12 Manfaat Saffron Untuk Kecantikan

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Yuk cari tahu, manfaat saffron untuk kecantikan!

Belakangan saffron menjadi trend di dunia kecantikan dan kerap menjadi buruan para beauty enthusiast. Saffron sendiri merupakan salah satu jenis rempah berupa putik bunga Crocus sativus yang memiliki warna merah tua dengan ujung berwarna orange.

Putik bunga ini memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang juga memiliki sifat terapeutik dan kalium untuk membantu pembentukan dan perbaikan sel kulit wajah. Tak hanya itu, saffron juga memiliki manfaat anti-inflamasi yang menenangkan kulit dan dapat mengurangi kemerahan, serta anti-jamur yang digunakan untuk mengurangi jerawat.

Yang lebih mengejutkannya lagi, saffron disebut sebagai rempah termahal di dunia berdasarkan berat, karena memiliki segudang manfaat baik sebagai penyedap masakan maupun sebagai skincare alami. Saffron seberat 1 Kg dapat dijual dengan harga mencapai Rp 52 juta hingga Rp 2,3 miliar. Meski mahal, namun saffron tetap diburu karena kemampuannya dalam mengatasi berbagai permasalahan kulit.

Untuk itu, berikut beberapa manfaat saffron untuk kecantikan yang wajib kalian ketahui.

1. Mencerahkan kulit wajah

Manfaat Saffron Untuk Kecantikan

photo via femina.in

Manfaat saffron untuk kecantikan yang pertama adalah dapat mencerahkan kulit wajah secara alami. Senyawa crocin yang kaya akan antioksidan dan vitamin C pada saffron akan membantu mencerahkan dan mengembalikan rona alami pada wajah.

Kamu bisa mencampurkan 3-4 helai saffron dan satu sendok makan minyak zaitun. Aplikasikan pada seluruh wajah sambil memberikan pijatan lembut dengan gerakan memutar searah jarum jam. Diamkan selama satu jam sebagai masker wajah kemudian bilas hingga bersih.

2. Mengatasi jerawat

Keunggulan saffron untuk kecantikan berikutnya adalah mampu mengatasi jerawat. Ini karena saffron memiliki sifat anti-bakteri dan antioksidan yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Bahkan saffron juga dapat mencegah breakout yang lebih parah.

Cukup gunakan 10 helai saffron dan rendam bersama 5-6 daun basil segar di air jernih. Kemudian, haluskan atau tumbuk sampai menjadi pasta. Oleskan pasta saffron tersebut pada kulit yang berjerawat. Gunakan sebagai obat jerawat dan gunakan secara rutin hingga kondisi jerawat benar-benar sembuh.

3. Menghilangkan bekas jerawat

Tak hanya menyembuhkan jerawat, saffron juga mampu menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Kandungan dalam saffron ini akan bekerja lebih optimal ketika kita mencampurkannya dengan susu yang dikenal dapat mengangkat sel kulit mati pada wajah.

Cukup rendam 5-10 helai saffron dalam susu dan biarkan saffron meresap dengan susu selama kurang lebih 2 jam. Lalu oleskan susu di bagian wajah dan leher, diamkan selama 10-15 menit dan bilas hingga bersih.

4. Mengurangi noda hitam

Manfaat Saffron Untuk Kecantikan

photo via zafranpremium.com

Manfaat saffron untuk kecantikan berikutnya adalah dapat mengurangi noda hitam pada wajah jika dipadukan dengan madu. Ini karena kandungan anti-inflamasi pada saffron dapat bekerja secara maksimal ketika di campur dengan madu yang memiliki kandungan antioksidan yang dapat menghilangkan noda, bintik hitam hingga bekas luka di kulit kamu. Selain itu, perpaduan saffron dan madu juga dapat membantu mengunci kelembaban dalam kulit.

Cukup campurkan 3 helai saffron dengan 1 sendok madu, oleskan pada seluruh bagian wajah sambil memijat perlahan, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

5. Melembabkan kulit

Kandungan yang terdapat pada saffron juga mampu melembabkan kulit wajah yang kering. Seperti yang kita tahu, kulit kering dapat membuat tekstur kulit menjadi kasar bahkan mengelupas sehingga dapat memicu masalah kulit seperti kulit kusam dan jerawat.

Kamu bisa memanfaatkan air rendaman dari tiga helai saffron, kemudian tempatkan pada botol spray. Cukup semprotkan pada wajah saat diperlukan seperti face mist. Air saffron dapat mengembalikan kelembaban kulit wajah secara alami.

6. Mengurangi iritasi kulit

Manfaat saffron untuk kecantikan berikutnya adalah dapat mengurangi iritasi kulit wajah. Ini sangat cocok digunakan buat kamu yang memiliki kulit sensitif yang kerap mengalami kulit kemerahan dan iritasi. Nah, adanya sifat anti-inflamasi pada saffron ini dapat menenangkan kulit yang mengalami iritasi dan kemerahan. Tak hanya itu, saffron juga dapat mengurangi ruam, dan pembengkakan pada wajah.

Cukup campurkan beberapa helai saffron dengan minyak zaitun atau madu. Kemudian oleskan pada wajah secara merata, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

7. Menjadi antioksidan

Manfaat Saffron Untuk Kecantikan

photo via htv.com.pk

Saffron memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga nggak heran jika jenis rempah termahal di dunia ini disarankan mengatasi masalah kecantikan. Kandungan crocetin, kaempferol, crocin dan safranal pada saffron juga ampuh mencegah zat radikal bebas yang menempel pada kulit.

Perlu diketahui bahwa paparan radikal bebas ini dapat mengakibatkan kerusakan pada sel-sel kulit, termasuk sel-sel wajah sehingga menyebabkan penuaan dini. Nah kamu bisa menggunakan masker saffron setiap hari sebagai cara alami untuk mengatasi penuaan dini akibat radikal bebas.

8. Mengatasi mata panda

Kandungan vitamin A dan vitamin C pada saffron juga dapat membantu mengatasi mata panda atau lingkaran hitam di sekitar mata yang mengganggu penampilan.

Cara untuk memperoleh manfaat dari saffron ini adalah dengan menggunakan air rendaman saffron yang dicampur dengan minyak zaitun. Gunakan kapas untuk menempelkan larutan saffron pada bagian bawah mata selama 15 menit sebagai masker.

9. Melindungi kulit dari sinar UV

Saffron juga bisa dimanfaatkan sebagai pelindung kulit dari sinar UV dan memaksimalkan sunscreen kalian lho. Ini karena senyawa antioksidan, seperti kaempferol dan quercetin yang terdapat dalam saffron dapat menangkal efek paparan sinar ultraviolet. Kamu hanya perlu memasukan beberapa helai saffron ke dalam botol spray yang telah berisi air. Semprotkan air saffron ke wajah ketika kamu melakukan aktivitas di luar ruangan. Air saffron akan membantu mendinginkan dan menenangkan kulit yang terbakar matahari.

10. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat Saffron Untuk Kecantikan

photo via livayur.com

Mempercepat penyembuhan luka juga menjadi salah satu manfaat dari saffron. Kandungan yang terdapat dalam saffron dapat meningkatkan regenerasi dan produksi sel, sehingga bekerja untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

11. Mengatasi hiperpigmentasi

Manfaat saffron untuk kecantikan kulit berikutnya adalah dapat mengatasi hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi sendiri merupakan kondisi munculnya bercak gelap pada kulit. Hal ini disebabkan oleh pigmen melanin berlebih. Nah senyawa aktif saffron, termasuk crocin diklaim dapat menurunkan kadar melanin. Senyawa ini bekerja dengan menekan enzim tirosinase yang berperan penting dalam proses produksi melanin.

12. Membuat kulit lebih bercahaya

Satu lagi manfaat saffron untuk kecantikan adalah mampu membuat kulit tampak lebih bercahaya, bersih, segar dan glowing. Ini karena saffron dapat membantu proses eksfoliasi dengan meningkatkan sirkulasi darah sehingga kulit tampak bercahaya.

Kamu bisa menggunakan campuran saffron dengan air perasan lemon, dan oleskan secara merata pada kulit wajah sebagai masker. Gunakan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Nah itu dia beberapa manfaat saffron untuk kecantikan yang wajib kalian ketahui. Bagaimana menurut kalian guys? Tertarik memiliki saffron sebagai skincare alami kalian?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.