Terlengkap! Ketahui Fakta Menarik Seputar Changi Airport Yang Merupakan Airport Terbaik di Dunia

2 minggu lalu, by blogunik

Meskipun belum pernah ke Singapura, tapi kebanyakan orang pasti tahu mengenai bandara terkenal yang ada di Singapura, apalagi kalau bukan Changi Airport. Bandara Internasional Changi merupakan bandara sipil utama Singapura, dan salah satu pusat transportasi terbesar di Asia Tenggara. Bandara yang menjadi kebanggaan negara Singapura ini memang terkenal diseluruh dunia akan kemewahan, keunikan dan berbagai fasilitas yang dimilikinya.

Buat yang udah pernah ke Singapura dan menghabiskan beberapa jam di Changi Airport pasti deh merasa betah berlama-lama di dalam bandara satu ini. Pasalnya disetiap sudut bandara ini sangat instagramable sehingga sangat cocok untuk berselfie ria. Gak ada kata bosan menunggu pesawat yang delay karena Changi Airport memanjakan pengunjungnya dengan berbagai fasilitas bahkan ada yang gratis lho guys! Nggak heran deh kalau Changi Airport dihelat sebagai bandara terbaik didunia.

Nah buat kamu yang penasaran kenapa Changi Airport bisa menjadi bandara terbaik didunia? Berikut beberapa fakta menarik seputar Changi Airport, bandara terbaik di dunia. Check it out guys!

Tentang Changi Airport

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via travelandleisureindia.in

Changi Airport merupakan bandara sipil utama Singapura, dan salah satu pusat transportasi terbesar di Asia Tenggara. Bandara ini dikelola oleh Changi Airport Group dan merupakan rumah bagi beberapa maskapai seperti Singapore Airlines, SilkAir, dan lain-lain. Bandar Udara Internasional Changi dengan luas area sekitar 13 kilometer persegi ini berada di ujung timur pulau utama Singapura.

Bandara Changi di Singapura juga dinotbatkan sebagai bandar udara terbaik dunia tahun 2019. Mengalahkan ratusan bandara lainnya, bahkan bandara-bandara super modern di daratan Eropa dan Amerika.

Tak heran memang pasalnya Changi memiliki fasilitas dan layanan lengkap berkelas dunia. Tak cuma tampilannya yang megah memukau, Bandara Singapura ini juga menawarkan sederet fasilitas modern nan canggih yang bisa memanjakan wisatawan.

Memiliki 4 terminal

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via pechluck.com

Changi Airport memiliki 4 terminal untuk penumpang yang dibuka secara bertahap. Terminal 1 yang dibuka pertama kali tahun 1981 berada di ujung utara bandara. Terminal 2 dibuka tahun 1990 dan berada di ujung timur bandara. Dibuka tahun 2008, Terminal 3 berlokasi di ujung barat. Yang dibuka paling terakhir adalah Terminal 4, yang baru diresmikan pada tanggal 31 Oktober tahun lalu, tahun 2017. Terminal ini ada di sisi sebelah selatan bandara, yang dulunya beroperasi sebagai terminal anggaran. Keempat terminal penumpang tersebut dibangun menyerupai bentuk huruf U terbalik yang memanjang. Penumpang yang ingin menikmati fasilitas ini bisa masuk dengan membayar biaya akses.

Selain keempat terminal penumpang di atas, Bandara Changi juga memiliki satu terminal mewah yang dikelola oleh swasta. Adalah JetQuay CIP Terminal, yang dibuka untuk seluruh penumpang yang bepergian dengan kelas manapun di maskapai apapun. Dikatakan bahwa sekarang bandar udara Changi sedang dalam proses pengerjaan untuk terminal penumpang kelima dan satu fasilitas ‘shopping and dining’. Terminal 5 Changi Airport dijadwalkan akan rampung sekitar akhir tahun 2020.

Tanaman di Changi Airport semua asli

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via thenational.ae

Buat kamu yang udah pernah ke Bandara Changi, sadarkah kamu jika tanaman dan bunga-bunga yang ada didalam Changi Airport tersebut adalah bunga asli? Memang jika dilihat sekilas, bunga-bungan dan tanamannya terlihat seperti tiruan karena sangat indah dan memukau. Bahkan banyak pengunjung yang tak yakin dengan keasliannya sampai-sampai menyentuh daun bunga untuk memeriksa keasliannya. Namun bunga-bunga di Bandara Changi benar-benar bunga asli.

Untuk memberikan pengunjung pengalaman terbaik dalam hal visual dan aroma, Bandara Changi memiliki tempat bibit tanaman khusus untuk menanam dan menumbuhkan tanaman. Agar display bunga selalu terlihat segar, bandara ini memiliki 10 hortikulturis profesional yang didukung oleh sekitar 150 tukang taman untuk memastikan semua taman berada dalam kondisi prima sepanjang tahun.

Memiliki konsep toilet yang tidak biasa

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via travelskills.com

Jika kamu pernah menumpang buang air kecil di toilet Bandara Changi, pasti kamu setuju kalau toilet di Changi Airport memberikan pengalaman yang berbeda. Toilet atau kamar mandi di Bandara Changi bukan hanya berfungsi sebagai tempat buang air. Beberapa dari toilet tersebut menawarkan pemandangan luar biasa untuk melihat pesawat yang akan terbang. Kamar mandi di Terminal 1 (T1) Transit berada tepat di atas area landasan dengan pemandangan yang indah dari kiri sampai kanan. Bersiaplah untuk terngaga melihat pesawat terbang seolah mendarat di dekat

Selain itu ada juga satu toilet yang masing-masing terletak di Terminal 1 dan 3 yang merupakan tempat yang cocok bagi para wanita untuk touch up atau dandan, ruangan tersebut dinamai Powder Room. Desain Powder Room terinspirasi dari ruang tata rias belakang panggung di mana meja rias dipisah ke meja-meja kecil, dan setiap cermin dihias dengan lampu. Menjadikan tempat ini terkesan mewah dan eksklusif untuk para pengunjung.

Memiliki desain karpet khusus

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via mynewsdesk.com

Selain toilet mengagumkan yang akan membuat kalian lupa kalau sedang berada di toilet, Changi Airport juga memperhatikan setiap detail dari properti yang mereka gunakan. Salah satunya adalah karpet khusus yang mereka gunakan. Disepanjang Bandara Changi, khususnya di area check-in atau di tengah kesibukan area transit, kamu akan menemukan suasana yang tenang dan santai. Hal ini karena Bandara Changi menggunakan karpet yang dirancang khusus untuk mengurangi tingkat kebisingan.

Menggunakan konsep penerangan cerdas

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via som.com

Buat kamu yang sering pulang pergi Singapura-Indonesia dan melewati terminal 3, pernahkah kamu mempertanyakan kenapa terminal 3 di Changi Airport selalu terang padahal tidak menggunakan energi listrik? Ternyata yang membuat terminal 3 selalu terang adalah karena sistem pencahayaan yang mereka gunakan bisa dibilang sangat cerdas dan canggih.

Ya, kuantitas pencahayaan yang masuk ke dalam terminal telah diatur oleh sistem komputer yang ada di kisi-kisi jendela atap terminal. Kisi-kisi jendela diatur untuk merespon tingkat kecerahan di luar terminal. Saat siang hari, kisi-kisi jendela terbuka sedikit untuk mengurangi sinar matahari yang masuk ke terminal. Sementara, ketika cuaca mendung, kisi-kisi jendela terbuka lebar untuk memungkinkan lebih banyak cahaya yang masuk. Hal ini diterapkan untuk mengurangi pemakaian energi listrik dari pengurangan pemakaian lampu neon.

Memiliki kolam renang rooftop

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via edition.cnn.com

Siapa sih yang akan kepikiran untuk berenang di bandara? Palingan kebanyakan orang pasti akan disibukkan dengan hal-hal yang harus mereka urus seputar penerbangan mereka. Tapi menariknya Changi Airport justru memberikan fasilitas kolam berenang untuk para pengunjungnya. Bisa dibilang Bandara Changi Singapura adalah satu-satunya bandara yang memiliki kolam renang di bagian rooftop.

Terletak di Aerotel Airport Transit Hotel di Terminal 1, tempat ini juga menyediakan jacuzzi, bar di pinggir kolam renang, dan fasilitas mandi. Para pengunjung juga dapat bersantai dan menikmati fasilitas-fasilitas tersebut sementara menunggu penerbangan selanjutnya.

Ada Banyak Lounge & Area Istirahat

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via thedesignair.net

Kalau kamu memiliki waktu transit yang cukup lama dan ingin beristirahat sebelum penerbangan selanjutnya, Bandara Changi memiliki beberapa pilihan lounge dan area istirahat yang bisa kamu gunakan. Tak hanya fasilitas lounge eksklusif yang disediakan oleh maskapai penerbangan dan lounge berbayar, Bandara Changi juga menyediakan area istirahat dan bekerja yang bebas untuk publik.

Tersedia Lebih dari 900 Kamar Hotel

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via agoda.com

Merasa lelah saat transit? Selain fasilitas lounge dan area istirahat, kamu juga bisa beristirahat di hotel transit yang tersedia di Bandara Changi. Gak perlu repot-repot mengantri di imigrasi, karena hotel transit di Bandara Changi masih terletak di dalam area bandara. Ada Aerotel Airport Transit Hotel di Terminal 1 dan Ambassador Transit Hotel di Terminal 2 dan 3. Kamu pun bisa kembali segar sebelum melanjutkan perjalanan.

Memiliki fasilitas gratis

Selain memiliki desain yang megah dan nyaman banget, Changi Airport juga dikenal sebagai bandara yang memiliki fasilitas lengkap dan bisa dinikmati secara gratis guys. Jadi kalau kamu berkunjung ke negara ini untuk berlibur, urusan bisnis, atau pun hanya sekedar transit apalagi transitnya untuk waktu yang cukup lama, maka kamu nggak perlu cemas dan takut mati kebosanan. Pasalnya di Changi Airport ini ada fasilitas-fasilitas yang bisa membuat waktu transit kamu lebih menyenangkan dan berkesan, bukan hanya buat orang dewasa, tapi Changi Airport juga menyediakan fasilitas gratis untuk kenyamanan semua kalangan, dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Mau tau fasilitas gratis apa saja yang disediakan Changi Airport? Berikut ulasannya

1. Garden Trail (Kebun Tematis)

Fasilitas gratis pertama yang bisa kamu nikmati sepuasnya adalah adanya berbagai jenis taman tematis yang mampu membuatmu terkagum-kagum dan seperti berada di negeri dongeng. Dari taman kaktus, angrek, bunga matahari yang instagramable hingga taman kupu-kupu. Nah untuk selengkapnya berikut ulasannya.

– Cactus Garden di Terminal 1

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via everydaypeople.sg

Cactus Garden yang terletak di terminal 1 menampilkan lebih dari 100 jenis kaktus dan tanaman yang biasa tumbuh di gurun dan dataran tandus di Asia, Afrika, dan Amerika. Bahkan pengunjung juga dapat melihat kaktus yang dapat dimakan seperti Apple Cactus (Cereus spp) dan Prickly Pear Cactus (Opuntia spp). Taman yang terletak di atap ini merupakan tempat yang populer bagi para pengunjung untuk bersantai dan berjemur di bawah sinar matahari.

– Orchid Garden di Terminal 2

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via sujoyrdas.blogspot.com

Kebun atau taman yang bisa kamu kunjungi secara gratis berikutnya adalah Orchid Garden yang terletak di Terminal 2. Orchid Garden memiliki lebih dari 700 anggrek dari 30 spesies yang dikelompokkan berdasarkan berbagai warna dan bentuk, yang mewakili 4 unsur alam yakni Bumi, Udara, Api dan Air. Anggrek putih ditampilkan dengan gelembung kaca mengambang mewakili ‘Udara’, sementara anggrek coklat dan hijau langka ditampilkan dengan patung-patung akar pohon mewakili ‘Bumi’. Kolom bunga simulasi lilin raksasa mewakili ‘Api’ sementara kumpulan anggrek biru dan ungu mewakili unsur ‘Air’.

– Sunflower Garden di Terminal 2

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via instagram.com/airasia_bhsindonesia

Selanjutnya ada taman tematik bunga matahari yang menjadi tempat paling ikonik dari Changi sebab kamu bisa menikmati hembusan udara luar. Hal ini dikarenakan lokasi taman bunga matahari ini berada di luar ruangan. Benar-benar sebuah ide yang out of the box sebab kamu juga bisa berfoto dengan latar pesawat yang tengah landing atau take off.

– Butterfly Garden di Terminal 3

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via untombed-discretion.000webhostapp.com

Satu lagi guys taman gratis yang bisa kamu kunjungi sepuasnya yakni Butterfly Garden atau taman kupu-kupu yang terletak di Terminal 3. Biasanya kebun kupu-kupu hanya terdapat di kebun binatang atau kebun bunga. Namun, di Singapura kita bisa menemukannya di Changi Airport.
Bisa dibilang taman kupu-kupu ini merupakan taman kupu-kupu pertama di dunia yang berada di sebuah bandara.

Bandara Changi mungkin bisa dibilang pioner dalam menghadirkan taman kupu-kupu. Di bandara ini kalian bisa melihat ribuan kupu-kupu berterbangan kesana kemari. Bahkan kalian bisa melihat kepompong yang siap berevolusi menjadi kupu-kupu yang indah.

Selain menghadirkan serangga bersayap ini, Butterfly Garden juga dihuni oleh berbagai macam bunga, serta air terjun setinggi 6 meter. Jika ingin menikmatinya, pengunjung cukup datang ke ruang tunggu keberangkatan di Terminal 2 dan 3.

2. Movie Theater

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via mynewsdesk.com

Selain taman, kamu juga bisa menonton film di bioskop secara gratis lho! Pasalnya Changi Airport menyediakan layanan Movie Theater buat pengunjungnya bahkan pengunjung bebas masuk tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Mau menonton film terbaru ataupun film lama, semuanya tersedia lho. Asalkan jangan sampai kebablasan nontonnya sampai-sampai ketinggalan pesawat.

3. Wi-FI gratis

Di zaman sekarang ini akses ke internet itu harus, nah Changi juga menyediakan fasilitas Wi-Fi gratis buat para pengunjungnya guys! Kamu dapat mengakses Wi-Fi gratis untuk smartphone dan android, serta fasilitas internet gratis di sekitar 550 stand komputer yang tersebar di area bagian dalam bandara ini.

4. Kursi Refleksi

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via inspiration.rehlat.com

Lelah atau merasa jet lag setelah penerbangan berjam-jam? Jangan buru-buru pergi dari Changi guys, kamu bisa menikmati kursi refleksi secara gratis yang tersedia di bandara ini. Kamu bisa menggunakannya sepuasnya guys. Pasti rasa pegal pada tubuhmu akan terbunuh dalam waktu sesaat.

5. Entertainment Deck

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via blog.airpaz.com

Para penggemar games akan dimanjakan dengan fasilitas berupa Xbox 360 dan PlayStation 3. Caranya cukup datang ke Terminal 2, maka kamu bisa bermain dengan puas di Entertainment Deck. Serunya lagi, Changi Airport juga menyediakan MTV dan Xbox Kinect sebagai pelengkap.

6. Free City Tour

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via escapemanila.com

Jangan sampai lupa untuk menikmati fasilitas gratis seperti Free City Tour jika kamu tidak ingin menyesal pernah transit lama di Changi Airport. Siapa yang tidak mau keliling kota Singapur secara gratis? Nah Changi Airport ini menyediakan jasa keliling kota Singapur secara gratis lho. Namun, free city tour ini juga memiliki syaratnya tersendiri ya. Di mana, kamu yang transit di Singapur harus setidaknya memiliki waktu transit minimal 5-7 jam.

Untuk tour keliling kota ini pun dibagi menjadi dua kategori. Heritage Tour untuk kamu yang akan berkeliling pada siang hari, dan City Lights Tour untuk tour yang diadakan pada malam hari. Nantinya Free City Tour akan mengajak wisatawan untuk melewati berbagai tempat menarik seperti Chinatown, Little India, Kampong Glam dan Merlion Park. Sementara rute kedua akan pergi ke Merlion Park, Singapore Flyer, Marina Bay Sans, Esplanade dan Garden by the Bay.

7. Children Playground

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via darrenbloggie.com

Selain mengunjungi aneka jenis taman tematik yang telah disebutkan tadi, buat kalian yang membawa serta anak-anak, nggak perlu khawatir kalau transit lama di Changi, pasalnya kamu bisa mengajak mereka untuk bermain sepuasnya di Children Playground yang telah disediakan oleh Changi Airport. Selain menguntungkan untuk para orang tua, tentunya juga menyenangkan untuk anak-anak agar mereka tidak merasa bosan.

8. The Social Tree

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via thefinder.com.sg

Fasilitas gratis selanjutnya adalah The Social Tree. Fasilitas ini sangat cocok buat kamu yang punya hobi berfoto. Di The Social Tree ini kamu bisa berpose gaya apapun dan nantinya akan ditangkap oleh kamera high definition dari pohon raksasa ini dan hebatnya lagi bisa dilihat dari semua sudut. Bahkan menariknya, Social Tree ini juga bisa terkoneksi dengan akun sosial media kamu.

9. Interactive Art (Zona Interaktif Seni)

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via budgethotels.sg

Lelah bermain di Children Playground, kamu juga bisa membawa anak-anak ke Interactive Art. Dimana di tempat ini kalian dapat membuat karya senin sendiri dengan stempel yang bergambar tempat-tempat wisata utama di Singapura. Interactive Art ini ada di Terminal 3. Dan ada juga Asian Icon Interactive Art Station di Terminal 2, Lantai 2, di samping Skytrain Station menuju ke Terminal 3.

Memiliki berbagai macam atraksi menarik

Selain memiliki beragam fasilitas gratis yang memanjakan pengunjung, Changi Airport juga terkenal sebagai bandara dengan beragam atraksi yang menarik yang siap menghiburmu. Memiliki kurang lebih puluhan atraksi yang bebas dimanfaatkan oleh umum. Di antaranya ada jembatan kanopi, hutan buatan, jembatan jaring-jaring, foggy bowls alias playground dilengkapi asap-asapan, dan tentunya air terjun indoor. Untuk selengkapnya, berikut beragam atraksi menarik yang ada di Changi Airport.

1. Jewel Changi Airport

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via archdaily.com

Untuk dapat menikmati beragam atraksi menarik yang tersedia di Changi Airport, kamu bisa berkunjung ke Jewel Changi Airport. Jewel merupakan sebuah area baru di Changi Airport Singapura yang baru dibuka pada April 2019 lalu. Dari luar, bangunan ini terlihat megah lantaran didesain seperti kubah kaca. Namun bukan hanya eksteriornya yang megah, bagian dalam Jewel yang bertema kombinasi antara gaya hidup modern dan indahnya alam juga membuat siapapun yang melihatnya terkagum-kagum. Enaknya lagi Jewel Changi Airport terbuka untuk pihak umum, baik bagi yang punya penerbangan di sana maupun tidak.

Jewel menghadirkan beragam hiburan dan atraksi yang dirancang khusus untuk para pengunjung dan wisatawan. Di sini, kamu diajak untuk mengeksplorasi dan menjelajah keindahan alam dan pepohonan hijau. Ada berbagai atraksi menarik dan mengagumkan yang bisa kalian temukan di Jewel, diantaranya :

HSBC Rain Vortex

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via reddit.com & instagram.com/desss_l

Rain Vortex adalah air terjun indoor yang menjadi atraksi utama di Jewel Changi. Pasalnya, Rain Vortex ini tidak hanya terlihat indah dan megah namun Rain Vortex juga merupakan air terjun indoor tertinggi didunia dengan ketinggian 40 meter di jantung Jewel.

Mengalir 40 meter ke bawah hingga ke basement, kamu akan dibuat takjub dengan air terjun megah ini, terutama ketika semprotan airnya memancarkan sinar matahari dari luar. Serunya lagi, ketika hari berganti malam, HSBC Rain Vortex akan terlihat berbeda dari siang hari. Setiap jam, sebuah lembaran air menjadi layar yang menjadi tempat pertunjukan cahaya dan suara.

Shiseido Forest Valley

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via businessinsider.my

Mengelilingi HSBC Rain Vortex ada Shiseido Forest Valley yang akan membuat rasa penat kalian hilang sesaat setelah melihat hijaunya hutan buatan yang mengelilingi HSBC Rain Vortex. Forest Valley merupakan hutan indoor empat lantai yang dipenuhi ribuan tanaman hijau yang membuat pemandangan menjadi asri.

Kamu bisa menjelajahi hutan indah yang bermandikan sinar matahari dan air terjun spektakuler di pusat Forest Valley. Kamu akan menemukan berbagai flora memukau dari seluruh dunia, dengan lebih dari 900 pohon dan 60.000 semak. Kamu bisa mendaki melalui Shiseido Forest Valley ke Canopy Park di lantai paling atas Jewel. Waterfall Trail bagian timur akan membawa kamu melewati air terjun berbatu, dan keajaibannya diperkaya oleh kabut dari air terjun sepanjang jalan hingga tiba di Shiseido Trail bagian barat. Pemandangan Shiseido Forest Valley yang hijau dan asri di setiap belokan akan membuat kamu terpesona.

Canopy Park

Ditengah Jewel Changi Airport, kamu juga bisa menikmati berbagai wahana yang tersaji didalam Canopy Park. Terletak di tingkat tertinggi Jewel, yaitu lantai 5, Canopy Park yang memiliki area seluas 14.000 meter persegi ini menjadi rumah bagi berbagai atraksi terbaru di Jewel Changi Airport. Berikut berbagai atraksi yang bisa kamu temui di Canopy Park:

– Canopy Bridge

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via klook.com

Atraksi pertama yang mencuri perhatian saat kamu memasuki Canopy Park adalah Canopy Bridge. Di atas jembatan sepanjang 50 meter dan bertengger pada ketinggian 23 meter di atas permukaan tanah ini kamu dapat menikmati pemandangan spektakuler HSBC Rain Vortex yang sangat indah. Di Canopy Bridge, kamu juga bisa berfoto dengan latar yang berbeda, yaitu dengan sensasi panel lantai kaca transparan. Kabut lembut yang memancar di sepanjang jalan di masing-masing sisi memberikan perasaan bagai berjalan di atas awan.

– Hedge Maze

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via businessinsider.my

Setelah berjalan melewati Canopy Bridge kamu juga bisa menjelajah labirin hijau yang disebut sebagai Hedge Maze. Labirin indoor ini disebut-sebut sebagai taman labirin terbesar di Singapura. Nggk usah khawatir tersesat didalam labirin dan ketinggalan pesawat, pasalnya kamu hanya perlu melihat ke atas dan bantuan akan tersedia di menara pengintai, di mana kamu bisa meminta bantuan dari teman, keluarga, atau orang-orang sekitar untuk memberikan arahan menuju jalan keluar.

– Mirror Maze

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via todayonline.com

Kalau kamu sudah menemukan jalan keluar dari labirin, sekarang saatnya kamu mencoba tantangan baru di Mirror Maze yang juga terletak di Canopy Park, Jewel Changi Airport. Mirror Maze merupakan sebuah labirin yang terbuat perpasuan antara labirin kaca dan pepohonan di atasnya. Bukan hanya tantangan dari cermin yang akan mengecoh kamu menemukan jalan keluar, tapi di Mirror Maze juga akanada elemen tambahan untuk meningkatkan tingkat kesulitan dan menguji ketangkasan kamu.

– Topiary Walk

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via flickr.com (Choo Yut Shing)

Beralih ke Topiary Walk, atraksi ini dipenuhi oleh tanaman hijau serta topiari dari berbagai macam binatang. Mulai dari bunglon, buaya, burung merak, beo, gajah, hingga orangutan. Area ini akan membuat kamu terpesona dengan keindahan topiari-topiari yang diciptakan dari pahatan tanaman hidup. Topiari yang ditampilkan pun semakin unik karena berwarna-warni.

– Discovery Slides

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via todayonline.com

Discovery Slides adalah sebuah karya seni dengan seribu satu keajaiban yang harus dinikmati secara perlahan. Pengunjung dapat bermain di ruang bermain raksasa yang berada di dek observasi ini. Di Discovery Slides, kamu bisa memacu adrenalin dengan meluncur dari 4 perosotan setinggi 6,5 meter yang dibuat secara khusus. Sementara kamu menunggu giliran untuk meluncur ke bawah dari ketinggian 6,5 meter, kamu bisa menikmati pemandangan spektakuler Shiseido Forrest Valley yang terletak di antara tanaman-tanaman hijau nan subur di Jewel Changi Airport.

– Foggy Bowl

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via twitter.com/exploratorium

Buat kamu yang berlibur bersama anak-anak dan harus transit lama di Changi Airport, kamu bisa membawa anak-anak ke area Foggy Bowl yang terletak di Canopy Park, Jewel Changi Airport. Sama seperti namanya, Foggy Bowls dipenuhi dengan pusaran kabut yang gak beracun sehingga aman sebagai tempat bermain bagi anak-anak. Juga kamu gak perlu khawatir ketika anak kecil berlarian ke sana kemari karena rumput artifisial di area Foggy Bowls sangat lembut.

– Manulife Sky Nets-Walking

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via dejiki.com

Buat kamu yang suka tantangan, kamu bisa mencoba wahana yang disebut Manulife Sky Nets-Walking. Wahana ini adalah sebuah jembatan yang terbuat dari jaring-jaring yang terbentang sepanjang 50 meter dan berada diatas ketinggian 25 meter. Berjalan di Manulife Sky Nets-Walking ini akan membuat kamu merasa seringan kapas dan memberikan pemandangan Forest Valley yang menakjubkan.

– Manulife Sky Nets-Bouncing

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via channelnewsasia.com

Manulife Sky Nets-Bouncing merupakan versi lebih seramnya dari Manulife Sky Nets-Walking. Bukan hanya berjalan, traveler juga diajak jumpalitan di atas jaring sepanjang 250 meter. Kamu akan merasakan sensasi kehilangan gravitasi saat kamu memantul hampir tanpa bobot ke angkasa di jaring raksasa sepanjang 250 meter ini. Di tempat ini kamu juga akan merasakan bagaimana menjangkau awan di puncak tertinggi saat melompat di menara setinggi 8 meter.

– Petal Garden

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via jewelchangiairport.com

Satu lagi guys, atraksi yang bisa kamu nikmati saat berada di Jewel Canopy Park Changi Airport adalah Petal Garden. Ketika sampai di Petal Garden, kamu akan disuguhkan dengan tatanan yang aesthetic dari bunga-bunga berwarna cantik. Bunga musiman yang dipamerkan di Petal Garden berasal dari seluruh dunia. Jangan sampai lupa untuk mengabadikan momen kamu di tempat seindah Petal Garden ini.

Changi Experience Studio

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via dejiki.com

Setelah lelah menjelajahi, Canopy park, lanjutkan petualangan kalian di Changi Experience Studio. Tempat ini menyajikan perjalanan dan penemuan yang menyenangkan melalui dunia virtual yang menarik di Bandara Changi, sekaligus menampilkan taman bernyanyi, perlombaan landasa pacu yang memacu adrenalin, permainan dalam upaya untuk mengumpulkan troli bandara, tantangan tersenyum dan masih banyak lagi.

Dengan lebih dari 20 touchpoint berbeda, Changi Experience Studio menayangkan berbagai proyeksi luar biasa dan permainan seru. Changi Experience Studio akan mengungkapkan fakta dan rahasia menarik di balik hadirnya bandara kelas dunia ini.

Eksplorasi studio dilakukan dengan Travel Guide yang merupakan perangkat interaktif pribadi yang menyertai setiap pengunjung dalam perjalanan mereka di studio. Travel Guide serba guna ini memungkinkan interaksi aktif dan keterlibatan spontan antara pengunjung dan pameran dengan cara yang berbeda. Teknologi ini secara perdana digunakan di Changi Experience Studio dan pertama kalinya di Singapura dan Asia loh!

2. Destinasi Shopping

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via straitstimes.com

Buat kamu yang doyan shopping, Changi Airport juga merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang rekomended buat kalian. Sambil menunggu penerbangan berikutnya, kamu bisa mengeksplor berbagai toko di Bandara Changi. Di Bandara Changi kamu bisa menemukan ratusan outlet yang menjual produk-produk dari merk kelas dunia. Gak perlu pusing soal harga, karena ternyata harga produk di Bandara Changi cukup kompetitif bahkan bisa 40% lebih murah dibanding harga di dalam kota! Tentu saja karena adanya fasilitas bebas pajak.

3. Wisata kuliner

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via todayonline.com

Lelah mengeksplor berbagai atraksi yang ada di bandara Changi, kamu bisa memanjakan perut kamu dengan berbagai wisata kuliner yang tersedia di Changi Airport. Tak sulit juga mencari hidangan halal yang lezat di Singapura. Jika kamu sedang berada di bandara terbaik di dunia ini dan ingin mencicipi hidangan Korea, western, atau lokal, semua tersedia di Bandara Changi. Dengan beragam pilihan restoran halal yang tersedia di seluruh terminal kamu bisa berwisata kuliner sambil menunggu penerbangan selanjutnya.

4. Salon dan Spa

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via sg.shilladutyfree.com

Buat para wanita, Bandara Changi juga menyediakan tempat-tempat khusus buat kamu yang ingin memanjakan diri seperti salon dan spa. Kamu bisa menunggu penerbangan sambil merawat rambut di salon atau bahkan dipijat di spa. Dengan adanya fasilitas salon dan spa yang tersedia di Bandara Changi, waktu tunggu penerbangan kamu tidak akan lagi terasa membosankan. Justru penampilan kamu akan terlihat lebih fresh meskipun akan melanjutkan perjalanan ke negara lain.

5. The Slide @ T3

Fakta-Menarik-Seputar-Changi-Airport-Yang-Merupakan-Airport-Terbaik-Di-Dunia

photo via flickr.com (Fans of Changi)

Buat kamu yang suka permainan menantang, kamu bisa mencoba perosotan tertinggi didunia yang ada di Bandara Changi tepatnya di Terminal 3. Perosotan tersebut dinamai The Slide @ T3.

Perosotan ini merupakan slide tertinggi di negara ini dan slide tertinggi di dunia yang terletak dalam bandara. Perosotan, yang tingginya empat lantai atau sekitar 12 meter ini memungkinkan kamu untuk meluncur kebawah dengan kecepatan hingga 6 meter per detik. Itu terletak di Aula Kedatangan di Lantai 1 di area umum. Uniknya untuk setiap pembelanjaan di Changi sejumlah $10 dalam satu transaksi, kamu dapat menukarkan satu tiket untuk bermain perosotan satu ini.

Nah itu dia beberapa fakta beserta fasilitas dan atraksi yang tersaji di Bandara Changi Singapura.  Bandara saja fasilitasnya selengkap  dan semewah itu, nggak heran deh kalau Changi Airport dinobatkan sebagai bandara terbaik didunia bahkan berturut-turut selama bertahun-tahun. Pasalnya hampir semua fasilitas dan atraksi yang disediakan sangat memanjakan pengunjung  dan mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada para pengunjung agar tidak bosan saat menunggu waktu transit yang lama. Bagaimana menurut kalian guys? Tertarik untuk berkunjung ke Singapura dan menghabiskan waktu di Bandara Changi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *