Daftar Gunung Paling Angker Di Indonesia, Berani Mendaki?



Selain pantai, Indonesia juga dipenuhi oleh daerah pegunungan yang tinggi dan juga indah dipandang mata. Bagi Rakyat Indonesia sendiri, gunung memiliki peranan penting dalam kehidupan sosial dan spiritual dalam masyarakat. Selain sebagai sumber kehidupan gunung juga sering dijadikan sebagai tempat rekreasi bagi orang-orang yang suka mendaki karena pemandangannya yang indah dan memukau. Namun dilain sisi, gunung juga memiliki sisi mistis yang dipercayai oleh penduduk sekitar. Selama ini kita sering mendengar tentang cerita-cerita mistis tentang gunung-gunung tertentu yang beredar dan berkembang dimasyarakat. Hal ini membuat beberapa gunung di Indonesia terkenal menjadi gunung angker. Penasaran gunung apa saja yang dianggap angker di Indonesia? Berikut ulasannya!

1. Gunung Merapi Yogyakarta – Jawa Tengah

photo via : www.kricom.id

photo via : http://beritakawasan.com

Tak ada orang Indonesia yang tak mengetahui Gunung Merapi yang terletak di Yogyakarta ini. Gunung merapi memang sangat terkenal setelah aktif dan membuat banyak desa dilerengnya kini menjadi desa mati. Selain itu, masyarakat sekitar percaya bahwa gunung Merapi merupakan istana para lelembut yang dapat membuat para pendaki tersesat dan celaka jika melanggar pantangan. Bukan hanya itu saja, Di Gunung inipun terdapat satu tempat paling angker yang dinamakan Pasar Bubrah. Mengapa menjadi tempat paling angker? karena masyarakat setempat percaya tempat tersebut merupakan pasar besar bagi lelembut dan merupakan tempat berkumpulnya makhluk halus.

2. Gunung Salak Sukabumi – Bogor Jawa Barat

photo via : http://www.pendakigunung.top

photo via : http://www.sarahmulyana.com

Gunung salak menjadi gunung yang terkenal angker di Indonesia karena seringnya terjadi kecelakaan pesawat berujung maut disekitarnya. Salah satu kecelakaan yang paling menghebohkan adalah jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 pada tanggal 9 Mei 2012 silam dan menewaskan seluruh penumpang dan awak kapalnya. Banyak yang mengatakan bahwa memang gunung satu ini sangat mistis dan dihuni oleh banyak sekali makhluk kasat mata. Dan tidak hanya pesawat Sukhoi Superjet 100 saja yang pernah jatuh di gunung ini, ada beberapa pesawat lain atau juga pendaki yang pernah tewas di gunung ini.

3. Gunung Sinabung Provinsi Sumatera Utara

photo via : limakaki.com

photo via : supriyadisitepu.files.wordpress.com

Gunung Sinabung akhir-akhir ini banyak diperbincangkan lantaran telah erupsi beberapa kali. Gunung Sinabung disebut sebagai gunung angker karena beberapa hal, salah satunya karena aktif kembali setelah hampir 800 tahun tertidur. Erupsinya pun sedemikian dahsyatnya bahkan hingga berbulan-bulan lamanya. Tak hanya itu, Erupsinya gunung sinabung bahkan dikatakan tidak lazim, pasalnya, bila sebagian besar gunung mengalami erupsi dan mengeluarkan lava pijar dari tengah gunung, maka lain halnya dengan gunung sinabung, yang diketahui mengeluarkan lava pijar tepatnya dibagian samping, sehingga muncul kekhawatiran bagian puncaknya akan rata dengan tanah karena terkikis dari samping. Tak hanya itu, baru-baru ini bahkan masyarakat setempat dihebohkan dengan munculnya asap hitam dari erupsi gunung sinabung yang menyerupai orang yang sedang  berdoa.

4. Gunung Lawu Provinsi Jawa Timur

photo via : http://www.tanahnusantara.com

photo via : cozmeed.com

Gunung yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini juga memiliki tingkat misteri tak kalah tinggi dibandingkan dengan banyaknya gunung angker di Pulau Jawa. Bahkan dengan keberadaan banyaknya makam di sekitar gunung ini yang dipercaya adalah makam para raja zaman kerajaan dahulu, membuat semua pendaki tidak boleh sembarangan dalam melakukan pendakian atau akibatnya akan fatal jika melanggar aturannya.

5. Gunung Kerinci Provinsi Jambi

photo via : jelajahsumbar.wordpress.com

photo via : http://traverse.id/

Gunung Kerinci memang terkenal dengan alamnya yang masih asli, Gunung ini diselimuti dengan hutan yang masih sangat lebat dan kabarnya masih ada harimau Sumatera yang berkeliaran. Selain itu, konon ada makhluk setinggi kera yang mirip manusia, terlihat di gunung ini, tak ada yang tau makhluk tersebut adalah hewan, manusia ataupun makhluk halus.

6. Gunung Sindoro Kabupaten Temanggung Provinsi Jawa Tengah

photo via : www.triptrus.com

photo via : kawahdieng.wordpress.com

Sekilas jika dilihat dari larnya, gunung Sindoro memang memiliki keindahan alam yang luar biasa memukau. Namun sebuah tragedi yang terjadi pada tahun 2015 silam, membuat Gunung Sindoro terkenal dengan sebutan gunung angker khususnya di daerah Jawa Tengah. Pada saat itu, seorang pendaki ditemukan tewas setelah 14 hari menghilang dan ditemukan kurang lebih berjarak 3 km dari lokasi puncak gunung. Menurut saksi dari teman korban yang juga ikut dalam pendakian, jarak antara korban dengan teman-teman lainnya pada saat korban meninggal tidaklah terlalu jauh. Hal ini membuat banyak pemikiran mistis bermunculan, seperti ada alam lain yang memisahkan korban dengan teman-temannya yang lain. Hal inilah yang sebagian masyarakat yakini bahwa gunung Sindoro termasuk gunung yang angker.

7. Gunung Arjuno Perbatasan Kabupaten Malang Dan Pasuruan Jawa Timur

photo via : backpackerjakarta.com

photo via : http://www.viapendaki.com

Gunung yang memiliki ketinggian hingga 3.339 mdpl ini bukan hanya terkenal dengan keindahan alamnya, namun juga terkenal dengan cerita mistisnya. Gunung favorit bagi kalangan pendaki ini memiliki beberapa mitos yang berkembang sehingga menjadikan gunung ini semakin angker. Di gunung Arjuno kita dapat menemukan beberapa peninggalan kerajaan Majapahit dan juga terdapat beberapa tempat atau petilasan yang dianggap angker oleh masyarakat. Diantaranya adalah alas lali jiwo, pasar setan dan acara ngunduh mantu.

8. Gunung Sumbing Jawa Tengah

photo via : www.agusmulyadi.web.id

photo via : lupajalanpulang.wordpress.com

Gunung Sumbing terkenal segabai gunung angker terutama bagi para pendaki gunung yang tinggal di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya. Gunung Sumbing terkenal dengan adanya pasar setan. Seorang pendaki mengaku pernah mendengan sekelompok orang bercakap-cakap didepannya ketika dirinya melakukan pendakian seorang diri. Setelah didekati ia tak menemukan sesosok manusia didepannya. Menurut seseorang yang memiliki mata batin, dari bagian depan yakni gerbang pendakian, ada beberapa makhluk besar tak berwujud terlihat berdiri seakan menyambut pendaki, dan ditengah perjalanan hingga puncak dirinya bisa melihat banyak makhluk yang penmapakannya mirip manusia.

9. Gunung Rinjani Lombok

photo via : http://rinjaninationalpark.com/

photo via : punyakitadisini.blogspot.com

Lombok juga memiliki gunung yang terkenal angker oleh masyarakat sekitar. Walaupun terkenal dengan pemandangan yang indah namun gunung Rinjani juga menyimpan banyak kisah mistis yang beredar di kalangan masyarakat. Dimulai dari cerita hilangnya pendaki asal negara Jepang di segara anak sampai cerita adanya kerajaan jin yang berada di puncak gunung Rinjani. Segara anak bagi masyarakat sekitar merupakan tempat yang disucikan. Tidak hanya bagi umat Hindu saja, namun masyarakat yang beragama muslimpun sering mengadakan acara adat di segara anak dengan tujuan diberikan berkah dan keselamatan serta menjaga hubungan harmonis antara alam dengan manusia.

10. Gunung Agung Bali

photo via : http://www.thebalitravels.com

photo via : /www.businessinsider.sg

Gunung Agung di bali juga terkenal dengan gunung yang memiliki keindahan panorama dan menjadi gunung yang populer dikalangan para pendaki. Bagi masyarakat Bali, gunung Agung merupakan gunung yang disakralkan. Beberapa peraturan tidak tertulis yang sebaiknya ditaati oleh pendaki adalah tidak boleh membawa bekal makanan yang berasal dari daging atau olahan daging sapi, tidak boleh melakukan pendakian dengan jumlah ganjil, dan tidak diperkenankan untuk mendaki menggunakan pakaian berwarna merah ataupun hijau. Dan jika melanggar aturan tersebut, masyarakat sekitar percaya akan ada malapetaka yang menghampiri rombongan tersebut.

Recent search terms:

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >