Enak Dan Rendah Kalori, Ini Lho Aneka Cemilan Yang Cocok Untuk Diet

Dibuat oleh blogunik

Siapa nih yang ngakunya diet tapi camilannya masih gorengan, masih donat atau bahkan masih keripik ketang? Bukan hanya saat diet, namun dihari-hari biasa saja, dorongan untuk ngemil memang susah untuk diabaikan. Inilah yang mengakibatkan kenapa program diet bisa jadi gagal karena tidak didukung dengan camilan yang sehat. Seperti yang kita tahu, salah satu kunci sukses untuk menurunkan berat badan adalah dengan defisit kalori. Artinya, asupan kalori yang masuk ke tubuh kita, tidak boleh melebihi jumlah kalori yang dibakar. Jadi meskipun makanan yang kita makan sudah diatur kalorinya, tetap saja akan kecolongan jika kamu memilih cemilan secara sembarangan. Maka dari itu, bagi kalian yang sedang diet, pilihlah camilan yang sehat dan rendah kalori.

Mengonsumsi cemilan sehat dan rendah kalori sangat cocok untuk kamu yang sedang diet karena bisa membantu kamu menjalani diet yang lebih ringan tanpa dihantui rasa lapar. Saat ini ada banyak pilihan camilan untuk diet yang tak hanya membantu program diet, tapi juga memiliki rasa yang lezat. Beberapa diantaranya bahkan dapat membantu kamu tetap kenyang sepanjang hari dan membatasi keinginan kamu akan makanan yang tidak sehat. Untuk itu, berikut merupakan aneka cemilan sehat dan rendah kalori yang sehat dan cocok untuk diet. So let’s check it out guys!

19 Cemilan Yang Cocok Untuk Diet

1. Popcorn tawar

Camilan Rendah Kalori Untuk Diet

photo via tasteofhome.com

Camilan enak dan rendah kalori yang cocok untuk diet diawali dengan popcorn. Namun popcorn yang dimaksud adalah popcorn tawar atau plain popcorn yang bebas dari gula dan garam. Popcorn tawar ini termasuk sumber serat yang cukup tinggi dengan kandungan kalori yang rendah. Jadi nggak heran kenapa, popcorn diklaim dapat membantu program diet karena membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

2. Edamame

Camilan Sehat Untuk Diet

photo via makeyourmeals.com

Camilan rendah kalori selanjutnya yang cocok buat diet adalah edamame. Banyak juga yang menyebut edamame sebagai kedelai Jepang. Ini merupakan kacang kedelai yang masih berada di dalam polongnya. Tak hanya cocok untuk diet, namun edamame juga kaya akan nutrisi seperti protein, lemak baik, karbohidrat, serat, folat, vitamin (A, B, C, E, dan K), serta mineral zat besi, magnesium, mangan, kalsium, zinc, dan kalium. Edamame juga mengandung isoflavon yang berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu menurunkan risiko osteoporosis dan kanker. Dengan mengonsumsi edamame dengan cara direbus atau dikukus, kamu bisa mengontrol asupan makanan karena dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

3. Granola

Camilan Rendah Kalori Untuk Diet

photo via ibdnewstoday.com

Siapa yang nggak tahu granola? Camilan yang terbuat dari campuran gandum, kacang-kacangan, dan buah kering ini memang dikenal memiliki rasa yang enak untuk kategori camilan sehat. Jadi nggak heran kenapa banyak orang yang sedang berdiet memilih granola sebagai camilan mereka. Setiap 100 gram granola mengandung sekitar 30% serat dari kebutuhan serta yang dibutuhkan oleh tubuh, granola juga mengandung vitamin E, K, C, dan beberapa vitamin B kompleks. Mengonsumsi granola bisa memperbaiki system pencernaan, meningkatkan energi dan membantu menurunkan berat badan kamu.

4. Greek Yoghurt dan Mix Beries

Camilan Sehat Untuk Diet

photo via balancepointhc.com

Tak hanya melancarkan pencernaan, yoghurt juga bisa menjadi camilan sehat untuk kamu yang sedang berdiet. Salah satu jenis yoghurt yang cocok untuk diet adalah greek yoghurt alias yoghurt Yunani. Yoghurt ini kaya protein dan bisa menjadi sumber kalsium dan kalium yang baik. Apalagi yoghurt ini sangat fleksibel karena bisa dijadikan makanan maupun minuman. Kamu juga bisa menambahkan berbagai toping untuk membuat rasanya menjadi lebih lezat. Salah satu topping yang cocok untuk yoghurt yunani adalah buah beri. Buah-buahan yang tergolong berry sendiri merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik di dunia. Yoghurt yang dicampur berbagai macam buah berry bisa menjadi camilan enak buat kamu yang sedang diet.

5. Buah apel dengan selai kacang

Camilan Rendah Kalori Untuk Diet

photo via food.com

Buah apel yang diberi olesan selai kacang merupakan perpaduan yang sempurna untuk kamu yang diet. Seperti yang kita tahu, apel kaya akan serat dan antioksidan polifenol yang meningkatkan kesehatan usus dan mengurangi risiko penyakit jantung. Sedangkan kacang meski berbentuk selai, namun bisa menjadi alternatif camilan untuk kesehatan jantung. Telah terbukti meningkatkan kolesterol HDL (baik) dan mengurangi LDL (buruk) kolesterol dan trigliserida.

Meski begitu, kamu juga harus memperhatikan takaran selai kacang jika ingin program diet kamu berhasil. Sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedang, dengan takaran 1 buah apel dengan 1 sendok makan (15 gram) selai kacang alami. Camilan ini hanya memiliki kalori di bawah 200 kalori, jadi cocok buat kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan namun tidak merasa tersiksa dengan makanan yang tawar dan tanpa rasa.

6. Pisang dengan selai kacang

Camilan Sehat Untuk Diet

photo via celiac.org

Nggak hanya apel yang dapat diberi selai kacang, pisang yang diberi olesan selai pisang juga bisa menjadi camilan enak untuk kamu yang sedang diet. Pasalnya kandungan karbohidrat yang ada di dalam pisang dan kandungan protein yang ada di selai kacang, bisa menjadi penyumbang energi yang baik bagi tubuh dan menghindari tubuh kamu dari yang namanya lemas. Dengan mengkonsumsi pisang dengan olesan selai kacang, kamu akan tetap enerjik meskipun sedang diet. Untuk takaran, berlaku seperti takaran apel dan selai kacang ya!

7. Kacang-kacangan

Camilan Rendah Kalori Untuk Diet

photo via autos.yahoo.com.tw

Camilan yang enak dan rendah kalori yang cocok untuk diet selanjutnya adalah kacang-kacangan. Camilan satu ini cukup mengenyangkan karena pengandung protein dan lemak sehat yang baik untuk tubuh. Meski begitu, kamu juga harus memperhatikan takarannya, jangan sampai berlebih karena apapun yang berlebihan tidak akan memberikan hasil yang baik. Hindari juga olahan kacang yang diberi tambahan bumbu dan bahan lainnya karena bisa menutupi manfaat sehat dari kacang itu sendiri. Pilihlah kacang yang tidak mengandung tambahan garam atau gula dan konsumsilah dalam jumlah kecil.

8. Dark chocolate

Camilan Sehat Untuk Diet

photo via healthline.com

Kamu penyuka coklat? Jangan khawatir, sebab saat kamu diet, coklat hitam atau dark chocolate justru bisa jadi camilan yang cocok buat kamu. Satu porsi kecil cokelat hitam bisa memuaskan keinginan kamu untuk ngemil saat sedang diet. Dark chocolate ini kaya akan nutrisi penambah energi seperti magnesium dan zat besi. Dark chocolate juga mengandung flavanol yang dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Saat mengkonsumsi dark chocolate, kamu bisa mencampurnya dengan almond, pasalnya almond mengandung lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung dan memiliki efek menguntungkan pada kontrol gula darah. Almond juga dapat mengurangi nafsu makan dan membantu kamu menurunkan berat badan.

9. Snack bar

Camilan Rendah Kalori Untuk Diet

photo via thelittlesnacks.com

Camilan enak dan rendah kalori berikutnya yang cocok untuk diet adalah snack bar. Tentu kalian udah nggak asing lagi dengan jenis camilan satu ini, secara sangat mudah ditemukan dalam berbagai merk di minimarket hingga supermaket terdekat dirumah kamu. Camilan diet yang praktis ini biasanya terbuat dari oats, almond, kacang tanah, dan buah-buahan seperti apel, pisang, dan stroberi. Dilihat dari bahan-bahannya, tentu satu bungkus snack bar sudah bisa mengenyangkan perut lebih lama tanpa takut kelebihan kalori. Dengan rasa yang lezat, snack bar sudah dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat, vitamin, mineral, dan protein.

10. Hummus

Camilan Sehat Untuk Diet

photo via detoxinista.com

Hummus juga bisa menjadi camilan enak selanjutnya yang bisa kamu konsumsi saat sedang diet. Hummus adalah selai yang terbuat dari kacang Arab yang diolah dengan wijen, minyak zaitun, bawang putih, garam, dan juga limau. Teksturnya yang lembut membuatnya cocok dipadukan dengan beragam makanan. Tak hanya lezat, hummus juga kaya akan nutrisi namun rendah kalori. Dalam 100 gram sajian hummus hanya mengandung 166 kalori saja. Selain itu, Hummus juga tinggi akan kandungan serat sehingga membuta kita merasa kenyang lebih lama. Dengan mengonsumsi Hummus, nafsu makan bisa lebih terkendali dan tentunya akan menjaga dari kemungkinan kelebihan kalori.

11. Telur rebus

Camilan Rendah Kalori Untuk Diet

photo via savoryexperiments.com

Selanjutnya ada telur rebus. Telur yang direbus bisa jadi cemilan untuk diet yang paling sehat tentunya dengan takaran secukupnya. Telur kaya akan protein serta vitamin K2 dan vitamin B12, dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Jangan takut dengan kuning telur yang dinilai memiliki kandungan kolesterol tinggi. Karena jika dikonsumsi sewajarnya, telur tidak akan meningkatkan kadar kolesterol kamu. Makanlah dua butir telur rebus per hari sebagai cemilan saat diet. Di dalamnya hanya terdapat 140 kalori, namun sudah menyumbang sekitar 13 gram protein untuk tubuh.

12. Oatmeal

Camilan Sehat Untuk Diet

photo via nationaltoday.com

Oatmeal juga bisa dijadikan alternatif camilan diet dikala lapar dimalam hari. Pasalnya oatmeal dapat memproduksi hormon serotonin, yang dipercaya mampu menstimulasi produksi melatonin. Selain itu, oatmeal juga mengandung protein dan karbohidrat kompleks serta tinggi serat yang dicerna lebih lambat dan dapat membantu menstabilkan gula darah.

13. Keju cottage (cottage cheese)

Camilan Rendah Kalori Untuk Diet

photo via cheesemaking.com

Buat kalian penyuka keju, cobalah ganti keju kalian dengan jenis keju cottage. Ini merupakan jenis keju rendah kalori dimana dalam 100 gram keju cottage hanya mengandung 98 kalori. Meski begitu, kandungan protein didalam keju ini sangat tinggi yakni 11,12 gram. Keju ini menjadi salah satu camilan favorit orang-orang yang sedang berdiet karena mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti Vitamin A dan D, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potassium, sodium, selenium, dan zinc. Keju yang berwarna putih ini memiliki rasa yang ringan dan dapat dicampurkan dengan makanan sehat lainnya.

14. Biji chia

Camilan Sehat Untuk Diet

photo via positivepranic.com

Biji chia merupakan salah satu pilihan camilan menyehatkan yang bisa kamu pilih ketika sedang diet. Biji chia ini bisa dinikmati dalam berbagai bentuk menu makanan seperti jus, salad hingga makanan kukus
di dalamnya mengandung asam lemak omega-3, serat, dan antioksidan. Pada setiap 25 gram sajian biji chia, ada sekitar 7 gram serat yang ada di dalamnya. Selain serat, biji chia juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, ion, mangan, zinc, serta protein. Tak hanya itu, dengan kandungan serat yang tinggi, biji chia juga sangat baik untuk pencernaan dan metabolisme tubuh.

15. Rumput laut panggang

Camilan Rendah Kalori Untuk Diet

photo via doradaily.com

Siapa yang nggak suka rumput laut panggang? Camilan yang enak ini memang mampu membuat siapapun ketagihan. Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir menjadi gendut jika sering mengkonsumsi rumput laut panggang, pasalnya rumput laut panggang merupakan salah satu camilan enak yang cocok untuk diet. Kamu bisa santi kripik kentang kamu dengan rumput laut yang lebih kaya akan mineral, vitamin A, E, C, K dan B. Rumput laut juga rendah kalori, kaya serat, dan nutrisi. Tak hanya itu, rumput laut juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, mempercepat penyembuhan luka, dan baik dikonsumsi pengidap diabetes.

16. Kurma

Camilan Sehat Untuk Diet

photo via healthysnacksforweightloss.com

Kurma merupakan salah satu camilan yang biasanya identik dengan bulan puasa. Buah yang rasanya manis ini juga bisa menjadi camilan yang cocok untuk diet. Memiliki banyak manfaat, kurma sangat baik untuk kesehatan tulang hingga tinggi antioksidan sebagai penangkal radikal bebas. Pada setiap 100 gram kurma yang dikeringkan terdapat kandungan 284 kalori dan 76 gram karbohidrat. Meski kandungan kalorinya cukup tinggi, namun buah ini tinggi serat dan jenis protein tak larut. Keduanya dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Jadi nggak heran kenapa kurma bisa dijadikan camilan saat diet.

17. Mangga beku

Camilan Rendah Kalori Untuk Diet

photo via uskgardencentre.co.uk

Setelah selesai berolahraga, mangga beku bisa mejadi pilihan tepat buat kamu yang ingin ngemil. Selain enak, kandungan nutrisi dalam buah mangga juga bakal menyehatkan kamu. Sebanyak 100 gram mangga menandung 90 kalori dan memenuhi 60% kebutuhan vitamin C harian kamu. Namun tak harus dibekukan, kamu juga bisa menyantap mangga secara langsung. Hanya saja, mengonsumsi mangga yang telah dibekukan akan memberikan rasa yang lebih segar saat dimakan.

18. Kentang panggang

Camilan Sehat Untuk Diet

photo via pillsbury.com

Kentang juga bisa menjadi camilan sehat buat kamu yang sedang diet. Selain di rebus atau dikukus, kentang panggang bisa menjadi pilihan buat kamu yang ingin rasa yang lebih enak. Namun, jangan menambahkan banyak topping ke hidangan kentang kamu. Cukup tambahkan saus salsa yang terbuat dari tomat, bawang merah, garam, dan sedikit perasan lemon, agar kentang terasa lebih lezat saat dimakan.

19. Sayur dan buah

Camilan Rendah Kalori Untuk Diet

photo via noa.al

Untuk kategori camilan sehat rendah kalori, tentu sayur-sayuran dan buah-buahan menjadi pilihan yang tepat buat kamu yang sedang diet. Pasalnya, seporsi buah atau sayur yang cukup banyak dapat membantu kamu tetap kenyang meski dengan kandungan di bawah 100 kalori. Ada banyak cara yang bisa kamu coba untuk mengonsumsi buah atau sayur dengan cara nikmat. Mulai dari dibuat salad, smoothie, buah yang dikeringkan hingga keripik sayur yang dibuat dengan cara dipanggang dengan campuran sedikit garam dan miyak zaitun.

Itu dia aneka camilan enak dan rendah kalori yang cocok untuk kamu yang sedang diet. Dengan aneka camilan sehat diatas, tentu kamu tak akan takut kelaparan lagi ketika sedang diet.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *