Grup Idol Kpop Yang Bubar di Tahun 2021

Dibuat oleh blogunik

Dibalik industri hiburan Korea Selatan yang selalu menyuguhkan karya-karya yang menakjubkan dari para idol kpop atau menghadirkan wajah-wajah baru dari grup idola. Hal ini justru berbanding terbalik dengan beberapa grup idola ini, meskipun ada yang telah eksis di dunia hiburan mereka ada yang harus dibubarkan karena tidak memperpanjang kontrak, agensi mengalami kesulitan keuangan maupun sebab lainnya.

Akibat dari pembubaran ini, banyak penggemar yang merasa terkejut sekaligus merasa sedih karena tidak bisa lagi melihat penampilan mereka bersama. Nah, berikut ini beberapa grup idol kpop yang bubar di tahun 2021

1. We In The Zone

Grup Idol Kpop Yang Bubar Di Tahun 2021

photo via kpopping.com

We In The Zone atau juga dikenal sebagai WITZ memulai debutnya pada 27 Mei 2019 di bawah Choom Entertainment, dengan lagu “Let’s Get Loud”. Boygroup ini terdiri dari 5 anggota yaitu Eson, Jooan, Kyeongheon, Shihyun dan Min.

Pada saat itu, grup ini memulai debutnya dengan album self-titled mereka dengan beberapa lagu yang diproduksi sendiri. Mereka mengadakan show case debut mereka di Hongdae Hana Tour V Hall di Seoul, menampilkan sejumlah lagu dari album termasuk judul lagu mereka. Namun Pada 23 Oktober, Min meninggalkan grup dan mengakhiri kontraknya karena alasan pribadi.

Kyeongheon melalui akun Instagramnya mengumumkan bahwa grup tersebut sayangnya bubar pada 15 Januari 2021, karena semua anggota mengakhiri kontrak mereka. Comeback terakhir mereka sebagai grup adalah single berjudul “Loveade”.

2. ENOi

Grup Idol Kpop Yang Bubar Di Tahun 2021

photo via soompi.com

ENOi (kependekan dari we can do it) memulai debutnya pada April 2019 di bawah Kithewhale Entertainment dan dibubarkan pada Januari 2021, setelah hampir 2 tahun promosi. Bubarnya boygroup ini membuat para penggemar terkejut pasalnya mereka baru saja melakukan debut dan mereka juga melakukan comeback terbaru dengan album spesial “WAY” pada Agustus 2020 lalu.

Dalam menanggapi berita yang tidak menguntungkan tersebut, agensi hiburan mengungkapkan bahwa mereka telah mengakhiri kontrak eksklusif 3 anggota grup itu yaitu Avin, J-Kid dan Jinwoo. Sementara anggota yang tersisa, Laon, Dojin, Hamin dan Gun akan tetap berada di perusahaan.

“Itu adalah keputusan yang harus mereka buat dengan hati-hati, jadi mereka banyak memikirkannya. Dan pada akhirnya, kami telah memutuskan untuk menghormati pendapat anggota ENOi. Kami menyimpulkan bahwa pembubaran grup dan pemutusan kontrak mereka diperlukan,” kata perusahaan tersebut.

Meskipun begitu Kithewhale Entertainment mengucapkan terimakasih dan permintaan maaf kepada penggemar yang telah dikecewakan atas kabar tersebut. Mereka juga meminta penggemar untuk tetap memberikan dukungan kepada setiap anggota di masa mendatang.

3. Seven O’Clock

Grup Idol Kpop Yang Bubar Di Tahun 2021

photo via thebiaslist.com

Seven O’Clock atau singkatnya SOC melakukan debut mereka pada Maret 2017, di bawah Staro Entertainment. Pada September 2018, terungkap bahwa grup tersebut ditandatangani di bawah label baru, Forest Network. Line-up terakhir mereka terdiri dari 7 anggota yaitu Han Gyeom, Andy, Hyun, 2soul, Jeung Gyu, Tae Young dan Rui. Grup ini resmi dibubarkan pada 2 Maret 2021.

“Meskipun aktivitas grup sudah selesai, kami sedang mendiskusikan aktivitas masa depan para anggota, dan kami akan melakukan yang terbaik untuk mendukung berbagai aktivitas individu mereka. Kami dengan tulus ingin meminta maaf atas berita mendadak ini, dan sekali lagi, kami berterima kasih kepada R.O.S.e (sebutan penggemar dengan penuh kasih) karena telah menghargai Seven O’Clock. Tolong terus tunjukkan cinta dan dukungan kalian untuk para anggota di masa depan juga,” tulis agensi boygroup tersebut.

4. 1TEAM

Grup Idol Kpop Yang Bubar Di Tahun 2021

photo via tumgir.com

Boygrup ini debut pada 27 Maret 2019 dengan lima anggota, termasuk Rubin dan BC, yang berpartisipasi dalam acara survival YG Entertainment MIXNINE. Line-up juga terdiri dari 3 idola berbakat seperti Jinwoo, Jehyun dan Junghoon.

Label 1TEAM, Liveworks Company menyampaikan berita tentang pembubaran grup pada 10 Maret 2021, setelah “menempatkan banyak waktu sebelum mencapai keputusan ini”. Mereka menyatakan, “Setelah diskusi panjang dengan anggota 1TEAM dan Perusahaan Liveworks, kedua belah pihak telah sepakat untuk mengakhiri kegiatan resmi 1TEAM sebagai grup pada 14 Maret 2021 dan memutuskan untuk mengakhiri kontrak dengan perusahaan sebagai grup.”

Mereka meminta maaf juga kepada para penggemar karena harus memberikan kabar ini secara mendadak. Serta meminta dukungan untuk semua member yang akan melanjutkan karirnya masing-masing dan berjuang untuk menggapai impian mereka sendiri.

5. Hotshot

Grup Idol Kpop Yang Bubar Di Tahun 2021

photo via kpop.fandom.com

Grup beranggotakan 6 orang ini memulai debutnya pada 29 Oktober 2014 dengan singel mereka “Take A Shot”. Membernya terdiri dari Choi Junhyuk, Yoon San, Kim Timoteo, Noh Tae Hyun (alumni Produce 101 season 2) dan juga mantan anggota Wanna One Ha Sung Woon.

Dalam sebuah pernyataan yang diberikan kepada pers, agensi HOTSHOT Star Crew Entertainment mengungkapkan bahwa para anggota telah memutuskan untuk menyelesaikan kegiatan grup mereka pada 30 Maret 2021.

Mereka berbagi, “Kegiatan HOTSHOT sebagai sebuah grup telah resmi berakhir, tetapi kami akan memberikan dukungan yang melimpah bagi para anggotanya agar masing-masing dapat menampilkan kemampuannya.

Kami sekali lagi berterima kasih atas dukungan Anda, dan kami dengan tulus meminta maaf karena membawa berita mendadak seperti itu kepada para penggemar yang menyukai HOTSHOT.”

Debut pada tahun 2014 dengan “Take A Shot”, Hotshot berjuang keras untuk mengukir pencapaian di industri yang penuh dengan persaingan ketat.

6. IZ*ONE

Grup Idol Kpop Yang Bubar Di Tahun 2021

photo via kpopping.com

Berita pembubaran IZ*ONE tidak mengejutkan banyak penggemar, karena sebagian besar dari mereka sudah tahu bahwa girl grup beranggotakan 12 orang itu dijadwalkan untuk promosi selama 2,5 tahun. Grup ini terdiri dari anggota Korea dan Jepang dari perusahaan hiburan yang berbeda dan dibentuk melalui acara survival Mnet, Produce 48, mirip dengan grup senior mereka seperti I.O.I dan WannaOne.

Tim manajemen mereka, Off The Record dan Swing Entertainment mengungkapkan dalam pernyataan mereka, “Seperti yang diumumkan secara resmi pada 10 Maret, proyek IZ*ONE akan berakhir pada bulan April. Fan cafe, konten, dan media sosial resmi IZ*ONE akan beroperasi hingga akhir proyek, dan rencana masa depan (untuk platform ini) akan diumumkan.”

Mereka menambahkan, “Kami sekali lagi berterima kasih kepada WIZ*ONE (nama fandom) yang selalu menunjukkan dukungan, dan kami akan selalu mendukung anggota IZ*ONE untuk berkembang lebih jauh sebagai artis. Kami meminta kalian untuk menunjukkan banyak antisipasi dan dukungan untuk anggota IZ*ONE.”

Meskipun sempat beredar isu perpanjangan kontrak, namun pihak agensi menegaskan jika dengan segala pertimbangan mereka memutuskan untuk melepas IZ*ONE. IZ*ONE resmi bubar pada April 2021.

7. Berry Good

Grup Idol Kpop Yang Bubar Di Tahun 2021

photo via allkpop.com

Berry Good merupakan girlgroup Korea Selatan yang dibentuk oleh Asia Bridge Entertainment pada tahun 2015. Girlgroup ini terdiri dari 9 anggota yaitu Subin, Iera, Nayeon, Daye, Taeha, Seoyul, Gowoon, Johyun, dan Sehyung. Mereka merilis single debut “Love Letter” pada 21 Mei 2014. Kemudian mereka mengalami beberapa perubahan formasi sebelum berakhir dengan empat anggota saja yaitu Johyun, Seoyul, Sehyung dan Gowoon. Pada Februari 2021, Gowoon dan Seoyul meninggalkan tim setelah kontrak mereka berakhir.

Pada 12 Mei 2021, agensi Berry Good memposting penyataan di akun Twitter resmi mereka yang mengkonfirmasi pembubaran Berry Good dan merinci arah masa depan mereka sebagai agensi.

Setelah menghadapi kesulitan demi kesulitan, kami memutuskan untuk mengakhiri promosi girlgroup Berry Good. Kami ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada para penggemar “Berry Berry” yang telah mencintai dan menyayangi Berry Good selama ini.

Kami meminta banyak dorongan dan dukungan untuk masa depan para anggota Berry Good yang telah meninggalkan Berry Good dan sekarang sedang menempuh jalan masing-masing. Tulis perwakilan agensi yang dilansir dari Soompi.

8. GFriend

Grup Idol Kpop Yang Bubar Di Tahun 2021

photo via kpopping.com

Kabar bubarnya GFriend atau Yeoja Chingu membuat siapapun kaget sekaligus sedih mendengarnya. Pasalnya selama ini tidak ada tanda-tanda jika mereka akan berakhir seperti ini.

GFriend memulai debutnya pada tahun 2015 dengan beranggotakan 6 orang yaitu Sowon, Yerin, Eunha, Yuju, SinB dan Umji yang dibentuk oleh Source Music. Mereka debut dengan EP Season of Glass pada 15 Januari 2015 dan berhasil meraih skor impresif di berbagai tangga musik dan program musik. Selain itu, mereka juga berhasil memenangkan beberapa penghargaan rookie wanita 2015.

Pada tanggal 18 Mei, Tenasia melaporkan bahwa GFRIEND akan bubar dan para anggota berpisah setelah gagal memperbarui kontrak eksklusif mereka dengan agensi mereka. Tak lama kemudian, Source Music mengumumkan melalui pernyataan di Weverse grup bahwa kontrak eksklusif GFRIEND akan berakhir pada 22 Mei. Pada 19 Mei, para anggota mengunggah surat tulisan tangan individu melalui Weverse membahas pembubaran dan karier masa depan mereka. Pada 22 Mei, kontrak eksklusif mereka berakhir dan mereka secara resmi dibubarkan.

9. XUM

Grup Idol Kpop Yang Bubar Di Tahun 2021

photo via last.fm

Kabar mengejutkan datang dari girlgroup XUM, dimana mereka dikabarkan sudah resmi bubar. XUM merupakan girlgroup asuhan A100 Entertainment yang beranggotakan Dayeon, Baekah dan Iaan dengan single pertama berjudul “DDALALA”.

Namun sayangnya, belum genap 1 tahun agensi A100 Entertainment mengumumkan jika XUM kini telah resmi dibubarkan.

Dibubarkannya XUM, membuat banyak penggemar merasa kecewa dengan cara A100 Entertainment membubarkan girlgroup tersebut, apalagi MV “DDALALA” sudah mencapai 10 juta views di YiuTube juga sudah dihapus oleh agensi.

Itulah beberapa grup idol kpop yang bubar di tahun 2021. Meskipun sedih mendengar mereka bubar, sebagai penggemar sebaiknya kita menerima dan mendukung karir mereka masing-masing ke depannya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait