Video Dahsyatnya Topan Jebi yang Menghantam Jepang

1 tahun lalu

Jepang baru saja mengalami musibah dengan datangnya terjangan topan Jebi yang berkekuatan tinggi. Topan Jebi merusak berbagai fasilitas umun, ratusan rumah, sekolah dan toko disekitar Jepang bagian barat. Dalam laporan terakhir, setidaknya terdapat delapan orang tewas dan lebih dari 100 orang luka – luka dalam kejadian yang menimpa Jepang pada hari selasa kemarin.

Topan Jebi yang berlangsung selasa kemarin ini dianggap sebagai topan terdahsyat yang dialami oleh jepang semenjak 25 tahun yang lalu. Dilansir dari liputan5, topan Jebi juga menyebabkan banjir di Bandara Internasional Kansai dan merendam sejumlah fasilitas yang ada di bandara. Akibatnya ada sekitar 700 jadwal penerbangan yang dibatalkan. Dan ada sekitar setidaknya 5 ribu penumpang yang terlantar di bandara tersebut dan dievakuasi dengan menggunakan kapal karena satu – satunya akses menuju bandara rusak akibat ditabrak kapal tanker seberat 2 ribu ton.

photo via : youtube.com

Badan meteorologi Jepang bahkan menyebutkan topan jebi yang datang dari arah utara pantau Fukui dengan kecepatan tinggi yakni dengan kecepatan angin konstan mencapai 126km perjam. Namun kecepatan angin tersebut bisa bertambah mencapai 180km per jam.

Seperti yang dilansir oleh Kyodo News dan japan Times hari Rabu kemarin, topan Jepang ini memicu gelombang tinggi di lautan yang mampu mendorong sebuah kapal tangker seberat 2.591 ton hingga menabrak jembatanyang menghubungkan Bandara Kansai dengan daratan Utama Osaka. Hantaman kapal tangker itu membuat jembatan tersebut rusak dan amat rawan untuk dilintasi kendaraan.

photo via : youtube.com

Selain karena cuaca yang tidak memungkinkan untuk tinggal landas, Bandara Kansai berhenti beroperasi akibat genangan air laut yang dibawa oleh topan Jebi. Landasan bandara dan bagian basement dari gedung ini juga digenangi oleh banjir yang membuat seluruh landasan dan area parkir pesawat dibandara kansai di tutup.

Operator bandara kansai juga menambahkan bahwa para penumpang yang terlantar di bandara bisa dievakuasi dengan bus yang melintasi jalur jembatan yang tidak rusak akibat hantaman kapal tangker. Topan Jebi yang merupakan topan terkuat Jepang sejak 25 tahun yang lalu ini dikategorikan sebagai topan yang sangat kuat.

photo via : youtube.com

Terdapat sekitar lebih dari 1,22 juta penduduk di wilayah sekitar jepang barat tersebut diperintahkan untuk mengungsi. Seperti apa topan Jebi di Jepang? berikut ini adalah video topan jebi di Jepang.

 

Baca Juga