Harga, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan iPad Pro 2018

11 bulan lalu

setelah sekian lama ditunggu – tunggu oleh pecinta apple dan juga banyaknya rumor yang beredar mengenai produk apple yang terbaru ini, Akhirnya Apple iPad Pro dirilis pada 30 Oktober 2018 kemarin. Dengan mengusung berbagai fitur andalan di dalamnya, tentu saja iPad Pro kali ini layak untuk dicoba.

Sebelum peluncuran barang aslinya, ada banyak rumor yang beredar mengenai produk Apple yang satu ini di dunia maya. Dan beberapa dari rumor yang beredar tersebut memang benar adanya dan beberapa fitur tersebut telah diimplementasikan pada seri terbaru dari iPad Pro yang satu ini. Salah satu fitur baru dan juga yang diunggulkan dari seri ini adalah adanya fitur Face ID dengan TrueDepth kamerapada iPad Pro 2018. Fitur ini merupakan yang pertama kalinya disematkan dalam generasi iPad dari Apple.

Selain kedua fitur yang ada tersebut, Apple juga menyematkan konektor USB-C pada iPad yang juga merupakan hal yang pertama kali disematkan di dalam seri iPad. Dengan digantinya port lightning dengan USB-C seperti komputer high end, tentu saja membuat pengguna mampu untuk menghubungkan iPad Pro ini dengan berbagai aksesori lainnya seperti kamera digital dan layar desktop resolusi tinggi mencapai resolusi 5K.

photo via : www.stuff.tv

Perubahan lainnya yang bisa kita temui dalam seri iPad Pro 2018 ini adalah dengan tidak ditemukannya tombol home seperti yang ada pada iPad Pro 2017. Karena tombol home pada seri ini ditiadakan, tentu saja hal tersebut membuatnya semakin mirip dengan iPhone X dan saudaranya yang lain yang menggunakan navigasi gestur tangan untuk melakukan berbagai aktifitas pada smartphone yang satu ini. Dalam versi barunya ini juga tidak terdapat colokan earphone 3,5mm pada iPad Pro 2018 yang berarti pengguna harus menggunakan adapter khusus untuk mencolokkan earphone kabel ke perangkat ini.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Dari sisi desain, tablet baru miliki Apple ini memiliki sisi melengkung pada bagian ujung sisi-sisinya yang hampir miri seperti apa yang ada pada iPhone XR yang baru saja dirilis, hanya saja untuk smartphone yang satu ini tidak memiliki notch didalamnya. Layar dari iPad Pro 2018 ini telah memilki teknologi Liquid Retina Display didalamnya dan memiliki dua buah ukuran yang masing – masing berukuran 11 inci dan 12,9 inci. Dari sisi fotografi atau kamera, untuk kamera belakang atau kamera utamanya, iPad Pro 2018 menggunakan kamera beresolusi 12 MP. Sedangkan untuk kamera depannya, smartphone ini menggunakan kamera depan beresolusi 7 megapiksel dengan teknologi TrueDepth kamera.

Untuk bagian jeroannya, tablet ini telah diperkuat dengan system-on-chip (SOC) A12X Bionic, yang diklaim lebih kuat dari seri yang digunakan pada iPhone terbaru mereka. Selain itu peningkatan performa yang ada tidak tanggung-tanggung yakni sebesar 35% lebih bagus dibandingkan dengan apa yang ada pada seri iPhone untuk proses single core dan 90 persen lainnya lebih cepat dalam aktivitas multi core. Dengan kemampuan chipset yang dimilikinya, tentu saja membuat iPad Pro 2018 ini membutuhkan kapasitas baterai yang tidak sedikit.

photo via : vaaju.com

Olehnya Apple menyematkan baterai yang mampu bertahan hingga 10 jam pemakaian. Dengan kemampuan baterai tersebut, tentu saja dengan didukungnya USB type C pada perangkat ini membuatnya bisa juga digunakan sebagai power bank alias penambah daya untuk perangkat yang lainnya.

Selain kemampuannya yang bisa dibilang amat mumpuni, Apple iPad Pro 2018 ini juga hadir dengan beberapa aksesoris yang membuatnya mampu untuk berjalan lebih baik seperti apple pencil dan juga smart keyboard Folio. Namun kedua aksesoris ini tidak include didalam pemebelian dan kalian harus membelinya secara terpisah. Untuk Apple pencil yang ada saat ini memmiliki kemampuan untuk otomatis terpasang dan bisa diisi daya baterainya secara otomatis menggunakan wireless. Lebih kerennya lagi, pensil ini bisa menempel secara otomatis pada iPad saat tidak digunakan karena adanya kandungan magnet.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Selain Apple Pencil, aksesoris lainnya yang ada pada iPad Pro 2018 kali ini adalah adanya Smart Keyboard Folio. Sesuai dengan namanya, perangkat ini adalah ekstensi tambahan atau perangkat tambahan yang digunakan sebagai keyboard eksternal untuk perangkat iPad Pro 2018. Selain berfungsi sebagai keyboard, aksesoris ini juga berfungsi sebagai pelindung di bagian depan maupun bagian belakang dari iPad Pro 2018.

photo via : world.taobao.com

Sama seperti seri-seri iPad yang sebelumnya, ipad Pro 2018 kali ini juga memiliki harga yang beragam berdasarkan ukuran layar dan juga kapasitas penyimpanan yang dimilikinya, dan berikut ini adalah daftar harga selengkapnya dari iPad Pro 2018.

iPad Pro 11 inci

  • iPad Pro 11 inci 64 GB dijual dengan harga 799 dollar AS (Rp 12,1 juta)
  • iPad Pro 11 inci 256 GB dijual dengan harga 949 dollar AS (Rp 14,4 juta)
  • iPad Pro 11 inci 512 GB dijual dengan harga 1.149 dollar AS (Rp 17,4 juta)
  • iPad Pro 11 inci 1 TB dijual dengan harga 1.549 dollar AS (Rp 23,5 juta)

iPad Pro 12,9 inci

  • iPad Pro 12,9 inci 64 GB dijual dengan harga 999 dollar AS (Rp 15,2 juta)
  • iPad Pro 12,9 inci 256 GB dijual dengan harga 1.149 dollar AS (Rp 17,4 juta)
  • iPad Pro 12,9 inci 512 GB dijual dengan harga 1.349 dollar AS (Rp 20,5 juta)
  • iPad Pro 12,9 inci 1 TB dijual dengan harga 1.749 dollar AS (Rp 26,5 juta)

Untuk spesifikasinya, berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari iPad Pro 2018

Spesifikasi Lengkap iPad Pro 2018

  • Kartu Sim
  • Ukuran (P x L x T) 105.7 x 220.6 x 6.9 mm
  • Layar 12.9 inci
  • Memori Internal 32 GB/ 128 GB
  • RAM 4 GB RAM
  • Sistem Operasi IOS 9
  • Processor Apple A9X
  • Konektivitas Jaringan 3G HSPA 42.2/5.76 Mbps, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac dual-band
  • Kamera Belakang 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus
  • Kamera Depan 1.2 MP, [email protected], face detection, HDR, FaceTime over Wi-Fi or Cellular
  • Baterai 11.000 mAh Non-removable Li-Po
  • Aksesori Keyboard dan Apple Pencil

Meskipun baru diluncurkan, dengan spesifikasi yang dimilikinya, kita sudah bisa mengetahui beberapa kelebihan yang dimiliki oleh perangkat Apple  iPad Pro 2018. Namun tentu saja tidak sebanyak setelah kita mencobanya nanti saat memilikinya. Oleh karenanya, berikut ini kami sajikan beberapa kelebihan dari iPad Pro 2018 yang berdasarkan spesifikasi yang dimilikinya. Kalau untuk kekurangannya sendiri masih belum bisa kami temukan, karena perangkat ini baru saja dirilis kemarin.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Kelebihan iPad Pro 2018

  • Tidak ada tombol home
  • Bezzel yang lebih tipis dibandingkan seri sebelumnya
  • Bagian ujung dari masing – masing sudut iPad dibuat melengkung dan tidak lancip
  • Mendukung USB tipe C
  • Desain Aluminium tanpa Notch dibagian atasnya

 

Baca Juga