Drama Korea “Racket Boys” Melecehkan Indonesia, IG SBS pun Ramai Diserang Netizen Indonesia

Dibuat oleh blogunik

Drama Korea “Racket Boys”, kini tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen Indonesia karena dianggap melecehkan Indonesia. Kenapa bisa begitu?

Usut punya usut ternyata ada beberapa baris dialog dalam skenario drama Korea yang tayang di SBS tersebut yang nampak seperti menyudutkan Indonesia. Dialog yang diketahui terdapat dalam episode 5 “Racket Boys” ini sontak menerima banyak kritikan dari penggemar K-Drama di Indonesia.

Episode 5 drama “Racket Boys” sendiri mengisahkan tim badminton Korea Selatan yang tengah bertanding di Jakarta, Indonesia, dalam salah satu event internasional. Dialog bernada “melecehkan” Indonesia tersebut, dapat kamu lihat ketika para pelatih dan pemain bulutangkis sedang berkumpul di sebuah restoran hotel di Jakarta dan mereka menumpahkan rasa kesal mereka ketika berkompetisi dalam event olahraga tersebut.

Kelakuan yang buruk,” ujar sang pelatih sembari memukul meja.

“Pak, tenang. Bapak tahu ini bukan kali pertama,” ujar salah satu atletnya.

“Kamarnya buruk sekali. Mereka (tuan rumah) berlatih di stadion dan kita dipaksa latihan di salah satu tempat latihan yang tidak terdapat AC. Si berengsek itu,” kata sang pelatih lagi.

“Ada satu alasan. Han Se-yoon (salah satu pemain utama Korsel). Mereka ingin mengalahkannya apapun caranya. Jangan khawatir soal Se-yoon. Kita sudah menemukan strateginya,” tutur sang pelatih lagi.

Nah beberapa kutipan dialog ini lah yang dinilai oleh netizen Indonesia agak menyudutkan, terutama untuk pihak panitia pelaksana bulutangkis. Mereka menilai bahwa panitia acara atau penyelenggara turnamen yang berlangsung di Indonesia itu sangat tidak profesional.

Drama Korea "Racket Boys" Melecehkan Indonesia

photo via instagram.com/sbsdrama.official

Tak hanya itu, ada juga adegan di episode ke 5 drakor ini yang mengundang kekesalan warganet Indonesia. Yakni saat karakter Se Yoon (Lee Jae In) bertanding di Jakarta. Dalam adegan tersebut, digambarkan suporter Indonesia dengan riuh memberikan dukungan untuk pemain Tanah Air. Setelah Se Yoon diceritakan memenangkan pertandinganpun ia diperlihatkan disoraki penonton Indonesia, dengan teriakan “Huuu…!”. Bahkan saat Se Yoon membuat kesalahan pun diceritakan ia mendapat ejekan dari pendukung Indonesia.

Namun dialog yang membuat netizen Indonesia kesal adalah ketika karakter dalam drama tersebut menyebut kalau pendukung Indonesia tidak memiliki sopan santun.

“Bukankah tak sopan mengejek saat gagal?” kata tim dari Korea.

Sang pelatih menjawab, “Mereka tak akan mengejek kalau tahu sopan santun.”

Beberapa dialog inilah yang mengundang kekesalan warganet Indonesia. Banyak yang menganggap kalau dialog dalam drama tersebut seperti menggiring opini negatif terhadap sebuah negara.

Akibatnya, warganet Indonesia termasuk pecinta drama Koreapun membanjiri kolom komentar media sosial SBS dan juga YouTube resmi stasiun televisi yang memproduksi dan menyiarkan drakor tersebut dengan komentar-komentar negatif.

Sebagian dari mereka pun menyatakan rasa kecewa dan bahkan menuntut SBS agar menyatakan permintaan maaf mereka karena telah menghina Indonesia.

Permintaan maaf SBS

via instagram.com/sbsdrama.official

Menanggapi hal ini, SBS pun telah menyatakan permintaan maafnya dan berjanji akan memperhatikan dengan seksama untuk episode selanjutnya. Wah, bagaimana menurut kalian guys?

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.