Tips dan Cara Agar Menjadi Produktif Saat Pandemi

Dibuat oleh blogunik

Masa pandemi sudah hampir 2 tahun dan segala aktifitas kita masih dibatasi karena merupakan bagian dari protokol kesehatan. Namun ada beberapa diantara kita yang sudah bekerja secara langsung di kantor, tapi tak sedikit yang juga masih work from home.

Dengan situasi yang tidak menentu seperti ini, kita dituntut untuk bisa tetap produktip dan terus berkarya.

Memang tidak mudah untuk tetap produktif selama masa pandemi, terutama karena kegiatan kita terbatas hanya di rumah saja. Namun, ada berbagai macam tips atau cara untuk bisa tetap berkarya dan berkembang selama masa pandemi ini yang bisa kamu lakukan.

Tentu saja butuh tekad yang kuat, karena kadang saat di rumah rasanya ingin bermalas-malasan saja. Lalu apa saja kiranya tips untuk tetap produktif selama berada di tengah pandemi virus Covid-19?

Usahakan Bangun Pagi Setiap Hari

Tips agar produktif selama pandemi

Photo via spirossoulis.com

Bangun pagi menjadi awal dari segalanya. Berada di rumah terus rentan sekali membuat kita mengalami stres, sehingga pola hidup harus diperbaiki. Salah satunya ya dengan bangun pagi ini setiap hari. Kemudian kamu bisa mulai menghirup udara segar dan menikmati pemandangan pagi yang menyejukkan.

Buat Rencana-rencana

Meskipun di rumah saja, agar tetap bisa produktif kamu perlu memiliki rencana-rencana yang pasti. Misalnya saja setelah bangun pagi kamu harus mandi, pergi berbelanja, menanam bunga, mencoba resep baru dan sebagainya.

Karena dengan membuat rencana inilah maka hidupmu bisa lebih teratur selama pandemi. Ini juga membantumu untuk tidak hanya rebahan saja dan membuat diri sendiri semakin capek. Sebab, tak mudah beradaptasi dengan peraturan baru di tengah virus Covid-19 ini.

Berolahraga

Tips agar produktif selama pandemi

Photo via wirtual.co

Kamu sekarang punya banyak waktu untuk olahraga, dan kesempatan itu harus dimanfaatkan dengan baik. Kebanyakan berdiam diri di rumah dan tidak memperbanyak aktivitas kadang membuat tubuh jadi semakin lelah dan utamanya rasa malas akan bermunculan.

Oleh karena itu, ada baiknya bila mencoba untuk olahraga ringan selama di rumah. Bisa juga mencoba olahraga yang sebelumnya belum pernah dilakukan seperti zumba, yoga, dan sejenisnya yang akan memberikanmu kepuasan tersendiri.

Belajar Berbagai Hal Baru

Saat sebelum pandemi, rasanya belajar tentang hal-hal baru sangat sulit karena kita disibukkan dengan pekerjaan yang menumpuk. Tapi selama pandemi ini kamu bisa mencoba berbagai macam hal baru yang sebelumnya tidak pernah kamu lakukan.

Contohnya saja, membuat sebuah kerajinan tangan, masak resep makanan yang menurutmu sulit, dan semacamnya. Kemudian kamu juga bisa mencoba berjualan, memperdalam wawasan dengan belajar secara online dengan nonton video YouTube edukasi. Intinya hal-hal positif yang membuat waktumu terbuang dengan baik dan tidak percuma saja.

Mencoba Hobi yang Disukai

Tips agar produktif selama pandemi

Photo via timesindonesia.co.id

Kamu hobi menggambar? Menulis novel? Atau mungkin berkebun? Nah, ini saatnya untuk kamu mencoba hobi yang sejak dulu kamu senangi itu. Berada di rumah ada banyak hal yang bisa kamu lakukan agar tetap produktif, dengan cara menyalurkan hobi yang selama ini belum sempat ditekuni lebih lanjut.

Bahkan jika memungkinkan kamu juga bisa menghasilkan uang dari menyalurkan hobi ini. Karena sekarang zamannya sudah berubah dan mencari usaha sampingan bisa dilakukan secara daring. Jadi, tak perlu merasa bingung ingin melakukan apa, karena banyak referensi kegiatan yang bisa kamu coba.

Untuk menjadi produktif harusnya mudah saja, tapi kadang kita tidak terlalu niat melakukannya. Meski di rumah terus, tak berarti kamu harus pasrah dan diam saja. Sebaliknya, malah seharusnya ada hal-hal atau ilmu baru yang kamu dapatkan sehingga membuat wawasan semakin bertambah.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.