21 Lukisan Paling Mengerikan di Dunia

3 tahun lalu, by blogunik

Seni merupakan sebuah keindahan dari sebuah hasil karya yang memiliki nilai tinggi yang mampu membuat para penikmatnya merasakan kebahagian yang tak terduga dari segala bentuk yang tercipta dari seni itu. Salah satu hasil karya dari sebuah seni yang sering kita jumpai adalah berupa lukisan. Lukisan adalah salah satu bentuk karya seni yang di gambar dan terkadang mengandung sebuah makna yang berusaha di sampaikan oleh sang seniman lukis. bagi kebanyakan orang memandang lukisan yang indah akan membuat mereka merasakan persaan yang bahagia dan tenang.

Namun apakah kalian tahu atau pernah menjumpai sebuah lukisan yang mungkin membuatmu merinding ketika melihatnya, atau apakah kalian pernah merasa aneh dengan lukisan yang selalu mengawasimu. Ingin tahu lukisan-lukisan yang memiliki aura mistis yang akan membuat kalian merinding jika melihatnya di waktu-waktu tertentu. Ayo simak ulasan berikut tentang lukisan yang terkenal menyeramkan ini.

 

1. HEADS SEVERED

Merupakan lukisan yang di ciptakan oleh Theodore Gercault. Lukisan ini merupakan lukisan yang paling terkenal dari berbagai macam karya seni yang di hasilkannya, lukisan ini juga terkenal akan gaya artistik dari sang pelukis.

Konon Lukisan yang menggambarkan 2 kepala mayat ini terinspirasi dari dirinya yang melihat beberapa organ tubuh manusia di rumah mayat maupun potongan tubuh manusia di lab rumah sakit.

 

2. STUDY AFTER VELAZQUEZ’S PORTRAIT OF INNOCENT X

Merupakan lukisan yang di ciptakan oleh seniman terkenal pada abad 20, yaitu Francis Bacon. Gaya lukisannya terkenal berani dan memiliki unsur gelap dalam bentuk figur-figur atau tokoh tertentu, lukisan ciptaanya terjual sangat mahal bahkan walau hanya sebuah kanvas saja.

Dalam lukisan ini di gambarkan bahwa paus tersebut sedang termenung dan akan seperti sedang berbicara, bacon menggambarkan bahwa paus ini sedang menjerit.

 

3. THE HANDS RESIST HIM

Merupakan lukisan yang di ciptakan oleh Bill Stoneham pada tahun 1972 di Oakland, California. Lukisan ini juga di kenal sebagai lukisan paling menyeramkan di dunia.

Dalam lukisan ini di gambarkan kakak laki-laki dan adik perempuan dimana banyak tangan sedang mencoba untuk keluar di balik pintu, hanya sebuah kaca rapuh yang menahan keberadaan mereka. Di katakan bahwa anak kecil pada lukisan ini bergerak pada malam hari bahkan berkelahi.

 

4. THE CRYING BOY

Merupakan lukisan yang di ciptakan oleh Bruno Amadio. Lukisan ini mengambarkan seorang anak kecil dengan air mata yang mengalir ke pipinya.

Sang pelukis mengekspresikan kesedihan mendalam pada lukisan anak ini, dimana tidak ada seorang pun yang dapat menahan emosinya ketika melihat tangisan anak kecil ini.

Lukisan ini terkenal akan berbagai legenda dimana kebakaran dan kematian menghantui lukisan ini, bahkan lukisan ini terkenal terkutuk dimana terjadi kebakaran pada gedung dimana lukisan ini di pamerkan.

 

5. THE SCREAM

Merupakan lukisan yang di ciptakan oleh Edvard Munch, dan juga merupakan lukisan yang paling terkenal di dunia di karenakan harganya yang sangat mahal bahkan untuk beberapa tipe dari lukisan ini.

Di kabarkan bahwa orang-orang merasa sakit, bahkan merasa depresi ketika mendalami lukisan ini. Bahkan di katakan bahwa lukisan ini membawa ketidak beruntungan kepada orang yang menyentuk atau menjatuhkan lukisan ini.

 

6. PAINTING

Merupakan salah satu dari Lukisan yang diciptakan oleh Francis Bacon, dimana harga lukisan ini sangat mahal dalam pelelangan. Lukisan ini sangat mengerikan dimana di katakan bahwa ketika anda mencoba untuk memahami dan merasakan unsur dari seni lukisan ini anda akan merasakan ketakutan dan mencoba untuk bersembunyi.

Bacon terkenal akan gaya lukisannya yang dimana menyampaikan tragedi dari keberadaan seseorang atau makhluk hidup.

 

7. THE NIGHTMARE

Merupakan lukisan dari seniman yang bernama John Fuseli. Setelah Lukisan ini di pamerkan oleh Fuseli, lukisan ini terkenal akan penampakan mengerikan kutukan terhadap orang tidur.

Lukisan ini sangat terkenal hingga fuseli mengambar beberapa versi dari lukisan ini, di lukisan ini dapat terlihat incubus yang iblis laki-laki yang menggoda perempuan ketika mereka tidur, dimana ia duduk di atas dada dari orang yang tertidur tersebut.

 

8. POGO THE CLOWN

Merupakan lukisan yang di gambar oleh John Wayne Gacy, seorang pembunuh berantai di dalam sejarah amerika, dimana gacy telah melakukan pembunuhan paling tidak sekitar 33 pria dan anak remaja.

Dalam lukisan ini di gambarkan ego dari gacy, dimana gacy sendiri memakai pakaian badut yaitu sebagai Pogo.

 

9. PICTURE OF DORIAN GRAY

Merupakan lukisan dari seorang seniman yang bernama Ivan Albright. Lukisan ini memiliki gaya lukisan yang sangat realistis, dimana lukisan ini juga mengandung unsur fantasi. Gaya seni lukisan fantasi ini dalam dunia seni sendiri mendeskripsikan kenyataan atau realita dari kebenaran terdalam sebuah objek yang di lihat oleh sang pelukis. Dalam lukisan yang di gambarkan ini mengekspresikan kemerosotan jiwa dari seorang pria muda.

 

10. SATURN DEVOURING HIS SON

Merupakan lukisan yang di lukis oleh seniman bernama Francisco Goya. Dalam legenda di katakan bahwa ayah dari dewa menenlan anaknya sendiri untuk menyakinkan bahwa tiada yang lebih hebat daripada dirinya, dalam lukisan ini di gambarkan pembunuhan anak.

Lukisan ini juga tidak pernah di maksudkan untuk di pamerkan kepada publik, di karenakan lukisan ini di lukis dan hanya di pajang di rumahnya dengan beberapa lukisan kesuraman yang di lukisnya. Koleksi-koleksi lukisannya terkenal sebagai “The Black Painting”.

 

11. Lukisan Nyi Roro Kidul

Salah satu lukisan Nyi Roro Kidul yang berada di hotel Samudra Beach di kota sukabumi, berada di kamar nomor 308. Menurut cerita dari tamu hotel yang singgah di kamar tersebut, ketika mengamati lukisan tiba-tiba muncul sekelebat kain hijau dan bau wangi bunga melati, bahkan sering kali terdengar suara deburan ombak yang seakan-akan kehadiran dari Ratu kidul ini sungguh nyata.

 

12. Lukisan Oey Hui Lan

Lukisan ini di buat sekitar abad 19, menggambarkan sesosok wanita bernama Oey Hui Lan yang merupakan keturunan dari orang China. Oey Hui Lan adalah merupakan anak dari orang terkaya di Asia Tenggara bernama Qey Tiong Ham dan tinggal lama di Indonesia. Kisah dari kehidupan Oey Hui Lan pun tak memiliki hal-hal yang menyeramkan. Lukisan Oey Hui Lan ini berada di sebuah ruangan yang berada di hotel Tugu Malang, tepatnya di The Sugar Baron Room Hotel.

Dari kisah kehidupannya wanita ini tak memiliki cerita yang menyangkut hal yang mengerikan, namun di balik lukisan tersebut ternyata memiliki sebuah kisah yang mungkin bisa membuatmu ragu untuk menatapnya. Dari bayaknya cerita yang beredar, bagi siapa yang berani menatap lukisan Oey Hui Lan dalam waktu yang lama maka pada malam hari dia bakal di datangi dalam mimpinya.

 

13. Lukisan Prabu Siliwangi

Lukisan Prabu Siliwangi ini terdapat di lokasi Kraton Kasepuhan di jalan Jagasatru Cirebon, Prabu Siliwangi adalah merupakan Seorang Raja yang terkenal kesaktiannya. Di balik lukisan dari Prabu Siliwangi ini, ternyata juga memiliki sebuah cerita mistis yang bisa membuat bulu kuduk merinding dibuatnya. Konon tersiar kabar bahwa mata dan jari yang ada di lukisan itu dapat bergerak mengikuti ke arah kemanapun kamu pergi.

Hal yang bakal membuat keseramannya begitu nyata dari sosok lukisan itu adalah keanehan lukisan itu jika di foto. Banyak para wisatawan yang berkunjung dan memfoto Lukisan seorang Raja yang di dampingi seekor harimau itu selalu gagal alias gambarnya hanya menjadi hitam. Bahkan pernah ada cerita seorang pengunjung menjadi kesurupan ketika melihat lukisan tersebut, yang konon di rasuki oleh roh atau jin yang meniru sosok dari Prabu Siliwangi.

 

14. Lukisan The Anguished Man

Seperti dengan yang tertuang pada namanya, lukisan ini menggambarkan kisah seorang lelaki yang sedang putus asa yang sangat teramat dalam. Lukisan yang di miliki oleh Sean Robinson adalah hasil dari pemberian sang nenek ketika beliau mewariskan rumahnya ke Sean. Sembari memberikan lukisan tersebut, sang nenek juga berpesan yang intinya memperingatkan bahwa lukisan itu sangat berbahaya. Konon dari cerita sang nenek pelukis tersebut telah menyampurkan darahnya untuk di gunakan sebagai bahan untuk melukis yang kemudian sang pelukis akhirnya mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

Awal mulanya tak banyak orang percaya cerita dari sang nenek akan kemistisannya, karena merasa penasaran sean kemudian membawanya pulang dan hal yang tak di duga benar-benar terjadi. Sean menceritakan kisah mistis yang di bawa oleh lukisan yang menyeramkan itu, bahwa sering terdengar suara tangisan dari dalam lukisan. Bahkan hal mengejutkan terjadi pada anaknya yang jatuh dari tangga tanpa adanya sebab, dan juga istrinya mengalami hal aneh seseorang selalu menyisir rambutnya ketika sedang tidur.

 

15.The Temptation of St. Anthony

Penggambaran spiritual begitu kental dalam lukisan karya Matthias Grunewald yang berjudul the Temptation of St. Anthony, khas Zaman Pertengahan hingga Pencerahan. Diceritakan bahwa Santo Anthony harus menghadapi beberapa proses pengadilan dan ujian dalam mempertahankan keyakinannya. Dalam sebuah legenda St. Anthony dibunuh oleh iblis yang menghuni sebuah goa, namun ia kembali bangkit untuk membunuh iblis tersebut. Matthias menggambarkan suasana mengerikan itu dalam sebuah karya seni namun masih memperhatikan suasana spiritualnya.

 

16.The Great Red Dragon and the Beast of the Sea

William Blake dikenal sebagai salah satu sastrawan dan penyair dunia. Meskipun demikian ia pun gemar mencoretkan kuas dan pensil menjadi sebuah lukisan, ilustrasi ataupun sketsa. Bahkan pada bukunya yang berjudul Book of Revelation, ia buat secara khusus sampul ilustrasinya. Imajinasi Blake terlihat liar dalam The Great Red Dragon and the Beast of the Sea, bahkan terlalu menyeramkan bagi sebagian orang.

 

17.Dante and Virgil in Hell

Lukisan akhirat ini sangat menyesakkan dada bagi orang awam yang melihatnya. Di dalam lukisan tersebut terlihat sosok-sosok yang menyeramkan dan dua sosok yang memperagakan adegan sadis. William-Adolphe Bouguereau dikenal sebagai pelukis realis dengan adegan yang klasik.

 

18.The Death of Marat

Lukisan yang satu ini dengan gamblang memperlihatkan dua insan tanpa aurat tertutup. The Death of Marat, merupakan lukisan yang dibuat oleh Edvard Munch, lelaki berkebangsaan Norwegia. Edvard dikenal dengan lukisan yang mengekspresikan keresahan, kegamangan ataupun kecemasan. Jean-Paul Marat adalah seorang pemimpin politik dalam Revolusi Perancis.

Marat harus hidup menderita dengan penyakit kulitnya, bahkan hari-harinya dihabiskan di atas bak mandi. Uniknya, sambil berendam Marat masih dapat menulis dan menyelesaikan semua artikelnya. Malangnya perjuangan Marat harus berakhir ketika Charlotte Corday membunuhnya. Banyak lukisan yang menggambarkan Jean-Paul Marat, namun karya Edvard Munch adalah versi yang paling brutal.

 

19.Mask Still Life III

Sementara itu pelukis Emil Nolde dikenal sebagai tokoh perintis aliran ekspresionis, meskipun namanya kemudian tergeser oleh Edvard Munch. Nolde mencoba menghadirkan distorsi kenyataan yang mengerikan dalam sebuah sudut pandang istimewa. Lukisan Mask Still Life III, dibuat ketika ia sedang mempelajari topeng di Berlin, Jerman.

 

20. Judith Beheading Holofernes

Judith merupakan karakter janda yang terdapat di dalam Kitab Perjanjian Lama, ia adalah sosok perempuan yang menyelamatkan bangsa Israel. Lukisan yang terlihat sadis ini mengisahkan bangsa Israel yang saat itu diserang oleh pasukan yang dipimpin oleh Holofernes. Untuk menyelamatkan bangsanya, Judith pun melakukan pertemuan dengan Holofernes. Dengan kecantikan yang dimilikinya, Judith berhasil bertemu dengan Holofernes. Setelah berhasil membuat Holofernes mabuk, Judith kemudian memenggalnya dengan menggunakan pisau. Lukisan dengan adegan sadis ini dibuat oleh Carvaggio.

 

21.The Garden of Earthly Delights

 

‘The Garden of Earthly, Delights merupakan buah tangan Hieronymus Bosch yang dikenal dengan lukisan spiritualnya. Lukisan ini memperlihatkan tiga pencitraan luar biasa indahnya bumi, surga dan kejinya neraka. Namun semua itu terlihat berlawanan sehingga terkesan mengerikan.

 

Sumber :
http://www.tahupedia.com/content/show/276/10-Lukisan-Paling-Mengerikan-di-Dunia
http://iyakan.com/lukisan-yang-memiliki-hal-mistis/5070
http://www.lensaterkini.web.id/2013/11/10-lukisan-terseram-yang-terpopuler-di.html

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait