Tradisi Perayaan Ulang Tahun Yang Unik Dan Aneh Dari Penjuru Dunia, Ada Yang Ngenes Loh!!

2 tahun lalu, by blogunik

Perayaan hari ulang tahun memang selalu menjadi moment yang sangat berarti dalam perjalanan hidup kita. Bagaimana tidak, karena momen ulang tahun ini hanya diperingati satu tahun sekali. Pada peringatan hari kelahirannya, biasanya seseorang akan mengharapkan memperoleh ucapan selamat, doa-doa, bahkan hadiah atau kejutan dari orang-orang terkasih. Tradisi yang biasanya dilakukan adalah mengadakan pesta atau makan-makan bersama keluarga ataupun teman-teman. Namun tahukah kalian selain pesta ternyata ada juga tradisi lain yang menjadi ciri khas atau daya tarik dari perayaan ulang tahun itu sendiri, seperti di Indonesia, banyak remaja-remaja yang memperingati hari kelahiran teman atau keluarganya dengan menyiram mereka dengan tepunng dan air atau bahkan sampai melempari mereka dengan telur mentah. Memang terdengar menjengkelkan sih, namun tradisi tersebut memberikan perasaan haru loh bagi yang berulang tahun!. Tak hanya di Indonesia loh di negara-negara lain juga mempunyai tradisi-tradisi unik untuk merayakan hari ulang tahun, salah satunya ada yang tragis plus ngenes banget loh! Penasaran? langsung aja cek dibawah ini!.

 

1. Korea Selatan

Photo via : www.bbc.com

Photo via : www.food.com

Kalian yang suka nonton drama korea atau yang menyukai hal-hal berbau korea pastinya tidak asing dengan sup rumput laut atau bahasa koreanya miyeokguk yang hanya dimasak saat seseorang sedang berulang tahun. Yup!, sup rumput laut ini memang dimasak oleh keluarga atau orang-orang terdekatnya si ulang tahun. Kemudian mereka akan menyantap sup tersebut bersama-sama. Sup rumput laut memiliki kedudukan setara dengan kue ulang tahun di Korea Selatan. Hidangan sup ini biasanya diiringi dengan kata-kata “태어나줘서 고마워요” (tae-o-na-jwo-so go-ma-wo-yo),yang artinya “terima kasih sudah lahir di dunia ini”. Hhhmmm…hati terasa terenyuh kan dapat ucapan sederhana namun bermakna sangat dalam seperti itu??

2. Amerika Serikat

Photo via : fotografosbebesbcn

Photo via : www.today.com

Menghancurkan kue ulang tahun terdengar sayangkan di telinga kita, daripada dihancurkan mending dimakan bersama keluarga ataupun teman dekat, apalagi kalau kue nya kue kesukaan kalian. Namun kata sayang untuk menghancurkan kue di Amerika tidak akan pernah terucap karena di Amerika sana terdapat tradisi Smash-Cake. Sama seperti namanya, orang yang berulang tahun harus menghancurkan kue ulang tahun tambahan yang diberikan padanya. Selain dihancurkan, kue itu juga harus dibuat berantakan. Tradisi Smash-Cake ini biasanya dilakukan oleh anak-anak, namun masih ada juga orang dewasa yang menjalankan tradisi ini. Anak yang berulang tahun kemudian diminta untuk memakan kue ini sampai belepotan. Terdengar seru juga ya!

3. Vietnam

Photo via : thegoldenscope

Photo via : pierretrowbridge

Entah apa yang dirasakan oleh orang-orang Vietnam ini, karena mereka tidak merayakan hari ulang tahunnya. Orang Vietnam rata-rata tidak biasa merayakan ulang tahun. Menurut mereka, perayaan ulang tahun itu tidak terlalu penting. Jika ingin merayakan ulang tahun, biasanya akan dibarengkan dengan acara perayaan tahun baru. Hmm…anggapan orang memang berbeda-beda kan sobat, namun jika sekilas dipikir-pikir perayaan ulang tahun adalah perayaan bertambahnya umur, bertambah umur berarti semakin tua, semakin tua berarti semakin dekat dengan …. (kalian tau sendiri kan?), jadi ulang tahun dirayakan atau tidak itu tergantung dari orangnya masing-masing.

4. Italia

Photo via : www.shutterstock.com

Photo via : panda.ispras.ru

Photo via : roreyandcody

Gimana sih perasaan kalian saat ulang tahun bukanya hadiah atau ucapan selamat ulang tahun yang diberikan, namun jeweran sayang dari keluarga, teman atau orang-orang terdekat kalian. Yap, hal itulah yang terjadi di Negara Pizza, Italia. Memang terdengar cukup usil karena orang yang berulang tahun harus ditarik telinganya sejumlah dengan umur yang dirayakan. Jadi kalau kamu sedang berulang tahun ke 20, maka telingamu akan ditarik-tarik sebanyak 20 kali. Kebanyakan narik keju mozarella yang meleleh kali ya!

5. Tiongkok

Photo via : roreyandcody

Photo via : www.ocregister.com

Yang suka makan mie, ini nih peraturan makan mie yang dapat membawa keberuntungan. Orang Tionghoa mempunyai tradisi makan mie saat berulang tahun. Mereka percaya bahwa semakin panjang mie yang diseruput oleh orang yang berulang tahun maka akan semakin panjang umurnya. Mie yang diibaratkan seperti umur, baru boleh digigit dibagian akhir untuk mendapatkan karunia hidup yang lebih lama. Patut dicoba!!

6. Jerman

Photo via : www.realclear.com

Photo via : worldthruoureyes

Photo via : imgur.com

Kalian yang mau ulang tahun tapi masih jomblo dilarang pergi ke Jerman, karena percaya atau tidak percaya, masyarakat Jerman mempunyai tradisi unik untuk merayakan hari lahirnya seseorang. Untuk cowok jomblo yang merayakan ulang tahun, diwajibkan untuk menyapu tangga – tangga yang terdapat di balai kota. Kalau sudah bersih, nanti teman – temannya akan melempar kembali sampah – sampah ke tangga yang ia bersihkan. Kejadian ini akan terus berulang sampai ada cewek yang datang untuk mencium si cowok jomblo yang sedang berulang tahun itu. Alasan seorang cewek menciumnya ada yang karena kasian namun ada juga yang karena cinta beneran loh, namun baru berani nyatain pas ada kesempatan emas seperti tadi. Namun ngenes banget kan kalau tidak ada cewek yang mau menciumnya ya?. Kasihan!!

7. Jamaika

Photo via : www.dailyecho.co.uk

Photo via : www.getsurrey.co.uk

Tradisi perayaan ulang tahun di negara ini mirip bahkan sama dengan perayaan ulang tahun yang sering dilakukan para remaja di Indonesia. Mereka yang berulang tahun akan dilempari dengan tepung, bonusnya dengan lemparan telur mentah, sehingga mereka yang berulang tahun akan diselimuti dengan tepung dan telur disekujur tubuhnya. Haha…yang ini dijamin seru sobat, namun ingat ngelemparnya jangan keras-keras karena lumayan sakit loh kena lemparan telur, kena mata juga bisa bahaya, jadi yang ingin merayakan ulang tahun temannya dengan tradisi ini tetap harus berhati-hati ya!

8. Kanada

Photo via : www.alistgator.com

Photo via : julieladner.wordpress.com

Lain Jamaika lain Kanada, di Kanada tradisi ulang tahunnya sangat sederhana namun sangat unik, Mereka yang berulang tahun, khususnya anak perempuan, hidungnya akan diolesi mentega. Kenapa mentega? Blog Unik juga tidak tahu, namun dari beberapa sumber mengatakan kalau mentega yang memiliki tekstur licin itu dipercaya dapat menghindarkan sang anak dari nasib sial dalam hidupnya. Mungkin maksudnya jika ada nasib sial yang akan menghampiri mereka akan terpeleset karena licinnya mentega, hmmm..boleh juga. Meskipun agak tidak masuk akal, sampai sekarang sebagian masyarakat Kanada masih menjalankan tradisi ini.

9. Mexico

Photo via : parentingsquad.com

Photo via : www.revolvy.com

Kalian yang berulang tahun di Mexico ini pasti akan senang sekali karena kalian akan memukul kantung yang berisi banyak hadiah. Kantung berisi hadiah ini disebut Piñata. Piñata dibuat dari bahan sejenis kertas yang dibentuk menyerupai binatang. Benda ini lalu digantung menjuntai ke bawah, biasanya dari pohon atau di atap rumah. Lebih seru lagi, di dalam piñata akan diisi dengan hadiah. Orang yang berulang tahun diwajibkan untuk memukul keras-keras piñata tersebut sampai pecah. Seru baget ya kan??

10. India

Photo via : www.astroulagam.com.my

Photo via : wtfdown.com

India memang negara yang sebagian besar berumat Hindu, tak heran jika perayaan ulang tahun di India dipenuhi dengan adat istiadat setempat. Dalam tradisi Hindu, perayaan ulang tahun ditandai dengan memangkas rambut. Mencukur rambut sama artinya dengan menjauhkan orang yang berulang tahun dari roh-roh jahat masa lalu. Sekaligus menjadi simbol lahirnya jiwa yang baru. Selain rambut yang baru, orang yang berulang-tahun ini juga memakai baju berwarna-warni saat ke sekolah, dan membagikan cokelat kepada semua teman sekelasnya. Wah yang jadi temennya kecipratan rejeki juga yah!

11. Irlandia-Inggris

Photo via : WetRed.Org

Photo via : swankivy.com

Tidak tahu harus bersyukur atau tidak saat merayakan ulang tahun di Negara ini, karena seseorang yang berulang tahun akan digantung terbalik dan dibenturkan perlahan ke tanah untuk nasib yang baik. Jumlah benturan sesuai dengan umur orang tersebut plus satu untuk bonus nasib baik. Bayangkan saja jika yang berulang tahun menginjak umur 60 tahun bahkan lebih!.

12. Scotlandia

Photo via : Engadget

Photo via : SoloSoloku

Perayaan ulang tahun di Scotlandia ini terbilang cukup unik, mereka yang berulang tahun akan mendapatkan tepukan hangat di punggungnya, dimana tepukan hangat itu adalah keluarga atau orang terdekat yang menempelkan kertas catatan yang berisi ucapan selamat hingga harapan yang lebih baik bagi yang berulang tahun, tapi tetap saja ada teman-teman yang jahil dengan menuliskan kata-kata lelucon.

13. Inggris

Photo via : bodas.oliveryanes.com

Photo via : birthday-bumps.blogspot.com

Orang-orang Inggris selain menggantung terbalik orang-orang yang berulang tahun, ternyata mereka juga melempar orang yang berulang tahun ke udara. Tradisi ini sering dikenal dengan sebutan The Bumps, Selama seharian mereka yang berulang tahun akan dilempar dan diayun-ayunkan oleh keluarga maupun orang-orang terdekatnya. Tak tanggung-tanggung jumlah ayunan juga ditentukan oleh umur yang berulang tahun. Jadi bisa dipastikan mereka yang berumur 40 tahun akan menerima 40 kali ayunan ke udara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *