Ladies Waspadalah !! Kanker Ganas Pembunuh Wanita

2 tahun lalu

Kanker merupakan penyakit ganas pembunuh manusia nomor satu di dunia. Kanker menjadi penyakit yang sangat menakutkan bagi siapa saja. Namun ada beberapa jenis kanker yang justru lebih beresiko dialami oleh wanita. Menurut Prof Roem Soebandoko MD Phd ahli panatomi, umumnya penyakit kanker menyerang wanita. Karena wanita sangat rentan dengan penyakit mematikan ini. Hal ini dipicu oleh gaya hidup yang kurang baik dan kurangnya perhatian terhadap kesehatan, sehingga berpotensi mudah diserang virus.

Penting sekali bagi semua wanita untuk mengetahui jenis-jenis kanker mematikan yang dapat membunuh. Pengetahuan mengenai jenis kanker ini akan membantu wanita mencegahnya sejak dini. Berikut ini jenis kanker yang mematikan :

1. Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan penyakit yang sangat mematikan pada wanita diseluruh dunia. Kanker payudarah merupakan tumor ganas yang tumbuh di payudarah wanita. Hal ini disebabkan adanya pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab penyakit ini, yaitu faktor usia, riwayat keluarga, terpapar radiasi pada bagian dada, kepadatan pada payudara, pengaruh penggunaan hormon, alkohol, rokok, obesitas dan lainnya. Ciri atau gejala umum yang sering ditemui adalah keluarnya cairan dari puting susu, payudara membengkak, terdapat benjolan dibawah lengan, kulit payudara terlihat ruam, serta areola bersisik (memerah dan bengkak). Biasanya benjolan tersebut terasa sakit. Meskipun saat ini sudah ada pengobatan kanker payudara terbaik, namun tetap saja penyakit ini mengancam wanita. Karena perjuangan melawan kanker ini tidak selalu membuahkan hasil, maka dari itu wanita harus memiliki pemahaman yang memadai tentang kanker ini dan rutin melakukan pemeriksaan ke dokter.

 

2. Kanker Rahim

Penyakit ganas kedua yang menjadi pembunuh wanita adalah kanker rahim. Penyakit ini menyerang bagian leher rahim, saluran rahim serta bagian luar dan bagian dalam rahim atau kandungan. Biasanya hampir semua kanker rahim ini tidak dapat dideteksi saat masih stadium awal. Kanker ini umumnya baru disadari atau dirasakan oleh penderita setelah adanya gejala-gejala berupa benjolan yang relatif besar (2-3cm) yang terasa mengganjal dan teraba oleh tangan.

 

3. Kanker Leher Rahim (Serviks)

Serviks adalah penyakit pembunuh wanita yang kejam dan mengerikan. Karena setiap harinya ada 40 wanita Indonesia yang terdiagnosa menderita kanker serviks dan 20 diantaranya meninggal karena penyakit ini. Umumnya penyakit ini timbul karena wanita enggan melakukan pap smear. Wanita yang rentan terkena penyakit ini adalah mereka yang mulai berhubungan seks sejak usia muda, gonta ganti pasangan, memiliki banyak anak dan mengalami infeksi Human Papiloma Virus (HPV). Sampai saat ini kanker ini belum ada obatnya.

 

4. Kanker Indung Telur (Ovarium)

Kanker ovarium juga termasuk kanker ganas mematikan yang menyerang wanita. Sama dengan yang lainya, kanker ovarium sulit dideteksi saat masih stadium awal, kanker ini baru disadari setelah memasuki stadium lanjut. Gejalanya pun sulit sekali dicurigai, karena sangat mirip dengan gejala pramenstruasi. Seperti perasaan tidak nyaman pada bawah perut, nafsu makan berkurang dan merasa kenyang, susah mencerna, muntah-muntah, penurunan berat badan, kelelahan dan pusing. Penyebab umum dari kanker ini adalah penggunaan pil KB, kurang berolahraga, merokok, sering mengkonsumsi makan dengan kadar lemak tinggi, polusi dan terpapar virus lainnya.

 

5. Kanker Vulva

Vulva adalah bagian luar pada sistem reproduksi wanita yang meliputi labia, lubang vagina, lubang uretra dan klitoris. Kanker vulva adalah tumor ganas yang terdapat pada vulva. Kanker ini biasanya terjadi pada usia setelah menopause. Gejalanya adalah benjolan dan penebalan dibagian vulva yang terkadang disertai rasa gatal dan luka pada lubang vagina. Kanker vulva dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi HPV, menjauhi seks bebas, tidak merokok dan meminum alkohol.

Baca Juga