Tips Agar Skincare Bekerja Maksimal, Kamu Harus Tahu!

Dibuat oleh Blog Unik

BlogUnik.com – Berbulan-bulan sudah menggunakan skincare, tapi belum ada perubahan yang signifikan pada kulit wajah kamu? Jangan buru-buru ganti produk skincare, karena mungkin saja cara kamu dalam menggunakan skincare nya yang kurang tepat.

Perlu disadari bahwa sebagus atau semahal apapun produk skincare yang kamu gunakan, namun jika pemakaiannya kurang tepat, maka hasilnyapun akan kurang maksimal bahkan tidak akan memperlihatkan hasil apapun di wajah kamu. Kulit akan tetap kusam, berminyak, noda hitam dimana-mana hingga bruntusan. Ekspektasinya glowing, tapi realitanya tetap kusam.

Maka dari itu, sejumlah tips agar skincare bekerja secara maksimal berikut ini bisa banget kamu coba terapkan untuk mendapatkan hasil terbaik dari produk perawatan yang kamu gunakan. Untuk itu, berikut tips ahar skincare bekerja maksimal.

1. Eksfoliasi kulit wajah secara teratur

Tips Agar Skincare Bekerja Maksimal

photo via beautyblender.com

Mungkin banyak yang mengalami kasus dimana serangkaian skincare yang digunakan seperti serum dan pelembab tidak bekerja secara maksimal padahal kandungan skincarenya sudah cocok dengan kebutuhan kulit. Hal tersebut bisa terjadi karena ada penumpukan sel kulit mati yang menghalangi kulit menyerap berbagai kandungan skincare.

Maka dari itu, langkah pertama yang harus dilakukan untuk memaksimalkan perawatan kulit wajah adalah eksfoliasi secara teratur. Eksfoliasi sangat penting dilakukan untuk membersihkan sel-sel kulit mati, biasanya pengelupasan kulit akan terjadi 2 sampai dengan 3 minggu sekali. Tak hanya itu, eksfoliasi juga mampu mengangkat kotoran di dalam pori sehingga kulit tidak mudah berjerawat.

2. Perlakukan kulit wajah secara gentle

Tips berikutnya adalah dengan memperlakukan kulit wajah secara gentle. Banyak orang membersihkan wajah dengan cara menggosok wajah secara terburu-buru dan kasar, padahal, menurut American Academy of Dermatology, teknik ini harus dilakukan dengan lembut.

Menggosok wajah dengan kasar dapat menghilangkan pelindung alami kulit. Cara terbaik untuk membersihkan kulit adalah menggunakan ujung jari, setidaknya satu atau dua menit.

Oleskan sabun pembersih wajah, lalu lakukan gerakan memutar dengan ujung jari. Lalu, bilas sampai bersih dan untuk mengeringkannya, kamu hanya perlu menepuk-nepuk wajah menggunakan handuk yang lembut atau menggunakan tisu.

3. Ketahui kandungan skincare yang cocok untuk masalah kulit kamu

Tips Agar Skincare Bekerja Maksimal

photo via thezoereport.com

Sebelum membeli skincare, pahami terlebih dulu seperti apa jenis dan kondisi kulit kamu. Pasalnya ada 5 jenis kulit yang umum ditemukan di masyarakat yaitu kulit normal, kering, berminyak, kombinasi, dan sensitif. Jika kamu belum mengetahui tipe kulit yang dimiliki, maka kamu akan sulit menentukan skincare yang tepat.

Salah memilih skincare tidak akan membuat kulit wajah kamu membaik justru akan menyebabkan masalah kulit baru. Selain itu, kamu juga harus berhati-hati dengan iklan produk yang mengatakan produk kecantikan akan cocok untuk semua jenis kulit. Karena beda kondisi kulit maka akan beda kebutuhan.

4. Pahami urutan pemakaian skincare yang tepat

Setelah memilih skincare yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit, tips selanjutnya adalah memahari urutan pemakaian skincare yang tepat. Mengaplikasikan skincare dengan urutan yang benar akan memberikan hasil yang maksimal.

Mengkin kalian semua sudah mengetahui bagaimana urutan pemakaian skincare yang benar. Namun secara garis besar, pemakaian skincare yang benar diawali dengan double cleansing yaitu kegiatan membersihkan wajah dengan dua tahap pembersihan menggunakan bahan yang berbeda. Tahap pertama adalah dengan menggunakan pembersih wajah berbahan dasar seperti minyak (cleansing oil), susu (milk cleanser), dan air (micellar water) untuk membersihkan wajah dari makeup dan kotoran. Kemudian barulah membersihkan wajah menggunakan sabun pembersih.

Setelah mencuci muka, disarankan menggunakan produk secara berurutan dari yang paling cair dan bersifat water-based sampai ke produk yang lebih tebal atau berasal dari bahan dasar oil. Misalnya dimulai dengan toner, essence, serum, spot treatments, moisturizer, kemudian ditutup dengan produk oil di tahapan paling akhir.

5. Perhatikan kandungan skincare yang tidak boleh digunakan secara bersamaan

Tips Agar Skincare Bekerja Maksimal

photo via allure.com

Selain memilih skincare yang cocok untuk jenis kulit, kamu juga harus memperhatikan kandungan yang terdapat dalam masing-masing rangkaian sikincare yang kamu gunakan. Pasalnya ada beberapa kandungan skincare yang tidak boleh digabung atau digunakan secara bersamaan karena dapat membuat kulitmu merah dan iritasi.

Contohnya seperti Retinoid (Retinol) dan Alpha Hydroxy Acid (AHA), Retinoid (Retinol) dan Benzoil Peroksida, Retinoid (Retinol) dan Vitamin C, Retinoid (Retinol) dan Salicylic Acid, serta Soap-Based Cleanser dan Vitamin C.

6. Aplikasikan skincare semenit setelah mencuci wajah

Setelah mencuci wajah jangan tunggu terlalu lama untuk lanjut ke tahap rangkaian skincare selanjutnya karena dapat membuat hasilnya kurang maksimal. Setelah membersihkan wajah, sebaiknya langsung gunakan rangkaian skincare selanjutnya. Tapi, jangan juga sampai menunggu wajah menjadi kering, karena nantinya hasilnya kurang maksimal dan tidak terserap dengan sempurna. Setidaknya gunakan skincare semenit setelah mencuci wajah.

Ini karena setelah mencuci wajah, maka kulit akan berada dalam kondisi lembab. Kulit yang lembab akan jauh lebih baik daripada kulit yang kering. Dan penyerapan produk secara teknis akan 10 kali lebih baik jika langsung diaplikasikan setelah mencuci wajah.

7. Penting untuk menjaga kelembapan kulit

Tips Agar Skincare Bekerja Maksimal

photo via 100percentpure.com

Tips agar skincare bekerja secara maksimal berikutnya adalah dengan menjaga kelembapan kulit. Artinya jangan biarkan kulit menjadi kering ataupun terlalu berminyak. Pasalnya tekstur kulit yang lembap akan cepat menyerap kandungan aktif skincare ke dalam kulit, sehingga sangat disarankan untuk selalu menjaga kulit tetap lembab.

Nah cara membuat kulit tetap lembap ini bisa dilakukan dengan penggunaan pelembab atau moizturizer dan juga sunscreen dengan kandungan yang sesuai dengan masalah kulit kamu. Moizturizer dan juga sunscreen juga menjadi produk skincare yang wajib digunakan tanpa kecuali.

8. Gunakan retinoid dan retinol di malam hari

Bila kamu menggunakan skincare yang mengandung retinoid dan retinol, sebaiknya digunakan pada malam hari. Ini karena retinoid dan retinol merupakan senyawa aktif yang mampu mempermudah pergantian sel kulit atau eksfoliasi kulit. Kulit baru biasanya masih sangat halus sehingga tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung karena berbahaya bagi kulit. Itulah sebabnya produk yang mengandung retinoid dan retinol sebaiknya digunakan saat malam hari sebelum tidur.

9. Simpan produk skincare dengan benar

Tips Agar Skincare Bekerja Maksimal

photo via buzzfeed.com

Nggak hanya cara pemakaiannya yang diperhatikan, cara penyimpanan produk skincare juga harus diperhatikan agar kamu mendapat hasil yang maksimal selama menggunakannya.

Ini bertujuan agar kandungan skincare yang ada di dalamnya tidak hilang atau rusak. Usahakan selalu menyimpan produk skincare di tempat yang lembap atau tidak terkena sinar matahari secara langsung. Pasalnya ada beberapa kandungan seperti antioksidan dan ekstrak tumbuhan, yang tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung.

10. Jangan langsung mengganti skincare

Tidak ada skincare yang dapat bekerja secara instan, biasanya, waktu ideal untuk bisa menentukan apakah suatu produk tertentu bekerja dengan baik atau nggak di kulit kita adalah setelah 1-3 bulan pemakaian secara rutin dan konsisten.

Namun setelah pemakaian 3 bulan dan produk skincare tidak memberikan hasil yang diharapkan, jangan langsung mengganti seluruh produk perawatan kulit secara langsung. Sebaiknya lakukan secara bertahap dan coba ganti satu atau dua produk untuk melihat apa yang terjadi.

11. Lakukan secara konsisten

Tips Agar Skincare Bekerja Maksimal

photo via biospectrumasia.com

Setelah kamu mendapatkan skincare yang cocok untuk jenis dan kondisi kulit kamu, serta memahami cara pemakaiannya yang benar maka langkah selanjutnya adalah menggunakannya secara konsisten. Perawatan wajah menggunakan skincare, hasilnya tidak seinstan ketika kamu melakukan perawatan di dokter kecantikan.

Maka dari itu dibutuhkan konsistensi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi jangan pernah absen atau skip pemakaian skincare khususnya sabun wajah, pelembab dan sunscreen di siang hari meskipun kamu sedang sibuk dan capek ya!

Nah itu dia beberapa tips agar skincare bekerja secara maksimal. Perlu diketahui bahwa skincare yang bekerja dengan baik akan membuat kulit menjadi lembab, tidak kering dan tidak berminyak. Selain itu, kulit juga menjadi kenyal dan cerah, pori-pori wajah lebih mengecil serta bebas jerawat. Jadi lakukan tips skincare diatas untuk mendapatkan hasil yang maksimal ya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.