Tips Menjaga Hubungan LDR Agar Tetap Langgeng

by blogunik
 0  

Tips Menjaga Hubungan LDR

Kamu sedang menjalani hubungan LDR dan sedang mencari cara agar hubungan antara kamu dan kekasih tetap langgeng meski terpisah jarak? Tenang, ada beberapa tips LDR yang bisa kamu terapkan agar hubungan LDR yang sedang kamu jalani tetap langgeng!

Menjalani hubungan LDR (Long Distance Relationship) atau hubungan asmara jarak jauh memang bukan hal yang mudah untuk dijalani setiap pasangan. Kebanyakan dari mereka gagal menjaga hubungan mereka tetap harmonis bahkan tak sedikit pasangan yang memilih berpisah karena tidak sanggup menjalani hubungan asmara yang terhalang jarak ratusan hingga ribuan kilometer tersebut.

Meskipun bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti kamu dan pasangan harus menyerah dengan keadaan. Sadarilah kalau zaman sudah berubah, meski tidak bisa bertemu secara langsung karena terhalang jarak, namun ada banyak cara lain yang bisa kalian gunakan untuk berkomunikasi bahkan bertatap muka agar hubungan LDR kalian tetap awet dan bahagia. Untuk itu, berikut beberapa tips menjaga hubungan LDR agar tetap langgeng yang bisa kamu terapkan. So let’s check it out guys!

1. Tetap berkomunikasi dan bertatap muka lewat teknologi yang ada

Tips Menjaga Hubungan LDR Agar Tetap Langgeng

photo via excellence.sg

Tips agar hubungan LDR bisa berjalan dengan lancar dan tetap langgeng adalah dengan tetap menjaga komunikasi yang baik. Gunakan teknologi yang ada agar kalian bisa berkomunikasi dengan lancar bahkan melakukan tatap muka dengan panggilan video. Jangan hanya bertukar pesan singkat, pastikan juga kalian melakukan komunikasi dengan panggilan telepon dan video call. Selain dapat melepas rindu, komunikasi lewat video call juga dapat mengaktifkan hormon oksitosin, yaitu hormon kasih sayang, sehingga rasa sayang diantara kalian tetap terjaga.

2. Saling berbagi cerita keseharian

Jangan takut kehabisan topik pembicaraan karena harus berkomuniskasi setiap hari. Pasalnya kalian bisa saling membicarakan keseharian kalian satu sama lain. Hal menarik apa yang kamu lakukan saat itu dan apa yang kamu rasakan pada hari itu. Namun jangan egois, berikan kesempatan pada pasangan juga untuk menceritakan hal menarik dari kesehariannya. Saling mendengar dan saling menanggapi akan membuat hubungan LDR kalian terasa menyenangkan dan tidak membosankan meski terhalang jarak.

3. Saling percaya

Tips Menjaga Hubungan LDR Agar Tetap Langgeng

photo via huffpost.com

Kunci utama agar hubungan LDR tetap langgeng adalah dengan saling percaya satu sama lain. Rasa percaya terhadap pasangan memegang peran penting pada keharmonisan hubungan. Ketika pasangan kamu susah dihubungi, jangan langsung berburuk sangka dengan menuduhnya selingkuh, karena mungkin saja dia sedang memiliki kesibukan lain. Percayalah jika pasangan kamu akan tetap setia walaupun kalian terpisahkan jarak dan waktu karena beda negara. Jika kalian sudah saling percaya, maka hubungan LDR pun tak akan memisahkan hubungan kalian.

4. Saling jujur dan terbuka

Selain saling percaya, saling jujur dan terbuka juga menjadi syarat utama pasangan LDR jika ingin hubungannya langgeng. Cobalah untuk selalu berkata jujur kepada pasanganmu, tenang perasaan kamu selama menjalan hubungan LDR ataupun tetang kegiatan yang selama ini kamu lakukan. Jangan berbohong yang kemudian dapat memunculkan kecurigaan satu sama lain. Intinya kamu dan pasangan harus selalu saling terbuka menyangkut apapun apalagi jika melibatkan perasaan.

5. Saling pengertian

Tips Menjaga Hubungan LDR Agar Tetap Langgeng

photo via sarcasm.co

Tips menjaga hubungan LDR agar tetap langgeng berikutnya adalah dengan saling pengertian. Tekan ego masing-masing dan cobalah untuk mengerti kesibukan satu sama lain. Contohnya, jika pasangan memberi tahumu kalau dalam 2 hari ini dia tidak akan bisa menghubungimu terlalu sering karena kesibukkan pekerjaan, maka mengertilah dengan kondisinya tersebut.

Contoh lain, ketika pasangan kamu lupa menelpon, maka jangan langsung negatif thinking. Cobalah bersabar menunggu teleponnya atau kamu juga bisa berinisiatif mengabarinya terlebih dahulu. Namun jangan kelewatan sampai terkesan menerornya dengan pesan dan panggilan.

6. Selalu berpikir positif

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ketika menjalani hubungan LDR, maka kamu dituntut untuk selalu berpikiran positif. Abaikan atau hindari pikiran-pikiran negatif tentang LDR sebagai hubungan yang kurang sempurna. Jikapun ada hal yang membuat pikiranmu terganggu, lebih baik langsung komunikasikan secara baik-baik dengan pasanganmu.

7. Tetapkan tujuan yang sama

Meskipun kalian menjalani hubungan jarak jauh, bukan berarti kalian harus menjalani hubungan tanpa kepastian. Sebagai pasangan kalian harus memiliki visi dan misi yang jelas mau dibawa kemana hubungan kalian. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaanmu dan pasangan akan masa depan hubungan yang dijalani.

8. Saling mengirim hadiah

Tips Menjaga Hubungan LDR Agar Tetap Langgeng

photo via lifesavvy.com

Walau berjaulan dan terhalang jarak dan waktu karena beda negara, bukan berarti kalian tidak bisa romantis-romantisan. Selain melakukan komunikasi secara intim dan romantis, kalian juga bisa saling mengirim paket hadiah. Kamu juga bisa menuliskan kata-kata romantis di note dan tempelkan pada hadiah yang akan kamu kirim. Saling bertukar hadiah akan membuat kalian merasa dispesialkan oleh pasangan dan tentu akan membuat hubungan LDR terasa lebih romantis.

9. Hindari perdebatan tidak penting

Hindari perdebatan yang tidak penting merupakan salah satu tips agar hubungan LDR tetap langgeng. Ini karena menjalani hubungan LDR memang sulit, sehingga jika kalian bertengkar cara untuk menyelesaikannya hanyakan via telepon ataupun video call. Masalahnya, jika itu menyangkut perasaan tidak semua hal bisa diselesaikan via telepon. Maka dari itu, berusahalah untuk menghindari perdebatan yang tidak penting. Seperti kamu yang marah karena dia tidak mengangkat telepon darimu, ataupun karena dia membatalkan janji untuk berbicara seharian via telpon. Perdebatan-perdebatan kecil tersebut bisa jadi menjadi lebih parah karena kalian terpisah jarak dan waktu.

10. Sempatkan bertemu secara langsung

Tips Menjaga Hubungan LDR Agar Tetap Langgeng

photo via timesofindia.indiatimes.com

Sekali-kali kalian juga harus menyempatkan diri untuk bertemu secara langsung. Meskipun setiap hari melakukan panggilan video tetap saja pertemuan secara langsung memberikan sensasi yang berbeda bagi mereka yang menjalani hubungan LDR. Jadi, jika ada waktu untuk bertemu, manfaatkan kesempatan ini untuk mengunjungi pasangan, setidaknya 6 bulan hingga setahun sekali. Anggap ini sebagai perjalanan liburan kamu bersamanya. Namun bila tidak memungkinkan bagi kamu untuk pergi ke tempatnya, pilih satu kota atau negara lain yang berada di tengah-tengah jarak kamu dan pasangan sebagai destinasi liburan.

11. Beri ruang pribadi untuk menjalani kehidupan masing-masing

Meskipun komunikasi sangat penting bagi hubungan apalagi hubungan jarak jauh, namun bukan berarti kamu harus selalu mengobrol atau berkirim pesan pada pasangan. Kamu dan pasangan masih punya kehidupan pribadi masing-masing yang masih harus dijalani setiap hari. Cobalah beri ruang pada diri sendiri dan pasangan untuk menjalani kehidupan masing-masing seperti melakukan hobi ataupun kegiatan me time lainnya.

12. Membuat komitmen bersama

Ketika menjalani hubungan LDR, pasti akan ada banyak godaan yang menggoyahkan hubungan kalian. Maka dari itu penting halnya untuk membuat sebuah komitmen bersama. Komitmen diperlukan jika kamu dan pasangan ingin menjalin hubungan dalam jangka waktu yang lama meskipun sedang LDR. Komitmen juga bisa menjadi tanda bahwa hubungan yang kamu jalani memiliki masa depan dan tujuan yang jelas. Dengan menjaga komitmen hubungan kalian juga akan terhindar dari godaan seperti orang ketiga dll.

Nah itu dia beberapa tips menjaga hubungan LDR agar tetap langgeng yang bisa kamu terapkan bersama pasangan. Jadi masih takut menjalani hubungan LDR?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait