Penting!! Ciri-ciri Dan Penyebab Mandul Pada Wanita Dan Laki-laki

    Kesehatan, Info

Cepat memiliki momongan tentunya idaman semua orang yang sudah menikah. Apalagi yang baru menikah dan belum juga mempunyai keturunan. Untuk bisa hamil tentu saja susah-susah gampang tergantung dari kondisi masing-masing individu dan pasangannya.Namun bagi pasangan yang memiliki infertilitas/mandul tentu saja beranggapan bahwa hamil itu persoalan yang tidak mudah. Bahkan Infertilitas terkadang menyakitkan bagi suami, istri atau keduanya, karena memang mandul mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan seseorang berserta pasangannya. Berikut ini ciri-ciri dan penyebab mandul pada wanita dan laki-laki :

 

Pengertian Umum Mandul/Infertilitas

Photo via : http://www.vitanet.de

Mandul didefinisikan sebagai kegagalan pasangan atau salah satu pasangan untuk hamil, meskipun sudah mencoba melakukan hubungan seks tanpa kontrasepsi selama beberapa waktu. Dulu wanita sering kali disalahkan atas kondisi mandul, namun sekarang ini mandul laki-laki dan perempuan hampir sama. Mandul dipengaruhi 30% karena faktor pria, 30% faktor wanita dan 40% karena faktor lainnya. Walaupun begitu, tren saat ini tetap lebih fokus pada kesuburan wanita. Namun faktor terbesar tunggal sebab mandul ini adalah tren sosial menunda kehamilan di masa subur. Perempuan sekarang mencoba untuk hamil pada usia yang lebih tua jika dibandingkan dengan masa lampau.

 

Ciri-ciri Wanita Mandul :

Photo via : http://www.abeckfotografia.com.br

Seorang wanita mandul atau tidak bisa hamil biasanya adalah karena adanya masalah pada proses ovulasi. Walaupun tidak bisa melihat sendiri apa yang sebenarnya terjadi dalam tubuh kita, namun beberapa ciri berikut ini akan memberitahukan kepada kita. Berikut ciri-cirinya :

1. Siklus Haid Tidak Lancar atau Bahkan Berhenti Sama Sekali
Siklus menstruasi yang tidak lancar ternyata bisa menjadi pertanda kuat adanya masalah ketidaksuburan pada wanita. Biasanya haid tidak lancar timbul karena adanya masalah pada ovulasi. Jika siklus menstruasi terlalu singkat (kurang dari 21 hari) atau sebaliknya terlalu panjang (lebih dari 35 hari) maka segera konsultasikan dengan dokter.

2. Jumlah Darah Saat Haid Sedikit Saja atau Terlalu Banyak
Saat haid, bila darah keluar selama 3-7 hari itu masih tergolong normal. Namun jika darah yang keluar terlalu sedikit atau sebaliknya terlalu banyak dan intens, maka ini dapat menjadi gejala ketidaksuburan.

3. Endometriosis
Kram yang terjadi saat haid memang tidak selalu mengindikasikan kalau seorang wnaita tidak subur. Namun jika kamu mengalami kram haid yang cukup parah, kesakitan saat berhubungan intim, pendarahan abnormal, sakit pada area dubur atau keluar darah ketika buang air kecil, maka itu bisa merupakan gejala dari endometriosis. Endometriosis bisa menjadi salah satu penyebab mengapa seorang wanita mandul.

4. Terlalu Kurus atau Terlalu Gemuk
Berat badan juga bisa berpengaruh pada tingkat kesuburan seseorang. Badan yang terlalu kurus karena kurang gizi atau terlalu giat berolahraga bisa juga menjadi salah satu pemicu mengapa seorang wanita tak kunjung hamil.

5. Pernah Keguguran Lebih Dari 3 Kali
Walaupun ketidaksuburan biasanya didefinisikan sebagai ketidakmampuan untuk hamil. Namun wanita yang pernah keguguran berulang kali juga bisa mengalami kesulitan bila ingin mempunyai anak lagi.

6. Menderita Penyakit
Gangguan kesehatan seperti diabetes hingga hipotiroidisme dapat menghambat seorang wanita untuk segera memiliki anak. Tak hanya penyakitnya, namun metode pengobatan yang dipakai juga mempengaruhi tingkat kesuburan seseorang. Penyebabnya adalah karena insulin, obat anti-depresi dan hormon tiroid yang dapat menganggu siklus haid.

7. Memiliki Sejarah Kanker Di Masa Lalu
Pengobatan kanker terutama terapi radiasi di dekat organ reproduksi bisa mejadi alasan mengapa seorang wanita susah memiliki keturunan. Ternyata efek obat-obatan tersebut bisa menekan pertumbuhan sel telur dan juga ketidakseimbangan hormon.

8. Pernah Menderita Penyakit Menular Seksual
Penyebab ketidaksuburan lainnya adalah karena penyakit menular seksual, hal ini dikarenakan infeksi dan radang akibat penyakit klamidia dan gonore memblokir saluran tuba falopi. Karena kedua penyakit menular seksual tersebut tidak menunjukkan gejala yang mudah dikenali terutama pada wanita, maka penting bagi kamu untuk memeriksakan diri terkait hal ini.

9. Usia Diatas 35 Tahun
Jika umur seorang wanita sudah memasuki diatas 35 tahun, maka peluang mandul lebih besar daripada sebelumnya. Saat masih berusia 30 tahun, peluang seorang wanita melahirkan masih 20%, namun presentase ini menurun drastis hingga 5% ketika ia menginjak umur 40 tahun. Jika kamu berusia 35 tahun keatas dan tidak juga hamil setelah 6 bulan aktif berhubungan intim, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter.

10. Libido Menurun Drastis
Penyebab wanita mandul selanjutnya yaitu menurunnya libido. Menurunya “gairah” ini bisa terjadi karena stres atau pengobatan tertentu sehingga menyulitkan seorang wanita untuk hamil.

 

Penyebab Mandul Pada Wanita

Photo via : http://barisgurkas.com

Masalah ketidak suburan pada wanita sekarang ini terus meningkat. Hal ini disebabkan karena makanan tidak sehat. Wanita zaman sekarang menjalani kehidupan yang sangat sibuk sehingga mereka melupakan pola makan yang sehat. Jajan diluar tentu saja boleh asal jangan sembarangan. Beikut ini makanan yang dapat menyebabkan wanita infertilitas :

1. Kedelai
Berdasarkan penelitian terlalu banyak mengkonsumsi kedelai dapat menyebabkan pendarahan abnormal pada polip, rahim dan endometriosis.

2. Makanan Manis
Resiko ketidak suburan dapat meningkat dengan makan-makanan yang mengandung gula yang tinggi. Seperti kue beras, donat, bagel, labu, nasi putih dan cornflakes.

3. Produk Kafein
Kopi yang mengandung kafein dapat menyebabkan kemandulan pada wanita jika mengkonsumsi 300gr kopi perhari. Maka dari itu bagi kalian hindari konsumsi kopi atau minuman berkafein secara berlebihan.

4. Daging dan Telur Mentah
Makanan yang tidak dimasak dengan benar, mengandung bakteri yang berbahaya bagi kesuburan wanita seperti bakteri salmonella.

5. Makanan dengan lemak jenuh
Lemak jenuh biasanya ditemukan pada coklat hitam, mentega, keju, minyak dan kelapa. Jadi kamu jangan sering mengkonsumsinya ya.

6. Minuman beralkohol
Alkohol merupakan minuman keras, yang bisa berdampak pada kesehatan salah satunya kemandulan, karena alkohol mengurangi produksi testosteron yang mengakibatkan berkurangnya produksi sperma.

 

Ciri-ciri Laki-laki Mandul :

Photo via : exhalenow.com

Seorang laki-laki mandul biasanya yang paling umum dan penting adalah bagaimana testis membuat dan mengeluarkan sperma, ketidakseimbangan hormon atau penyumbatan pada organ reproduksi laki-laki. Penghalang skema jalannya sperma dari testis ke penis, baik alami atau melalui vasektomi dialami hingga 20% individu yang memiliki masalah mandul. Sekiatr 10% sampai 15% dari infertilitas laki-laki dikarenakan oleh sperma yang kurang lengkap (jumlah sperma yang rendah dan sperma cacat). Berikut ini ciri-ciri laki-laki mandul :

1. Perubahan Gairah Seksual
Perubahan pada tingkat kesuburan pria sering ditentukan oleh kadar hormon. Dimana gangguan keseimbangan hormon bisa menjadi salah satu penyebab rendahnya produksi sperma. Produksi sperma disebut rendah bila dalam 1 mililiter semen terdpat kurang dari 15 juta sperma dan bila dalam 1 ejakulasi terdapat kurang dari 39 juta sperma.

2. Ereksi Bermasalah
Ereksi adalah kondisi penis tegang akibat efek psikologis seputar seks. Masalah dalam kemampuan ereksi bisa menjadi tanda pria mandul. Gangguan ini dapat disebabkan karena masalah psikologis (kecemasan, rasa percaya diri yang rendah) ataupun penyakit lainnya (diabetes mellitus, darah tinggi).

3. Kelainan Testis
Kesehatan testis sangat penting untuk kesuburan pria karena oragan tersebut memproduksi hormon testosteron serta tempat membuat sekaligus menyimpan sperma. Adapun gangguan yang dapat terjadi pada testis adalah kanker, varikokel atau pelebaran pembuluh darah pada testis dan hidrokel atau menumpuknya cairan pada testis. Varikokel dan hidrokel dapat menyebabkan hambatan pada saluran sperma dan dapat menyebabkan matinya sel sperma karena suhu testis yang meningkat.

4. Testis Bengkak atau Terasa Sakit
Beragam infeksi dapat menyebabkan keluhan nyeri dan bengkak pada testis seperti infeksi bakteri E.coli ataupun bakteri penyebab penyakit menular seksual seperti sifilis dan klamidia.

5. Gangguan Ejakulasi
Ejakulasi adalah keluarnya air mani dari penis. Bila pada proses ini terjadi gangguan, seperti sperma tidak dapat didistribusikan dengan lancar saat berhubungan seks, sehingga kemandulan bisa terjadi.

6. Gangguan Fungsi Seksual
Gangguan fungsi seksual ini seperti kesulitan melakukan atau mempertahankan ereksi. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti
: cairan mani yang dikeluarkan terlalu sedikit, bentuk sperma abnormal, penyakit azoospermia yang menyebabkan air mani tidak mengandung sperma. Jumlah sperma tinggi namun tak mampu dilepas sehingga tidak berhasil membuahi sel telur, Retrograde ejaculation yaitu kacaunya aliran sperma dimana setelah dikeluarkan sperma tersebut justru kembali ke kantung kemil sehingga tak sampai memasuki vagina wanita. Hal ini bisa terjadi oleh efek samping obat atau pasca operasi.

7. Jumlah Sperma Yang Dikeluarkan Terlalu Sedikit
Kadar sperma bisa dikatakan rendah jika jumlahnya dibawah normal yaitu kurang dari 15 juta/ml cairan mani atau 39 juta per ejakulasi. Banyak hal yang bisa menyebabkan kadar sperma menurun seperti infeksi testikel, varikokel, antobodi yang menyerang sperma, tumor, ketidakseimbangan hormon, cacat bawaan, penyakit celiac, pengobatan tertentu dan dampak dari operasi.

8. Terjadi Perubahan Pertumbuhan Rambut
Pertumbuhan rambut pada pria termasuk rambut pada bagian wajah bisa menjadi tanda kesuburan untuk pria. Pria yang memiliki rambut wajah lebih banyak seperti kumis, jenggot dan alat kelamin identik dengan tingkat hormon yang baik. Biasanya tanda ini juga berhubungan dengan kemampuan laki-laki yang memang memiliki sperma yang sehat dalam jumlah normal. Perubahan pertumbuhan rambut pada wajah juga sering berhubungan dengan masalah kromosom dan kelainan genetik dalam tubuh.

9. Tekstur Testikel Yang Kecil dan Padat
Pria yang subur memiliki bentuk testis yang lebih besar dan normal. Namun untuk pria yang kurang subur biasanya bentuk testis lebih kecil dan sangat tegas. Bagian testis yang seharusnya memproduksi sel sperma yang banyak dan berkualitas tida berfungsi dengan baik. Dampaknya adalah pria tersebut mungkin tidak memiliki jumlah sperma yang sesuai dengan syarat peluang kehamilan.

10. Massa Otot Yang Lebih Rendah
Pada umumnya pria yang subur memiliki massa otot yang lebih besar atau terlihat sangat kuat. Namun pria yang kehilangan kesuburannya tidak memiliki kadar testosteron yang biasanya dimiliki massa otot yang rendah. Hal ini bisa mempengaruhi berbagai fungsi organ reproduksi yang lain, dampak yang paling besar adalah produksi sel sperma yang sangat rendah sehingga pria menjadi tidak subur.

 

Penyebab Mandul Pada Laki-laki

Photo via : hellosehat.com

Ada banyak faktor yang menyebabkan terganggunya proses pembentukan sperma shingga menyebabkan pria mengalami kemandulan. Berikut ini penyebab mandul pada pria :

1. Merokok
Kebiasaan merokok sangat buruk untuk pria. Kebiasaan ini bisa menyebabkan kualitas sperma menjadi sangat buruk, gangguan hormon, gangguan ejakulasi dini, disfungsi ereksi dan tingkat libido yang sangat rendah. Selain itu kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan kerusakan kromosom pada bayi jika berhasil membuat pasangan hamil.

2. Konsumsi Minuman Beralkohol
Pria yang sering minum alkohol bisa mengalami gangguan kesuburan. Hal ini sangat berbahaya karena alkohol telah merusak sistem hormon dalam tubuh sementara hormon penting untuk mengendalikan tingkat kesuburan.

3. Celana Ketat
Kebiasaan menggunakan celana dalam atau luar terlalu ketat juga bisa menyebabkan pria menjadi tidak subur. Lingkungan yang terlalu ketat bisa merusak suhu skrotum yang normal, sehingga produksi sel sperma menjadi rendah. Ada baiknya pria menggunakan celana yang tidak terlalu ketat, longgar dengan bahan yang mudah menyerap keringat.

4. Terkena Paparan Radiasi
Pria yang memiliki perkerjaan dengan resiko radiasi, bisa mengalami gangguan kesuburan. Gangguan radiasi bisa disebabkan karena racun dari logam berat, radioaktif dan berbagai jenis racun yang lain. Ini sangat berbahaya karena bisa merusak kemampuan organ reproduksi, merusak sel, merusak kromosom dan karena ini bisa berpotensi menyebabkan anak yang terlahir cacat atau terkena gangguan mental.

5. Berendam Air Panas
Terlalu sering atau lama berendam air panas juga bisa menyebabkan kemandulan karena menyebabkan testis kepanasan dan membuat kualitas sperma buruk.

6. Steroid
Steroid adalah hormaon sistetis yang dipakai untuk membentuk massa otot secara instan. Steroid mempunyai efek samping yaitu menyebabkan tumor dan mengakibatkan kemandulan.

7. Laptop
Apa bila kamu menggunakan laptop dengan dipangku, hal ini dapat menyebabkan kemandulan. Hal ini karena saat laptop menyala akan menghasilkan suhu tinggi, nah suhu tinggi ini dapat membuat testis menjadi panas dan berakibat buruk pada kualitas sperma.

8. Stres
Stress dan perasaan tertekan juga bisa menyebabkan pria mengalami masalah kesuburan. Hal ini terjadi ketika pria sama sekali tidak bisa mengendalikan kondisi mental dan pikiran yang baik. Hal ini membuat syaraf dalam otak terganggu yang kemudian bisa memicu gangguan hormon dalam tubuh, karena gangguan hormon yang buruk bisa membuat sel sperma menjadi lebih buruk dan jumlah yang sangat rendah.

9. Obesitas
Ternyata obesitas dapat menyebabkan kemandulan karena obesitas menyebabkan perubahan hormonal menjadi abnormal.

10. Kurang Nutrisi Penting
Pria yang mengalami kekurangan nutrisi penting untuk tubuh bisa terkena gangguan kesuburan. Pria yang tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi seperti zat besi, vitamin C, seng, mangan dan berbagai jenis nutrisi yang lain bisa membuat pria menjadi sangat lemah, organ reproduksi yang sangat rendah dan memiliki jumlah sperma yang cukup.

 

Recent search terms:

Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >