Wow… Inilah Daftar Ular Terbesar di Dunia Dengan Berat Hingga 1 Ton

3 bulan lalu, by blogunik

Ular terbesar di dunia - Titanoboa

Kebakaran hutan di Kalimanatan tidak hanya berdampak buruk bagi manusia saja, namun juga bagi beberapa flora dan fauna yang tinggal di dalam hutan tersebut. Salah satu makhluk hidup yang menjadi korban keganasan kebakaran hutan di Kalimantan ini yaitu Raja Piton. Raja Piton ini bisa dikatakan sebagai salah satu ular terbesar di dunia yang masih hidup hingga saat ini. Selain raja piton, ada beberapa ular lainnya yang masuk kedalam kategori terbesar di dunia. Ular apa saja itu? Berikut ini daftar ular terbesar di dunia

8. Boa Constrictor

Daftar Ular Terbesar Di Dunia - Boa Constrictor

Photo via thoughtco.com

Boa Constrictor adalah spesies boa yang tersebar di sebagian besar daerah tropis Amerika Selatan, Amerika Tengah dan di Kepulauan Karibia. Ular ini memiliki panjang keseluruhan tubuhnya antara 0,91 hingga 3,9 meter namun ular yang sering ditemukan memiliki panjang 2,2 meter. Ular ini merupakan jenis ular yang memiliki usia hidup terpanjang diantara ular-ular di dunia. Ular ini memiliki dua paru-paru yang berfungsi beda dengan ular lainnya yang pada umumnya memiliki satu paru-paru yang berfungsi. Ular ini dihiasi dengan pola berbentuk lingkaran besar berwarna cokelat terang yang berjejer dari belakang kepala hingga pangkal ekor. Setiap pola lingkaran tersebut dibatasi dengan warna cokelat tua, sedangkan bagian bawah perut berwarna cokelat pucat.

Pada kedua sisi badannya, warna cokelat tua dihiasi dengan guratan-guratan berwarna cokelat pucat yang berbaris dari leher hingga ekor. Ekornya berwarna cokelat tua dengan garis-garis berwarna cokelat muda yang membentuk lingkaran. Boa Constrictor ini menyukai tempat yang lembab dan sering ditemukan di pepohonan disekitar sungai kecil maupun besar , namun terkadang ular ini juga terdapat di dekat gurun pasir. Ular ini tidak berbisa dan dapat membunuh mangsanya dengan cara membelit badan mangsanya sangat erat hingga mangsanya ini kehabisan nafas lalu mati. Ular ini menelan mangsanya secara utuh dan sering kali ia juga memakan mangsa yang lebih besar daripada tubuhnya, ketika ia memakan mangsanya yang lebih besar dari badannya ia tidak akan makan selama beberapa bulan.

7. Yellow Anaconda

Daftar Ular Terbesar Di Dunia - Yellow Anaconda

Photo via bio-scene.org

Yellow Anaconda adalah ular terbesar di dunia dan menjadi saudara dekat anaconda hijau.Anaconda kuning ini membunuh mangsanya dengan cara membelit badan mangsanya sangat erat hingga tewas. Selain itu ular besar ini juga tidak memiliki bisa namun cara menaklukkan mangsanya patut ditakuti. Pada umumnya ular anaconda kuning betina memiliki ukuran yang lebih besar daripada jantan dan dikatakan panjangnya bisa mencapai 4,6 m. Ular ini memiliki pola warna yang terdiri dari warna dasar kuning, kuning keemasan atau hijau kekuningan yang dilapisi dengan pelanan hitam atau coklat tua, bercak, bintik-bintik dan garis-garis. Anaconda kuning ini lebih suka tinggal di habitat perairan, termasuk rawa-rawa, tepi sungai dan aliran sungai yang bergerak lambat.

6. Amethystine Python

Daftar Ular Terbesar Di Dunia - Amethystine Python

Photo via whatdewhat.com

Amethystine Python adalah sejenis ular sanca yang ditemukan di wilayah Indonesia, Papua Nugini dan Australia. Amethystine Python ini termasuk salah satu ulat terbesar di dunia menurut panjang dan berat. Ular ini memiliki warna sisik yang terang menyerupai permata.

5. Indian Python

Daftar Ular Terbesar Di Dunia - Indian Python

Photo via wikipedia.org

Indian Python adalah spesies ular sanca yang ditemukan di area tropis dan subtropis di Asia Selatan. Ular ini juga dikenal sebagai sanca india, sanca ekor hitam dan sanca batu india. Ular spesies ini berkerabat dengan ular sanca bodo di Indonesia. Ular ini memiliki perbedaan pada warna kulitnya yang lebih cerah dan ular ini biasanya memiliki panjang sekitar 3 meter.

4. African Rock Python

Daftar Ular Terbesar Di Dunia - African Rock Python

Photo via wikipedia.org

African Rock Python atau Piton Batuan Afrika adalah ular terbesar dari ular-ular yang tidak berbisa di sub-Sahara Afrika. Ular ini memiliki berat bisa mencapai 113 kg dan panjang mencapai 7,4 meter. Ular ini dapat ditemukan diberbagai habitat mulai dari hutan hingga padang pasir yang dekat dengan sumber air. African Rock Python ini membunuh mangsanya dengan membelit dan sering memakan hewan seukuran anteop hingga buaya.

3. Burmese python

Daftar Ular Terbesar Di Dunia - Burmese python

Photo via sciencemag.org

Burmese python atau Sanca Bodo adalah sejenis ular besar dari suku Pythonidae, awalnya ular ini adalah anak jenis dari Python molurus namun sekarang dijadikan spesies tersendiri. Nama umum ular ini adalah sanca bodo, sanca myanmar, ular sawa bodo dan lainnya. Ular ini tersebar di beberapa daerah tropis dan subtropis di Asia Tenggara. Ular ini memiliki panjang antara 3 meter hingga 6 meter, namun seringnya hanya sampai 5 meter saja dengan berat tubuh sampai 160 kg. Ular ini memiliki warna dasar coklat dengan bercak-bercak berbentuk tidak beraturan berwarna coklat tua, namun ada juga yang berwarna dasar kuning, karamel atau krem dengan bercak-bercak kuning pekat, cokelat atau orange. Ular ini biasanya mendiami hutan tropis atau hutan musim yang lembab dan biasanya ditemukan tidak jauh dari air atau tempat yang lembab bahkan kadang ada di dekat pemukiman.

2. Reticulated Python

Daftar Ular Terbesar Di Dunia - Reticulated Python

Photo via wikipedia.org

Reticulated Python atau Sanca Kembang adalah sejenis ular dari suku Pythonidae yang berukuran besar dan memiliki ukuran tubuh terpanjang diantara ular lainnya. Ukurannya ini bisa melebihi 8,5 meter dan merupakan ular terpanjang di dunia. Sanca kembang ini memiliki pola lingkaran besar berbentuk jala, tersusun dari warna-warna hitam, kecoklatan, kuning dan putih di sepanjang sisi dorsal tubuhnya. Satu garis hitam tipis berjalan diatas kepala dari moncong hingga tengkuk menyerupai garis tengah yang membagi dua kanan kiri kepala secara simetris. Selain itu, terdapat masing-masing satu garis hitam lain yang lebih tebal berada di tiap sisi kepala, melewati mata ke belakang.

1. Anaconda Hijau

Daftar Ular Terbesar Di Dunia - Anaconda Hijau

Photo via en.zoo-club.org

Anaconda Hijau adalah salah satu ulat terbesar di dunia dimana ular ini tersebar di daerah tropis Amerika Selatan. Anaconda Hijau ini panjang tubuhnya bisa mencapai 8 meter dan merupakan ular terpanjang di benua Amerika. Berat ular ini bisa mencapai 50 kg dan menariknya lagi diameter lingkar tubuh bagian tengahnya ini bisa mencapai satu meter. Selain itu, banyak juga penemuan-penemuan spesimen yang panjangnya mencapai 12 meter dengan ketebalan tubuh melebihi batang pohon kelapa. Ular ini memiliki tubuh hijau kecoklatan atau hijau lumut dengan bercak-bercak bundaran hitam besar di punggung dari leher hingga ekor. Di kedua sisi badannya terdapat bercak-bercak hitam berbentuk huruf O dari leher hingga ekor. Di bagian belakang matanya terdapat garis berwarna hotam dengan garis warna orange dibawahnya Anaconda Hijau ini menyukai tempat-tempat basah dan perairan yang luas dan biasanya ular ini beraktivitas di rawa-rawa terbuka dan sungai-sungai hilir di tengah hutan. Anaconda Hijau ini lebih banyak menghabiskan waktunya di sekitar perairan dan jarang sekali naik ke darat. Meskipun begitu, ular ini juga sering kali memanjat pohon yang tinggi untuk berjemur atau mencari makan. Ular ini sering berburu kapibara dan kaiman.

Bonus

Titanoboa

Ular terbesar di dunia - Titanoboa

Photo via huffpost.com

Titanoboa adalah ular yang bisa dikatakan terbesar sepanjang sejarah, ulan ini bisa dikatakan melebihi dari anaconda hijau yang merupakan ular terbesar peringkat pertama. Titanoboa ini memiliki panjang sekitar 13 meter atau setara dengan sebuah bus, selain itu ular ini juga memiliki berat yang bisa menembus angka 1 ton. Mengejutkannya lagi, ular ini memiliki diameter tubuh setidaknya hampir 1 meter, bisa kalian bayangkan betapa besarnya ular satu ini. Ular ini diperkirakan hidup sekitar 56 hingga jutaan tahun silam di hutan Kolombia. Ular raksasa ini dikatakan lebih sering memburu buaya atau kura-kura purba.

Nah itulah beberapa daftar ular terbesar di dunia, ular tersebut memang kebanyakan tidak berbisa. Namun mereka memiliki cara tersendiri untuk mematikan mangsanya yaitu dengan cara melilitnya. Menariknya lagi meskipun badan ular tersebut tidak terlalu besar namun mereka dapat memakan mangsanya yang memiliki ukuran lebih besar dari badannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait