Viral Dosen Yang Tidak Pernah On Cam, Alasannya Ternyata Bikin Netizen Terharu Dan Bangga

Dosen Yang Tidak Pernah On Cam

Ada banyak pengalaman menarik yang terjadi saat melakukan pembelajaran secara online. Beberapa diantaranya bahkan berhasil direkam dan berujung viral di media sosial. Seperti salah satu video TikTok yang diunggah oleh akun @eccediary. Video tersebut viral dalam waktu sekejap lantaran sukses membuat warganet mengeluarkan emosi yang campur aduk.

Dalam video tersebut, pemilik akun menceritakan kalau ada seorang dosen yang tak pernah menampilkan wajahnya saat kelas online. Padahal, semua dosen lainnya selalu menyalakan kamera saat mengajar. Dosen tersebut juga sempat mengatakan kepada mahasiswanya saat pertemuan pertama perkuliahan yang intinya beliau ingin mahasiswanya mengambil ilmu sebanyak mungkin darinya. Jangan sia-siakan waktu karena mungkin dirinya tinggal menunggu kapan dipanggil oleh Yang Maha Kuasa. Hal ini membuat para mahasiswa merasa penasaran dengan sang dosen karena belum pernah sekalipun melihat wajah sang dosen.

Kemudian, saat sedang mengajar, dosen tersebut tidak sengaja menyalakan kamera. Dan pertemuan tersebut menjadi yang pertama bagi para mahasiswa melihat sang dosen. Saat itu juga para mahasiswa mengetahui kondisi sang dosen yang ternyata sedang sakit karena sang dosen terlihat menggunakan selang oksigen. Inilah alasan kenapa dosen tersebut selalu off cam agar mahasiswa tidak terfokus pada keadaannya dan menjadi tidak konsen menerima pelajaran.

Viral Dosen Yang Tidak Pernah On Cam, Alasannya Ternyata Bikin Netizen Terharu Dan Bangga

photo via tiktok.com/@eccediary

Pemilik akun yang nampaknya merupakan salah satu mahasiswa tersebut juga mengatakan kalau sang dosen tidak pernah mengeluhkan soal kondisinya dan tetap semangat mengisi perkuliahan. Dan hal ini membuat dirinya malu karena dikaruniai tubuh sehat namun tidak semangat belajar.

Sementara itu, sang dosen yang mengajar dalam keadaan sakit tersebut bernama Edi Prasetyo Nugroho. Tercatat dalam situs resmi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM), Pak Edi adalah dosen untuk jurusan Manajemen. Beliau menggunakan selang oksigen karena saturasi oksigennya dibawah 90.  Pak Edi ternyata tengah berjuang melawan sakit ginjal. Bahkan, ia sudah berjuang melawan penyakit tersebut selama 11 tahun lamanya.

Melihat kondisi Pak Edi yang tetap mengajar meski sedang sakit membuat para mahasiswa menjadi lebih semangat belajar. Video yang diunggah di TikTok itupun viral dan menuai respon positif dari warganet. Banyak warganet yang merasa terharu melihat keadaan Pak Edi. Ada juga yang mengaku sangat terinspirasi dengan sosok Pak Edi.

@eccediary

Sehat selalu Bapak, terima kasih sudah mendedikasikan waktu dan semangatnya untuk mengajar✨ #bcaxyz #bcazxy

♬ You Are Enough – Sleeping At Last

Artikel Terkait