Inspirasi Style Kebaya Untuk Wisuda Agar Kamu Tampil Makin Cantik Dan Modis

1 bulan lalu, by blogunik

Tradisi mengenakan kebaya bagi mahasiswi yang diwisuda memang telah menjadi tradisi turun menurun. Entah sejak kapan tradisi mengenakan kebaya tersebut dimulai, namun yang jelas hampir setiap universitas maupun institut di Indonesia mewajibkan calon wisuda putri untuk mengenakan kebaya di acara akbar tersebut. Bukan hanya universitas atau institut, kini tradisi mengenakan kebaya juga mulai diterapkan dalam acara kelulusan pelajar SMA.

Mengingat wisuda adalah salah satu momen berharga yang paling ditunggu oleh para pelajar ataupun mahasiswi/a yang telah merampungkan masa pembelajarannya. Nggak heran banyak calon wisudawan/wisudawati yang ingin tampil sempurna di momen tersebut. Khususnya untuk para cewek nih, pasalnya bagi cewek dalam menghadiri acara wisuda ada banyak hal yang perlu disiapkan. Mulai dari make up, setelan kebaya, kebaya hijab bagi yang berhijab, high heels maupun aksesoris pendukung lainnya.

Wisudapun menjadi salah satu ajang untuk para cewek tampil semaksimal mungkin. Nah biasanya jauh-jauh hari sebelum acara wisuda, para cewek sudah mulai sibuk menyiapkan pakaian kebaya yang akan mereka kenakan. Sebab dalam memilih kebaya nggak boleh sembarangan lho. Meskipun kebaya dapat memberikan kesan elegan, ayu dan cantik, namun kalau salah model atau ukuran, maka kebaya justru dapat membuat penampilan kamu justru menjadi buruk.

Nah buat kamu yang dalam waktu dekat ini akan diwisuda, berikut beberapa tips dalam memilih kebaya yang tepat yang bisa kamu jadikan acuan dalam memilih kebaya.

Tips Memilih Kebaya Wisuda

1. Pilih kebaya sesuai bentuk tubuh

Guys dalam memilih kebaya, ternyata nggak boleh pakai asal muat seperti kita menggunakan t-shirt, pasalnya kamu juga harus memperhatikan bentuk tubuhmu.

Tubuh berisi

Buat kamu yang memiliki tubuh berisi, ada baiknya kamu memilih kebaya model V-neck yang akan membuatmu tampil lebih jenjang dan mempesona. Selain itu pilihlah kebaya yang tak terlalu banyak mengandung motif, manik-manik atau payet.

Tubuh lurus/persegi panjang

Untuk bentuk tubuh lurus atau persegi panjang, ada baiknya kamu memilih kebaya dengan siluet di pinggang serta pinggul yang akan membuat s-linemu terbentuk dan bentuk tubuhmu menjadi lebih proporsional. Berikan aksen ikat pinggang atau obi untuk memperjelas potongan pinggang

Ukuran dada plus size

Buat kamu yang berdada besar, nggak usah malu menggunakan kebaya karena takut dicap tidak sopan. Pasalnya kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan kebaya tertutup hingga keleher. Hindari kebaya yang ketat dan terlalu banyak mengandung motif

Tubuh mungil

Untuk kamu yang bertubuh mungil, jangan hanya fokus dengan high heels agar terlihat lebih tinggi. Kamu juga bisa mendapatkan ilusi lebih tinggi dengan menggunakan kebaya yang tepat. Pilihlah model kebaya yang mengekspos bagian pundak atau yang berpotongan serong di bagian bawah, sebab model tersebut dapat menciptakan ilusi tubuh lebih tinggi. Kamu juga bisa memilih model kebaya dengan bagian belakang lebih panjang. Hindari kebaya dengan detail leher yang penuh agar tubuhmu tidak terkesan tenggelam.

Tubuh kurus

Buat kamu yang bertubuh kurus, pilihlah kebaya yang pas dibadan. Tidak terlalu ketat dan juga tidak terlalu kebesaran. Namun pastikan detail kebayanya harus jelas, terutama di bagian pundak, pinggul sampai kaki.

2. Pilih warna kebaya sesuai warna kulit

Selain kebaya yang cocok untuk bentuk tubuh, kamu juga harus memperhatikan pemilihan warna dalam menggunakan kebaya wisuda. Buat kamu yang berkulit hitam, maka akan cocok dengan kebaya merah marun, biru tua, cream atau putih tulang.

Untuk kulit coklat, akan cocok dengan kebaya putih tulang, kuning pastel atau biru pastel.

Kamu yang berkulit putih, cocok dengan segala macam warna pastel, hitam, coklat, merah marun atau oranye

Sedangkan kulit kuning langsat akan cocok dengan warna pink pastel, hitam, merah marun dan pink tua.

3. Pilih bahan kebaya yang nyaman digunakan

Mengingat dalam acara wisuda, ada banyak prosesi yang harus diikuti dan dapat memakan waktu berjam-jam, maka pilihlah kebaya yang nyaman digunakan. Pilihlah bahan kebaya yang halus. Bahan yang halus tidak akan menimbulkan rasa gatal dan justru malah menambah kesan anggun pada tampilanmu. Bahan chiffon dan katun Jepang adalah beberapa nama bahan dengan tekstur yang halus.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kebaya brokat, tidak hanya cantik dan mewah, brokat juga memiliki variasi harga yang terjangkau dan juga ekonomis. Dalam menggunakan brokat, pastikan kamu menggunakan inner kebaya. Pilihlah inner atu furing yang lembut, tidak panas dan licin serta dapat menyerap keringat.

4. Pilih tipe atau model kebaya yang sesuai

Ada beberapa tipe kebaya, mulai dari kebaya tradisional, kebaya muslim dan kebaya modern. Jika kamu berhijab, maka kamu dapat menggunakan tipe kebaya muslim. Namun jika kamu ingin memberikan sentuhan adat momen wisuda, maka cobalah menggunakan tipe kebaya tradisional. Selain simple, kebaya tipe ini dapat membuat penampilan kamu terlihat semakin elegan.

5. Perhatikan opsi bawahan yang akan dikenakan

Kebaya akan sangat cantik jika dipadukan dengan bawahan kain. Kamu bisa memilih jenis kain lilit untuk paduan kebaya modern. Selain praktis, kain lilit punya banyak motif dan warna sehingga mudah menyesuaikan. Kenakan saja kain lilit yang dibentuk dengan model span atau mengecil ke bawah agar tubuh tidak terlihat lebih besar. Selain kain lilit, kamu juga bisa berkreasi dengan memadukan bawahan panjang lainnya, yang lebih modern dan simple. Yang penting terlihat serasi dengan kabaya yang kamu kenakan.

6. Perhatikan aksesoris pendukung

Untuk mendukung penampilan sempurnamu, aksesoris juga mengambil peran penting untuk menyempurnakan penampilan kamu di acara wisuda nanti. Aksesoris tersebut bisa berupa bros, wedges atau high heels, tas atau dompet hingga hiasan rambut.

Untuk pemilihan tas atau dompet, kamu bisa mengenakan jenis clutch bag. Jenis tas ini dapat membuat penampilan kamu semakin elegan. Sedangkan untuk pemilihan wedges atau high heels, kamu dapat memilih sesuai dengan warna kulit atau sesuaikan dengan warna kebaya yang kamu kenakan. Disamping itu, kamu juga harus memastikan ketinggian wedges atau high heels yang nyaman kamu gunakan. Jangan sampai saat kamu salaman dengan rektor, kamu jadi kesleo karena heels yang terlalu tinggi.

Nah setelah mengetahui beberapa tips jitu dalam memilih kebaya, berikut Blog Unik bagikan kepada kalian calon wisudawati, beberapa ide style kebaya yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam berbusana saat acara wisuda nanti. Kira-kira seperti apa? Check it out guys!

Inspirasi Style Kebaya Untuk Wisuda

1. Padukan kebaya Bali berwarna pink dengan rok span dan permanis dengan obi

Inspirasi Style Kebaya Untuk Wisuda

photo via spiceee.net

Inspirasi kebaya untuk style wisuda pertama adalah dengan memanfaatkan perpaduan kebaya Bali berwarna pink pastel yang lengkap dengan obi atau ikat pinggang ataupun selendang yang dipadukan dengan rok span berwarna dominan hitam. Perpaduan pink dan hitam akan membuat tampil minimalis namun terlihat elegan. Berikan setuhan belah samping pada rok span kalian agar terlihat lebih modern dan kekinian. Sempurnakan penampilan dengan sentuhan bros pada obi dan pump heels yang akan membuat kaki terlihat lebih jenjang.

2. Setelan kebaya panjang serba hitamInspirasi Style Kebaya Untuk Wisuda

photo via instagram.com/alikaislamadina

Buat kamu yang kebingungan memadukan warna yang tepat, maka jalan amannya kamu bisa menggunakan kebaya berwarna hitam. Hitam adalah salah satu warna yang cocok digunakan untuk semua warna kulit dan juga bentuk tubuh. Bahkan bentuk tubuh berisi dapat terlihat lebih slim dengan efek ilusi yang diberikan oleh outfit berwarna hitam. Nah untuk kebaya wisuda, kamu yang memiliki bentuk tubuh pear, maka akan sangat cocok menggunakan kebaya panjang. Kebaya yang memiliki panjang hingga ke paha dapat menutupi pinggulmu yang lebar.  Kamu bisa merancang kebaya hitam panjang berbahan tule yang diberikan aksen brokat pada sisi-sisinya. Kebaya ini sangat pas saat dipadukan dengan korset hitam yang akan membentuk pinggangmu lebih sempurna. Padukan  dengan kain hitam bercorak emas maka penampilan kamu akan menawan dan elegan.

3. Serpa pink dengan kebaya ruffle dan rok plisket

Inspirasi Style Kebaya Untuk Wisuda

photo via instagram.com/nida_fahriyyah

Buat kamu yang berhijab, kamu bisa mencoba gaya yang lebih girly dengan menggunakan setelan kebaya berwarna pink. Tidak hanya ini, kamu juga dapat merancang kebayamu menjadi kebaya ruffle lengkap dengan ikatan pita di pinggang. Padukan dengan jilbab polos berwarna pink, dan rok lipat yang memiliki corak pink yang sama. Bila kamu tidak terbiasa menggunakan heels, kamu bisa menggunakan wedges berwarna netral agar penampilan menjadi lebih menawan di saat wisuda nanti.

4. Kebaya hijab dengan rok lilit

Inspirasi Style Kebaya Untuk Wisuda

photo via instagram.com/dwihandaanda

Memang tak ada yang mengalahkan pesona kebaya yang dipadukan dengan rok lilit. Kamupun dapat tampil lebih memukau dengan memadukan kebaya hijabmu dengan rok lilit. Pilihlah kebaya hijab berwarna soft pink dan padukan dengan rok lilit berwarna coklat. Kamu bisa bebas merancang kebaya hijabmu dengan bahan-bahan yang nyaman dan model yang tepat untuk bentuk tubuh kamu. Buat kamu yang memiliki bentuk tubuh pesegi panjang atau lurus, maka kamu bisa menambahkan aksen ikat pinggang pita pada kebayamu agar bentuk tubuhmu terlihat lebih proporsional.

5. Kebaya brokat pendek untuk kamu yang berhijab

Inspirasi Style Kebaya Untuk Wisuda

photo via instagram.com/dathialz

Pakai kebaya bergaya modern tidak harus ribet. Kamu bisa mengenakan model kebaya brokat pendek untuk menghadiri wisuda. Buat kamu yang berhijab, pastikan kebayamu berlengan panjang, dan gunakan manset hijab sebelum menggunakan kebaya tersebut. Kamu juga bisa menambahkan aksen serut pada pinggangmu agar terlihat lebih terbentuk. Padukan dengan hijab dan rok plisket dengan warna senada.

6. Tampil seksi dengan kebaya off shoulder merah

Inspirasi Style Kebaya Untuk Wisuda

photo via instagram.com/inijedar

Buat kamu yang ingin mencuri perhatian dengan penampilan yang seksi dan mempesona, maka kamu bisa memilih kebaya brokat berwarna merah. Rancanglah kebayamu agar memiliki model off shoulder yang pas atau menjurus ketat di badan. Hal ini akan membuat bentuk tubuhmu dapat terlihat sempurna. Padukan dengan kain lilit bermotif batik dengan tambahan aksen brokat merah pada bawahnya. Busana kebaya ini akan sangat cocok buat kamu yang memiliki bentuk tubuh jam pasir.

7. Tampil cute dengan mix n match kebaya wisuda berwarna pastel

Inspirasi Style Kebaya Untuk Wisuda

photo via instagram.com/mettamei

Selain brokat kamu juga bisa memilih kebaya berbahan satin guys. Pilihlah kebaya satin berwarna biru dengan sentuhan bordiran bunga di beberapa sisinya. Padukan dengan hijab polos berwarna pink yang membuat penampilan kamu jadi lebih ceria. Setelah itu padukan dengan rok span bercorak batik. Buat kamu yang memiliki tubuh mungil bisa mengakalinya dengan high heels berwarna netral.

8. Tampil anggun dengan kebaya berokat pendek dan rok span yang menjuntai ke lantai

Inspirasi Style Kebaya Untuk Wisuda

photo via instagram.com/linandaaninditha

Untuk tampil memukau di acara wisuda, nggak selamanya kamu harus fokus pada kebaya atau atasan yang kamu gunakan. Coba deh beri perhatian lebih pada bahawan yang kamu gunakan. Cukup gunakan kebaya brokat pendek dan padukan dengan rok span panjang yang menjuntai hingga ke lantai. Dengan begitu penampilan kamu bisa lebih menawan dan terlihat seksi. Sempurnakan dengan bros di bagian tengah dada sehingga penampilan menjadi lebih elegan.

9. Tampil simple namun classy dengan kebaya brokat lengan pendek dan kain songket berwarna pink

Inspirasi Style Kebaya Untuk Wisuda

photo via instagram.com/igayik

Perpaduan warna hijau tosca dan pink memang dapat membuat penggunanya terlihat lebih cerah dan fresh. Nah kamupun dapat mengaplikasikan kedua warna tersebut pada setelan kebaya yang akan kamu gunakan untuk wisuda. Rancanglah kebaya wisudamu dengan model kebaya brokat pendek dan juga berlengan pendek. Pilih warna hijau tosca yang akan membuat penampilan kamu menjadi lebih fresh. Padukan dengan kain songket berwarna pink sehingga penampilan menjadi lebih eye catching. Selain itu kamu juga bisa menambahkan aksesoris seperti bros dan obi atau ikat pinggang sehingga pinggangmu terlihat lebih terbentuk.

10. Tampil tradisional dengan kebaya ala Bali

Inspirasi Style Kebaya Untuk Wisuda

photo via instagram.com/nandaadeliap

Buat kamu yang tertarik mencoba gaya busana kebaya Bali untuk style kebaya wisuda nanti, maka pilihlah kebaya brokat guys. Untuk style wisuda kamu bisa menggunakan kebaya model pendek agar terlihat lebih modern. Padukan dengan kain lilit dengan warna yang serupa ataupun sesuai dengan warna kebaya kamu. Pastikan kamu menambahkan obi ataupun selendang di bagian pinggang, karena hal itulah yang menjadi ciri khas kebaya Bali. Buat yang ingin tampil lebih glamor, kamu bisa menambahkan aksesoris berupa bros dan sandal dengan hak yang tidak terlalu tinggi.

11. Tampil moderm dengan kebaya cape dan batik

Inspirasi Style Kebaya Untuk Wisuda

photo via instagram.com/adella_kebaya

Model kebaya nggak selalu harus model kartini, ataupun kutubaru, cobalah keluar dari zona aman dengan menggunakan kebaya brokat dengan model cape. Padukan dengan setelan kemben batik dan rok mermaid batik yang serupa. Dengan ini penampilan kamu akan sangat memukau tanpa perlu aksesoris tambahan lagi.

12. Tampil glamor dengan kebaya brokat merah kerah sabrina dan rok panjang belah samping

Inspirasi Style Kebaya Untuk Wisuda

photo via instagram.com/adella_kebaya

Busana merah memang dapat membuat siapapun menjadi pusat perhatian. Bergitupun dengan dirimu. Maksimalkan penampilan kamu dengan style kebaya yang menawan untuk acara wisuda nanti. Salah satunya dengan menggunakan setelah kebaya berwarna merah. Rancanglah kebaya brokat berwarna merah dengan model kerah sabrina dan berlengan pendek. Selanjutnya padukan dengan rok belah samping yang memiliki panjang hingga menjuntai ke lantai. Dengan ini, bukan hanya atasanmu saja yang akan menjadi perhatian orang-orang namun dari ujung rambut hingga ujung kaki penampilan kamu akan mencuri perhatian orang-orang.

13. Tampil feminim dengan kebaya bell slevee dan rok span belah tengah

Inspirasi Style Kebaya Untuk Wisuda

photo via instagram.com/rumahh_kebaya

Atasan bell sleeve memang bisa dikenakan untuk berbagai momen. Dari tampilan kasual, semi-formal, hingga tampilan formal saat wisuda pun bisa kamu gunakan sebagai pilihan utama. Pada inspirasi ini, model baju kebaya modern ini dihadirkan dengan material brokat hitam yang tampak elegan, namun uniknya pada bagian lengan dirancang melebar layaknya model bell sleeve yang menjadikan penampilan kamu semakin modern. Padukan dengan rok  span hitam bercorak emas, dengan detail belah tengah yang akan membuat kamu tampak lebih seksi. Sempurnakan penampilan dengan obi dan bros berwarna emas. Agar penampilan kaki menjadi lebih jenjang, kamu bisa menggunakan wedges maupun high heels.

14. Tampil dengan kebaya tulle panjang dengan model wedding dress

Inspirasi Style Kebaya Untuk Wisuda

photo via wolipop.detik.com

Biar lain daripada yang lain, kamu juga bisa merancang kebaya wisuda kamu seperti kebaya rancangan para desainer terkenal lho. Salah satunya dengan merancang kebaya tulle dengan model seperti gaun pengantin satu ini. Dari atas kebaya berwarna putih satu ini terlihat seperti kebaya shanghai biasa namun di bagian bawah dibuat seperti model gaun pengantin. Apalagi di bagian pinggang dihiasi dengan aksen pita. Kebaya satu ini terlihat unik saat dipadukan dengan kain lilit bercorak batik. Buat kamu yang ingin terlihat cantik dan anggun, bisa mencoba style kebaya satu ini untuk acara wisuda nanti.

15. Tampil simple dengan kebaya tunik kuning berpadu kain lilit batik

Inspirasi Style Kebaya Untuk Wisuda

photo via yearofcleanwate

Buat kamu yang nggak suka tampil ribet, kamu bisa mencoba menggunakan kebaya brokat model tunik yang dihiasi dengan bros di bagian kerah. Cukup padukan dengan kain lilit bercorak batik, maka penampilan kamu akan effortless beauty. Untuk alas kaki, kamu bisa menggunakan high heels maupun pum heels yang akan membuat penampilan lebih menawan.

16. Tampil anggun dengan kebaya brokat panjang dan celana panjang hitam brokat

Inspirasi Style Kebaya Untuk Wisuda

photo via baomoi.com

Nggak melulu kebaya harus dipadukan dengan bahawan rok atau kain lilit. Kamu juga bisa memadukannya dengan celana panjang lho. Untuk mendapatkan kenyamanan dan juga dapat tampil memikat dalam acara wisuda, kamu bisa memilih menggunakan jenis kebaya brokat dengan model panjang hingga ke betis. Pilihlah jenis brokat yang halus dan ringan sehingga jatuhnya lebih bagus. Padukan dengan celana panjang berwarna hitam, dan memiliki detal brokat pada bawahnya. Dengan ini penampilan kamu akan terlihat classy dan menawan.

17. Tampil chic dengan kebaya organza dan rok mermaid

Inspirasi Style Kebaya Untuk Wisuda

photo via instagram.com/dianrizkita

Sekali-sekali coba tinggalkan bahan brokat yang sudah terlalu biasa untuk dibuat menjadi sebuah kebaya. Bahan organza pun akan lebih nyaman dan nggak kalah menawan dijadikan sebuah kebaya. Pilihlah kebaya bahan organza yang polos dengan warna pastel dan padukan dengan hijab polos berwarna soft brown. Lengkapi kebaya bahan organza tersebut dengan sebuah tali ikat untuk menonjolkan lekuk tubuhmu. Kemudian padukan dengan rok mermaid bercorak batik atau yang lainnya, sehingga penampilan menjadi lebih feminin. Jangan lupa untuk menggunakan high heels yang sesuai.

18. Tampil simple dengan kebaya kutubaru dan rok lilit berwarna netral

Inspirasi Style Kebaya Untuk Wisuda

photo via instagram.com/tasyafarasya

Nggak punya cukup waktu untuk mempersiapkan busana untuk wisuda? Tenang guys, kamu masih bisa tampil maksimal dengan menggunakan kebaya kutubaru dan rok lilit lho! Hanya saja pilihlah setelah kebaya yang memiliki garis warna yang serupa. Seperti halnya dengan kebaya kutubaru berwarna netral yang dipadukan dengan rok lilit songket dengan warna beberapa tingkat lebih tua dibandingkan kebaya. Tambahkan sebuah tali ikat untuk menonjolkan lekuk tubuhmu. Jangan lupa untuk menggunakan pump shoes dengan warna senada agar penampilan kamu terlihat minimalis namun elegan.

19. Tampil ayu dengan kebaya kertini panjang yang dipadukan dengan kain lilit batik

Inspirasi Style Kebaya Untuk Wisuda

photo via instagram.com/ameliaelle

Kebaya model kartini memang tidak ada matinya. Kamupun dapat menjadikan kebaya model kartini sebagai pilihan utama untuk style wisuda kamu. Pilihlah kebaya kartini berwarna peach dengan potongan panjang hingga menyerupai tunik.  Padukan dengan hijab polos berwarna hitam dan juga kain lilit bermotif batik. Tak ada yang lebih sempurna dari menggunakan ankle strap heels berwarna hitam agar kakimu terlihat lebih indah. Dengan begitu style wisuda kamu akan menjadi lebih elegan dan ayu.

20. Tampil anggun dengan kebaya mermaid dress

Inspirasi Style Kebaya Untuk Wisuda

photo via instagram.com/inspirasi_kebaya

Satu lagi guys, ide style kebaya yang bisa kamu tiru untuk tampil lebih memukau di acara wisuda adalah dengan menggunakan kebaya model dress yang modern. Kesan feminin dan anggun akan kamu dapatkan dengan menggunakan kebaya modern berbentuk mermaid dress satu ini. Bukan hanya itu, kamupun dapat memilih warna seperti dusty pink ataupun warna pastel lainnya untuk mendapatkan kesan yang feminin. Selain itu, kamu pun mempermanis kebayamu dengan menambahkan berbagai payet sehingga kebaya dressmu terlihat cantik dan memberikan kesan feminin pada tampilannya.

Nah itu dia beberapa ide style kebaya wisuda kekinian yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam merancang kebaya wisuda sesuai keinginanmu. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *