocok untuk anak muda karena memberikan banyak kemudahan adalah Tabungan D-Save iB dari bank Danamon. Tabungan ini merupakan salah satu produk tabungan dalam mata uang Rupiah (Rp) dengan prinsip syariah mudharabah (akad bagi hasil) yang dikeluarkan oleh Unit Usaha Syariah – PT Bank Danamon Indonesia Tbk yang diperuntukkan khusus bagi nasabah Perorangan.

Tabungan ini memberikan banyak keuntungan seperti persyaratan yang mudah, bebas biaya administrasi bulanan, bebas biaya tarik tunai, cek saldo dan Transfer Online antar Bank melalui ATM jaringan PRIMA/ATM Bersama/ALTO, tanpa ada syarat minimum saldo, masing-masing 10x dalam sebulan.

Kamu juga bisa menikmati fitur transaksi terkini melalui Internet Banking Danamon yaitu Danamon Online Banking dan aplikasi D-BANK. Menariknya kamu juga bisa mendapatkan bagi hasil dengan minimum saldo hanya Rp 500.000.

Tarif dan Biaya Tabungan D-Save iB Danamon

Setoran Awal Minimum : Rp 0
Saldo ditahan : Rp 0
Minimum Saldo : Rp 0
Minimum Saldo mendapatkan bagi hasil : Rp 500.000
Biaya Administrasi Bulanan : GRATIS
Biaya Penutupan Rekening : GRATIS
Biaya Panlti/administrasi di bawah saldo minimum : Rp 0
Saldo minimum Dormant kena Penalti/administrasi : Rp 0
Biaya Penalti/Adminstrasi Dormant : Rp 0

Nah itu dia beberapa rekomendasi tabungan yang cocok untuk anak muda, baik itu usia dini 0-12 tahun maupun usia remaja. Menabung diusia muda adalah salah satu cara agar kamu bisa mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Jadi sudah menentukan tabungan mana yang cocok dengan kamu ataupun anak kamu?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *