Tips Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Minder

2 tahun, by blogunik

Memiliki rasa percaya diri dapat mempengaruhi bagaimana cara orang tersebut berpikir dan bertindak, bagaimana cara mereka berpikir mengenai orang lain dan juga tingkat kesuksesan yang dicapai dalam hidupnya. Tapi bagaimana jika mereka tidak memiliki rasa percaya diri atau minder? Rasa minder atau rendah diri adalah salah satu sifat negarif yang dimiliki oleh manusia, rasa minder ini membuat seseorang merasa dirinya tidak layak, tidak berharga, tidak diterima, tidak dicintai dan tidak kompeten. Rasa minder ini juga akan mempengaruhi tingkah laku dan keputusan-keputusan yang akan mereka buat. Lalu bagaimana cara menghilangkan rasa minder ini? Berikut ini tips bagaimana cara menghilangkan rasa minder

1. Menerima Diri Sendiri

Tips Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Minder

Photo via : https://medium.com

Pertama-tama, hal yang penting yaitu kamu harus menerima diri sendiri apa adanya agar kamu tidak merasa minder. Jangan pernah berharap atau memimpikan memiliki penampilan yang sama dengan orang lainnya. Apalagi kamu bermimpi memiliki penampilan seperti artis-artis Korea yang terkenal cantik-cantik dan kinclong-kinclong. Pastinya setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing baik dalam hal fisik maupun sifat. Hanya saja kekurangan tersebut terkadang tidak terlihat oleh orang lain, karena yang kita lihat hanya yang lebih saja.

2. Menemukan Kelebihan Diri

Tips Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Minder

Photo via : http://www.cbld-center.com

Jika kamu sudah mengenali diri kamu sendiri, kamu bisa menemukan kelebihan apa yang kamu miliki diantara kekurangan yang ada pada diri kamu. Kamu bisa menggunakan kelebihan yang kamu miliki ini untuk menghilangkan rasa minder tersebut. Menyadari memiliki kelebihan pada diri juga menjadi cara mencintai diri sendiri sepenuhnya.

3. Memperbaiki Penampilan

Tips Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Minder

Photo via : https://www.stitchfix.com

Selain menemukan kelebihan diri, kamu juga harus memiliki penampilan yang terawat. Kamu juga harus memperbaiki tata rias atau gaya berbusana kamu, coba ubahlah gaya berpakaian kamu yang lebih mengikuti zaman dan begitu juga dengan gaya rambut. Selain itu, pilihlah aksesoris dan gunakan make up untuk kamu para perempuan. Banyak-banyaklah mencari informasi tentang penampilan yang menarik sebagai refrensi kamu, selain itu kamu juga harus pintar memadu padankan busana kamu dengan aksesoris agar penampilanmu terlihat lebih segar dan menciptakan suasana baru.

4. Perbaiki Postur Tubuh

Tips Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Minder

Photo via : https://www.self.com

Tak hanya penampilan saja yang harus kamu perbaiki, kamu juga harus memperbaiki postur tubuh. Postur tubuh kamu juga akan menunjukkan seberapa besar tingkat percaya diri kamu. Jika kamu terbiasa berdiri tegak dan berjalan dengan langkah tegap dan pasti, hal itu akan mendukung untuk menaikan kepercayaan diri kamu. Namun jika kamu berjalan bungkuk dan berdiri dengan lesu, akan sulit rasanya menghilangkan rasa minder kamu.

5. Menghargai Pencapaian Diri

Tips Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Minder

Photo via : https://medium.com

Bersyukurlah dengan pencapaianmu saat ini sekecil apapun itu, karena setiap hal yang kita capai sebenarnya sangat berarti terutama jika hal tersebut berhasil terwujud karena kerja keras kita sendiri. Sudah sepatutnya kita memberi penghargaan pada diri sendiri dan bersyukur dengan semuanya itu. Tidak perlu menghamburkan uang banyak untuk itu, kamu dapat mengandalkan kreativitas untuk menyenangkan diri sendiri.

6. Mencari Dukungan

Tips Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Minder

Photo via : https://medium.com

Rasa minder itu tidak akan hilang tanpa adanya dukungan atau bantuan dari orang lain. Disini pentingnya orang yang mengerti dengan permasalahan yang kamu alami. Jika lingkungan sekitar kamu membuat kamu tidak percaya diri atau sumber dari semua perasaan minder, kamu bisa mencari teman yang akan memberikan dukungan. Jauhilah lingkungan yang hanya akan membuat kamu terpuruk lebih jauh lagi, ada baiknya kamu berteman dengan orang-orang yang akan membantu dan meningkatkan semangat kamu untuk memupuk rasa percaya diri.

7. Peningkatkan Pengetahuan

Tips Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Minder

Photo via : https://notanotherguide.com

Meningkatkan pengetahuan itu sangat penting, kamu bisa menyerap informasi apapun itu yang nantinya akan berguna untuk mengasah ketajaman daya berpikir kamu. Tak hanya itu saja, pengetahuan juga dapat memperluas wawasan kamu ketingkat yang lebih tinggi. Hal ini juga bisa menjadi sarana untuk kamu bisa lebih percaya diri lagi baik itu dalam pergaulan sosial, karir maupun pendidikan.

8. Berpikir dan Bertindak Positif

Tips Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Minder

Photo via : https://keithcraft.org

Tidak ada gunanya jika kamu selalu berpikir positif tanpa didukung dengan tindakan yang positif juga. Mewujudkan tindakan yang positif dalam kehidupan sehari-hari akan sangat berpengaruh kepada peningkatan rasa percaya diri seseorang. Usahakan untuk meminimalkan kebiasaan berpikir negatif agar tidak melemahkan semangat kamu untuk meningkatkan rasa percaya diri.

9. Kenali Diri Sendiri

Tips Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Minder

Photo via : http://lifecoachjb.com

Mengenali diri sendiri jauh lebih sulit ketimbang mengenali orang lain, sehingga kamu harus lebih paham lagi dengan diri sendiri agar kamu tidak merasa putus asa atau minder. Jika kamu mengenali apa yang dibutuhkan oleh diri sendiri maka kamu dapat berusaha untuk mencari dan memenuhi hal-hal tersebut.

10. Berbuat Baik

Tips Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Minder

Photo via : https://www.linkedin.com

Berbuat baik juga bisa menghilangkan rasa minder kamu, jika kamu memiliki kesadaran diri dan mampu berbuat baik kepada siapa pun itu dan melakukan hal yang positif secara otomatis kamu akan meningkatkan rasa percaya diri kamu dan yakin akan kemampuan diri sendiri. Selain itu, kita juga merasa berguna bagi orang lain dan hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri kamu.

11. Tetapkan Prinsip Hidup

Tips Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Minder

Photo via : https://www.jackcanfield.com

Memiliki prinsip hidup yang kuat dan tidak tergoyahkan, selain itu juga memiliki tujuan hidup dan dapat mengetahui arah yang harus dituju juga tidak akan membuat kamu merasa minder. Karena kepercayaan diri juga dapat didukung dengan prinsip hidup yang kamu pegang.

12. Berbagi Senyuman

Tips Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Minder

Photo via : http://www.hersheypark.com

Berbagi senyuman, meskipun terbilang sederhana tapi memiliki banyak maknanya selain itu dengan senyum juga bisa mempengaruhi rasa percaya diri kamu. Maka dari itu, mulailah untuk menyapa orang-orang yang ada disekitarmu dengan senyuman.

0
Artikel Terkait