Inilah 15 Film Petualangan Terbaik Yang Harus Kamu Tonton

3 minggu lalu

Daftar Film Petualangan Terbaik Yang Harus Kamu Tonton

Jika berbicara tentang perfilman tentunya ada banyak sekali genre yang bisa kita tonton seperti halnya film yang bergenre petualangan. Film petualangan ini tentunya ada banyak sekali penggemarnya, biasanya mereka memilih genre ini untuk menantang diri dengan kisah-kisah yang ada di film tersebut.Di film petualangan ini biasanya kita akan terbawa suasana yang diciptakan oleh pemerannya, memanjat tebing, berkemah di hutan, berenang di lautan hingga berusaha bertahan hidup di pulau terpencil akan kita dapatkan dengan menonton film petualangan ini. Dengan menonton film bergenre petualangan secara tidak langsung juga akan menambah wawasan kita untuk bagaimana caranya kita bertahan hidup disaat tersulit sekalipun. Nah, buat kamu berikut ini ada beberapa film petualangan terbaik yang harus kamu tonton, dijamin kisah petualangan ini akan seru dan tentunya menegangkan

1. Cast Away (2000)

Film Petualangan Terbaik - Cast Away (2000)

Photo via imdb.com

Film Cast Away ini menceritakan tentang Chuck Noland yang merupakan seorang teknisi sistem yang melakukan perjalanan di seluruh dunia untuk memecahkan masalah produktivitas di gudang FedEx. Chuck sendiri memiliki tunangan bernama Kelly Frears dan mereka ingin menikah, namun karena jadwal Chuck yang padat membuat hubungan mereka terganggu.

Suatu hari Chuck dipanggil untuk menyelesaikan masalah di Malaysia, ia pun terbang melewati badai yang dahsyat namun naas pesawat tersebut jatuh di Samudera Pasifik. Chuck sendiri selamat dalam kecelakaan tersebut ia selamat karena rakit darurat yang ada di pesawat tersebut namun ia kehilangan pemancar lokasi darurat. Chuck pun memegang rakit tersebut dan kehilangan kesadaran dan mengapung sepanjang malam sebelum ia terdampar disebuah pulau.

Setelah ia tersadar, Chuck menjelajahi pulau tersebut dan ia mengetahui jika pulau tersebut tidak berpenghuni. Ternyata tak hanya rakit darurat itu saja yang hanyut, namun juga beberapa paket FedEx dari pesawat yang ikut hanyut. Kemudian petualangan Chuck pun dimulai di pulau tidak berpenghuni ini.

Meskipun sepanjang film hanya disuguhkan oleh monolog seorang Tom Hanks, namun alur ceritanya sangatlah menarik sehingga tidak salah jika film ini termasuk salah satu film petualangan terbaik yang wajib kamu tonton.

Trailer :

2. The Lord Of The Ring (2001 – 2003)

Film Petualangan Terbaik - The Lord Of The Ring (2001 - 2003)

Photo via imdb.com

The Lord Of The Ring adalah salah satu film petualangan fantasi terbaik yang pernah ada dan dibuat dalam trilogi. Film ini berdasarkan novel “The Lord of The Ring” film tersebut dibagi menjadi beberapa judul yaitu The Fellowshipof The Ring (2001), The Two Towers (2002) dan The Return of The King (2003).

Film ini menceritakan tentang Hobbit Frodo Baggins ketika dia dan sembilan pembawa cincin melakukan perjalanan untuk menghancurkan One Ring dan dengan itu menghancurkan pembuatnya Dark Lord Sauron. Para pembawa cincin ini terbelah dan Frodo meneruskan perjalanan dengan teman setianya Sam dan makhluk penghianat Gollum. Sementara itu, Aragom, putra mahkota Gondor dan penyihir Gandalf mempersatukan orang-orang bebeas dunia tengah dalam perang cincin.

Trailer :

3. Touching the Void (2003)

Film Petualangan Terbaik - Touching the Void (2003)

Photo via imdb.com

Touching the Void adalah film berdasarkan buku Joe Simpson yang berjudul sama. Dimana di film ini menceritakan tentang dua pendaki gunung es SiulaGrade di Peru pada tahun 1985. Gunung ini sendiri memiliki ketinggian 6344 dpl lebih tinggi dibandingkan dengan puncak Cartez di pegunungan jayawijaya Indonesia yang hanya 4884 dpl. Film ini sendiri merupakan kisah nyata yang dialami oleh dua pendaki bernama Joe Simpson dan Simon Yates yang mencoba menaklukkan puncak Siula Grade. Selama 32 hari mereka berhasil menaklukkan puncak ini dengan mulus namun keadaan berubah 180 derajat ketika mereka menuruni puncak tersebut.

