Ciri-ciri Circle Pertemanan Yang Bikin Kamu Susah Kaya!

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Ciri-ciri circle pertemanan yang bikin kamu susah kaya berikut ini wajib banget kamu hindari!

Ada pepatah yang mengatakan bahwa banyak teman banyak rezeki, pepatah ini mungkin ada benarnya juga karena melalui teman, kita bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai pekerjaan, keuangan, peluang usaha, kesehatan dan banyak lagi.

Namun di zaman sekarang ini, sepertinya memperbanyak teman tidaklah semudah yang dulu. Dizaman seperti sekarang ini, memiliki banyak teman tidak menjamin kita dapat hidup sukses. Bahkan banyak pesaing berkedok teman yang ingin menjatuhkan kita. Bergaul dengan teman-teman toxic seperti ini akan membuat kamu menjadi susah kaya.

Maka dari itu, sangatlah penting bagi kita untuk memilih-milih lingkungan pertemanan seperti apa yang ingin dimasuki. Pasalnya, lingkungan pertemanan tidak hanya berpengaruh dalam pola pikir, tapi juga dapat mempengaruhi kita dalam pengelolaan keuangan yang ujung-ujungnya membuat kita jadi susah kaya dan terus berada di kelas ekonomi yang sama selama bertahun-tahun.

Untuk itu, berikut ciri-ciri circle pertemanan yang bikin kamu susah kaya dan harus dihindari!

1. Sering ngumpul di tempat mahal yang gak sesuai dengan penghasilan

Ciri-ciri Circle Pertemanan yang Bikin Kamu Susah Kaya

photo via russelservicos.com.br

Ciri-ciri circle pertemanan yang bikin kamu susah kaya yang pertama adalah mereka selalu mengajak kamu kumpul atau hangout di tempat-tempat yang mewah dan mahal yang nggak sesuai dengan penghasilan kamu setiap bulannya.

Kalu sekali-kali sih boleh sekedar agar tau saja, namun kalau sampai terjadwal rutin setiap hari, tentu akan menjadi masalah. Selain gaji kamu tidak akan cukup untuk memenuhi gaya hidup tersebut, kamu juga tidak bisa menyimpan uang kamu untuk keperluan bisnis atau investasi lainnya.

Circle pertemanan seperti ini tidak perlu kamu masukin, karena tidak ada manfaatnya selalu nongkrong di tempat mewah setiap hari padahal aslinya lagi bokek.

2. Melakukan kegiatan yang menghamburkan uang demi gengsi

Circle pertemanan yang wajib hukumnya kamu hindari selanjutnya adalah circle pertemnanan yang isinya hanya orang-orang yang mementingkan gengsi sehingga rela menghamburkan uang mereka yang tidak seberapa hanya untuk dianggap mampu dan kaya.

Berbagai barang-barang mahal, hingga jalan-jalan ke tempat yang fancy, semua dilakukan hanya untuk sebuah pengakuan. Circle pertemanan seperti ini hanya akan mendorong kita melakukan pemborosan seperti mereka. Bukannya bahagia karena memiliki barang-barang mahal dan liburan ke tempat-tempat yang mewah, yang ada justru malah terbebani karena duit semakin sekarat.

3. Sibuk bersaing dalam memiliki barang mewah yang minim manfaat

Ciri-ciri Circle Pertemanan yang Bikin Kamu Susah Kaya

photo via chinasocialmedia.net

Hindari juga circle pertemanan yang dipenuhi dengan orang-orang yang suka flexing barang-barang mewah padahal minim manfaat. Lingkungan pertemanan seperti ini biasanya lebih suka hura-hura tanpa memikirkan bagaimana cara kamu mendapatkan uang. Selama kamu terlihat mewah, maka kamu akan mendapatkan pujian dan pengakuan. Lingkungan pertemanan seperti ini benar-benar tidak ada manfaatnya, bahkan hanya akan membuat kamu minder atau insecure. Daripada memikirkan cara untuk masuk ke circle mereka yang toxic, lebih baik kamu fokus dengan goals kamu.

4. Menjatuhkan semangat kita ketika ingin membuka bisnis atau usaha

Ciri-ciri circle pertemanan yang bikin kita susah kaya berikutnya adalah mereka tidak memiliki sikap suportif. Saat kita ingin membuka bisnis atau usaha, mereka bukannya mendukung dengan memberikan semangat, namun justru memberi komentar-komentar yang menjatuhkan semangat kita.

Bahkan ada teman yang akan meninggalkan kamu ketika kamu ingin merintis usaha. Mereka menganggap kamu pesaing mereka dan bukan teman sehingga mereka perlahan-lahan menjauhi kamu dan mencoba menghasut orang lain agar ikut menjauhi kamu. Mereka juga nggak jarang menyebar berita yang tidak-tidak tentang kamu sehingga semua orang menjauh dari kamu. Teman seperti itu wajib hukumnya dihindari dan tidak perlu dipertahankan karena hanya akan membuat kamu takut dan tidak percaya diri untuk merintis bisnis baru.

5. Terus-terusan membuatmu mengeluarkan uang

Ciri-ciri Circle Pertemanan yang Bikin Kamu Susah Kaya

photo via nbcnews.com

Lingkungan pertamanan yang hanya membuat kamu terus-terusan mengeluarkan uang juga harus dihindari. Misalnya saja mereka mengajak kamu untuk jalan-jalan, namun mereka mengharuskan kamu untuk patungan, padahal jika kamu bayar untuk diri sendiri, kamu bisa lebih hemat. Ada juga yang memaksa kamu untuk kumpul sekedar menjalankan hobi, misalnya karaokean bareng, namun ujung-ujungnya mengharuskan kamu untuk patungan biaya karaoke. Pertemanan seperti ini bukan karena mereka ingin kamu ada di sisi mereka, namun mereka hanya membutuhkan uang kamu untuk melengkapi kekurangan pembayaran. Dengan kata lain, kamu hanya dimanfaatkan untuk keuntungan mereka.

Semua kegiatan kamu dalam lingkungan pertemanan itu hanya membuat kamu mengeluarkan uang yang sebenarnya tidak ada gunanya. Sayangnya circle pertemanan seperti ini tidak mau membantu kamu memperoleh penghasilan. Jangankan membantu, sekedar menyemangati ketika kamu ingin merintis usaha saja seakan terasa berat bagi mereka.

6. Saat ngumpul hanya bergosip dan ngejulidin orang

Saat kalian berkumpul, topik obrolan kalian tidak jauh-jauh dari gosip dan ngejulidin orang lain yang sebernarnya tidak ada sangkut pautnya dengan kalian. Segala keburukan orang lain yang kalian obrolkan hanya akan membuang-buang waktu. Tidak ada ilmu yang bisa kamu dapatkan dan hanya membuat diri sulit berkembang.

Apabila suatu circle pertemanan hanya membicarakan keburukan orang lain maka tidak akan ada ilmu yang didapat, malah hal ini membuat diri sulit berkembang. Jadi, daripada kamu menghabiskan waktu dengan orang-orang yang suka bergosip, lebih baik kamu menghabiskan waktu untuk mengembangkan diri dan mencari potensi yang kamu miliki untuk mencapai goals yang kamu inginkan.

7. Memiliki pemikiran yang selalu negatif

Ciri-ciri Circle Pertemanan yang Bikin Kamu Susah Kaya

photo via vocal.media

Ciri-ciri circle pertemanan yang bikin kamu susah kaya berikutnya adalah circle pertemanan yang dipenuhi dengan orang-orang dengan pemikiran yang selalu negatif. Mereka selalu curiga dengan orang lain bahkan dengan teman sendiri. Mereka juga iri dan tidak suka dengan kesuksesan orang lain dan temannya sendiri. Parahnya lagi, teman-teman seperti ini seringnya berwajah dua, di depan kita baik, namun dibelakang mereka sibuk membicarakan kita yang mencari-cari kekurangan kita. Jika kamu tergabung dalam lingkup pertemanan seperti itu, lebih baik kamu mulai menjauh dan keluar dari circle terbut. Circle pertemanan itu sangat toxic, bukan hanya membuat kamu susah kaya, namun juga membuat kesehatan mental kamu terganggu.

8. Memiliki pola pikir seperti anak kecil

Orang yang berusia dewasa belum tentu memiliki pola pikir yang dewasa. Banyak diantara mereka yang memiliki pola pikir kekanak-kanakan dan jauh dari kata dewasa. Misalnya saja selalu memikirkan kesenangan dengan berfoya-foya tanpa memikirkan bagaimana cara untuk mencari penghasilan ataupun memikirkan masa depan mereka.

Hanya suka bermain dan menghabiskan waktu dengan hal-hal yang tidak berguna. Diajak maju namun mereka menolak dengan alasan rejeki sudah ada yang atur. Apabila circle pertemanan kamu pola pikirnya masih seperti anak kecil dan tidak ingin maju. Maka sebaiknya kamu keluar dari circle tersebut karena hanya akan menghambat diri kamu untuk sukses dan berkembang serta susah menjadi orang kaya.

Nah itu dia beberapa ciri-ciri circle pertemanan yang bikin kamu susah kaya dan wajib untuk dihindari. Jadi bagaimana dengan circle pertemanan kalian? Apakah circle pertemanan kalian memberikan manfaat untuk kesuksesan kamu atau justru membuat kamu terjebak dalam kondisi keuangan yang itu-itu saja?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.