20 Daftar Film Islami Indonesia Yang Penuh Hikmah dan Pelajaran. Wajib Tonton



Perkembangan film Indonesia terus berjalan kearah yang lebih baik. Meskipun sebelumnya sempat stagnan, namun seiring berjalannya waktu, film Indonesia mulai terus berkembang semakin baik dan penikmat film Indonesia pun semakin banyak.

Adas berbagai macam kategori dan genre film Indonesia yang ada, namun kebanyakan film Indonesia yang booming dan terkenal adalah film dengan genre horror ataupun asmara kisah remaja. Namun tak jarang juga ada berbagai film Indoneseia dengan tema religi yang tentunya selain film ini bagus, film – film dengan tema religi memberikan sebuah pesan moral dan juga pelaharan bagi para penontonnya.

Kalau sebelumnya yang biasanya kita kenal adalah sinetron islami yang pasti ada setiap ramadhan akan tiba, berikut ini adalah film islami terbaik yang bisa kamu tonton, selain filmnya bagus, juga penuh hikmah dan pelajaran.

1. Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 (2016)

photo via : gudangfilm.in

Film islami kita yang pertama adalah film religi yang berjudul Bulan Terbelah di Langit Amerika 2. film ini sebenarnya adalah sekuel dari film yang sebelumnya berjudul yang sama yang menceritakan tentang pasangan suami istri yang hijrah ke Amerika Serikat. Untuk setting ceritanya sendiri, masih berhubungan dengan cerita tragedi WTC beberapa tahun yang silam. Film ini selain mengambil setting tempat di Amerika Serikat, juga memiliki cerita yang bagus dan penuh hikmah. Film ini juga dibintangi oleh berbagai artis ternama yang sering mengisi film layar lebar seperti : Abimana, Rianti Cartwright, Acha Septriasa dan yang lainnya.

2. Hijab (2015)

photo via : arulfittron.blogspot.com

Film selanjutnya adalah film islami yang berjudul Hijab yang telah dirilis tahun 2015 silam. Film yan gsatu ini diperankan oleh beberapa artis ternama Indonesia seperti Carissa Putri, Natasha Rizki, Zaskia Adya Mecca dan Tika Bravani yang tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat film Indonesia khususnya film dengan genre religi. Untuk film ini sendiri mengisahkan tentang 4 orang sahabat yang membangun sebuah bisnis di dunia fashion. Akan tetapi hal tersebut justru membuat salah seorang dari 4 sahabat itu yang tidak ikut serta dalam bisnis fashion yang mereka jalani. Apa alasannya untuk tidak ikut dalam bisnis fashion ini, berikut ini adalah alasannya.

3. Ada Surga di rumahmu (2015)

photo via : www.nahimunkar.org

Nah untuk film yang satu ini, bisa dibilang film islami yang amat kaya hikmah dan pelajaran. Film yang diadaptasi dari sebuah buku best seller dengan judul yang sama karya Ustad Alhabya ini menceritakan tentang seorang pemuda yang sedang berada di persimpangan perjalanan hidupnya. Ia berada dalam dua buah hal yang sebenarnya keduanya amat bagus namun agak saling bertolak belakang yakni saat ia berada dalam posisi harus mengabdikan dirinya pada pondok pesantren tempat dimana dirinya menimba ilmu atau malah mengejar mpiannya sebagai seorang artis. Hal yang mendasar yang merupakan hikmah dari film ini adalah kalian diajarkan untuk tidak perlu jauh – jauh mencari sebuah surga hingga ke ujung dunia. Karena surga milikmu sudah ada di rumahmu sendiri.

4. Ayat-ayat Cinta – 2013

photo via : id.wikipedia.org

nah kalau film yang satu ini, pasti sudah kalian kenal kualitas dan juga aktor dan aktris yang memainkan film ini. Film yang satu ini bisa dibilang film islami terbaik yang pernah ada dan juga paling fenomenal diantara film – film yang lainnya. Karen film ini sejak pertama kali kemunculannya, telah mampu mencuri perharian penonton di Indonesia. Film ini juga sebenarnya merupakan sebuah film adaptasi novel yang memiliki judul sama yakni “Ayat Ayat Cinta” karangan Habiburrahman El Shirazy yang mengangkat tema yang memang mungkin agak sedikit tabu yakni tentang polygami. Film yang sarat makan dan pelajaran ini tentu saja amah bagus untuk ditonton karena akan memberikan banyak pelajaran berharga buatmu.

5. Sang Kiai (2013)

photo via : arulfittron.blogspot.com

Kalau film yang satu ini juga merupakan film bertemakan islami yang amat kental dengan pelajaran berharga. Selain bertemakan islami, film ini juga bertemkan perjuangan dan kepahlawanan. Seuai dengan isi dari film ini yang menceritakan tentang perjuangan K.H. Hasyim Asy’ari, K.H. Wahid Hasyim, dan para santrinya dalam menghadapi pasukan Jepang dan sekutu. dalah satu aktor yang ikut berperan dalam film ini adalah Adipati Dolken. Kalau kamu tahu Aktor yang satu ini, kalian pasti tahu juga, kalau aktor ini biasa berperan dalam film drama. Namun dalam film ini, image dirinya sebagai seorang pemeran film drama hilang. Film ini juga sebelumnya p[ernah masuk dalam seleksi film oscar ke 86 untuk kategori film Best Foreign Language.

6. Sang Pencerah (2010 )

photo via : www.hariansejarah.id

Masih dengan tema perjuangan dengan unsur islami yang kental, film yang satu ini tentu saja pernah kalian dengan judulnya. Film yang sarat makna dan pelajaran hidup ini menceritakan tentang kehidupan salah seorang tokoh islam Indonesia yang juga merupakan pahlawan nasional Indonesia yakni K.H Ahmad Dahlan. Alur cerita dari film ini sendiri menceritakan tentang bagaimana pergerakan nasional Indonesia dan bagaimana berdirinyta sebuah organisasi islam indonesia yang bernama Muhamadiyah. Film Sang Pencerah ini dibuat oleh Hanung Bramanto dan dianggap merupakan sebuah film yang memicu munculnya film – film dengan tema sejarah pahlawan nasional Indonesia lainnya.

7. Perempuan Berkalung Sorban (2009)

photo via : m.lakeybanget.com

Film ini mungkin bisa dibilang sebagai film yang sudah lama, namun memiliki cerita yang amat bagus dan memiliki hikmah dan pelajaran yang luar biasa khususnya utnuk kaum wanita. Film religi islami yang satu ini merupakan salah satu film religi indonesia yang terbaik yang pernah dibuat. Dengan latar belakang cerita dunia dan kehidupan di pondok pesantren, film ini mengisahkan tentang kehidupan wanita dan bagaimana kehidupan wanita yang terlalu banyak dibatasi. Meskipun dikatakan sebagai sebua film yang kontroversial, film yang diperankan oleh Revalina S. Temat ini sukses membawakan perannya dengan baik .

8. Negeri 5 Menara (2012)

photo via : www.pojokseni.com

Film kita selanjutnya berjudul Negeri 5 menara yang dirilis pada tahun 2012 silam. Film yang digarap oleh Affandi Abdul rachman ini didaptasi dari sebuah novel best seller dengan judul yang sama karya A.Fuadi. Film ini menceritakan tentang kehidupan 6 remaja muslim di pondok pesantren yang berasal dari latar belakang yang berbeda. Namun mereka disatukan dalam sebuah mimpi yang sama yakni mimpi untuk menaklukan dunia. Film ini sendiri lebih mengajarkan kita tentang bagamana kita bisa mencapai sebuah mimpi dengan dasar satu keyakinan yang bisa diraih. Film ini sendiri memiliki setting tempat yang banyak, mulai dari Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo Jawa timur, Sumatra barat, bandung, hingga london.

9. Hafalan Shalat Delisa (2011)

photo via : www.potonganfilm.com

Kalian masih ingat tentang bencana tsunami yang mnimpa Aceh? Mah film yang satu mengambil tema tentang hal itu. Film yang dirilis tahun 2011 yang lalu ini, menceritakan tentang seorang anak yang bernama Delisa yang aman dirinya harus menghafalkan doa dan juga gerakan sholat untuk mendapatkan nilai yang bagus disekolahnya dan tentu saja demi mendapat hadiah dari ibunya. Namun semua hal tersebut harus pupus setelah bencana tsunami menimpa Delisa beserta keluarganya. Setelah hal tersebut, Delisan akhirnya harus berpisah dengan keluarganya. Film ini diproduksi oleh Star Vision dan merupakan film yan gcukup booming di bioskop tahun 2011 silam.

10. 99 Cahaya di langit Eropa (2013)

photo via : www.kompasiana.com

Film kita ytang selanjutnya berjudul 99 cahaya di langit Eropa yang dirilis pada tahun 2013 silam. Film yang dibintangi oleh Aca Septriasa ini menceritakan tentang bagaimana sejarah dan napak tials dari sebuah peninggalan sagama islam di Eropa. Film ini mengajarkan tentang bagaimana dakwah islam tidak harus melalui jalur kekerasan, melainkan melalui ilmu pengetahuan. Film ini juga menggambarkan bagaimana kehidupan sepasang suami istri yang beragama islam dan tinggal di sebuah wilayah yang mayoritas non muslim. Film ini juga merupakan sebuah adaptasi dari sebuah novel karya Hanum, Rais dan Rangga Almahendra.

11. Ketika Cinta Bertasbih (2009)

photo via : palembang.tribunnews.com

Film yang berjudul Ketika Cinta Bertasbih ini pertama kali dirilis di tahun 2009 silam. Film yang menceritakan tentang perjalanan hidup seorang tokoh bernama Azza (Kholid Asadil Alam). Film ini sendiri merupakan sebuah film yang diadaptasi dari cerita novel dengan judul yang sama karya habiburahman El Shirazy. Film yang satu ini bisa dibilang merupakan film yang menyedot banyak pihak mulai dari proses casting hingga berjalannya pembuatan film. Untuk casting film ini sendiri dilakukan tidak main – main, untuk tokokh pemeran utama dari film ini sendiri dilakukan sebuah casting terbuka untuk mendapatkan pemerannya. Tidak jauh dari itu, film ini juga memiliki setting yang membuat mereka melakukan perjalanan ke luar negeri hingga ke Mesir. Jadi jangan heran, jika film yang satu ini menjadi salah satu film terbaik yang mampu menyedot penonton lebih dari 3,1 juta penonton.

12. Ayat-Ayat Adinda (2015)

photo via : www.imdb.com

Film ini menceritakan tentang seorang gadis yang memiliki suara merdu, namun tak lantas membuat dirinya (Tissa Biani) mudah menjadi anggota tim qasidah sekolahnya. Faisal (Surya Saputra) yanda adalah Adinda melarangnya. Faisal dengan tegas meminta Adinda untuk fokus sekolah. Selama ini keluarga Adinda tak pernah menetap lama di satu tempat. Mereka sering berpindah-pindah dan dikucilkan di manapun mereka tinggal. Perlahan Adinda mulai paham, hal itu diakibatkan kerena keluarganya dianggap sesat. Walau Adinda sendiri tak mengerti apa itu sesat.

13. Haji Backpacker (2014)

photo via : www.impawards.com

Film ini mengisahkan tetang kehidupan Mada (Abimana Aryasatya) yang dibesarkan dilingkungan muslim taat. Hatinya hancur ketika pernikahannya dengan Sophia (Dewi Sandra) dibatalkan. Ia tak sanggup menanggung malu di hadapan penghulu dan para tamu undangan, setelah mengetahui Sophia kabur menjelang acara ijab kabul.
karean ahal tersebut, Mada akhirnya memutuskan untuk pergi sejauh mungkin dari rumahnya. Ia berkelana ke negeri orang tanpa ada tujuan jelas. Sejak saat itu pula, ia berhenti menjalankan salat. Bahkan, ketika mendengar ayahnya meninggal dunia di tanah suci Mekkah saat menunaikan ibadah haji, ia menolak ajakan sang kakak untuk melakukan salat ghaib.
Rasa Marah pada Allah membuatnya berubah 180 derajat. Dia bersenang-senang meninggalkan Allah. Perjalanan sebagai backpacker keliling berbagai negara hingga sampai ke Arab mengubah hatinya. Sepanjang perjalanan kasih Allah menaungi hatinya hingga sanggup berhaji.

14. Mencari Hilal (2015)

photo via : id.wikipedia.org

Film yang satu ini dirlis pada tahun 2015 silam yang mana menggambarkan tentang perjalanan seorang ayah dan anak yang berbeda pendapat. Mereka selalu bertengkar astu sama lainnya tentang masalah tradisi, agama, hingga bagaimana pola pirkirnya masing – masing. Film garapan Ismael Basbeth ini memiliki banyak sekali pesan di dalamnya, lewat film ini juga kamu akan bisa melihat dengan jelas bagaimana pola pikir seseorang yang berbeda dan bagaimana sebuah peran agama dalam kehidupan sosial dengan berbagai isu terbaru yang hadir saat ini.

15. 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta – 2010

photo via : ajenganggellasari.wordpress.com

Film Religi selanjutnya yang berjudul 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta ini dirilis pada tahun 2010 silam yang mengajarkan banyak hal, terutama masalah cinta dan agama. Masalah seperti ini biasanya kerap kali terjadi dalam kehidupan kita saat ini, dimana kisah cinta yang terjadi antara dua insan manusia yang memiliki perbedaan keyakinan.
Film yang dibintangi Reza Rahardian, Laura Basuki dan Arumi Bachsin ini mungkin bisa jadi inspirasi kalian dan siapa tahu lewat film ini kamu bisa menemukan solusi dari masalahmu yang saat ini sedang kamu hadapi.

16. Cinta Suci Zahrana

photo via : www.imdb.com

Film islami yan gberjudul Cinta Suci Zahrana ini pertama kali dirilis pada tahun 2012 silam dan termasuk film yang amat sukses di kalanya. Menceritakan tentang wanita muda yang amat sukses baik di duni pendidikan maupun karir yang membuatnya menjadi wanita dengan kemampuan luar biasa. Bahkan saking hebatnya, Zahrana juga diundan ke Cina oleh salah satu perguruan tinggi yang populer di cina untuk menyampaikan sebuah orasi ilmiah yang ia miliki. Namun meskipun dengan berbagai macam kesuksesan yang ia miliki baik dalam pendidikan maupun karir, satu hal yang belum lengkap darinya adalah seorang pasangan.

17. Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea (2016)

photo via : id.bookmyshow.com

Film kita selanjutnya berjudul Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea yang merupakan film yang diangkat dari sebuah novel semi biografi Asma Nadia. Menceritakan tentang RANIA SAMUDRA (Bunga Citra Lestari), 24 tahun, seorang penulis yang gemar traveling. Ia dijuluki sebagai Jilbab Traveler oleh para pembacanya. Suatu ketika saat ayahnya sedang sakit, Rania memutuskan untuk pulang, namu sang ayah meminta Rani untuk pergi ke baluran, tempat dimaan ayah dan ibunya bertemu.
Disana Rani bertemu dengan seorang fotografer asal korea yang bernama Hyun Geun (Morgan Oey) bersama sahabatnya Alvin (Ringgo Agus). Saat disana, mereka meminta Rani untuk memandunya menuju kawah ijen namun saat berada disana Rania menjadi kehilangan momen terpenting dalam hidupnya bersama sang ayah. Karena menyesal, Rania berhenti untuk keliling dunia, samapai datangnya surat undangan untuk pergi ke Korea. Kisah cinta islami dalam film ini penuh makna dan bisa dikatakan sebaga salah satu film silami terbaik.

18. Assalamualaikum Beijing (2014)

photo via : www.bukalapak.com

Film ini pertama kali dirilis di tahun 2014 yang lalu dan merupakan sebuah film yang diadaptasi dari sebuah novel kayra Asma Nadia. Film ini menceritakan tentang perjuangan cinta yang amat rumit dan tentunya kita bisa mengambil banyak hikmah dan juga pelajaran berarga dai film yang satu ini. Selain alur cerita yang bagus dan menawan, dalam film ini kita juga akan disuguhi dengan berbagai pemandangan indah yang ada di China.

19. Di bawah lindungan Ka’bah (2011)

photo via : amachikudo.blogspot.com

Film slami terbaik kita yang selanjutnya ini dirilis pada tahun 2011 silam. Film ini sendiri merupakan adaptasi dari sebuah novel karya Buya Hamka yang telah lama diterbitkan, yakni pada tahun 1978 silam. Film ini menceritakan tentang kish cinta antara dua insan manusia dari dua buah latar belakang keluarga yang berbeda. Hamid dan juga Zainab sebenarnya saling mencintai, namun karena hamid berasal dari keluarga miskin sedangkan Zainab berasal dari keluarga kaya, membuat hubungan mereka ini menjadi agak susah. Sampi sebuah kejadian membuat Hamid harus berkelana hingga ke mekkah.

20. Surga Yang tak Dirindukan (2015)

photo via : www.bukalapak.com

Film terakhir kita berjudul Surga Yang tak Dirindukan yan gmerupakan film yan gtelah dirilis pada tahun 2015 yang lalu dan mengisahkan tentang sebuah rumah tangga ideal antara Pras dan Ariani. Bersama anak perempuannya yang bernama Nadia, membuat keluarga ini menjadi keluarga yang bahagia. Ditambah lagi Pras adalah pria baik hati dan juga setia dan Ariani adalah ibu dan istri yang baik serta mencintai keluarganya. Mereka hidup damain dan tentram hingga suat saat Pras menyelamtkan seorang wanita yang bernama Meirose yang mengalami koma akibat kecelakaan.

Baca Juga

+ VIDEO PILIHAN MORE >