Tips Cara Memilih Pacar Yang Baik dan Benar

2 tahun lalu, by blogunik

Setiap orang tentunya ingin memiliki pacar yang baik, setia dan sopan. Hal ini dikarena tahap pacaran terkadang menjadi batu loncatan untuk ke jenjang yang lebih serius lagi yaitu menikah. Namun tak sedikit juga yang di pertemukan dengan jodohnya tanpa melalui tahap pacaran, mereka hanya saling kenal lalu berteman dan memutuskan untuk menikah. Nah, jika kamu ingin masa pacaran kamu ke tahap selanjutnya, kamu pastikan memilih pacar yang tepat. Kebanyakan dari kita terjebak dan kurang menyadari bahwa pasangan kita tidak sebaik yang kita pikirkan. Masalahnya, terkadang setiap orang jatuh cinta pada pandangan pertama atau hanya melihat fisiknya yang cantik dan tampan pasti langsung jatuh cinta. Padahal cantik dan tampan itu relatif dan yang pasti, cantik dan tampan dari dalam sangat diperlukan dibandingkan dengan kecantikan dari fisik. Memilih pasangan yang baik dan benar sangat diperlukan jika impianmu untuk menjadikan pacar sebagai pendamping hidup, agar kamu tidak merasa membuang-buang waktumu hanya untuk sekedar menjalani hubungan asmara yang tidak serius. Nah, berikut ini cara memilih pasangan yang baik dan benar, agar masa pacaran yang kamu jalani tidak sia-sia :

1. Melihat Penampilannya

Walaupun penampilan bukanlah segalanya, tapi setidaknya kamu harus memilih pacar yang bisa menjaga penampilannya, terutama di depan umum. Penampilan disini ialah berpenampilan sopan, rapi, dan wangi. Jika pasanganmu berpenampilan rapi dan wangi bukannya kamu juga yang akan senang kan.

2. Sifat dan Sikapnya

Perhatikan prilaku kesehariannya, perhatikan juga sifat dan sikapnya dalam memperlakukan orang lain. Jika ia memperlakukan orang lain dengan baik, kemungkinan dia akan memperlakukan kamu dengan baik juga.

3. Usianya

Dari segi usia, pilihlah pasangan yang sekiranya sesuai dengan seleramu. Jika kamu wanita, tentunya kamu memilih pacar yang usianya jauh lebih tua darimu. Jika kamu pria biasanya mencari wanita yag umurnya lebih muda darimu. Namun ada juga yang memilih sebaliknya, tingkat kedewasaan orang tidak bisa di ukur dengan usianya. Bisa juga seorang wanita mencari pria yang umurnya lebih muda darinya, hal itu karena tingkat kedewasaan pria yang bisa memimpin sebuah hubungan.

4. Taat Beragama

Jika kamu memiliki pacar yang taat agama biasanya memiliki dampak yang baik juga bagi dirimu sendiri. Seperti, jika kamu bukanlah orang yang rajin beribadah, namun karena pacarmu adalah seorang yang rajin beribadah, otomatis kamu akan tertular kerajinan tersebut.

5. Latar Belakang Jelas

Hal ini biasanya berkaitan dengan keluarga sang pacar. Perhatikan juga bagaimana keadaan keluarganya. Kamu juga bisa mencoba untuk dekat dengan keluarganya atau saudaranya agar kamu lebih tahu lagi dengan kepribadian yang sebenarnya dari pacarmu itu. Namun jika pacarmu tidak memiliki keluarga, mungkin saja ia dibesarkan di panti asuhan dan cobalah untuk menggali tentangnya melalui panti asuhan tersebut. Hal ini dilakukan karena yang namanya pacar bisa saja berasal dari mana saja dan dari latar belakang apa saja.

6. Komunikasi Yang Baik

Komunikasi disini maksudnya pilihlah pacar yang sekiranya dapat membuatmu menyambung dengannya dengan baik ketika berbicara, berkeluh kesah dan yang lainnya. Karena pada dasarnya, pacar yang nyambung denganmu pastinya akan lebih mudah untuk kamu mengerti dan begitu juga sebaliknya.

7. Cari Tahu Apa Kelebihan dan Kekurangannya

Dalam hal ini bukannya untuk membongkar kekurangan yang di milikinya, namun bisa tidaknya kamu menerima kekurangan yang dimilikinya. Hal ini dilakukan agar nantinya kamu tidak kecewa dan menyesal dikemudian harinya. Kamu juga tidak usah menutupi kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Janganlah bersikap sempurna dihadapannya hanya agar terlihat tidak cacat dimatanya. Kamu harus menjadi diri kamu sebenarnya.

8. Rajin

Carilah pacar yang rajin, atau bisa juga lebih raji darimu, seperti rajin sekolah/kuliah, bekerja, beribadah dan lainnya. Karena kerajinan yang dimilikinya merupakan gambaran jika ia pribadi yang tekun dan konsisten dengan apa yang dilakukannya. Dan siapa tahu kerajinan yang dimilikinya menular kepada kamu yang tidak rajin.

9. Komitmen

Pilihlah pacar yang memiliki komitmen yang baik, entah itu dalam studinya, pekerjaannya ataupu hal-hal yang dilakukannya. Karena dengan begitu, dia juga akan berkomitmen yang baik apabila menjalin hubungan denganmu nantinya.

10. Pintar

Carilah pacar yang pintar, bahkan jika perlu lebih pintar dari kamu sendiri. Pacar yang pintar atau berwawasan luas biasanya akan memberikanmu wawasan baru yang sebelumnya kamu tidak tahu dan pahami.

11. Sopan dan Santun

Pacar yang sopan dan santun tentunya idaman bagi setiap orang tua. Maka dari itu carilah pacar yang memiliki sikap sopan dan santun terutama di hadapan orang yang lebih tua.

12. Mandiri

Kemandirian yang dimilikinya biasanya mencerminkan akan ketangguhannya. Berbeda dengan orang yang manja, dimana ia masih bergantung pada orang lain termasuk kepada orang tuanya sendiri. Bisa jadi juga nantinya ia akan bergantung padamu karena sudah menjadi pacarnya.

13. Perhatian

Tentunya setiap orang mendambakan pacar yang perhatian. Maka dari itu pilihlah pacar yang memiliki sikap perhatian yang baik. Sehingga nantinya ia menaruh perhatian padamu selaku pacarnya.

14. Setia

Pacar yang baik adalah yang mampu setia denganmu. Kesetiaan seseorang biasanya terlihat dari kekonsistenan dan komitmen tinggi yang dimilikinya terhadap sesuatu.

15. Sabar

Pilihlah pacar yang memiliki karakter sabar, sabar disini maksudnya adalah kemampuan dalam mengontrol emosi dan selalu memiliki cara untuk merendam emosi. Dengan kata lain, ia bukanlah tipe orang yang mudah marah, termasuk ketika sedang mengalami masalah sekalipun.

16. Menerima Apa Adanya Diri Kamu

Pilihlah pacar yang mampu menerima kamu apa adanya, orang tersebut tidak terlalu menuntut terhadapmu.

17. Mudah Bergaul

Pilihlah pacar yang mudah bergaul, agar nantinya saat kamu mengenalkannya pada teman-teman kamu, ia tidak kaku. Dan biasanya pacar yang mudah bergaul akan mudah juga beradaptasi.

18. Tidak Matrealistis

Matrealistis atau matre sesuatu hal yang tidak menyenangkan. Jika kamu kaya tentu saja tidak akan nyaman dengan pacar yang matrealistis, karena bisa saja dia hanya menginginkan harta yang kamu miliki saja.

19. Humoris

Memiliki pacar yang humoris biasanya akan jauh lebih menyenangkan, apa lagi jika kamu merasa sedih karena suatu masalah. Dengan memiliki pacar yang humoris tentu saja ia bisa menghiburmu dengan humornya. Hal ini juga bisa membuat hubungan kamu lebih menyenangkan dan tidak terkesan datar dan membosankan.

20. Rela Berkorban

Memiliki pacar yang rela berkorban tentu saja akan meringankan dirimu ketika mengalami sebuah masalah. Mereka tentunya dengan senang hati akan membantumu dan bahkan mengorbankan apa saja demi dirimu untuk membuat kamu keluar dari masalah tersebut.

21. Baik Hati

Setiap orang tentu saja menginginkan pacar yang baik hati, terutama dalam hal tolong-menolong orang lain. Karena pacar yang tidak pernah ragu untuk membantu dan menolong orang lain, pastinya tidak akan ragu ketika datang waktunya untuk membantumu dan menolongmu.

22. Bertanggung Jawab

Pacar yang memiliki rasa tanggung jawab pastinya berpegang teguh dengan apapun yang dilakukannya, termasuk dalam hal menjalin hubungan asmara dengan kamu. Hal ini bisa menjadi akan keseriusan dan komitmennya ketika menjadi hubungan dengan kamu.

23. Tidak Sombong

Siapapun tidak ingin memiliki pacar yang memiliki sifat yang sombong. Karena sifat sombong ini cenderung tidak disukai oleh banyak orang. Dan pastinya keluarga kamu juga tidak akan senang jika pacarmu memiliki sifat seperti ini.

24. Tidak Egois

Tidak ada seorang pun yang ingin berhubungan dengan orang yang memiliki sifat egois. Karena pacar yang egois tentu saja hanya memikirkan kepentingannya sendiri tanpa peduli dengan kepentingan pasangannya. Hal inilah biasanya menjadi penyebab putusnya cinta.

25. Bisa Menasehati dan Menegur

Pacar yang bisa menasehati dan menegur sangat diperlukan. Karena jika kamu tanpa sengaja melakukan kesalahan, pacar yang demikian diperlukan untuk menasehati dan menegurmu ketika kamu berbuat salah, hal ini juga sebagai tanda keperdualiannya terhadapmu. Karena pada dasarnya orang yang mencintaimu tidak akan membiarkan kamu terjun ke jurang kesalahan.

26. Terbuka

Sifat terbuka disini adalah jika ia berbuat kesalahan, ia bisa menerima nasehat, saran dan kritikan dari orang lain termasuk dari kamu juga sebagai pacarnya. Tentunya selama nasehat, saran dan kritikan tersebut benar-benar membangun dan memperbaiki kesalahan yang telah di perbuat.