Tips Dan Cara Merawat Softlens Yang Benar

Dibuat oleh blogunik

Penggunaan lensa kontak atau softlens menjadi salah satu andalan buat pengganti kacamata. Lensa kontak ini lebih simple jika dibandingkan dengan kacamata yang rentan gagangnya patah.

Pada umumnya softlens digunakan sebagai alat bantu penglihatan saja, tapi sekarang softlens juga dapat digunakan sebagai penunjang penampilan. Karena dipasaran ada juga softlens yang dikhususkan untuk mata normal dengan berbagai macam ukuran dan warna yang menarik.

Sah-sah saja mereka menggunakan, asalkan kebersihan softlens selalu terjaga dengan baik agar tidak menimbulkan gangguan pada mata. Nah, berikut ini ada beberapa cara merawat softlens yang benar agar terhindar dari permasalahan pada mata

1. Rendam Softlens Dengan Cairan Khusus Softlens

Tips Dan Cara Merawat Softlens Yang Benar

photo via allproperty.com.ua

Ketika kita membeli softlens baru, sebelum digunakan pastikan untuk merendamnya terlebih dahulu sekitar 10 – 15 menit saat dikeluarkan dari tempatnya dengan cairan khusus softlens. Ini dilakukan untuk memastikan agar softlens bersih dan kandungan air didalamnya dapat beradaptasi dengan cairan softlens. Sehingga, ketika nanti digunakan softlens terasa nyaman di mata tanpa adanya rasa perih ataupun mengganjal di mata.

2. Pastikan Tempat Softlens Selalu Bersih

Rutinlah membersihkan tempat softlens, kalian bisa menggunakan air hangat atau cairan softlens untuk membersihkannya. Pastikan juga tempat penyimpanan softlens ini aman, terhindar dari tempat lembap, terkena sinar matahari langsung dan debu. Karena jika tempat softlens jarang dibersihkan dapat memperngaruhi kebersihan dari softlens kamu sendiri.

3. Cuci Softlens Sebelum Dan Sesudah Dipakai

Tips Dan Cara Merawat Softlens Yang Benar

photo via homelentes.com.br

Sebelum kamu menggunakan softlens, pastikan kamu mencucinya terlebih dahulu dengan cairan khusus softlens. Meskipun softlensmu disimpan dengan bersih dan aman, hal ini mesti kamu lakukan agar softlensmu benar-benar dalam keadaan bersih ketikan akan digunakan.

Setelah menggunakan softlens, kamu juga harus membersihkannya sebelum diletakkan kembali ke tempatnya. Untuk memastikan jika tidak ada debu atau kotoran yang menempel saat kamu beraktivitas di luar.

4. Pastikan Tangan Bersih Ketika Memegang Softlens

Ketika kamu akan memegang softlens, pastikan jika tanganmu bersih. Cucilah tangan hingga bersih dengan menggunakan sabun, pastikan jika tangan hingga jari-jari tidak ada kotoran yang menempel agar softlens tidak terkontaminasi dengan kotoran atau bakteri. Kuku-kuku jarimu juga perlu diperhatikan, jika kuku-mu mengenai permukaan softlens yang sangat tipis bisa jadi softlens robek.

5. Gunakan Softlens Setelah Menggunakan Make Up

Tips Dan Cara Merawat Softlens Yang Benar

photo via beauty-worthen.com

Hal ini mungkin belum banyak yang mengetahuinya atau masih bingung urutan yang benar seperti apa. Jika kamu termasuk orang yang selalu menggunakan make up ketika beraktivitas, pastikan kamu menggunakan softlens ketika sudah selesai ber-make up. Karena jika kamu menggunakan softlens kemudian baru menggunakan make up, bisa saja beberapa produk make up yang kamu gunakan masuk ke mata dan mengenai softlens yang bisa memicu iritasi pada mata nantinya.

6. Hati-hati Dalam Menggunakan Softlens Ketika Beraktifitas

Jangan pernah menggunakan softlens ketika kamu sedang berenang, mandi ataupun tidur. Ketika mandi atau berenang, terkadang air bisa mengenai mata dan membuat softlens terlepas dari mata. Parahnya lagi bisa saja softlens masuk ke dalam kelopak mata yang tentunya sangat membahayakan.

Saat kamu tidur, jangan lupa untuk melepaskan softlens. Ketika menutup kelopak mata, air mata tidak mendapatkan banyak oksigen ke mata. Tidur dengan softlens dapat menyebabkan mata memerah, berair dan parahnya dapat menyebabkan kebutaan.

7. Periksa Softlens Apakah Masih Layak Digunakan

Tips Dan Cara Merawat Softlens Yang Benar

photo via celebrithink.com

Sebelum menggunakan softlens, cek terlebih dahulu tanggal kedaluwarsanya pada kemasan. Jika softlens sudah lewat dari batas baik penggunaan segera buang dan hancurkan.

Selain itu, jika softlens terlihat mengering atau kamu lupa merendamnya dengan cairan softlens sebaiknya langsung dibuang saja. Softlens yang sudah kering, kandungan air didalamnya akan berubah, meskipun sudah kamu rendam semalam pun dengan cairan softlens dan kembali normal, softlens tersebut sudah tidak layak pakai.

Softlens tersebut bisa saja mengganggu kenyamanan mata. Jika digunakan tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan iritasi hingga infeksi pada mata.

8. Rutinlah Membersihkan Dan Mengganti Tempat Softlens

Selain rajin membersihkan softlens, tempat softlens juga perlu kamu perhatikan. Gantilah air tempat softlens setidaknya 3 hari sekali. Selain air, tempat softlens juga perlu kamu ganti dengan yang baru setidaknya 3 bulan sekali. Penggantian ini untuk mencegah terjadinya kontaminasi bakteri dan jamur.

9. Hindari Penggunaan Softlens Terlalu Lama

Tips Dan Cara Merawat Softlens Yang Benar

photo via sociolla.com

Penggunaan softlens yang terlalu lama tidak hanya buruk bagi kesehatan mata, namun juga bagi softlens tersebut. Cara merawat softlens yang benar dan cara terpenting untuk mempertahankannya kualitasnya yaitu dengan mengistirahatkannya dalam jangka waktu tertentu.

Softlens khususnya jenis lunak, menciptakan suhu hangat dan lembap untuk mikroorganisme bisa berkembang biak. Sehingga soflens menjadi tempat yang nyaman untuk kuman bersarang dan kualitasnya pun menurun.

Maka dari itu, pastikan untuk memberi ruang pada mata agar bisa bernafas lega selama beberapa jam sehari.

 

Itulah beberapa tips dan cara merawat softlens yang benar. Meskipun tidak ada jaminan softlens akan terhindari dari bakteri, setidaknya cara tersebut dapat meminimalkan efek buruk. Jika setelah menggunakan softlens mata terasa tidak nyaman seperti buram atau mata memerah segera menemui dokter.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.