Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada di Hutan Amazon

1 bulan, by blogunik

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon

Siapa yang tidak tahu hutan Amazon? Meski belum pernah menginjakkan kaki ke dalam hutan tersebut, namun hampir semua orang tahu, kalau hutan Amazon adalah salah satu hutan paling berbahaya di dunia. Selain itu, hutan Amazon juga terkenal memiliki keragaman eksosistem yang menawan. Berbagai macam spesies hewan dan tumbuhan bisa hidup serta tumbuh. Selain keragamannya, keganasan dan keunikan hewan dan tumbuhan di Amazon juga sudah banyak dikenal.

Setidaknya sepuluh persen dari seluruh spesies di muka bumi tinggal di dalamnya. Dilansir dari World Wildlife Fund (WWF), ada 4.000 spesies tumbuhan, 427 spesies mamalia, 1.300 burung, 378 reptil, 400 amfibi, dan lebih dari 3.000 jenis ikan air tawar dalam hutan Amazon. Dari sekian banyak hewan yang menghuni hutan Amazon, ini lho beberapa tumbuhan dan hewan unik yang hanya bisa kita temukan di hutan Amazon. Let’s check it out guys!

Hewan Unik Di Hutan Amazon

1. Candiru Fish

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Candiru Fish

photo via travel.detik.com

Hewan unik pertama yang bisa kamu temui di hutan Amazon adalah candiru fish atau ikan candiru. Ikan candiru masuk dalam keluarga ikan lele. Ikan ini mendiami Sungai Amazon. Ikan ini memiliki ukuran yang tidak besar sehingga kerap disebut sebagai ikan tusuk gigi dan atau ikan vampir. Panjangnya hanya hitungan sentimeter. Kisaran panjang tubuhnya dari 5 sampai 40 sentimeter.

Ikan candiru begitu ditakuti oleh masyarakat yang tinggal di sekitar Sungai Amazon. Pasalnya banyak yang menyebutkan jika ikan ini bisa masuk ke dalam alat kelamin manusia baik pria maupun wanita. Paling banyak, ikan candiru menyerang alat kelamin pria. Jadi saat ada pria mandi atau buang hajat di dalam air, maka ikan tersebut akan masuk lewat penis. Kemudian, ikan candiru akan mengerogoti daging di dalam penis. Namun hal ini masih menjadi kontroversi dan banyak yang percaya kalau hal itu adalah mitos.

2. Potoo

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Potoo

photo via ebird.org

Selanjutnya ada Potoo. Potoo adalah sekelompok burung yang masih satu keluarga dengan nightjars dan frogmouth, burung ini bisa ditemukan di seluruh hutan hujan Amazon. Jenis burung Potoo ini dianggap memiliki postur yang tidak lazim bagi seekor burung dan sering mengeluarkan suara mengerikan saat bulan purnama yang oleh masyarakat sekitar dianggap sebagai suara dari roh-roh yang sudah meninggal. Matanya pun memerah saat terkena sinar, sehingga banyak yang menyebut jika Potoo termasuk ke dalam daftar burung-burung paling menyeramkan.

Burung potoo merupakan makhluk nokturnal yang menghabiskan hari-hari tanpa bergerak, dengan mata setengah terbuka, bertengger di atas tunggul cabang yang patah. Burung potoo juga pandai berkamuflase dimana mereka akan terlihat bagaikan batang pohon yang tak bernyawa.

3. Glass Frog

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Glass Frog

photo via modifikasi.com

Glass Frog alias katak kaca adalah hewan unik berikutnya yang bisa kamu termukan di Hutan Amazon. Katak kaca ini masih satu keluarga dengan Centrolenidae. Katak ini umumnya berwarna hijau, namun yang membuat unik adalah kulit bagian perutnya yang transparan sehingga memperlihatkan organ dalam si katak. Katak unik ini umumnya ditemukan dengan ukuran yang kecil dengan panjang berkisar antara 1,2 hingga 3 inci.

