Tempat Wisata Air Terjun Terbaik Yang Ada Di Bali

6 bulan lalu, by blogunik

Wisata Air Terjun Terbaik Dan Terindah Yang Ada Di Bali - Air Terjun Tembok Barak

Bali merupakan salah satu pulau yang dikenal memiliki keindahan alam yang menakjubkan, banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke Bali untuk menikmati betapa indahnya alam yang disuguhkan di Bali ini. Tak hanya wisata alam saja yang bisa kamu rasakan di Bali, ada juga wisata air yang akan membuatmu takjub. Mungkin kebanyakan dari wisatawan hanya mengetahui pantai sebagai wisata air, tapi sebenarnya terdapat wisata air lainnya di Bali seperti air terjun. Belakangan ini wisata air terjun sedang naik daun dikalangan para wisatawan. Wisata air terjun ini bisa kamu jadikan pilihan untuk kamu yang ingin mencoba tantangan baru untuk mengeksplorasi destinasi baru. Tak hanya keindahan air terjunnya namun kamu juga akan diberikan pemandangan alam disekitar ar terjun yang tak kalah indahnya dan pastinya liburan kamu akan berkesan. Nah, berikut ini ada beberapa wisata air terjun terbaik yang ada di Bali

1. Air Terjun Aling-aling

Wisata Air Terjun Terbaik Dan Terindah Yang Ada Di Bali - Air Terjun Aling-aling

Air Terjun Aling-aling adalah salah satu air terjun terbaik yang ada di Bali, dimana air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 35 m dengan kedalaman air sekitar 2 meter – 4 meter. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri dimana puncaknya terpecah menjadi dua terjunan air yang berdampingan. Salah satu air terjunnya memiliki debit air yang lebih besar dari pada yang satunya. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan alam sekitarnya yang dipenuhi oleh dedaunan yang berwarna hijau. Untuk sampai ke air terjun ini, kamu harus menuruni ratusan anak tangga dan menyebrangi sebuah sungai kecil.

Alamat : Jl. Raya Desa Sambangan, Sambangan, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali
Tiket Masuk : Rp. 5.000

2. Air Terjun Blemantung

Wisata Air Terjun Terbaik Dan Terindah Yang Ada Di Bali - Air Terjun Blemantung

Photo via : http://wisatabaru.com

Air Terjun satu ini terletak di daerah Tabanan dimana nama air terjun ini yaitu air terjun blemantung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dimana lebih tinggi dari air terjun aling-aling. Selain itu, untuk menuju ke air terjun ini kamu harus melewati jalan aspal hingga jalan setapak dan diperlukan juga stamina yang prima untuk melewatinya. Air terjun ini terletak diantara dua tebing hingga perkebunan kopi. Setelah kamu melewati jalan yang cukup melelahkan, kamu akan disuguhi dengan indahnya air terjun blemantung ini. Selain kamu menikmati keindahan alam, kamu juga bisa bermain air dan berenang di kolam air terjun ini. Namun kamu juga harus tetap hati-hati karena disekitar kolam terdapat bebatuan.

Alamat : Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan, Tabanan

3. Air Terjun Banyumala

Wisata Air Terjun Terbaik Dan Terindah Yang Ada Di Bali - Air Terjun Banyumala

Air Terjun ini bisa dibilang cukup tersembunyi sehingga masih jarang dikunjungi wisatawan, air terjun ini berada di kota Buleleng dan diberi nama air terjun Banyumala. Untuk menuju ke air terjun ini membutuhkan perjuangan karena aksesnya cukup curam. Namun perjuangan kamu itu akan terbayarkan dengan pemandangan air terjun yang cantik ini. Air terjun ini memiliki air yang cukup deras hingga membasahi tembok bebatuan hijau. Hal inilah yang membuat arus kolamnya lebih tenang dan aman untuk berenang.

Alamat : Desa Pakraman Wanagiri, Kec. Sukasada, Sambangan, Kec. Buleleng, Buleleng

4. Air Terjun Wana Ayu

Wisata Air Terjun Terbaik Dan Terindah Yang Ada Di Bali - Air Terjun Wana Ayu

Air Terjun Wana Ayu adalah air terjun terindah yang ada di Bali, dimana berada di Buleleng. Air terjun ini memiliki akses yang cukup mudah kamu bisa bertanya kepada warga sekitar. Air terjun ini memiliki air yang kedalamanya setinggi pinggang orang dewasa, selain itu airnya juga jernih dan segar. Untuk menuju air terjun ini bisa dibilang cukup terjal dan licin dengan banyak tangga sehingga kamu harus berhati-hati.

Alamat : Dusun Runuh Kubu, Desa Padangbulia, Kecamatan Sukasada, Kabupaaten Buleleng

5. Air Terjun Tibumana

Wisata Air Terjun Terbaik Dan Terindah Yang Ada Di Bali - Air Terjun Tibumana

Jika kamu berkunjung ke Bangli jangan lupa mampir ke salah satu air terjun terbaik di Bali yaitu air terjun Tibumana. Air terjun ini kamu akan disuguhi pemandangan air terjun kembar yang mengalir berdampingan secara simetris. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan di samping air terjun ini terdapat bebatuan yang menghijau karena lumut. Disini juga terdapat kolam yang memiliki air yang jernih serta pepohonan yang mengelilingi disekitarnya.

Alamat : Jl. Desa Apuan, Apuan, Susut, Kabupaten Bangli
Tiket Masuk : Rp. 5000

6. Air Terjun Tembok Barak

Wisata Air Terjun Terbaik Dan Terindah Yang Ada Di Bali - Air Terjun Tembok Barak

Air Terjun Tembok Barak adalah salah satu wisata air terjun yang ada di Bali, dimana nama air terjun ini diambil karena tebing ini berwarna merah dimana merah dalam bahasa Bali berarti “barak”. Selain itu, air terjun tidak terlalu tinggi dan airnya terjun di sela-sela tebing yang ada. Air terjun ini juga tidak terlalu kencang sehingga kolam airnya sangat tenang dan aman untuk kamu berenang disini.

Alamat : Gang Cengkeh, Sambangan, Sukasada, Kabupaten Buleleng

7. Air Terjun Tegenungan

Wisata Air Terjun Terbaik Dan Terindah Yang Ada Di Bali - Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Tegenungan terletak di kota Gianyar, dimana biasanya air terjun berada di dataran tinggi namun air terjun ini berada d dataran rendah. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 15 meter dengan debit air yang tergolong cukup besar. Karena debit air yang cukup deras ini ada larangan berenang yang harus dipatuhi karena disini banyak wisatawan yang tenggelam, sehingga kamu harus mematuhi peringatan tersebut untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.Untuk menuju air terjun ini kamu harus menuruni belasan anak tangga. Selain itu, disini juga kamu bisa menaiki ayunan yang akan memacu adrenalin kamu.

Alamat : Jalan Ir. Sutami, Kemenuh, Sukawati, Kemenuh, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar

8. Air Terjun Gitgit

Wisata Air Terjun Terbaik Dan Terindah Yang Ada Di Bali - Air Terjun Gitgit

Photo via : https://www.instagram.com/roisinnej

Siapa yang tidak mengenal air terjun satu ini yaitu air terjun gitgit, air terjun ini berada di Kabupaten Buleleng. Jalan menuju ke air terjun ini sudah di aspal, namun karena lokasi air terjun berada dikawasan pegunungan maka jalananya banyak tanjakan dan turunan yang berliku-liku. Meskipun begitu, lokasi air terjun ini mudah ditemukan karena memang populer di kalangan wisatawan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter dan bisa dibilang cukup tinggi di Bali. Debit airnya pun terbilang cukup deras, selama kamu berjalan ke air terjun ini kamu akan disuguhi dengan hamparan kebun cengkih, kopi dan sawah.

Alamat : Jl. Raya Bedugul – Singaraja, Gitgit, Sukasada, Kabupaten Buleleng
Tiket Masuk : Rp. 5000

9. Air Terjun Kanto Lampo

Wisata Air Terjun Terbaik Dan Terindah Yang Ada Di Bali - Air Terjun Kanto Lampo

Air Terjun Kanto Lampo adalah air terjun yang ada di Gianyar dimana air terjun ini berada di tengah pemukiman penduduk. Air terjun ini tidak terlalu tinggi namun memiliki bebatuan yang unik, dimana bebatuannya berundak dan kamu juga dapat mendaki air terjun tersebut. Wisatawan lokal tidak akan dipungut biaya hanya saja pengelola menyiapkan kotak donasi dan kamu bisa menyumbang untuk membantu mereka merawat tempat wisata ini.

Alamat : Banjar Kelod Kangin, Desa Beng, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali.

10. Air Terjun Nungnung

Wisata Air Terjun Terbaik Dan Terindah Yang Ada Di Bali - Air Terjun Nungnung

Wisata air terjun terbaik selanjutnya berada di daerah Badung tepatnya di Desa Pelaga, Petang. Air terjun ini diberi nama air terjun Nungnung dan air terjun ini tidak hanya dikunjungi wisatawan lokal saja, namun juga wisatawan mancanegara. Air terjun ini termasuk salah satu air terjun tertinggi yang ada di Bali, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan lokasinya berada pada ketinggian 900 meter diatas permukaan laut sehingga membuat suhu ditempat ini cukup dingin. Untuk menuju ke air terjun kamu harus menurunin anak tangga dan jalan setapak.

Alamat : Banjar Nungnung Desa Pelaga di Kecamatan Petang, Kabupaten Badung

11. Air Terjun Peguyangan

Wisata Air Terjun Terbaik Dan Terindah Yang Ada Di Bali - Air Terjun Peguyangan

Photo via : https://www.instagram.com/aditbendoth

Air terjun ini berada di Nusa Penida dimana diberi nama Air Terjun Peguyangan. Air terjun ini terletak di area pantai tidak seperti air terjun lainnya yang berada di dalam hutan. Disebelah air terjun ini terdapat sebuah pura. Selain itu, di air terjun ini juga terdapat kolam semacam infinity pool yang berada di tepi tebing. Untuk menikmati air terjun ini, kamu harus menurunin sekitar 400-an anak tangga yang cukup curam di dinding tebing.

Alamat : Desa Batu Kandik, Nusa Penida

12. Air Terjun Sekumpul

Wisata Air Terjun Terbaik Dan Terindah Yang Ada Di Bali - Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul adalah salah satu air terjun tertinggi di Bali dimana ketinggiannya sekitar 100 meter. Air terjun ini berada di daerah Buleleng , dimana untuk sampai ke lokasi ini kamu akan melalui jalan beton dan menyebrangi sungai. Lokasi yang agak terpencil dan sulit diakses akan terbayar setelah sampai di air terjun ini. Buat kamu yang ingin mengunjungi air terjun ini hindarilah musim hujan karena jika banjir kamu tidak bisa menyebrangi jembatan, jangan sampai terjebak dan bermalam disini.

Alamat : Desa Sekumpul, kecamatan Sawan, kabupaten Buleleng

13. Air Terjun Tukad Cepung

Wisata Air Terjun Terbaik Dan Terindah Yang Ada Di Bali - Air Terjun Tukad Cepung

Air Terjun Tukad Cepung adalah salah satu air terjun terindah yang ada di Bali, dimana air terjun ini berada di Bangli. Air terjun ini dihimpit dua tebing yang menjulang tinggi dan airnya cukup deras. Jika kamu ingin melihat keindahan alam yang menakjubkan datanglah pagi hari sekitar pukul 08.00 hingga 09.00 untuk melihat sinar matahari yang mengintip diantara celah-celah tebing. Meskipun kamu datangnya siang jangan takut akan panas karena kolam alami ini ditutupi dengan dinding-dinding bebatuan dan pepohonan yang rindang.

Alamat : Jl. Tembuku, Dusun Penida Kelod, Tembuku, Kabupaten Bangli.

14. Air Terjun Colek Pamor

Wisata Air Terjun Terbaik Dan Terindah Yang Ada Di Bali - Air Terjun Colek Pamor

Selain air terjun Gigit, di daerah ini juga terdapat air terjun lainnya yaitu air terjun colek pamor. Air terjun ini cukup tersembunyi karena terletak di dalam hutan. Nama air terjun ini diambil konon duu di area goa yang berada di pojokan bawah air terjun tampak seperti ada tanda berwarna putih bekas colekan dari pamor (kapur). Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan debit airnya cukup besar, selain itu air sungainya pun cukup jernih dan bisa mencapai kedalaman 2 meter.

Alamat : Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng.

15. Air Terjun Cemara

Wisata Air Terjun Terbaik Dan Terindah Yang Ada Di Bali - Air Terjun Cemara

Air terjun ini dinamakan cemara karena dulunya disekitar air terjun ini banyak ditumbuhi dengan pohon cemara. Air terjun ini berada di desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Air terjun ini bisa dibilang tersembunyi keberadaannya sehingga membutuhkan perjuangan untuk menuju ke air terjun ini. Akses menuju lokasi ini kamu akan menempuh jalan setapak yang terkadang becek karena hujan ada juga jembatan bambu, di sepanjang perjalanan kamu juga akan ditemani dengan pemandangan sawah.

Alamat : Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng

16. Air Terjun Dusun Kuning

Wisata Air Terjun Terbaik Dan Terindah Yang Ada Di Bali - Air Terjun Dusun Kuning

Jika kamu berkunjung ke Bangli tidak ada salahnya kamu mengunjungi salah satu wisata air disini yang bernama air terjun Dusun Kuning, nama air terjun ini sendiri diambil dari daerah wisata ini berada. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan memang belum banyak dikenal wisatawan. Untuk menuju air terjun ini kamu akan melewati hamparan ladang cengkeh milik penduduk setempat. Selain itu, untuk menuju ke kawasan ini kamu harus melewati tebing yang curam dengan puluhan anak tangga yang masih alami.

Alamat : Dusun Kuning, Desa Taman Bali, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli.

17. Air Terjun Goa Rang Reng

Wisata Air Terjun Terbaik Dan Terindah Yang Ada Di Bali - Air Terjun Goa Rang Reng

Photo via : https://www.instagram.com/yansugik

Gianyar tidak hanya dikenal memiliki objek wisata kebun binatang saja, namun juga dikenal memiliki tempat wisata air salah satunya air terjun Goa Rang Reng. Air terjun ini terbilang masih baru, namun cukup dikenal oleh para pecinta alam. Air terjun ini bisa dibilang memiliki keunikan sendiri, dimana pada umumnya air terjun akan mengucur deras kebawah seperti air terjun pada umumnya, namun air terjun ini airnya mengalir dan menyebar melalui undakan bebatuan sehingga tidak curam. Disini kamu bisa bermain air sambil menikmati keindahan alam yang masih alami. Tak hanya itu saja, pada bagian atas air terjun yang merupakan hulu sungai terdapat sebuah gua yang bernama Goa Rang Reng, hulu sungai ini biasanya digunakan masyarakat untuk melukat (membersihkan diri dari hal-hal negatif) sehingga lokasinya memang sangat disakralkan. Karena lokasinya disakralkan sehingga para pengunjung yang datang harus menjaga sopan santun, berpakaian sopan dan menjaga perilaku dan perkataan. Untuk wanita yang sedang haid sebaiknya tidak masuk ke dalam Goa Rang Reng karena untuk menjaga kesucian lokasi ini.

Alamat : Banjar Gitgit, Desa Bakbakan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar

18. Air Terjun Jembong

Wisata Air Terjun Terbaik Dan Terindah Yang Ada Di Bali - Air Terjun Jembong

Air terjun Jembong ini bisa dikatakan berbeda dari air terjun lainnya, hal ini dapat dilihat pada penataan taman untuk keindahan di lokasi wisata. Di kawasan ini taman-tamannya ditata sangat rapi dan terjaga dengan baik. Air terjun Jembong ini dibagi menjadi dua tingkat, air terjun tingkat pertama memiliki tinggi sekitar 15 meter dengan sudut kemiringan 75 derajat. Hal ini membuat air terjun tidak langsung jatuh ke bawah melainkan mengalir di bebatuan. Untuk air terjun ke dua yang berada dibawahnya membentuk sebuah kolam penampungan yang alami dengan kedalaman sekitar 1 meter. Disini kamu bisa bermain air atau berenang sambil menikmati indahnya alam sekitar.

Alamat : Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng

19. Air Terjun Juwuk Manis

Wisata Air Terjun Terbaik Dan Terindah Yang Ada Di Bali - Air Terjun Juwuk Manis

Photo via : https://www.instagram.com/putuoci

Air Terjun Juwuk Manis ini berada di Jembrana dimana air terjun ini ukurannya tidak terlalu besar, disini terdapat dua air terjun berukuran kecil yang saling berdampingan. Tak hanya itu saja, di air terjun ini juga terdapat kolam pada bagian bawahnya yang bisa kamu jadikan untuk bermain air. Untuk menuju air terjun ini jalur perjalananna bisa dibilang cukup sulit, namun untuk kamu yang suka berpetualang pastinya akan menyukai trek jalan menuju wisata ini. Tapi untuk kamu yang tida terbiasa untuk berjalan jauh dan melewati trek-trek sulit sebaiknya sebelum berangkat harus mempersiapkan tenaga dan fisik yang kuat.

Alamat : Dusun Juwuk Manis, Desa Manggis Sari, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana.

20. Air Terjun Kroya

Wisata Air Terjun Terbaik Dan Terindah Yang Ada Di Bali - Air Terjun Kroya

Di Buleleng ternyata ada banyak sekali air terjun dan salah satunya Air Terjun Kroya. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 12 meter dimana air terjun ini juga bisa dijadikan wahana bermain perosotan. Perosotannya pun terbuat alami dari bebatuan dan tenang saja batuannya tidak tajam sehingga cukup aman. Selain itu, para pengunjung juga dapat melompat dari tebing yang hanya memiliki ketinggian sekitar 5 meter.

Alamat : Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Singaraja

21. Air Terjun Lemukih

Wisata Air Terjun Terbaik Dan Terindah Yang Ada Di Bali - Air Terjun Lemukih

Photo via : https://www.instagram.com/michaelmatti

Air Terjun Lemukih adalah salah satu air terjun terbaik yang ada di Bali dimana air terjun ini berada di Buleleng. Air terjun ini memiliki riga air terjun dalam satu tempat sehingga tidak heran pada wisatawan yang berkunjung menyebutnya tiga air terjun kembar. Air terjun ini memiliki ketinggian yang berbeda-beda dimana air terjun pertama dan ketiga tidak terlalu tinggi. Perjalanan menuju air terjun ini bisa dibilang cukup sulit karena tidak ada papan penunjuk secara pasti sehingga kamu harus bertanya atau bisa menggunakan aplikasi navigasi.

Alamat : Desa Lemukih, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng.

Gimana guys? Keren-keren bukan tempat wisata air terjun yang ada di Bali. yang pastinya salah satu tempat wisata air terjun tersebut harus kalian kunjungi jika berlibur ke Bali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait