1001 Alasan Kenapa Orang Berlomba Menjadi PNS

7 bulan lalu, by blogunik

Tak bisa dipungkiri, saat ini banyak sekali orang yang ingin menjadi seorang PNS. Nggak heran kalau seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selalu dinanti setiap tahunnya oleh jutaan masyarakat Indonesia. Biarpun pemerintah hanya membutuhkan seratus tenaga sipil baru, namun sekalinya ada bukaan CPNS, maka jutaan warga Indonesia akan berlomba-lomba untuk mendaftar dan mengikuti tes seleksi CPNS.

Hal ini membuktikan kalau pekerjaan sebagai PNS atau yang sekarang dinamakan Aparatur Sipil Negara (ASN) memang merupakan pekerjaan yang diidam-idamkan sebagain warga Indonesia. Bahkan tak jarang ada anak kecil bercita-cita ingin menjadi seorang PNS. Tapi apakah kalian tahu kenapa PNS menjadi pekerjaan yang didambakan oleh sebagian besar warga Indonesia? Meskipun sudah banyak yang tahu kalau menjadi PNS itu, menjamin kehidupan dihari tua, namun ternyata ada banyak lho alasan lain kenapa banyak orang ingin menjadi PNS. Untuk itu, melansir dari beberapa sumber berikut berbagai alasan kenapa banyak orang berlomba-lomba ingin menjadi PNS. Check it out guys!

1. Jaminan gaji

Meskipun gajinya nggak sebesar pegawai swasta, tapi sebenarnya gaji PNS akan naik setiap 2 tahun sekali lho. Bahkan gaji terendah untuk PNS golongan 1 dengan masa kerja 0 tahun alias yang baru bergabung adalah Rp 1.560.800. Belum lagi nantinya gaji pokok ini aka terus meningkat sesuai meningkatnya golongan dan masa kerja. Dan juga kalau instansi dimana kamu bekerja merupakan instansi besar tidak menutup kemungkinan gaji yang diberikan juga besar. Dan gaji ini juga diluar tunjangan-tunjangan lain lho.

Tak hanya itu, gaji PNS juga tak akan mengalami penurunan meskipun kerjaanmu itu-itu saja. Gaji Pegawai Negeri Sipil cenderung stabil, dan justru akan meningkat sesuai meningkatnya golongan dan masa kerja.

2. Ada 14 kali gajian dalam setahun

Meskipun dalam setahun ada 12 bulan, namun PNS mendapat gaji sebanyak 14 kali dalam setahun lho. Gaji ke-13 biasanya akan cair pada bulan Juli setiap tahun, sementara gaji ke-14 adalah gaji THR atau tunjangan hari raya yang dimana akan diberikan pada hari raya idul fitri.

1001 Alasan Kenapa Orang-orang Berlomba-lomba Jadi PNS

photo via pedomanbengkulu.com

3. Mendapat banyak tunjangan

Nggak cuman gaji yang diberikan 14 kali dalam setahun, tapi PNS juga mendapat banyak tunjangan lho. Ada tunjangan beras, tunjangan anak istri, hingga tunjangan kesehatan. Selain itu beberapa instansi juga memberikan tunjangan lebih seperti instansi kepolisian, pertanian, dan juga keuangan akan mendapatkan remunerasi lebih. Dan pada instansi guru juga akan mendapatkan tunjangan sertifikat.

Umumnya tunjangan diberikan bersamaan dengan penerimaan gaji pokok tiap bulan. Adapun aturaan pemberian tunjagan PNS diatur dalam Undang-Undang Nomor 15 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara ( ASN) sehingga bisa dipastikan bahwa PNS akan mendapatkannya.

4. Adanya jaminan kesehatan

Alasan lain kenapa banyak orang ingin menjadi PNS adalah karena selain mendapat tunjangan seperti yang disebutkan tadi, PNS juga mendapat jaminan atau tunjangan kesehatan. Bukan hanya untuk dirinya sendiri, namun tunjangan kesehatan PNS juga berlaku untuk istri/suami dan dua anak mereka. Salah satunya adalah mendapatkan jaminan kesehatan dari pemerintah baik melalui BPJS Kesehatan serta BPJS Ketenagakerjaan.