Trailer :

4. Pirates of The Caribbean (2003 – 2017)

Film Petualangan Terbaik - Pirates of The Caribbean

Photo via pirates.disney.com

Siapa yang tidak mengenal salah satu film petualangan ini yaitu Pirates of The Caribbean. Film ini merupakan salah satu film petualangan terbaik yang memiliki genre action fantasi yang diproduksi oleh Walt Disney Company. Dimana film ini menceritakan tentang petualangan para bajak laut yang diiringi dengan beragam konflik yang seru dan menegangkan. Film Pirates of The Caribbean ini pun memiliki 5 seri yang pertama kali dirilis pada tahun 2003 dan yang terkahir dirilis pada tahun 2017.

Trailer :

5. 127 Hours (2010)

Film Petualangan Terbaik - 127 Hours

Photo via imdb.com

Film 127 Hours ini menceritakan tentang Aron Ralston seorang pendaki gunung dan petualang yang memulai mendaki di Taman Nasional Canyonland, Utah. Dalam perjalanannya ini, ia berteman dengan Kristi dan Megan dan menunjukkan sebuah danau bawah tanah.

Setelah berenang, Aron berpisah dengan mereka dan memulai perjalanan melalui ngarai sempit di Blue John Canyon. Naasnya ketika Aron turun, ia tergelincir dan jatuh, ia menjatuhkan sebuah batu besar yang menghimpit tangan kanan dan pergelangan tangannya di dinding. Ia pun terjebak disana, Aron mencoba meminta pertolongan namun ia menyadari jika ia sendirian.

Segala cara Aron lakukan agar terbesar dari himpitan batu tersebut, namun hasilnya nihil. Aron pun menyadari kesalahannya karena ia tidak memberi tahu siapapun kemana ia pergi. Pada akhirnya, Aron pun memutuskan untuk melakukan amputasi pada tangannya dengan perlahan dan berhasil.

Setelah itu ia bertemu dengan satu keluarga yang melakukan pendakian dan memberi tahu kepada pihak berwenang tentang Aron. Sebuah helikopter pun membawa Aron ke sebuah rumah sakit dan kini Aron sudah berkeluarga dan terus mendaki dan ia tidak lupa selalu meninggalkan pesan ketika ia hendak pergi.

Trailer :

6. Sanctum (2011)

Film Petualangan Terbaik - Sanctum (2011)

Photo via imdb.com

Film Sancum adalah salah satu film petualangan terbaik yang harus kamu tonton, dimana film ini didasari oleh kisah nyata yang berceritakan tentang perjuangan hidup sekelompok anggota ekspedisi. Sekelompok anggota ekspedisi ini tengah meneliti dasar gua Esa`ala yang berada di pedalaman Papua New Guenia.

Pada awalnya ekspedisi ini berjalan dengan lancar dan mereka berhasil menemukan sebuah aliran air di dasar gua tersebut yang memungkinkan besar aliran tersebut membawa mereka tembus ke laut lepas. Namun kejadian alam yang tidak terduga terjadi, saat kelompok ini masih berada di dasar gua badai besar terjadi, morfologi gua yang memiliki celah besar yang langsung menghadapi langit itu membuat air hujan masuk dan dengan intensitas curah hujan yang tinggi membuat air tersebut cepat tiba di dasar gua. Mereka yang berada di dasar gua pun menjadi panik karena akses satu-satunya untuk menuju ke puncak gua sudah tertutup oleh air. Hal ini pun membuat mereka harus menyelam melewati aliran air yang berada di dasar gua dengan persediaan tabung oksigen seadanya. Disinilah perjuangan hidup dan mati mereka dimulai.

Trailer :

7. Life of Pi (2012)

Film Petualangan Terbaik - Life of Pi (2012)

Photo via imdb.com

Film Life of Pi ini menceritakan tentang seorang anak bernama Pi, dimana keluarganya memiliki kebun binatang dan Pi sendiri tertarik dengann hewann terutama seekor harimau benggala bernama Richard Parker. Setelah ia menjadi dekat dengan Richard Parker, ayahnya memaksanya untuk menyaksikan harimau itu membunuh seekor kambing. Ketika Pi berumur 16 tahun, ayahnya menyampaikan bahwa mereka harus pindah ke Kanada, dimana ia berniat untuk menetap dan menjual hewan-hewan tersebut. Keluarga Pi pun memesan tempat beserta para hewan ke kapal barang Jepang. Ketika itu badai datang dan kapal barang tersebut karam sementara Pi berada di dek, Pi berusaha mencari keluarganya namun seorang awak membawanya ke sekoci dan seekor Zebra melompat ke sekoci bersamanya. Pi melihat sebuah sekoci yang tertutup dan nampaknya mereka korban selamat namun ternyata Richard Parker muncul.

Setelah Badai, Pi pun terbangun disekoci yang terdapat zebra, orang utan dan seejor dubuk. Dubuk tersebut membunuh zebra dan orang utan dan tiba-tiba Richard Parker muncul dari bawah terpal dan membunuh dubuk tersebut dan mencoba membunuh Pi. Pada akhirnya hanya Ricard Parker-lah yang menemani Pi selama berminggu-minggu dan kemudian mereka menemukan sebuah pulau yang memiliki hutan lebat dan subur dimana memungkinkan Pi dan Richard Parker untuk makan dan minum dengan bebas. Namun pada malam harinya, pulau tersebut berubah menjadi pulau yang tidak bersahabat. Pi dan Richard pun meninggalkan pulau tersebut dam akhirnya sampai di pantai Meksiko.

Trailer :

8. Wild (2014)

Film Petualangan Terbaik - Wild (2014)

Photo via imdb.com

Wild adalah salah satu film petualangan dimana bercerita pada tahun 1995 seorang ibu tunggal bernama Cheryl Strayed tidak memiliki pengalaman mendaki gunung mencoba untuk mendaki sejauh 1.100 mil dari 2.650 mil di Pacific Crest Trail. Ia melakukan petualangan ini untuk mencari jati diri dan pemulihan dan selama mendaki Cheryl membayangkan kilas balik di masa kecilnya di Minnesota dan kenangan ibunya. Ibunya meninggal karena kanker dan hal ini menyebabkan Cheryl mengalami depresi berat dan mencoba untuk mati dan berhubungan dengan sejumlah pria dimana yang akhirnya menghancurkan pernikahannya dengan suaminya. Setelah itu, Cheryl mengetahui dirinya hamil namun ia melakukan aborsi dan memutuskan mendaki untuk menebus dirinya sendiri. Perjalanan Cheryl pun dimulai mulai dari Gurun Mojave, California Selatan dan dalam perjalananya itu banyak sekali hal-hal yang terjadi. Cheryl pun mendaki selama 94 hari dan tiba di Bridgeof the Gods di sungai Columbia antara Oregon dan Washington mengakhiri petualangannya.

Trailer :

9. Everest (2015)

Film Petualangan Terbaik - Everest (2015)

Photo via imdb.com

Everest adalah film petualan yang didasari kisah nyata seorang pendaki Gunung Everest. Setelah beberapa kali sukses memandu ekspedisi mendaki Gung Everest, Rob Hall dan tim pendaki gunung profesionalnya yang tergabung dalam Adventure Consultant harus kembali memimpin sekelompok pendaki gunung amatir untuk menaklukkan gunung dengan puncak tertinggi di dunia itu. Pendaki amatir yang tergabung dalam kelompok Rob ini yaitu Beck Weathers, Doug Hansen, John Krakauer dan Yasuko Namba. Ron pun meninggalkan sang istri yang saat itu sedang mengandung anak pertamanya dan untuk sekian kalinya Rob berangkat menantang Everest. Berawal dari Nepal, ujian sebenarnya para pendaki Everest mulai menanti ketika mereka tiba di basecamp, tempat ini dijadikan pos tempat berkumpulnya pendaki gunung dari seluruh dunia.

Dengan ketinggian lebih dari lima ribu meter diatas permukaan laut, suhu dingin yang ekstrem, longsoran salju dan oksigen yang menipis para pendaki diuji oleh ganasnya bentang alam Everest. Tak hanya itu saja, persaingan antar kelompok pendaki yang berlomba menundukkan puncak tertinggi di dunia mewarnai perjalanan mereka. Kisah mereka pun berlanjut dengan sederet adegan pendakian di medan-medan yang sulit, terjangan badai dan cuaca yang sering kali berubah diluar dugaan. Masalah teknis dengan peralatan dan perlengkapan mendaki pun menjadi kendala. Disinilah ketahanan fisik dan mental para pendaki benar-benar di uji, alam seakan memaksa mereka untuk memilih antara terus bertahan mencapai puncak yang tentunya akan mempertaruhkan nyawa atau pulang tanpa mencapai puncak tertinggi di dunia tersebut.

Trailer :

10. The Martian (2015)

Film Petualangan Terbaik - The Martian (2015)

Photo via imdb.com

Film The Martian ini menceritakan tentang sebuah misi ke planet Mars, dimana astronot Mark Watney diduga tewas setelah badai panas yang terjadi di planet tersebut dan ditinggalkan oleh rekan astronot lainnya. Namun ternyata Watney tetap bertahan dan menemukan dirinya terdampar dan sendirian di planet Mars yang gersang tersebut. Ia juga memiliki pasokan logistik yang sedikit dan ia harus memanfaatkan kecerdikan, kecerdasan dan semangat untuk bertahan hidup dan menemukan cara mengirimkan sinyal ke bumi yang menunjukkan bahwa ia masih hidup di planet yang tak berpenghuni tersebut. Jarak yang berjuta mil dari planet tempat Watney terdapat membuat NASA dan tim ilmuan internasional bekerja tanpa lelah untuk membawanya kembali ke bumi.

Trailer :

11. Meru (2015)

Film Petualangan Terbaik - Meru (2015)

Photo via imdb.com

Meru adalah sebuah film dokumenter karya Jimmy Chin yang bercerita tentang perjalanan mendaki sebuah jalur yang sangat sulit yaitu Shark’s Fin menuju ke salah satu dari tiga puncak Meru di pegunungan Himalaya. Mereka juga menjadi pendaki pertama yang berhasil melewati salah satu jalur pendakian tersulit di dunia tersebut.

Trailer :

12. In The Heart of The Sea (2015)

Film Petualangan Terbaik - In The Heart of The Sea (2015)

Photo via imdb.com

In The Heart of The Sea adalah film petualang yang diangkat dari buku nonfiksi yang memiliki judul yang sama. Film ini bercerita pada tahun 1820 dimana terjadi kru kapal yang harus menghadapi ikan paus yang besar di Essex. Para kru kapal ini harus menghadapi serangan ikan paus raksasa yang ingin menghancurkan kapal mereka. Bahkan ada beberapa kru kapal dimakan oleh ikan paus yang ganas ini dan yang masih selamat harus bisa bertahan dan menghadapi ikan paus ini. Segala cara pun dikerahkan agar mereka bisa kembali kepada keluarga.

Trailer :

13. Jurassic World (2015)

Film Petualangan Terbaik - Jurassic World (2015)

Photo via imdb.com

Jurassic World adalah film yang menceritakan tentang 22 tahun setelah insiden Isla Nublar dan Gray Mitchell berwisata sekaligus mengunjungi bibi mereka, Claire Dearing. Claire sendiri adalah manajer operasional taman Jurassic World, taman ini adalah sebuah taman dinosaurus yang berlokasi di Isla Nublar sebuah pulau lepas pantai kosta rika.

Sesampainya mereka di pulai ini, Claire terlalu sibuk untuk menghabiskan waktu dengan mereka sehingga mereka harus dijaga oleh asisten pribadinya. Simon Masrani yang merupakan pemilik taman sekaligus kepala Masrani Corporation datang dan memanggil Claire untuk melihat dinosaurus baru hasil rekayasa genetika mereka yang diberi nama Indominus rex. Ternyata Indomnus rex yang diciptakannya jauh lebih cerdas dari perkiraan mereka dan dari sinilah petualangan mereka di Jurassic World dimulai.

Trailer :

14. The Lost City of Z (2016)

Film Petualangan Terbaik - The Lost City of Z (2016)

Photo via imdb.com

The Lost City of Z adalah film petualangan dimana pada tahun 1950 di Irlandia ada seorang perwira Inggris muda bernama Percy Fawcett yang berpartisipasi dalam perburuan rusa disebuah perkebunan Irlandia untuk kepentingan kunjungan Franz dari Austria. Namun setelah ia berhasi menembak mati rusak ia dilecehkan di pesta tersebut.

Setahun kemudian, Percy dipanggil ke London untuk bertemu dengan ketua Royal Geographical Society dan sekertarisnya. Pemerintah Bolivia dan Brasil nyaris berperang mengenai lokasi perbatasan mereka dan meminta pemerintah Inggris untuk menelusuri lokasi itu. Percy setuju dan memimpin ekspedisi tersebut untuk mengembalikan nama baik keluarganya. Di kapal menuju Brazil, Percy bertemu dengan Kopral Henry Costin yang memiliki pengetahuan tentang hutan hujan Amazon.

Di sebuah perkebunan karet besai di hutan milik bangsawan Portugis, keduanya bertemu dengan Kopral Arthur Manley yang memberitahu mereka bahwa pemerintah Inggris menyarankan untuk tidak melakukan eksplorasi lebih lanjut. Percy dengan beberapa pemandu Amazon Tadju menyelesaikan misinya dan Tadju memberitahu Percy tentang sebuah kota di hutan yang dipenuhi dengan emas dan penuh dengan orang-orang.

Pada awalnya Percy menganggap Tadju gila namun setelah menemukan pecahan tembikar yang sangat mewah dan beberapa patung batu kecil di hutan, Percy percaya. Setelah itu Percy kembali ke Inggris dan sang istri bernama Nina menemukan tulisan dari penjelajah Spanyol yang menceritakan tentang sebuah kota yang jauh dari hutan Amazon. Percy bertemu dengan ahli Biologi James Murray untuk bergabung dalam ekspedisi untuk menemukan apa yang Percy sebut sebagai “Kota Hilang Z”.Dan petualang merek pun dimulai dengan segala macam rintangan mereka lalui.

Trailer :

15. Jungle (2017)

Film Petualangan Terbaik - Jungle (2017)

Photo via imdb.com

Jungle adalah film yang bercerita dimulai ketika awal tahun 1980-an, dimana Yossi melakukan perjalanan ke Bolivia untuk datang ke jantung hutan Amazon. Disana, ia bertemu dengan seorang guru sekolah Swiss bernama Marcus dan temannya bernama Kevin. Kevin sendiri adalah seorang pejalan kaki dan fotografer yang datang dari Amerika.

Mereka bertiga tinggal di salah satu apartemen di kota La Paz dan pada suatu hari Yossi keluar kepasar dan bertemu engan orang Austria bernama Karl. Mereka pun berbincang-bincang cukup lama dan kemudian Karl mengatakan bahwa mereka harus melihat keberadaan suku indian yang berada di dalam hutan Amazon. Karl juga mengaku mengenal salah satu suku tersebut, perjalanan membelah hutan Amazon akan baik-baik saja jika mereka mengenal suku asli yang tinggal disana.

Yossi pun bersemangat untuk menjelajah hutan Amazon dan percaya kepada Karl. Yossi pun kembali ke apartemen dan mengajak Marcus dan Kevin untuk bergabung namun Kevin dan Marcus meragukan pernyataan Karl sehingga mereka menolak. Atas bujukan Yossi mereka berdua akhirnya setuju dan keesokan harinya mereka menemui Karl disebuah toko dan bersedia ikut.

Mereka pun mempersiapan peralatan yang akan dibawa, keesokan harinya mereka mendaki melalui hutan selama beberapa hari dan kemudian sampai disebuah desa. Karl mengenal penduduk desa tersebut dan mereka menghabiskan beberapa hari disana. Keesokan harinya mereka melanjutkan perjalanan menelusuri hutan dan petualangan mereka pun dimulai.

Trailer :

Itulah beberapa daftar film petualangan terbaik yang harus kamu tonton, dari sekian banyak film petualangan ada yang memang diangkat dari kisah nyata dan ada juga yang hanya rekayasa belaka. Namun baik kisah nyata maupun rekayasa, film-film tersebut tetap membuat kita terhibur bahkan ada juga yang memacu adrenalin kita sendiri ketika menontonya.

Baca Juga