4. Jesus Lizard

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Jesus Lizard

photo via westerndigs.org

Jesus Lizard atau Kadal Basiliscus merupakan salah satu hewan unik penghuni hutan Amazon yang tentunya akan membuat kamu terpukau. Kadal satu ini diketahui memiliki kemampuan berlari diatas permukaan air. Saat melarikan diri dari pemangsa, kadal ini akan membuka jari-jari kakinya untuk menampakkan jaring khusus, dan dengan momentum yang cukup, ia berhasil berlari melintasi permukaan air hingga 20 meter. Kadal ini biasanya ditemukan di seluruh hutan hujan di Amerika Selatan bagian tengah dan barat laut, biasanya di dekat air pada ketinggian rendah.

5. Bull Shark

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Bull Shark

photo via wikipedia.org

Selanjutnya ada Bull Shark alias hiu banteng. Hiu yang kita tahu biasanya hidup diperairan asin, namun Bull Shark dapat hidup di air tawar, tidak seperti hiu lain yang perlu mempertahankan kadar garam di dalam tubuh mereka untuk bertahan hidup. Bull shark, salah satu hiu paling berbahaya di dunia ini, yang bisa hidup di air tawar dan air asin. Tubuh mereka sangat besar, beratnya bisa mencapai 315 kilogram, menurut laman Rainforest Cruises. Mereka sering menyerang manusia yang hidup di sekitar hutan tersebut.

6. Decoy Building Spider

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Decoy Building Spider

photo via dailymail.co.uk

Hewan unik yang ada di hutan Amazon berikutnya adalah Decoy Building Spider atau laba-laba pembuat umpan. Laba-laba baru ini diyakini milik genus Cyclosa. Laba-laba ini sebenarnya berukuran sangat kecil, panjangnya sekitar 5mm. Namun menariknya, meskipun bertubuh kecil, laba-laba ini mampu membuat umpan dengan ukuran berkali-kali-lipat dari ukuran tubuhnya. Laba-laba ini membuat umpan dengan cara mengumpulkan puing-puing, daun, dan serangga mati untuk membuat replika dirinya yang lebih besar. Ini pertama kalinya para ilmuwan mengamati spesies yang membangun replika dirinya lengkap dengan banyak kaki panjang. Para ilmuwan menduga bahwa laba-laba palsu dibangun sebagai umpan atau mungkin menjadi bagian dari mekanisme pertahanan mereka untuk membingungkan atau menyesatkan predator.

7. Capybara

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Capybara

photo via nationalgeographic.co.uk

Selanjutnya ada Capybara atau hydrochoerus hydrochaeris yang merupakan salah satu hewan unik yang terdapat di hutan Amazon. Hewan pengerat ini memiliki bobot hingga 65 kilogram dengan ciri-ciri fisik memiliki jari kaki berselaput yang menjadikannya perenang ulung. Selain itu, mereka juga dapat bertahan hidup di bawah air hingga lima menit. Seperti hewan pengerat lainnya, gigi depan Capybaras tumbuh terus-menerus untuk mengimbangi kerusakaan akibat memakan rumput. Capybara dewasa akan memiliki rambut kasar yang berfungsi sebagai penangkal cahaya matahari. Hewan ini memiliki rentang hidup rata-rata muda hanya empat tahun. Sebagai herbivora, mereka tidak berbahaya bagi manusia.

8. Arapaima

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Arapaima

photo via nationalzoo.si.edu

Arapaima adalah salah satu ikan air tawar terbesar di seluruh dunia yang bisa ditemukan di hutan Amazon. Beratnya bisa mencapai 200 kilogram dan panjangnya lebih dari 5 meter. Penduduk setempat suka memburu mereka karena kualitas dagingnya. Beberapa penduduk setempat menggunakan sisik tulangnya sebagai kikir kuku, dan lidahnya dianggap memiliki khasiat obat, digunakan untuk membunuh cacing usus jika dicampur ke dalam minuman.

9. Electric Eel

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Electric Eel

photo via blogionik.org

Electric Eel alias Belut listrik juga salah satu hewan unik yang mudah ditemukan di perairan hutan Amazon. Seperti namanya, belut ini dapat menyalurkan aliran listrik yang sangat kuat sekitar 300-650 volt melalui ekornya, yang biasanya cukup untuk menjatuhkan bahkan lawan terberat sekalipun, termasuk buaya. Mereka biasanya tidak menyerang manusia jika tidak merasa terancam.

Selain karena sengatan listriknya, belut ini juga dikenal karena perilaku perkembangbiakannya yang tidak biasa, pada musim kemarau, pejantan membangun sarang dari air liurnya untuk tempat betina bertelur. Sebanyak 3.000 anak dapat menetas dari telur seekor betina.

10. Pink Dolphin

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Pink Dolphin

photo via parody.fandom.com

Lumba-lumba yang kita ketahui biasanya memiliki warna abu-abu atau kebiruan yang tak ada bedanya dengan jenis ikan lainnya. Namun berbeda dengan jenis lumba-lumba yang bisa ditemukan di perairan hutan Amazon ini. Lumba-lumba di hutan ini memiliki warna pink sehingga disebut dengan Pink Dolphin. Spesies yang satu ini ternyata merupakan spesies lumba-lumba yang langka dan hidup diperairan amazon. Lumba-lumba sungai Amazon ini juga dikenal sebagai boto, bufeo ataupun lumba-lumba sungai merah muda dan merupakan spesies paus bergigi yang dikelompokkan dalam keluarga Iniidae. Tidak diketahui secara pasti mengapa lumba-lumba sungai ini memiliki warna merah muda yang berbeda, tetapi diperkirakan itu disebabkan oleh pembuluh darah kapiler di dekat permukaan kulit.

11. Sloth

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Sloth

photo via delfinamazoncruises.com

Hewan unik yang bisa ditemui di hutan Amazon berikutnya adalah Sloth alias kungkang. Kungkang, atau dalam bahasa Inggris bernama sloth, tidak pernah terburu-buru. Sebagian besar waktu mereka habiskan di ketinggian, pada cabang-cabang pohon. Mereka hanya akan turun ke tanah untuk buang hajat. Tak hanya pergerakannya yang lambat, hewan ini juga membutuhkan waktu hingga satu bulan untuk mencerna makanan. Mereka juga tidur hingga 10 jam setiap harinya, dan yang lebih unik adalah panjang lidah mereka bisa mencapai 12 inci.

12. Peanut Head Bug

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Peanut Head Bug

photo via commons.wikimedia.org

Sesuai namanya, serangga unik yang hanya ditemukan di hutan Amazon ini memiliki bentuk kepala yang menyerupai kacang yang masih dalam kulitnya. Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa kepalanya itu digunakan untuk mengelabui para pemangsanya. Bagi predator, kepala serangga ini akan terlihat seperti kadal, dan akan membuat mereka takut. Selain kepala kacang yang jadi metode pertahanan diri, juga terdapat titik merah dan hitam di bawah sayapnya, yang akan terlihat seperti mata besar jika dikepakkan. Selain itu, serangga ini juga bisa menyemprotkan racun bau. Di samping itu, serangga ini cuma unik, namun tak berbahaya.

13. Fishing Bat

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Fishing Bat

photo via oceana.org

Selanjutnya ada Fishing Bat alias kelelawar pemancing. Kelelawar pemancing ini adalah spesies terbesar dalam kelas kelelawar. Kegemaran dari hewan ini adalah memangsa ikan layaknya orang yang gemar memancing, kelelawar pemancing ini langsung menukik tajam dan langsung menancapkan cakar tajamnya pada ikan yang membuat riak pada permukaan air sungai. Mereka memiliki cakar seperti osprey dan memiliki moncong yang mirip dengan bulldog, sehingga mereka juga disebut “kelelawar bulldog”.

14. Bullet Ant

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Bullet Ant

photo via critter.science

Bullet Ant alias semut peluru merupakan jenis hewan yang bisa ditemukan di hutan Amazon berikutnya. Semut peluru ini bukan sembarang semut. Ukuran semut ini lebih besar dibandingkan semut yang ada di rumah-rumah. Dia dapat menyengat seperti seekor tawon. Alasan diberi nama semut peluru tidak diketahui jelas, mungkin karena ukurannya yang seperti peluru, atau karena sakitnya gigitan serangga ini sama seperti daging yang tertembus peluru. Selain itu, semut ini juga diberi nama semut 24 jam, karena rasa sakit dari gigitannya membutuhkan waktu 24 jam untuk hilang.

Semut ini sering dijadikan ritual khusus bagi suku Amazon, untuk menjadikan pria muda menjadi pria yang tangguh. Laki-laki yang berumur masih muda harus meletakkan tangannya di sarung tangan yang terbuat dari daun di mana di dalamnya di tempatkan ratusan semut peluru. Rasa sakit dan penderitaan dari gigitan semut itu bisa berlangsung selama berhari-hari.

15. Poison Dart Frog

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Poison Dart Frog

photo via thetimes.co.uk

Poison Dart Frog alis katak panah beracun merupakan hewan unik selanjutnya yang bisa ditemukan di hutan Amazon. Wujudnya memang cantik, namun 3 spesies katak ini berbahaya. Lebih-lebih katak panah beracun emas, yang dinilai mematikan. Katak ini adalah hewan paling mematikan di hutan Amazon. Satu miligram racun mereka sudah cukup untuk mengakhiri hidup manusia. Pemburu dari berbagai suku menggunakan racun katak ini untuk anak panah mereka, dan racun itu dapat bertahan hingga satu tahun penuh. Penampilan mereka sering mencuri perhatian karena terlihat begitu mencolok. Mereka bisa tampil dengan warna emas, merah, kuning, hitam, hijau, biru, atau tembaga.

16. Toucan

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon -Toucan

photo via cameoglassuk.co.uk

Toucan adalah burung prismatik dan menarik perhatian yang kebetulan merupakan salah satu makhluk terkenal di Hutan Hujan Amazon. Burung toucan identik dengan bulu hitamnya yang khas, bib putih dan paruh besar berwarna-warni. Ini adalah spesies toucan terbesar, tampilannya yang menarik menangkap popularitas global. Ia lebih suka tinggal di tepi hutan daripada di dalam hutan dan dapat ditemukan di bagian tengah dan selatan Brasil.

17. Spider Monkey

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Spider Monkey

photo via mindenpictures.com

Spider Monkey sering dianggap sebagai jenis monyet generasi baru paling cerdas. Apa yang membuatnya lebih menarik adalah kemampuannya untuk berpindah dari satu cabang ke cabang lain dengan anggun. Monyet ini dijuluki Spider Monkey karena kakinya yang panjang mirip laba-laba. Sayangnya, perlu usaha keras untuk menemukan Monyet Laba-laba di Hutan Hujan Amazon karena mereka hidup di lapisan atas hutan.

18. Kinkajou

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Kinkajou

photo via animals.sandiegozoo.org

Hewan unik yang ada di hutan Amazon berikutnya adalah Kinkajou. Hewan yang masih berkerabat dengan rakun ini memiliki ekor yang didesain khusus agar bisa mencengkeram ranting-ranting pohon. Selain Kinkajou, ia juga dikenal sebagai monyet-berung, monyet singa, atau beruang madu.

Kinkajou merupakan hewan nokturnal. Makanan kesukaannya adalah buah-buahan dan nektar bunga. Meski demikian, mereka juga dikenal sebagai karnivora. Hewan berpenampilan lucu ini sering dijadikan peliharaan, namun mereka bisa membawa parasit cacing gelang.

19. Mata Mata

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Mata Mata

photo via fineartamerica.com

Mata mata adalah kura-kura yang bisa ditemukan di hutan Amazon berikutnya yang memiliki penampilan mencolok, seperti memiliki cangkang yang kasar dan menonjol, leher yang panjang dengan pinggiran kulit yang penuh dengan benjolan. Hewan yang memiliki nama ilmiah Chelus fimbriatus memiliki tubuh yang disesuaikan dengan baik dengan kehidupan air di antara daun dan puing-puing tanaman. Selain bentuknya yang unik dan tak biasa, mata mata juga dikenal dengan cara makan yang sangat tidak biasa. Ternyata, makhluk ini memangsa mangsa kecil seperti ikan dengan menyedot makanan ke perutnya melalui mulutnya yang mirip penyedot debu, tanpa mengunyah.

20. Anaconda

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Anaconda

photo via nationalgeographic.es

Anaconda merupakan salah satu hewan yang paling terkenal dan sudah menjadi ikon dari hutan Amazon. Anaconda merupakan Ular yang sangat besar, dapat memiliki berat hingga 100 kilogram atau bahkan lebih, dan mencapai panjang hingga 6 meter lebih. Mereka bergerak lambat jika berada di darat, tetapi jika di dalam air mereka bergerak sangat cepat. Meskipun tidak beracun, kekuatan mereka memungkinkan mereka untuk mencekik babi hutan liar, jaguar dan kadang-kadang juga manusia.

21. Giant Otter

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Giant Otter

photo via wildkratts.fandom.com

Giant Otter alias berang-berang raksasa merupakan anggota terbesar dari keluarga musang. Mereka mungkin tidak terlihat berbahaya, tetapi berang-berang raksasa dapat tumbuh hingga 2 meter panjangnya. Mereka adalah pemburu yang sangat handal diantara hewan-hewan lainnya. Mereka kadang-kadang bahkan menyerang anaconda dan caiman dan kebanyakan dimenangkan oleh mereka.

22. Black Caiman

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Black Caiman

photo via latinrootstravel.com

Hewan berikutnya yang bisa ditemukan di hutan Amazon adalah Black Caiman. Buaya besar yang sangat ganas. Buaya ini tidak hanya memiliki tengkorak yang beratnya lebih berat daripada buaya Nil yang ganas, tetapi mereka juga dapat tumbuh hingga 20 kaki. Terlebih lagi, mereka makan hampir semua yang mereka lihat sebagai makanan di Hutan Hujan Amazon, termasuk anaconda yang perkasa, rusa, monyet, dan piranha. Mereka adalah pemangsa terbesar di ekosistem Amazon, dan mereka memiliki kecenderungan untuk menyerang manusia.

23. Piranhas

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Piranhas

photo via buckil.com

Piranha adalah ikan air tawar omnivora yang hidup di sungai Amazon. Di sungai-sungai Venezuela, mereka disebut caribes. Piranha menghuni Lembah Sungai Amazon dan mereka terkenal karena gigi mereka yang sangat tajam yang benar-benar dapat merobek tubuh hewan lain dengan sangat cepat. Sebenarnya, makhluk-makhluk ini tidak seagresif dan berbahaya seperti yang digambarkan kebanyakan film Hollywood. Bahkan penduduk asli Hutan Hujan Amazon sering berenang dengan piranha di sungai dengan aman. Piranha adalah pemakan bangkai, dan karenanya, mereka kebanyakan mendapat makanan dari sisa-sisa hewan yang sudah mati. Selain itu, mereka jarang menyerang hewan dan manusia yang lebih besar. Namun, jika mereka lapar atau ada sesuatu yang melayang ke wilayah mereka, makhluk ini pada akhirnya akan berubah menjadi sangat mematikan. Hewan ini juga menjadi ikon kedua dari Amazon.

24. Nyamuk

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Nyamuk

photo via designindaba.com

Meskipun nyamuk bisa ditemukan hampir di seluruh dunia, namun hama kecil yang mengganggu ini sebenarnya adalah makhluk paling mematikan dari hutan Amazon karena mereka membawa malaria dan penyakit mematikan lainnya. Satu gigitan dapat secara langsung menyebarkan penyakit mematikan ke dalam aliran darah yang dapat membunuh kamu dengan cepat, khususnya jika kamu tidak divaksinasi. Yang lebih mengkhawatirkan adalah fakta bahwa nyamuk di hutan Amazon telah kebal terhadap pengusir serangga.

Tumbuhan Unik Di Hutan Amazon

1. Passion Flower

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Passion Flower

photo via amazon.com

Passiflora atau passionflower juga sering disebut dengan bunga gairah merupakan genus tanaman, yang mencakup lebih dari lima ratus spesies bunga. Sebagian besar bunga gairah memiliki penampilan yang tidak biasa dan indah. Bunga unik ini menjadi salah satu spesies tumbuhan yang menghuni hutan Amazon. Namun juga dapat ditemukan di Amerika tropis, terutama di Peru dan Brasil. Beberapa spesies tumbuh di Asia tropis dan Australia, di Mediterania. Satu spesies passionflower tumbuh di pulau Madagaskar. Di Transcaucasia, bunga gairah ditanam di iklim subtropis. Beberapa spesies bunga gairah ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad.

2. Monkey Brush

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Monkey Brush

photo via butterflyworld.com

Monkey Brush adalah tanaman merambat asli yang mencolok di Amerika Selatan. Tumbuhan eksotik ini tumbuh seperti parasit pada tumbuhan dan pohon lain di seluruh hutan rimba seperti hutan Amazon. Bunganya berfungsi sebagai sumber makanan alami bagi burung kolibri dan tempat peristirahatan iguana hijau. Bunganya berwarna oranye cerah sehingga dapat dengan mudah dilihat di antara tanaman hijau hutan hujan Amazon. Nama Monkey Brush alias Kuas Monyet diyakini berasal dari bentuk benang sari bunga yang panjang dan berwarna-warni.

3. Hot Lips

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Hot Lips

photo via sea.banggood.com

Tanaman ini bernama Psychotria elata. Tanaman kecil yang tumbuh di hutan tropis ini memiliki bunga yang dikenal dengan sebutan bunga bibir atau banyak juga yang menyebut dengan Hot Lips karena menyerupai bibir wanita bergincu merah. Bunga ini bisa ditemukan di hutan hujan tropis di Amerika Tengah dan Selatan seperti Kolombia, Kosta Rika, Panama dan Ekuador, tanaman ini tampaknya telah berevolusi sehingga memiliki bentuk unik. Menariknya lagi, warna merah menggoda merupakan daya tarik utama untuk memancing kehadiran para penyerbuk seperti burung kolibri dan kupu-kupu.

4. Achiote

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Achiote

photo via learnedleague.com

Tanaman Hutan Hujan Amazon lainnya yang tidak diketahui oleh banyak orang adalah achiote (Bixa orellana). Tanaman itu tumbuh liar di Hutan Hujan Amazon dan tumbuh sebagai semak kecil di bawah tanah setinggi sekitar 8 meter (26 kaki). Saat mekar, tanaman menghasilkan bunga berwarna putih atau merah muda yang indah. Buah dari tanaman achiote berbentuk menyerupai kapsul runcing yang memiliki biji dan dimanfaatkan sebagai pewarna alami.

5. Giant Water Lilies (Victoria amazonica)

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Giant Water Lilies

photo via lonelyplanet.com

Selanjutnya ada tanaman bunga terbesar dari keluarga Nymphaeaceae atau Giant Water Lilies. Yang menakjubkan dari tanaman ini adalah daunnya yang lebar, hingga berdiameter 3 meter, dengan ujung ke atas sehingga tidak tumpang tindih dengan daun lain. Bagian bawahnya berduri yang berfungsi menghalangi satwa apapun untuk memakannya. Keunikan lainnya, daun yang mengambang di atas air ini mampu menahan beban hingga 50 kg. Bunganya pun tergolong besar (diameter 40 cm), yang hanya bisa dilihat malam hari. Tanaman unik ini dapat ditemukan di cekungan Sungai Amazon, Amerika Selatan.

6. Bromeliads

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Bromeliads

photo via tripadvisor.com

The Bromeliaceae (the bromeliads) adalah keluarga dari tanaman berbunga monokotil dari 51 genera dan sekitar 3475 spesies yang dikenal asli terutama untuk tropis Amerika, dengan beberapa spesies yang ditemukan di Amerika subtropics dan satu di tropis Afrika barat, Pitcairnia feliciana. Mereka adalah salah satu keluarga basal dalam Poales dan unik karena mereka adalah satu-satunya keluarga dalam rangka yang memiliki nectaries septum dan ovarium inferior.

Bromeliad adalah tanaman yang beradaptasi dengan berbagai iklim. Dedaunan mengambil bentuk yang berbeda, dari jarum-tipis ke lebar dan datar, simetris ke tidak teratur, runcing ke lunak. Dedaunan, yang biasanya tumbuh dalam roset, secara luas berpola dan berwarna. Warna daun berkisar dari merah marun, melalui nuansa hijau, hingga emas. Varietas mungkin memiliki daun dengan variasi merah, kuning, putih dan krem. Yang lain mungkin terlihat dengan warna ungu, merah, atau krem, sementara yang lain memiliki warna yang berbeda di bagian atas dan bagian bawah daun.

7. Heliconia

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Heliconia

photo via news.cgtn.com

Tumbuhan yang bisa ditemukan di hutan Amazon berikutnya adalah Heliconia. Heliconias (Heliconia spp.) Berasal dari hutan tropis Amerika Tengah dan Selatan. Mereka telah dinaturalisasi di sejumlah negara lain dan menjadi tanaman hias favorit. Di Indonesia sendiri Heliconia dikenal dengan tanaman pisang-pisangan. Tanaman ini termasuk salah satu jenis tanaman perdu dan banyak dijadikan sebagai tanaman hias. Bentuknya tidak jauh berbeda dengan pohon pisang dengan bentuk batang pelepah hanya saja berukuran kecil.

8. Strangle weed (dodder)

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Strangle weed

photo via writingfornature.wordpress.com

Strangle weed merupakan salah satu tanaman unik yang ada di Hutan Amazon berikutnya. Strangle weed adalah tanaman parasit yang memakan tanaman inang, dan juga dapat menyebarkan penyakit dari satu tanaman inang ke tanaman inang lainnya. Strangleweed, juga dikenal sebagai dodder, sangat berbahaya bagi tanaman pangan sehingga impornya dilarang di banyak negara.

9. Tanaman Camu Camu

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Tanaman Camu Camu

photo via grinbergnews.com

Selanjutnya ada Camu Camu. Camu-camu, yang nama ilmiahnya adalah Myrciaria dubia, adalah tumbuhan asli Amazon Peru, tetapi juga tumbuh liar di tanah aluvial yang tergenang selama musim hujan, di beberapa daerah hutan Kolombia, Peru dan Brasil. Pohon ini dapat mencapai tinggi hingga 8 meter, dan dikenal karena kandungan vitamin C yang tinggi, mengandung 20 atau 30 kali lebih banyak vitamin C daripada kiwi, dan lima kali lebih banyak polifenol daripada blackberry. Buahnya adalah ukuran jeruk sedang, berwarna oranye dan daging berwarna kuning.

10. Brazil Nut Tree

Berbagai Tumbuhan Dan Hewan Unik Yang Ada Di Hutan Amazon - Brazil Nut Tree

photo via treespiritwisdom.com

Salah satu pohon paling ikonik di Hutan Hujan Amazon adalah Brazil Nut Tree. Pohon kacang Brazil (Bertholletia excelsa) tumbuh dengan ketinggian yang fantastis dan memiliki bentuk yang unik. Mereka memiliki batang lurus dan mahkota daun dan cabang seperti semak. Pohon-pohon ini tumbuh setinggi 50 meter (160 kaki) dengan batang selebar 2 meter (6 kaki).

Mengutip WWF, tanaman ini sensitif terhadap deforestasi atau proses penghilangan hutan alam dengan cara penebangan untuk diambil kayunya atau mengubah peruntukan area hutan menjadi non-hutan. Pohon kacang Brasil bergantung pada agoutis untuk menyebarkan benih, seekor lebah untuk penyerbukan dan tanaman lain di hutan hujan untuk kelangsungan hidup.

Nah itulah beberapa spesies hewan dan tumbuhan unik yang bisa ditemukan di hutan Amazon. Jika kalian memiliki informasi tambahan jangan ragu untuk share apa yang kamu ketahui di kolom komentar ya. Semoga artikel kali ini bermanfaat.

0
Artikel Terkait