1001 Alasan Kenapa Orang-orang Berlomba-lomba Jadi PNS

photo via batamfm.com

5. Jaminan dana pensiun

Menjadi PNS membuatmu tidak lagi perlu khawatir pada kelangsungan hidup setelah pensiun bekerja sebagai PNS. Paling tidak, setiap bulannya masih ada pemasukan yang bisa kamu terima lewat dana pensiun. Walaupun gaji per-bulannya memang tidak sebesar gaji di sektor swasta, tapi jaminan masa tua yang ditawarkan oleh pekerjaan sebagai PNS sangat bermanfaat saat usia senja nanti. Hal inilah yang menjadi alasan utama kenapa banyak orang yang ingin menjadi seorang PNS.

6. Jenjang karir yang jelas

Selain mendapat dana pensiun, alasan banyak orang berlomba ingin menjadi PNS adalah karena jenjang karir yang ditawarkan sangat panjang dan jelas. Saat kamu masuk sebagai PNS, eselon awalmu akan ditentukan oleh tingkat pendidikan terakhir yang kamu miliki. Secara berkala, tingkat eselon tersebut akan meningkat.

Dengan kata lain, jika kamu menjadi PNS, maka kamu bisa naik pangkat dari golongan bawah ke golongan yang paling atas. Bahkan jika pangkat dan golongan kamu sudah tinggi kamu bisa menjabat menjadi kepala instansi. Jika kamu berprestasi dalam pekerjaan, kemudian dipercaya menduduki jabatan fungsional atau struktural — kamu akan mendapatkan 2 keuntungan: tunjangan jabatan bertambah, sementara eselon juga terus meningkat seiring lamanya bekerja.

7. Tidak ada PHK

Tidak seperti pekerja swasta yang setiap saat bisa di PHK karena keadaan perusahaan yang naik turun, PNS bisa bernafas lega karena PNS tidak bergantung pada perusahaan swasta tapi bergantung pada Negara maka sangat kecil kemungkinan untuk instansi tempat kamu mengabdi mengalami kebangkrutan. Meskipun gedung tempatmu bekerja roboh, kamu tidak akan diberhentikan kerja, karena kemungkinan besar PNS akan dipindahkan kerja ke instansi lain. Namun tetap saja, jika kamu melakukan kejahatan seperti korupsi, mencuri, dan lain-lain. Bukan tidak mungkin kamu akan segera dikeluarkan.

1001 Alasan Kenapa Orang-orang Berlomba-lomba Jadi PNS

photo via bengkulutoday.com

8. Jam kerja yang pasti

Menjadi seorang PNS, membuat seseorang memiliki jadwal yang pasti dalam hidupnya. Dan itulah menjadi alasan kuat kenapa banyak orang ingin menjadi PNS. PNS biasanya memiliki rentang waktu kerja 8-9 jam setiap harinya. Sangat jarang PNS melakukan lembur. Berbeda dengan pegawai swasta yang memiliki jam kerja yang relatif lebih panjang setiap harinya. Bahkan pegawai swasta kerap lembur untuk mengerjakan pekerjaan yang deadline.

9. Mendapat banyak waktu luang

Selain jam kerja yang pasti, PNS juga memiliki banyak waktu luang. Seperti yang kita tahu, PNS biasanya memiliki rentang waktu kerja 8-9 jam setiap harinya. Bahkan untuk PNS disektor guru terutama guru TK dan SD, jam kerjanya terbilang lebih singkat. Selain itu, dalam beberapa instansi, PNS juga hanya bekerja sampai hari Jumat. Jam kerja relatif singkat daripada pegawai swasta ini membuat PNS memiliki waktu untuk menjadi wirausaha dan merintis bisnis lain diluar pekerjaannya sebagai PNS.

10. Mendapat banyak kemudahan

Menjadi PNS maka kamu akan mendapatkan banyak kemudahan dalam hal pelayanan. Terutama dalam hal cicil-menyicil ataupun melakukan kredit. Profesi PNS lebih dipercaya oleh banyak pihak sehubungan dengan urusan cicil-menyicil. Sebagai contoh saat kamu ingin mengkredit rumah atau kredit mobil. Kamu tinggal menunjukkan nomor induk pegawai saja pasti akan langsung lancar proses kreditnya. Tak hanya itu, PNS juga memiliki kemudahan dalam melakukan pinjaman ke bank. Tinggal menggunakan Surat Keputusan (SK) pengangkatan PNS sebagai jaminan untuk melakukan pinjaman ke bank. Maka proses pinjam akan dipermudah. Status sebagai aparatur negara, memang menjadikan bank memberikan layanan dan kemudahan bagi PNS untuk mengambil pinjaman bank.

1001 Alasan Kenapa Orang-orang Berlomba-lomba Jadi PNS

photo via bangka.tribunnews.com

11. Mudah mendapatkan pasangan

Selain mendapat kemudahan dalam hal pelayanan, PNS juga memiliki kemudahan dalam mendapatkan pasangan hidup lho. Pekerjaan dan penghasilan tetap yang stabil serta berbagai tunjangan yang dimiliki oleh PNS membuat seorang PNS menjadi pasangan idaman sebagian warga Indonesia. Apalagi kebanyakan wanita Indonesia ingin mempunyai suami yang berstatus PNS dikarenakan jaminan yang diberikan ketika masa tua.

12. Disukai calon mertua

Paradigma orang tua zaman sekarang itu masih tetap sama dengan pada zaman dulu. Orang tua cederung terbuka pada pacar anaknya yang berprofesi sebagai PNS dibandingkan profesi lainnya. Ketika kamu ngapel ke rumah mertua mungkin akan ditanya kerja dimana, nah bagi yang kerjanya sebagai PNS mungkin ini akan menjadi nilai tambah, jenis pekerjaanmu akan mudah diterima oleh mereka karena mereka beranggapan bahwa pekerjaanmu sebagai PNS akan mampu menghidupi anaknya hingga hari tua nanti. Bahkan kemungkinan besar, setelah menikah nanti kamu akan menjadi menantu kesayangan mereka.

13. Status sosial yang baik

Alasan lain kenapa banyak orang ingin menjadi PNS adalah karena di masyarakat, masih banyak yang mengganggap kalau mereka yang bekerja sebagai PNS memiliki status sosial yang lebih baik dibanding mereka yang memiliki profesi lain. Sehingga tak heran mereka yang berprofesi sebagai PNS kerap kali lebih dihargai di lingkungan masyarakat bahkan kerap digunakan sebagai standar seseorang guna mencari pasangan idaman.

1001 Alasan Kenapa Orang-orang Berlomba-lomba Jadi PNS

photo via tribunnews.com

14. Membuka kesempatan belajar ke luar negeri

Profesi sebagai PNS bisa jadi batu loncatan bagimu yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Kesempatan menempuh pendidikan Master dan Doktoral bagi PNS terbuka lebar. Setidaknya ada 2 skema yang menawarkan kesempatan luas bagi PNS yakni beasiswa instansi pemerintah dan beasiswa dari lembaga donor.

Jika kamu bekerja di instansi yang terus membutuhkan peningkatan kapasitas keilmuan seperti LIPI, Kementerian PU, dan Bappenas, maka besar kemungkinan kamu bisa dikirim studi ke luar negeri oleh instansi tempatmu bekerja. Kamu hanya perlu jadi pegawai yang terus well-performed dan menunjukkan keinginan kuat untuk terus meningkatkan kapasitas.

Selain kemudahan mendapatkan beasiswa dari instansi tempatmu bekerja, status sebagai PNS juga lebih dipercaya saat kamu melamar jadi aplikan sebuah beasiswa yang dananya berasal dari lembaga donor. Profesimu sebagai PNS, yang notabene punya kesempatan untuk membuat dan mengambil kebijakan, akan membuat lembaga donor memperhitungkanmu sebagai kandidat kuat yang kontribusi keilmuannya memang benar-benar bisa dilihat selepas pulang dari menempuh pendidikan keluar negeri nanti.

15. Memberikan kesempatan untuk ikut andil terhadap negara

Banyak juga orang yang memilih untuk menjadi PNS dengan tujuan untuk mengabdikan diri pada negara. Pasalnya menjadi PNS membuat kamu memiliki kesempatan untuk ikut andil terhadap negara agar menjadi lebih baik dengan cara masuk ke dalam sistem yang ada.

16. Mengembangkan kreativitas

Buat kamu yang memiliki berbagai aspirasi dan kreativitas untuk negeri ini, maka hal tersebut dapat menjadi alasan kuat buat kamu menjadi PNS. Jangan ragu dengan anggapan kalau generasi Millenial tidak cocok menjadi PNS. Justru kalian dibutuhkan untuk memberikan ide-ide segar bagi pembangunan negara. Siapa tahu kreativitas Kamu bisa semakin berkembang untuk menyelesaikan semua permasalahan negeri ini.

1001 Alasan Kenapa Orang-orang Berlomba-lomba Jadi PNS

photo via hipwee.com

17. Suatu kebanggaan

Sejak zaman kakek nenekmu, profesi PNS telah menjadi hal yang sangat membanggakan bagi banyak orang. Bukan hanya pribadi saja, tetapi juga untuk keluarga. Bagaimana tidak, dari jutaan orang yang mendaftar menjadi CPNS, hanya orang-orang terpilih saja yang bisa lolos menjadi aparatur sipil negara. Ada rasa puas tersendiri ketika kamu lolos CPNS dengan jerih payahmu. Sebab, saat itu kamu telah bersaing dengan puluhan bahkan jutaan orang. Bangga karena sudah menjadi seorang pegawai negeri sipil yang sangat sulit proses masuknya, apalagi jika masuknya ke dalam instansi lingkungan kementrian. Kita akan dilihat sebagai orang yang hebat dengan seragam khusus yang menandakan bahwa kita adalah pegawai negeri sipil.

18. Karena paksaan orang tua dan demi membahagiakan mereka jadi ikut-ikutan daftar CPNS

Seperti yang kita tahu, dari jaman nenek dan kakek kita, pekerjaan sebagai PNS dipandang pekerjaan paling membanggakan dan menjamin kehidupan yang baik. Jadi nggak heran kenapa banyak orang tua yang menginginkan anak-anaknya bisa menjadi PNS. Itulah sebabnya kenapa banyak anak muda yang baru lulus SMK, lulus kuliah sampai yang masih berstatus pekerja disebuah perusahaan, berlomba-lomba untuk mengikuti tes seleksi CPNS. Meskipun keinginan untuk menjadi PNS bukan murni dari diri sendiri namun karena alasn membahagiakan orang tua, jadi banyak yang mengikuti seleksi CPNS.

19. Pekerjaan tak se-hectic pekerja di sektor perbankan

Mekipun pekerjaan PNS saat ini tak memungkinkan mereka untuk bersantai, namun pekerkaan PNS masih dikatakan cukup mudah dan santai dibanding mereka yang bekerja di sektor perbankan yang harus mengejar target dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Pekerjaan PNS yang terbilang monoton juga tidak mempengaruhi besarnya gaji mereka. Namun kebanyakan perusahaan swasta, harus meningkatkan kinerja mereka jika ingin gaji mereka meningkat.

20. Dalam PNS nggak ada status pegawai kontrak

Dalam pekerjaan yang satu ini, sekali kamu diterima dan diangkat menjadi PNS, maka selamanya itu akan menjadi pekerjaanmu, kecuali jika kamu mengundurkan diri atau kamu melakukan sebuah pelanggaran kode etik berat. Beda dengan perusahaan swasta yang menggunakan sistem kontrak. Jika kontrak habis dan perusahaan tidak memperpanjang kontrakmu, maka kamu harus siap cari pekerjaan lain dan parahnya menjadi pengangguran.

1001 Alasan Kenapa Orang-orang Berlomba-lomba Jadi PNS

photo via ksp.go.id

21. Bisa ketemu orang penting

Sebagai CPNS atau PNS muda, kamu akan diberikan kesempatan yang berlimpah untuk bertugas diluar kantor (tugas lapangan). Mulai dari mengatur seminar, jadi LO sebuah acara kenegaraan, sampai blusukan mencari pembicara untuk talkshow televisi yang diselenggarakan oleh instansi tempatmu bekerja. Secara otomatis, akan membuat kamu bisa punya akses untuk bertemu orang-orang penting dari berbagai profesi. Setidaknya untuk bertemu dengan bupati, walikota, gubernur atau bahkan Presiden akan sangat mudah untukmu.

22. Bisa bekerja sambil traveling

Kamu bisa menyelam sambil minum air kalau suka traveling sekaligus bekerja. Menjadi pegawai negeri bisa saja membuatmu mendapatkan tugas untuk keliling daerah di Indonesia. Tentu Kamu juga akan mendapatkan pengalaman dan wawasan baru.

Nah itulah berbagai alasan kenapa banyak orang berlomba-lomba ingin menjadi PNS. Bagaimana menurut kalian guys? Apakah kalian juga salah satu orang yang sedang berjuang untuk menjadi PNS? Kalau iya, apa alasan kalian?

Yang jelas, sebagai anak muda yang kaya dengan ide-ide segar, pekerjaan sebagai PNS wajib diperhitungkan. Di pekerjaan ini, kamu akan punya kesempatan luas untuk mengaplikasikan ide dan gagasan yang kamu miliki. Dampaknya terhadap masyarakat juga bisa langsung terasa. Jadi kamu tidak lagi hanya bisa berkomentar di media sosial, namun kamu punya kesempatan untuk ikut andil terhadap negara.

Artikel Terkait