Daftar Pasukan Perang Di Dunia Pada Zaman Dulu

4 bulan lalu

Pada zaman dahulu pada saat pemerintahan kekerajaan peperangan menjadi salah satu hal yang lazim dilakukan. Peperangan ini terjadi karena dua hal yaitu untuk memperluas wilayah kekuasaan atau untuk mempertahankan diri dari serangan musuh yang ingin menyerang kerajaan. Seringnya terjadi peperangan ini membuat pihak kerajaan membentuk sebuah pasukan yang ditugaskan untuk mempertahankan daerah kekuasaan dan melindungi kerajaan dari serangan para musuh. Jika dibandingkan dengan zaman modern, tentu saja peperangan zaman dulu lebih terlihat gagah karena mereka berhadapan langsung satu sama lainnya sehingga mereka tahu siapa yang membunuh siapa. Sedangkan perang zaman modern semua peralatannya sudah canggij hanya tinggal duduk saja lawan bisa mati terbunuh atau terluka. Pastinya kamu penasaran juga seberapa gagahnya pasukan militer kerajaan pada zaman dulu, nah berikut ini daftar pasukan militer kerajaan di dunia pada zaman dulu

1. Aztec Warrior

Pasukan Militer Kerajaan Di Dunia Pada Zaman Dulu - Aztec WarriorAztec Warrior

Photo via : https://airfreshener.club

Dalam bahasa Nahuatl, bahasa suku Aztek Aztec sendiri berarti seseorang yang berasal dari Aztlan. Kaum Aztec sendiri adalah orang Amerika Tengah dari sentral Meksiko yang kaya dengan warisan mitologi dan kebudayaan. Selain itu mereka juga dikenal sebagai pasukan yang paling kejam saat berperang. Pasukan ini biasanya menggunakan pakaian seperti elang atau jaguar, mereka juga menggunakan senjata yang sangat primitif seperti clubs dan busur dengan sangat efektif. Pasukan Aztec sendiri mempunyai dua jenis yaitu Jaguar Warrior dan Eagle Warrior. Jaguar Warrior adalah andalan Raja-Raja Aztec untuk mengusir pasukan Spanyol dari tanah air mereka, pasukan ini dipersenjatai gada batu/kayu dan tidak menggunakan baju zirah atau peralatan besi. Setiap mereka menaklukkan koloni, mereka akan membawa pulang korban untuk dikorbankan di piramid Aztec sebagai persembahan kepada Quezacotl. Eagle Warrior adalah kelas khusus dari prajurit infanteri di tentara Aztec, salah satu dari dua perintah militer terkemuka di masyarakat Aztec. Pasukan ini terdiri dari prajurit yang berani lahir mulia dan orang-orang yang telah mengambil jumlah tahanan terbesar dalam pertempuran. Dari semua prajurit Aztec, merekalah yang paling ditakuti.

2. Apache

Pasukan Militer Kerajaan Di Dunia Pada Zaman Dulu - Apache

Photo via : https://pixels.com

Apache ad alaaah salah satu pasukan yang mirp dengan Mongol menggunakan kuda dan panahan, bedanya Apache menggunakan senjata Tomahawk atau kampak Indian. Pasukan ini akan secara tiba-tiba memmbunuh lawannya dari belakang tanpa diketahui musuhnya. Selain itu, meskipun senjata utama mereka hanya kapak tapi mereka dapat bertarung jarak jauh dengan melemparkan kampak, menggunakan panah atau pisau. Pasukan Apache ini terkenal sebagai pasukan gerilya terbaik, bahkan pasukan militer saja kewalahan mengalahkan mereka.

3. Bhayangkara

Pasukan Militer Kerajaan Di Dunia Pada Zaman Dulu - Bhayangkara

Photo via : https://soreangku.com

Bhayangkara adalah pasukan elit pada zaman Majapahit, dimana pasukan ini digunakan sebagai alat pertahanan dan invasi. Pasukan ini memiliki pengaruh besar bagi Majapahit karena pasukan ini selalu menjaga keselamatan sekaligus pengawal pribadi raja serta keluarga kerajaan, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat agar tidak muncul gangguan kepada kekuasaan raja. Bhayangkara bisa dibilang memiliki tingkat yang lebih tinggi dari prajurit biasa, mereka adalah best of the best. Pasukan ini juga memang sangat ahli dan juga menguasai banyak hal, entah itu keahlian pedang, tombak, martial arts, atau ilmu-ilmu Kanuragan alias tenaga dalam. Memiliki kemampuan yang beraneka tak heran jika ada anggapan jika satu anggota Bhayangkara sama seperti 40 orang prajurit biasa. Maka dari itu, dulu hanya dengan modal beberapa orang Bhayangkara mereka sanggup menaklukkan perang-perang kecil dengan musuh ratusan orang.

4. Batavi

Pasukan Militer Kerajaan Di Dunia Pada Zaman Dulu - Batavi

Photo via : https://www.factinate.com

Prajurit Batavi adalah keturunan Jerman yang bekerja untuk militer Romawi. Prajurit ini menggunakan teknik barbar dalam peperangan sehingga membuat nama mereka begitu dikenal. Prajurit ini memiliki taktik favorit yaitu berenang menyeberangi sungai yang dikira tidak bisa dilewati dengan memakai baju besi dan membawa senjata. Mereka selanjutnya menyerang musuh pada saat mereka lengah. Hebatnya lagi, kuda yang mereka gunakan dilatih untuk melakukan hal yang sama sehingga serangan pasukan berkuda Batavi adalah hal yang umum.

5. Cataphract / Kataphraktoi

Pasukan Militer Kerajaan Di Dunia Pada Zaman Dulu - Cataphract / Kataphraktoi

Photo via : https://riseofnations.fandom.com

Katafrak adalah sebutan yang diberikan untuk kavaleri berat lapis baja yang digunakan dalam peperangan pada zaman kuno. Lapis baja disini adalah kuda yang seluruh badannya dan juga penunggangnya menggunakan lapisan pelindung zirah yang terbuat dari baja. Menurut Heliodorus, pengendara Katafrak adalah orang-orang yang memiliki fisik yang mengesankan. Mereka menggunakan helm, baju besi leher dan masker logam yang tersisa hanyalah matanya. Untuk senjata, pengendara Katafrak membawa tombak panjang untuk menjangkau jarak jauh dari musuh, selain tombak mereka juga dilengkapi dengan pedang dan busur apabila sewaktu-waktu tombak yang mereka gunakan rusak.

6. Der RitterBruder

Pasukan Militer Kerajaan Di Dunia Pada Zaman Dulu - Der RitterBruder

Photo via : http://www.kartinkijane.ru

Der RitterBruder adalah pasukan khusus dari Teutonic Order/ Ordo Teutonik, dimana prajurit ini memiliki ciri khas pada helmnya yang memiliki tanduk. Prajurit ini termasuk pasukan paling brutal dan ditakuti pada zaman abad pertengahan (Medieval). Ordo Teutonik sendiri adalah ordo religius Katolik yang berasal dari Jerman namun dibentuk di Arce, Brazil pda abad ke-12. Ordo ini dibentuk untuk membantu peziarah Kristen di tanah suci, sehingga mereka mendirikan rumah sakit untuk mengurus penderita sakit dan lama kelamaan mereka menjadi ordo militer.

7. Egyptian War Chariot

Pasukan Militer Kerajaan Di Dunia Pada Zaman Dulu - Egyptian War Chariot

Photo via : https://diamantrevista.wordpress.com

Egyptian War Chariot ini kereta perang Mesir, dimana pertama kali diciptakan di Kanaan yang merupakan Vassal (negara bawahan dan taklukan) Kerajaan Mesir Kuno. Pasukan Mesir ini menggunakan kereta ini sebagai pasukan penggempur terdepan untuk kacaukan pertahanan musuh terutama saat pertama kali dipakai di Kanaan. Kereta ini memiliki kekurangan yaitu sangat rapuh namun cukup lincah dan sulit untuk dibidik musuh.

8. Hwarang

Pasukan Militer Kerajaan Di Dunia Pada Zaman Dulu - Hwarang

Photo via : http://hwarangdo.com

Hwarang adalah sebuah institusi kaum muda yang berkembang pada masa kerajaan Silla dari abad ke-6 sampai ke-10. Hwarang juga disebut pungryudo, oungwoldoatau huksondo. Kelompok ini dididik untuk menjadi pemimpin dalam masyarakat melalui pelatihan yang keras dalam bidang seni bela diri, norma sosial dan perilaku. Selain itu, mereka juga diharuskan untuk mengembangkan etos yang melayani kepentingan negara, menghargai tradisi dan menciptakan jiwa kooperasi, kesetiaan dan semangat. Hwarang sendiri melakukan banyak aktivitas olahraga, berburu, bertualang, berziarah, menyanyi, menari dan bermain. Kelompok ini juga mahir memanah, berkuda, pedang, menombak dan bermain bola. Karena berprinsip pada patriotisme mereka berada pada garis depan dalam pertempuran untuk melindungi negara.

9. Hoplites

Pasukan Militer Kerajaan Di Dunia Pada Zaman Dulu - Hoplites

Photo via : https://www.tumbex.com

Hoplites merupakan prajurit di negara kota Yunani Kuno, Hoplites berfungsi terutama sebagai penombak dan bertempur dalam formasi phalanx. Seorang hoplites adalah warga negara merdeka, negera tidak menyediakan perlengkapan militer sehingga mereka biasanya harus membuat, membeli dan mencari baju zirah dan senjatanya sendiri. Di beberapa negara kota, para warganya menerima pelatihan dasar militer dan bertugas dipasukan tempur selama periode tertentu, selain itu mereka juga diharapkan untuk ikut serta dalam kampanye militer ketika mereka diperlukan.

10. Hashashin

Pasukan Militer Kerajaan Di Dunia Pada Zaman Dulu - Hashashin

Photo via : https://www.deviantart.com/jmccoy

Hashashin adalah sebuah sekte keagamaan yang cukup radikal, ketika menghadapi konflik dengan lawan-lawan politiknya mereka memilih untuk membungkam atau menghabisi pemimpin lawan. Mereka sebisa mungkin menghindari konfrontasi terbuka, bagi mereka menghabisi pemimpin lawan lebih efektif daripada konflik terbuka yang dapat menimbulkan korban jiwa yang besar antar pengikut, klan atau kubu. Senjata kesukaan sekte radikal ini adalah pisau kecil yang sesekali dilapisi racun bukan untuk mematikan tapi untuk memberikan efek psikologis maksimal kepada lawannya. Selain itu, mereka juga menggunakan makanan yang dilumuri dengan racun.

11. Hetairoi

Pasukan Militer Kerajaan Di Dunia Pada Zaman Dulu - Hetairoi

Photo via : https://www.historyimpacts.com

Hetairoi merupakan salah satu pasukan kavaleri elit dalam pasukan Makedonia sejak masa Philippos II dari Makedonia dan mencapai puncak kejayaannya dibawah Aleksander Agung. Pasukan ini juga disebut-sebut sebagai pasukan kavaleri terbaik di dunia kuno, selain itu mereka juga menjadi salah satu pasukan kavaleri kejut yang pertama muncul. Hetairoi juga adalah pengawal elit yang bertugas melindungi raja.

12. Janissary

Pasukan Militer Kerajaan Di Dunia Pada Zaman Dulu - Janissary

Photo via : https://deadliestfiction.fandom.com

Janissary merupakan pasukan elite di kekaisaran Ottoman Turki yang bertugas sebagai penjaga atau bodyguard keluarga raja. Pasukan ini muncul pada abad ke-14, pasukan ini dibubarkan oleh Sultan Mahmud 11 pada tahun 1826 karena terjadinya insiden yang menguntungkan. Selain itu, pasukan ini dikenal dan ditakuti di Eropa selama berabad-abad, pasukan ini juga dikenal tangguh, disiplin dan tidak kenal kata mundur. Untuk seragam, pasukan Janissary ini menggunakan seragam yang berbahan wool dimana seragam ini dibuat oleh pengerajin Yahudi di Thessaloniki. Pada awalnya Janissary itu infantri archer bersenjatakan usur dan crossbow, tapi dalam perkembangannya mereka juga menggunakan banyak senjata seperti pedang, gada, kapak dan senapan api.

13. Legionnaire

Pasukan Militer Kerajaan Di Dunia Pada Zaman Dulu - Legionnaire

Photo via : http://www.aeroartinc.com

Legionnaire adalah pasukan yang membawa kekasisaran Romawi menjadi kekaisaran yang besar. Pasukan ini dilengkapi dengan baju zirah, perisai, helm besi dan juga pedang. Pasukan ini digunakan Romawi untuk menaklukkan daerah-daerah di Germania Britania, Spanyol dan daerah Mediterania lainnya. Pasukan ini diperbolehkan ada di dekat kekaisaran sehingga mereka lebih dekat dengan jendral sendiri daripada Kaisar.

14. Askar Suci Thebes

Pasukan Militer Kerajaan Di Dunia Pada Zaman Dulu - Askar Suci Thebes

Photo via : https://www.youtube.com

Laskar Suci Thebes merupakan tentara elit yang terpilih kota Thebes yang beranggotakan 150 pasangan perjantanan. Askar ini dibentuk oleh komandan perang Thebes Gorgidas pada tahun 378 SM dan berperan penting dalam Pertempuran Leuctra. Pasukan ini juga dianggap sebagai prajurit terhebat di dunia sepanjang sejarah Yunani Kuno, saking hebatnya mereka bisa mengalahkan pasukan Sparta yang tersohor.

15. Medjay

Pasukan Militer Kerajaan Di Dunia Pada Zaman Dulu - Medjay

Photo via : https://www.guidingtech.com

Medjay adalah bodyguard pribadi dari firaun dan mereka merupakan golongan tersendiri yang turun temurun memiliki tempat sebagai orang penting diantara pasukan Mesir lainnya. Pasukan ini diberi nama pasukan Nubian dari Mesir dan didirikan oleh Kamose ke-17 (1550 BC) saat dia memulai ekspansi wilayahnya ke Hyksos.

16. Mamluk

Pasukan Militer Kerajaan Di Dunia Pada Zaman Dulu - Mamluk

Photo via : https://weaponsandwarfare.com

Mamluk adalah budak belian kasta kesatria yang dimiliki oleh khalifah Islam yang berkuasa. Budak-budak ini penganut agama Islam yang dilatih menjadi kavaleri yang akan mahir taktik berkuda, seni berkuda, memanah, merawat luka dan lainnya. Pasukan Mamluk ini makin dikenal waktu mengikuti Perang Salib di Yerusalem. Pada akhir abad pertengahan, pasukan ini berhasil menguasai Yerusalem dan mengakhiri era tentara salib. Mereka juga pernah berhasil mengalahkan pasukan Mongol walaupun akhirnya dibalas kembali. Kekuasaan Mamluk semua didapat dari perang salah satunya mereka menguasai Mesir selama 250 tahun.

17. Ninja

Pasukan Militer Kerajaan Di Dunia Pada Zaman Dulu - Ninja

Photo via : https://www.mysterytribune.com

Ninja atau Shinobi adalah agen rahasia atau prajurit sewaan di Jepang abad pertengahan. Ninja direkrut sebagai mata-mata, melindungi, menyerang tiba-tiba dan menghasut. Keluarga ninja berkumpul membuat sutu serikat yang lebih besar dengan wilayah masing-masing. Ninja sendiri berkerja secara berkelompok dan para ninja mampu bekerja secara terkoordinasi dan menggunakan kata kunci untuk berkomunikasi. Selain itu, mereka juga memiliki teknik-teknik ninjutsu tersendiri agar tidak terdeteksi dan mampu melarikan diri.

18. Persian war elephant

Pasukan Militer Kerajaan Di Dunia Pada Zaman Dulu - Persian war elephant

Photo via : https://www.scoop.it

Persian war elephant merupakan pasukan yang menggunakan gajah, dimana gajah tersebut dilatih dan digunakan untuk berperang dalam sejarah militer dibanyak negara di dunia pada zaman dulu. Gajah disini digunakan untuk kendaraan dalam berperang dan untuk mematahkan barisan dan menginjak-nginjak musuh.

19. Pasukan Mongol

Pasukan Militer Kerajaan Di Dunia Pada Zaman Dulu - Pasukan Mongol

Photo via : https://airfreshener.club

Pasukan Mongol adalah unit tempurberkuda dari Asia yang terkenal karena kekejaman mereka. Mereka berhasil menaklukkan wilayah yang sangat luas pada abad ke-13 dan mendirikan Kekaisaran Mongolia yang merupakan kekaisaran terbesar pada masa itu. Pasukan Mongol ini sangat ahli dalam berkuda dan memanah dua keahlian yang sangat cocok untuk pertempuran di daerah stepa. Beragam suku Mongol bersatu di bawah Jenghis Khan pada tahun 1206 M. Dibawah kepimpinannya, pasukan Mongol menaklukan sebagian besar Tiongkok utara sebagian besar Kazakhtan modern dan sebagaian Rusia serta Timur Tengah.

20. Roman Legion

Pasukan Militer Kerajaan Di Dunia Pada Zaman Dulu - Roman Legion

Photo via : https://airfreshener.club

Legiun Romawi adalah istilah yang dapat merujuk kepada seluruh tentara Romawi atau hanya infanteri berat Romawi yang merupakan kekuatan utama dalam militer Romawi pada masa akhir Republik dan awal Kekaisaran. Legiun Romawi terdiri dari pasukan yang disebut legionari dan biasanya disertai dengan pasukan tambahan dari warga non-Roma, kavaleri dan pasukan penyerang jarak jauh. Pasukan ini dilengkapi dengan baju besi dan perisai model setelah Yunani kuno. Selain itu mereka adalah prajurit ombinasi ahli pedang, tombak dan perisai. Mereka juga terdiri dari para prajurit mahal yang mampu membuat senjata terbaik dan baja.

22. Samurai

Pasukan Militer Kerajaan Di Dunia Pada Zaman Dulu - Samurai

Photo via : https://magazine.job-like.com

Samurai adalah prajurit aristokrat, sebagai pemilik tanah dan pemimpin masyarakat samurai paling rendahan sekalipun lebih kaya dan dihormati dibandingkan masyarakat Jepang pada umumnya. Samurai ini memulai karirnya sebagai pemanah berkuda dan perlahan mempelajari seni menggunakan pedang. Dengan seiring berjalannya waktu, baju zirah mereka menjadi lebih kaku dan simetris. Mereka juga lebih banyak bertempur dalam jarak dekat dengan menggunakan pedang yang dibuat dengan cermat. Selain itu mereka juga bertempur menggunakan berbagai macam senjata termasuk tombak dan alat pemukul.

23. Sparta

Pasukan Militer Kerajaan Di Dunia Pada Zaman Dulu - Sparta

Photo via : http://bevilacqua.me

Sparta adalah pasukan militer di negara kota Sparta dimana merupakan salah satu negara kota terkuat di Yunani Kuno. Pasukan ini merupakan salah satu inti peradaban negara Sparta yang tujuan utamanya adalah menjadi prajurit yang kuat. Mereka bahkan melatih warganya yang masih kanak-kanak dimana di biayai oleh negara setelah seleksi yang ketat. Pelatihan dan budaya perang pun telah menjadi bagian hidup keseharian mereka. Selain itu mereka juga memiliki pepatah “Datang kembali dengan perisai atau diatasnya” dimana diartikan jangan kembali kecuali kamu menang. Prajurit ini menggunakan perisai dan ombak sebagai senjata dimana keduanya dapat digunakan secara bersamaan. Pasukan ini juga menjadi salah satu pasukan tempur yang paling ditakuti dalam sejarah dunia.

24. Sipahi

Pasukan Militer Kerajaan Di Dunia Pada Zaman Dulu - Sipahi

Photo via : https://www.zedge.net

Sipahi adalah salah satu kekuatan militer yang pernah mengharumkan nama dinasti Turki. Sipahi juga korps kavaleri feodal Kesultanan Utsmaniyah yang sangat ditakuti di Eropa selama abad pertengahan. Pada abad ke-14, anggota korps itu direkrut dari kalangan anak-anak muda yang ada di setiap provinsi kerajaan. Peralatan militer yang digunakan Sipahi bisa dibilang tidak murah, mereka menggunakan baju perang berbahan besi dan pelat. Mereka juga menggunakan pelindung kepala yang terbuat dari besi. Kuda yang mereka gunakanpun dilengkapi dengan baju zirah dari besi. Prajurit Sipahi ini menggunakan pedang, tombak, busur dan palu perang.

25. The Immortals

Pasukan Militer Kerajaan Di Dunia Pada Zaman Dulu - The Immortals

Photo via : https://id.wikipedia.org

The Immortals atau Pasukan Abadi terkadang disebut juga pasukan abadi Persia. Pasukan ini bertugas sebagai Garda Imperial dan juga sebagai pasukan tempur. Sebagai Garda Imperial, pasukan abadi bertugas melindungi kekaisaran jika ada serangan dari luar sedangkan sebagai pasukan tempur pasukan abadi ikut serta dalam penyerangan yang dilakukan oleh kekaisaran salah satunya adalah ketika ekspansi kekaisaran Persia dan pada Perang Yunani-Persia. Pasukan ini sudah dilatih dengan keras sejak kecill, selain itu para prajurit yang menjadi tentara abadi adalah pria-pria yang sangat setia pada kaisar dan akan melindungi kaisar bahkan sampai mati.

26. Viking

Pasukan Militer Kerajaan Di Dunia Pada Zaman Dulu - Viking

Photo via : https://www.learning-history.com

Viking adalah suku bangsa dari Skandinavia yang berprofesi sebagai pedagang, peladang dan paling terkenal yaitu perompak yang diantara tahun 800 dan 1050 menjarah, menduduki dan berdagang sepanjang pesisir, sungai dan pulau di Eropa dan pesisir timur laut Amerika Utara serta bagian timur Eropa sampai ke Rusia dan Konstantinopel. Mereka menjadi salah satu pasukan yang paling ditakutkan di sejarah kuno. Mereka meneror Eropa lewat berbagai serangan dan perampokan, mereka juga liar dan kejam selalu membawa senjata berupa pedang, kapak atau tombak yang mereka dapatkan dari kota-kota yang mereka takukkan.

Baca Juga