Museum-museum Terunik di Dunia

3 minggu lalu, by blogunik

Museum-museum Terunik di Dunia - Museum Dessert

Museum adalah tempat benda-benda sejarah atau peninggalan-peninggalan di zaman dahulu hingga sekarang yang dikumpulkan dan disimpan dalam satu tempat. Museum ini banyak dikunjungi orang-orang untuk mengenal hal-hal yang tidak kita ketahui sambil menambah ilmu. Namun apa jadinya jika museum-museum tersebut memamerkan sesuatu yang unik dan hampir tidak pernah kita pikirkan? Nah berikut ini ada beberapa museum-museum di dunia yang memamerkan sesuatu yang unik

1. Museum Dessert – Filipna

Museum-museum Terunik di Dunia - Museum Dessert, Filipna

Photo via forbes.com

Museum-museum Terunik di Dunia - Museum Dessert

Photo via klook.com

Buat kamu yang menyukai dessert kamu bisa datang ke museum satu ini yaitu Museum Dessert. Museum ini buka setiap hari mulai dari pukul 10.00 hingga 22.00. Untuk harga tiketnya sendiri yaitu sekitar Rp 144,547 untuk pembelian online. Harga tersebut sudah termasuk tur keliling museum selama 2 jam dan mencicipi 5-6 dessert. Dimana dessertnya dimulai dari cokelat artisan hingga cake pops.

Sebelum memasuki musemnya kita akan diberikan gelang yang dapat dipindai untuk ditukarkan dengan dessert di dalam. Di dalam terdapat 8 kamar yang memiliki nuansa yang berbeda-beda, ada ruang donat, mashmallow, naughty or nice room, ice cream, gumball, gummy bears, cotton candy dan cake pops. Dijamin kamu tidak akan menyesal datang kesini, selain itu tempatnya juga sangat cocok untuk berfoto-foto ria.

Alamat : Seaside Boulevard, Coral Way, Pasay, 1300, Filipina

2. Cup Noodles Museum – Jepang

Museum-museum Terunik di Dunia - Cup Noodles Museum, Jepang

Photo via cupnoodles-museum.jp

Museum-museum Terunik di Dunia - Cup Noodles Museum

Photo via twitter.com/nippon_en

Cup Noodles Museum adalah museum yang dibangun pada tahun 1999 di kota Ikeda, Osaka. Museum ini adalah museum edukasi berbasis interaktif yang menjelaskan tentang sejarah penemuan dan perkembangan ramen instan. Di museum ini, kamu bisa melihat replika tempat dimana sang pendiri Nissin Foods, Momofuku Ando membuat chikin ramen. Selain itu, kamu juga bisa melihat bagaimana ramen instan dan Cup Noodles berkembang dari waktu ke waktu.

Menariknya lagi disini kamu bisa meracik sendiri mi cup favoritmu, kamu bisa membuatnya di My Cup Noodles Factory. Disini kamu bebas berkreasi dengan Cup Noodles pilihanmu, setelah kamu mendesain tempatnya kamu bisa memilih rasa kaldu yang kamu inginkan. Disini terdapat 4 pilihan rasa yaitu kecap asin, kari, seafood dan tomat pedas. Setelah itu pilihlah topping yang kamu inginkan, disini terdapat 12 topping dan kamu hanya bisa memilih 4 topping saja. Harga dari secup mie ini sekitar 300 yen dan dengan biaya tersebut sudah mencakup seluruh proses, bahan dan kegiatan.

Alamat : 8-25 Masumicho, Ikeda, Osaka 563-0041, Jepang

3. Lunch Box Museum – Amerika Serikat

Museum-museum Terunik di Dunia - Lunch Box Museum, Amerika Serikat

Photo via myhouseiscuterthanyours.blogspot.com

Museum-museum Terunik di Dunia - Lunch Box Museum

Photo via museumofwonder.com

Lunch Box Museum adalah salah satu museum terunik di dunia, dimana museum ini memiliki koleksi kotak bekal dan katanya disini tersimpan koleksi kotak bekal terbesar di dunia. Museum ini dimiliki oleh Allen Woodall, ia membuka museum ini pada tahun 1990-an setelah diwarisi beberapa buah kotak logam dari kawannya yang meninggal dunia. Berdirinya musem ini merupakan janjinya kepada mendiang.

Disini tidak sembarangan kotak bekal di simpan, melainkan kotak logam yang sempat populer pada tahun 1920 hingga 1970. Kotak bekal ini dihiasi dengan berbagai karakter yang disukai anak-anak pada masa itu. Disini terdapat kotak makan bergambar Mickey Mouse, Spider Man, Superman, Snoopy, Smurf dan lainnya.

Alamat : 3218 Hamilton Rd, Columbus, GA 31904, Amerika Serikat

4. The Lingerie Museum – California

Museum-museum Terunik di Dunia - The Lingerie Museum, California

Photo via .suara.com

The Lingerie Museum adalah museum terunik berikutnya yang berada di California. Di museum ini terdapat koleksi barang-barang selebriti dari film-film yang berkesan untuk dijadikan Celebrity Lingerie Hall of Fame Museum di California. Disini terdapat berbagai pakaian selebritis usang dari film dan acara televisi dipajang, salah satunya yang paling menonjol adalah celana boxer yang digunakan oleh Tom Hanks di Forrest Gump.

Alamat : 6608 Hollywood Blvd, Los Angeles, CA 90028-6208

5. Mr. Toilet Museum – Korea Selatan

Museum-museum Terunik di Dunia - Mr. Toilet Museum Korea Selatan

Photo via savoringsimple.com

Museum ini tergolong unik karena museum ini berbentuk toilet yang berukuran raksasa, musem ini bernama Mr. Toilet Museum. Museum toilet ini berlokasi di kota Suwon dan museum ini didirikan oleh mantan Walikota Suwon bernama Sim Jae Duck. Museum ini terdiri dari dua laintai, museum ini menampilkan aneka jenis toilet dan pentingnya kebersihan dalam sebuah masyarakat. Tak hanya itu saja, disini juga terdapat berbagai karya seni bertema toilet. Museum ini buka setiap hari kecuali Senin dari pukul 10.00 hingga 18.00 dan museum ini tidak dipungut biaya.

Alamat : 463 Imok-dong, Jangan-gu, Suwon, Gyeonggi-do, Korea Selatan

6. Cancun Underwater Museum – Meksiko

Museum-museum Terunik di Dunia - Cancun Underwater Museum, Meksiko

Photo via dresstyle.me

Museum-museum Terunik di Dunia - Cancun Underwater Museum

Photo via mostbeautifulspots.com

Cancun Underwater Museum adalah museum bawah laut yang berada di laut Isla Mujeres, Meksiko. Di museum ini terdapat kurang lebih 400 patung di dalamnya. Patung-patung ini bercerita tentang kehidupan sehari-hari di dunia. Koleksinya yang ikonik adalah The Gardener of Hope dan Dream Collector. Patung The Gardener of Hope ini menceritakan tentang seorang gadis yang tergeletak di teras taman dengan dikelilingi oleh terumbu karang yang cantik.

Sedangkan Dream Collector adalah patung yang dihiasi oleh puluhan botol yang berisi pesan-pesan yang dikirim traveler dari berbagai belahan dunia. Buat kalian yang ingin mengunjunginya disini terdapat dua opsi yaitu menggunakan glass bottom boat atau kapal berlantai kaca dan diving.

Alamat : Cerrada Las Golondrinas, Alfredo V. Bonfil # 24, 77560 Cancún, Q.R., Meksiko

7. Royal Mummy Room – Mesir

Museum-museum Terunik di Dunia - Royal Mummy Room, Mesir

Photo via news.cgtn.com

Royal Mummy Room adalah museum yang berada di Mesir dimana museum ini rumah bagi koleksi anting bangsa Mesir Kuno dan memiliki 120.000 koleksi. Museum ini terdiri dari dua lantai yaitu lantai dasar dan lantai pertama. Di lantai dasar terdapat koleksi papirus yang digunakan dalam dunia kuno, terdapat berbagai potongan papirus umumnya fragmen kecil karena pembusukan mereka selama dua ribu tahun terakhir. Koin-koin yang ditemui di lantai dasar terbuat dari bermacam-macam logam berbeda termasuk emas, perak dan perunggu.

Di lantai dasar ada artefak dari kerajaan baru, artefak ini umumnya lebih besar dari koleksi abad sebelumnya. Barang-barang tersebut termasuk patung, meja dan peti mati (sarkofagus). Di lantai pertama ada artefak dari dua dinasti terakhir Mesir termasuk barang dari makam para Firaun Thutmosis III, Thutmosis IV, Amenophis II, Hatshepsut dan punggawa Maiherpri serta banyak artefak dari Lembah Para Raja.

Alamat : Ismailia, Qasr El Nil, Cairo Governorate, Mesir

8. Museum Medis Siriraj – Thailand

Museum-museum Terunik di Dunia - Museum Medis Siriraj, Thailand

Photo via theculturetrip.com

Museum Medis Siriraj adalah salah satu museum yang menakutkan di dunia, museum ini berada di Thailand yang dikenal memiliki barang-barang unik. Museum ini terbuka untuk unmum dan menjadi sumber yang bermanfaat untuk profesional medis dan mahasiswa. Museum ini terdiri dari lima museum kecil yaitu Ellis the Pathological Musem, Museum Anatomis Congdon, Museum dan Laboratorium dan Musem kedokteran forensik songkran niyomsane. Museum ini menyimpan sejumlah jenazah yang sudah diawetkan.

Diantaranya yang paling menakutkan adalah jenazah beberapa bayi yang meninggal karena komplikasi dalam kandungan, korban pembunuhan organ dalam yang rusaj karena tusukan atau bagian tubuh yang dimutilasi. Tak hanya itu saja, terdapat juga jenazah para pelaku kejahatan yang sudah diawetkan. Di museum ini ada koleksi yang sering dikunjungi yaitu jasad Si Quey, pembunuh berantai yang kasusnya sempat menghebohkan Thailand. Dia telah membunuh anak-anak kecil dan memakan dagingnya, setelah dieksekusi jasad kriminal sadis ini lantas dijadikan mumi dan dipajang di museum.

Alamat : Thailand, Bangkok, Thanon Wang Lang

9. Avanos Hair Museum – Turki

Museum-museum Terunik di Dunia - Avanos Hair Museum, Turki

Photo via holidify.com

Avanos Hair Museum adalah museum rambut dimana disini terdapat rambut wanita dari segala penjuru dunia. Rambut tersebut ditempelkan di sepanjang sisi ruangan dari dinding hingga atapnya. Setiap potongan rambut disini dilengkapi dengan kertas yang bertuliskan nama, alamat hingga foto pemiliknya. Hal ini semula berawal dari kisah sedih yang dialami pendiri Avanos Hair Museum yaitu Galip Körükçü.

Pada saat itu, Galip mendapatkan seutas rambut tanda perpisahan dari kekasihnya yang pindah ke kota lain. Pada waktu itu, Galip yang berprofesi sebagai pengerajin gerabah kerap membagikan kisah sedihnya pada setiap pengunjung yang mendatangi studionya. Uniknya setiap wanita yang mendengarkan kisah kehilangan Galip dengan sukarela menyerahkan potongan rambutnya dan bersimpati dengan kehilangan yang dialami Galip.

Alamat : Yukarı, No: 24, 110. Sk., 50500 Avanos/Nevşehir, Turki

10. The Torture Museum – Amsterdam

Museum-museum Terunik di Dunia - The Torture Museum, Amsterdam

Photo via torturemuseum.net

Museum Medieval Instrument adalah salah satu museum terunik sekaligus terseram, koridor gelap akan menyambut di balik pintu dan diikuti dengan ruang-ruang kecil temaram yang memajang alat-alat penyiksaan dan gambaran eksekusi mati menyeramkan pada masa lalu. Disini terdapat 40 alat eksekusi yang dipamerkan lengkap dengan ilustrasi penggunaannya dan informasi latar belakang sejarah dalam delapan bahasa.

Tak seperti musem pada umumnya, museum ini memiliki tempat yang kecil dan jumlah objek yang dipamerkan terbatas sehingga waktu kunjungan relatif singkat. Selain itu, pencahayaan yang buruk di dalam musem mengaburkan kondisi sejumlah alat yang berkarat.

Alamat : Singel 449, 1012 WP Amsterdam, Belanda

11. Museum Kunstkamera – Rusia

Museum-museum Terunik di Dunia - Museum Kunstkamera, Rusia

Photo via news.ifmo.ru

Museum Kunstkamera adalah museum pertama di Rusia, dimana didirikan oleh Peter the Great dan selesai pada tahun 1727. Museum ini memiliki koleksi yang berupa makhluk hidup dengan fisik yang tak biasa, salah satunya adalah koleksi janin yang cacat dan disimpan disebuah botol kaca bening. Selain itu, museum ini juga menyimpan berbagai alat penyiksaan yang keji seperti kursi hukuman yang penuh paku dan bor kepala. Mengerikannya lagi, museum ini memiliki koleksi kepala manusia yang dipenggal dan diawetkan ke dalam air cuka.

Alamat : University Embankment, 3, St Petersburg, Rusia, 199034

12. International Spy Museum – Amerika Serikat

Museum-museum Terunik di Dunia - International Spy Museum, Amerika Serikat

Photo via wamu.org

Museum-museum Terunik di Dunia - International Spy Museum

Photo via washingtonian.com

International Spy Museum adalah museum nirlaba swasta yang didedikasikan untuk perdagangan, sejarah dan peran spionase kontemporer, menampilkan koleksi artefak spuonase internasional terbesar yang saat ini dipajang di depan umum. Disini terdapat ratusan barang spionase real dan fiktif, mobil, senjata rahasia dan kisah-kisah keberanian besar semuanya tersembunyi di dalam museum.

Alamat : 700 L’Enfant Plaza SW, Washington, DC 20024, Amerika Serikat

13. Barbed Wire Museum – Amerika Serikat

Museum-museum Terunik di Dunia - Barbed Wire Museum, Amerika Serikat

Photo via travelwithbubba.com

Museum-museum Terunik di Dunia - Barbed Wire Museum

Photo via travelwithbubba.com

Barbed Wire Museum adalah museum unik yang berada di Amerika Serikat dimana museum ini berisi kawat berduri. Museum ini terletak di La Crosse, Kansas, Amerika Serikat yang dikenal sebagai ibukota kawat berduri dunia. Musem ini berfokus pada kawat berduri dan sejarahnya, disini menampilkan lebih dari 2.000 bentuk kawat yang berbeda dan sejarahnya.

Alamat : 120 1st St, La Crosse, KS 67548, Amerika Serikat

14. Museum Plastinarium – Jerman

Museum-museum Terunik di Dunia - Museum Plastinarium, Jerman

Photo via controversialtourismdestinations.wordpress.com

Museum-museum Terunik di Dunia - Museum Plastinarium

Photo via gazetalubuska.pl

Museum Plastinarium adalah museum yang terletak di Jerman dimana musem ini memamerkan tubuh manusia beserta organ-organnya. Museum ini memiliki semua jenis tubuh manusia dan bagiannya, selain itu hewan yang diawetkan dengan hati-hati juga ada disini.

Alamat : Uferstraße 26, 03172 Guben, Jerman

15. Museum of Vampires – Prancis

Museum-museum Terunik di Dunia - Museum of Vampires, Prancis

Photo via travelandleisure.com

Museum of Vampires adalah museum vampir yang berada di Les Lillas, Paris. Museum ini dibuat seperti kebun yang tampak seperti pemakaman. Selain itu, di museum ini juga terdapat berbagai teks kuno hingga relik misterius terkait vampir dan makhluk legenda yang dikoleksi oleh Jacques. Konon pada abad pertengan, Prancis menjadi tempat pemburuan penyihir hingga tempat praktek ritual vampir.

Peninggalan dan kisahnya pun masih dapat dilihat hingga kini di museum. Di museum ini juga terdapat alat pembunuh vampir hingga mainan drakula. Buat kamu yang ingin berkunjung, harus membuat reservasi terlebih dahulu dan per orang harus membayar biaya tur sekitar 8 euro.

Alamat : 14 Rue Jules David, 93260 Les Lilas, Prancis

16. Museum of Broken Relationship – Kroasia

Museum-museum Terunik di Dunia - Museum of Broken Relationship, Kroasia

Photo via goseewrite.com

Museum-museum Terunik di Dunia - Museum of Broken Relationship

Photo via oddviser.com

Museum of Broken Relationship adalah museum unik yang ada di Kroasia, dimana museum ini bertema unik yang akan membuat para pengunjungnya emosional. Mulai dari cinta, kepedihan, drama, ironi, humor dan rekonsiliasi yang di lalui saat patah hati. Disini terdapat sekitar 115 artefak yang semuanya berhubungan dengan proses putus cinta.

Di museum ini juga terdapat gaun pengantin, perhiasan, pakaian dalam, kue kering, buku hingga kapak yang digunakan untuk menghancurkan furnitur milik mantan kekasih. Artefak-artefak ini adalah sumbangan dari para pejuang cinta di seluruh dunia. Tak hanya itu saja, disini juga terdapat tempat duduk khusus bagi orang yang patah hati agar ia dapat merenungkan perjalanan cintanya.

Alamat : Ćirilometodska ul. 2, 10000, Zagreb, Kroasia

Itulah museum-museum terunik yang ada di dunia, bagaimana apa kamu tertarik mengunjunginya? Meskipun museum diatas tergolong unik namun tetap museum-museum diatas bertujuan untuk menambah wawasan kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *