Kuliner Indonesia yang punya kembaran di luar negeri

    Kuliner
Iklan

Indonesia mempunyai beragam kuliner yang sangat lezat, mulai dari cemilan hingga makanan beratnya. Saking beragamnya kuliner di Indonesia ini sampai mempunyai kesamaan atau kembaran dengan kuliner dari luar negeri seperti kuliner Indonesia yang bernama lemper yang hampir mirip dengan shusi kuliner khas Jepang. Mau tau lagi kuliner Indonesia yang mepunyai kembaran di luar negeri? Yuk kita simak!

1. Lemper (Indonesia) vs Sushi (Jepang)

lemper


sushi

Orang Indonesia mana sih yang gak tahu lemper? semua kalangan di Indonesia pasti tahu cemilan yang gurih ini. Lemper yang terbuat dari nasi ketan yang didalamnya diisi dengan cincangan daging ayam. dan di bungkus dengan daun pisang sehingga menambah gurih ketika dikukus atau di bakar.

Sedangkan untuk Sushi, jika lemper dibungkus dengan daun pisang, maka sushi dibungkus dengan rumput laut, sedangkan isinya biasanya diisi dengan irisan daging mentah, alpukat dan telor ikan, namun isian sushi biasanya bisa berubah-ubah.

Jika kalian melihat salah satu dari kedua makanan itu, pasti kalian akan teringat salah satunya. Mungkin bisa dikatakan lemper itu, sushinya orang Indonesia. Kalau kalian lebih suka yang mana nih?

2. Serabi (Indonesia) vs Pancake (Eropa)


serabi

pancake

Siapa sih yang nggak tahu cemilan khas Indonesia bernama serabi?, serabi merupakan jajanan pasar tradisional yang berasal dari Indonesia. Nah, cemilan yang satu ini ternyata hampir mirip dengan Pancake, asal Eropa loh. Bahkan, bahan-bahannyapun hampir sama. Yang membedakan hanya topping dan media yang digunakan untuk memasaknya.

3. Gohu Ikan (Ternate, Indonesia) vs Sashimi (Jepang)


gohu ikan

sashimi

Mungkin gak banyak yang tahu kalau Indonesia juga punya kuliner khar yang mirip dengan sashimi asal Jepang. Berasal dari Ternate makanan ini disebut dengan nama Gohu ikan. Sekilas melihat hidangan ini, Kamu pasti akan teringat dengan hidangan dari Jepang bernama Sashimi, bukan?

yup!, hidangan ini memang cukup mirip. Perbedaannya, Sashimi dimakan dengan menggunakan kecap asin, parutan jahe, atau wasabi. Sedangkan Gohu Ikan dimakan dengan garam, lemon cui, dan balakama (kemangi).

4. Kue cincin  vs donat


kue cincin


donat

Kue cincin khas Indonesia memang sekilas mirip dengan donat. Hanya donat bisa ditambahkan varian topping sesuai kesukaan kalian, sedangkan kue cincin biasanya dihidangkan tanpa menggunakan topping karena rasanya sudah begitu gurih dan enak. Namun saat ini kue cincin sepertinya kalah eksis dengan kehadiran donat yang asal-asulnya masih simpang siur.

5. Sate (Indonesia) vs Shish Kebab (Yunani)


sate


shish kebab

Shish Kebab merupakan hidangan dari Azerbaijan, Bulgaria, Siprus, Yunani, dan negara bagian Goa di India. Di mana terbuat dari daging domba, kambing, dan daging lainnya dan dipadukan dengan paprika merah dan hijau. Sebuah hidangan yang mirip sate dari Indonesia mulai dari daging yang digunakan hingga cara memasaknya, yang menjadi perbedaanya hanya bumbu yang digunakan.

6. Gado-gado vs Salad sayur


gado-gado


salad

Siapa sih yang nggak tahu gado-gado. Makanan asli Indonesia ini ternyata sedikit mirip dengan salad sayur yang diberi mayonaise. Meskipun isian sayurannya sama, namun rasanya sangat beda. Bahkan, banyak yang menyebutkan kalau gado-gado itu salad khas Jawa.

7. Leker vs Crepes


leker

crepes

Cemilan leker terbuat dari tepung dan pisang di dalamnya. Jika kamu pernah jajanan bernama Crepes pasti kamu bakalan ingat dengan leker. Rasanya tak jauh beda dan isiannya juga cukup mirip. Yang bikin beda sih harganya.

Recent search terms:

Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >