Inilah Sosok Kartini Zaman Now yang Berprestasi dan Membangun Indonesia

2 tahun lalu, by blogunik

Pada tanggal 21 April, kita memperingati hari Kartini atau yang disebut sebagai hari emansipasi perempuan. Pada hari Kartini kita mengenal sosok R.A Kartini sebagai sosok perempuan Indonesia pada zaman dahulu. Perjuangan beliau mengajarkan bahwa perempuan mempunyai kesempatan dan hak yang sama dalam mengakses dunia pendidikan. Peringatan hari Kartini sudah dilakukan sejak 52 tahun silam ini masih terjada sampai tahun ini. Teladan Kartini yang penuh dengan kerja keras memang pantas dijadikan panutan. Pada zaman modern ini masih banyak sosok Kartini yang bisa ditemukan. Berikut ini sosok Kartini zaman now yang berprestasi dan membangun Indonesia :

 

1. Susi Pudjiastuti

Photo via : katadata.co.id

Mentri Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti ini selalu membuat publik berdecap kagum. Mentri Kelautan dan Perikanan ini sudah banyak dipuji karena berbagai kebijakan yang sudah dibuat. Salah satu kebijakan yang paling dikenal yaitu menenggelamkan kapal pencuri ikan dari negara lain. Selama tahun 2016. Menteri Susi telah menenggelamkan 115 kapal pelaku pencurian ikan. Jumlah itu sedikit turun dibandingkan tahun 2015 yakni 117 kapal. Bahkan baru-baru ini Mentri Susi masuk dalam sebuah komik laris di Jepang.

 

2. Sri Mulyani

Photo via : bbci.co.uk

Sri Mulyani adalah sosok Kartini masa kini, cerdas dan diakui oleh dunia internasional. Sri Mulyani sudah sejak lama terus menerus membangun Indonesia ke arah yang lebih baik. Meskipun pernah bekerja untuk Bank Dunia, Sri Mulyani akhirnya kembali ke Indonesia dan kembali membuat banyak gebrakan.

 

3. Tri Rismaharini

Photo via : detik.com

Sosok ini sering muncul di layar kaca dengan berbagai gebrakannya. Tri Rismaharini merupakan sosok yang gigih, tangguh dan pekerja keras, hal inilah yang membawa Risma menjadi walikota Surabaya yang paling disegani di Indonesia. Rasanya tak perlu banyak dijelaskan Risma telah membuktikan bagaimana ia sukses membangun kota Surabaya menjadi salah satu kota yang paling layak huni di Indonesia.

 

4. Butet Manurung

Photo via : http://www.balikini.net

Sebelum ada Indonesia Mengajar yang mengirimkan guru-guru muda ke daerah terpencil, ada sosok bernama Butet Manurung yang setia mengajar di pedalaman hutan duabelas, Jambi. Ia dengan gigih mengajar anak-anak suku dalam di Jambi. Ia ingin anak-anak ini tidak tertipu karena tidak bisa membaca. Ia bahkan sudah mendapatkan berbagai penghargaan baik dari dalam atau luar negeri karena konsisten mengajar suku pedalaman di Jambi.

 

5. Andi Rabiah

Photo via : idntimes.com

Sosok wanita tangguh lainnya yaitu Andi Rabiah. Andi Rabiah dikenal dengan sebutan suster apung karena ia dengan setia mengarungi laut demi menolong masyarakat yang sakit. Andi Rabiah menghabiskan hampir seluruh hidupnya dengan mengarungi laut demi membantu pasien yang membutuhkan. Kegigihan wanita ini patut diacungi jempol.

 

6. Tri Mumpuni

Photo via : https://www.datsun.co.id

Satu kata mutiara dari R.A Kartini “Habis Gelap Terbitlah Terang” cocok disematkan pada Tri Mumpuni. Wanita ini menjadi terang untuk warga kampung-kampung terpencil yang belum tersentuh listrik. Ia dikenal sebagai wanita yang berhsil menyalurkan sumber listrik dengan sistem energi terbarukan. Ia berhasil membangun pusat-pusat tenaga listrik di lebooh dari 60 desa terpencil yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

 

7. Mazidah Salas

Photo via : http://www.konfrontasi.com

Sosok Kartini selanjutnya adalah Mazidah Salas, ia pernah mendapatkan pelecehan seksual dan kekerasan rumah tangga namun semua itu tidak memadamkan semangat. Saat ini ia menjadi pahlawan untuk buruh migran, ia tak pernah lelah memperjuangkan hak-hak buruh migran yang masih dipandang sebelah mata.