Makanan & Minuman Khas Jogjakarta

7 bulan lalu

Jogjakarta merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menjadi daerah tujuan wisata yang sering dan banyak di kunjungi oleh wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Jogja sendiri dikenal sebagai daerah di Indonesia yang memiliki keragaman dalam hal makanan dan juga minuman yang ada. Dengan makanan dan juga minuman khas Jogja ini, tentu saja membuat para penikmatnya jadi selalu ingin mencoba dan mencicipi makanan tersebut.

Buat kamu yang pergi berlibur ke Jogja, tentu saja kalian tidak boleh melewatkan untuk menyantap beberapa hidangan kuliner khas dari daerah Jogja. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini kami sajikan beberapa deretan makanan dan juga minuman khas Jogjakarta yang wajib kalian coba saat berkunjung ke daerah ini.

1. Gudeg

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta Gudeg

photo via : www.goodindonesianfood.com

Kalau untuk makanan yang satu ini nampaknya pasti sudah kalian ketahui apalagi Jogja amat identik dengan makanan yang satu ini. Kalau kamu pergi ke Jogja tidak makan makanan yang satu ini pastinya bakalan nyesel. Makanan khas Jogja Gudeg ini terdiri dari tiga jenis yakni Gudeg Basah, Gudeg Manggar dan Gudeg Kering. Kalau kamu ingin membawa oleh-oleh berupa Gudeg dari Jogja, ada baiknya kamu membeli Gudeg kering yang bisa bertahan lama. Untuk bisa menikmati makanan khas Jogja yang satu ini sendiri, kamu tidak perlu kawatir, karena kalian bisa menmui makanan ini hampir sepanjang kota Jogjakarta. Makanan Gudeg dibuat dari nangka muda yang dikupas, diiris-iris lalu direbus sampai masak.

2. Krecek

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Krecek

photo via : youtube.com

Makanan khas selanjutnya adalah Krecek. Krecek sendiri merupakan makanan khas dari Jogjakarta yang disajikan dengan gudeg yang memiliki cita rasa manis yang tentu saja bakalan menggugah selera makan milikmu. Makanan ini sendiri amat pas jika dipadukan dengan sambal krecek yang memiliki rasa enak, pedas dan gurih.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

3. Geplak

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Geplak

photo via : bisnisusahaonline.com

Makanan yang selanjutnya adalah kue tradisional Jogja yang terbuat dari adonan parutan kelapa dengan tepung dan juga gula yang memiliki rasa yang amat manis. Dengan bentuknya yang khas yakni bulat-bulat dengan berbagai warna yang menggoda, tentu saja membuat tiap orang penasaran untuk mencicipinya. Selain rasa dan bentuknya yang menggoda, jajanan khas jogja ini juga bisa kalin temui dengan mudah sama seperti Gudeg. Selain itu, Geplak juga sedikit lebih tahan lama, jadi makanan ini cocok untuk jadi oleh-oleh buatmu kepada orang-orang rumah.

4. Mangut Lele

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Mangut Lele

photo via : akurat.co

Makanan khas Jogja lainnya adalah Mangut Lele. Mangut Lele sendiri memiliki sebuah cita rasa yang amat khas dengan berbagai cara pengolahan yang dilakukan dalam proses pembuatannya yang masih tradisional. Makanan yang satu ini dibuat dengan cara memasak lele yang ada dengan santan dan cabai diatas sebuah tungku dengan kayu bakar. Nuansa masa lalu amat kental ada pada makanan yang satu ini. Oleh karenanya, pada beberapa tempat di Jogja, para pengunjung dipersilahkan untuk mengambil langsung dari dapurnya makanan yang satu ini.

5. Jadah Tempe

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Jadah Tempe

photo via : www.goodindonesianfood.com

Jadah tempu merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari kabupaten sleman, Yogyakarta, tepatnya di daerah lereng Gunung Merapi, Kaliurang. Jadah Tempe merupakan sebuah makanan gabungan antara Jadah yang yang merupakanan makanan yang terbuat dari ketan dan tempe yang diolah sedemikan rupa dengan cara dibacem. Pada jaman dahulu, jadah tempe ini merupakan makanan favorit dari Sultan Hamengkubuwono IX yang disajikan diatas daun pisang. Buat kalian yang berkunjung ke Jogjakarta, kamu bisa menikmati makanan ini dengan harga yang relatif murah yakni antara 10 ribu hingga 20 ribu rupiah.

6. Belalang goreng

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Belalang goreng

photo via : brilicious.brilio.net

Kalau mendengar namanya, sebagian orang mungkin akan merasa jijik karenanya, karena makanan yang satu ini terbuat dari serangga yang digorebng langsung yakni belalang. Tentu saja meskipun digoreng, belalang yang ada telah diberi bumbu sebelumnya yang membuat rasanya menjadi enak. Belalang goreng sendiri merupakan makanan khas Gunung Kidul Yogyakarta. Jadi kalau kalian pergi ke daerah Gunung Kidul, pasti bakalan menemukan banyak makanan ini yang satu ini. Berani mencicipinya?

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

7. Bakpia Pathuk

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Bakpia Pathuk

photo via : tips-cara.info

Kalau untuk makanan yang satu ini, mungkin kalian pernah melihat ataupun menemukannya di daerah tempat tinggalmu. Tapi untuk kue Bakpia sendiri merupakan makanan khas yang biasanya dijadikan oleh-oleh. Bakpia Pathuk sendiri termasuk kue yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula yang dibalut dengan kulit bagian luarnya yang terbuat dari tepung dan dipanggang. Namun saat ini bakpia yang ada memiliki isian yang relatih banyak dan beraneka ragam seperti durian, cokelat, keju dan masih banyak lagi lainnya.

8. Tengkleng Daging

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Tengkleng Daging

photo via : merahputih.com

Jika sekilas kamu melihat makanan yang satu ini, mungkin makanan yang satu ini bisa dibilang amat mirip dengan gulai daging. Hanya saja, untuk makanan yang satu ini memiliki cita rasa kuah yang lebih encer jika diabndingkan dengan gulai. Untuk bahannya sendiri, Tengkleng daging terbuat dari daging babi dataupun kambing yang biasanya dominan menggunakan jeroan dan juga tetelan. Wah, dengan melihat gambar dan juga bahan yang digunakan, kayaknya langsung ngiler deh dibuatnya.

9. Entok Slenget

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Entok Slenget

photo via : www.sewamobildijogja.net

Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini memang menggunakan bahan dasar daging Entok. Hanya saja, mungkin belum semua orang yang tahu apa itu Entok. Entok sendiri merupakan seekor hewan yang tegolong unggas atau itik yang memiliki bentuk yang mirip dengan bebek. Untuk makanan Entok slenget ini dibuat dengan jalan daging Entok yang dimasak seperti semur lengkap dengan cabai untuk bisa menghasilkan rasa pedas didalamnya. Karena sensasi menyengat di lidah yang dimiliki oleh makanan inilah yang membuat makanan ini disebut slenget oleh masyarakat jogja yang membuat makanan ini disebut Entok Slenget.

10. Sate klatak

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Sate klatak

photo via : www.njogja.co.id

Untuk sate yang satu ini terbuat dari daging kambing muda yang telah dibumbui dan juga dibakar diatas bara seperti sate kebanyakan. Biasanya sajian makanan sate Klatak ini disajikan bersama dengan kuah gulai. Untuk nama Klatak dari makanan ini sendiri berasal dari suara klatak-klatak yang terdengar saat daging kambing muda menyentuh panasnya bara api ketika dipanggang. Satu hal yang paling unik dari sate jenis ini adalah tusuk sate yang digunakan. Jika pada sate biasa menggunakan tusuk sate biasa yang terbuat dari lidi ataupun bambu, namun untuk sate Klatak ini menggunakan jeruji sepeda yang telah dibersihkan sebagai tusuk satenya. Wah, gak kebayang dah seperti apa panasnya sate yang satu ini setelah selesai dibakar.

11. Mie Lethek

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Mie Lethek

photo via : travelingyuk.com

Olahan mi merupakan salah satu ciri kas kuliner yang ada di Jogja dengan salah satu jenis olahan mi miliknya adalah mi Lethek. Mi Lethek sendiri merupakan sebuah sajian mi yang diproduksi oleh masyarakat Bantul did aerah Srandakan. Mi ini terbuat dari bahan dasar tepung tapioka dan juga gaplek. Kalau kamu melihat secara sekilas, dari tampilan dan juga bentuk dari mi ini, mungkin tidak terlalu terlihat menggugah selera makan. Hanya saja kalau untuk rasanya, mi yang satu ini tidak usah diragukan lagi, pastinya enak sekali.

12. Nasi Tiwul

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Nasi Tiwul

photo via : salingamanah.com

Nasi Tiwul Gunung Kidul merupakan salah satu makanan khas Jogja yang terbuat dari tepung gaplek atau singkong ynag telah dikeringkan sebelumnya. Dulunya, nasi Tiwul sendiri merupakan makanan khas sekaligus merupakan makanan pokok masyarakat disekitaran Gunung Kidul. Dulu mungkin beberapa ataupun sebagian orang menganggap makanan ini sebagai sebuah potret kemiskina, namun sat ini, nasi Tiwul ini justru menjadi primadona dan juga dicari-cari oleh orang-orang.

13. Bebek Suwar Suwir

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Bebek Suwar Suwir

photo via : www.objekwisata.com

Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini berbahan dasar daging bebek. Hanya saja hal yang membedakan antara makanan yang satu ini dengan makanan berbahan dasar bebek lainnya adalah bumbu yang dimiliki oleh makanan yang satu ini. Bebek Suwar Suwir ini sendiri dimasak dengan menggunakan kedondong dan disajikan juga dengan menggunakan saus yang terbuat dari buah kedondong. Meskipun menggunakan kedondong sebagai bahan bumbunya, tentu saja masakan yang satu ini bukan hanya menggunakan kedondong saja yah, karena selain Kedondong, dalam masakan ini juga ada beberapa remapah-rempah lainnya seperti cengkeh yang menjadikan rasa dari Bebek Suwar Suwir ini jadi semakin mantap.

14. Oseng-oseng Mercon

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Oseng-oseng Mercon

photo via : kabarwisata.com

Kalau kamu suka dengan masakan pedas, pasti senang dengan masakan khas Jogja yang satu ini. Dan tentu saja sesuai dengan namanya, masakan ini bakalan membuat lidah dan mulutmu meledak seperti petasan karena kepedasan. Makanan ini sendiri merupakan masakan khas Jogjakarta dengan bahan dasar daging sapi yang dimasak bersama dengan sambel yang sangat banyak hingga memiliki rasa pedas yang amat khas. Tentu saja buat kamu yang tidak kuat dengan rasa pedas yang dimiliki oleh makanan ini, kamu masih tetap bisa memesan makanan ini tanpa cabai.

15. Sate dan Tongseng petir

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Sate dan Tongseng petir

photo via : lookjogja.blogspot.com

Masih dengan makanan yang beraroma pedas, makanan yang lainnya adlah Sate dan Tongseng Petir. Makanan pedas yang satu ini biasanya ditemui di Ringroad selatan yang memang sering digunakan sebagai destinasi tujuan bagi mereka para pecinta masakan pedas! Sate dan juga Tongsing Petir ini sendiri menyuguhkan seporsi sate dan tongseng kambing yang dicampur dengan menggunakan bumbu pedas yang enak dan juga amat khas.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

16. Bakmi Jogja

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Bakmi Jogja

photo via : www.njogja.co.id

Makanan khas lainnya yang patut kamu coba jika berkunjung ke daerah Jogjakarta adalah Bakmi Jogja. Sama seperti namanya, makanan yang satu ini juga terbuat dari Bakmi yang diolah sedemikian rupa dengan jalan dimasak dan diberi racikan bumbu khas Jawa. Selain Bakmi Jogja, makanan dengan bahan Bakmi lainnya yang bisa kamu beli adalah bakmi Shibitsu, bakmi Jawa yang bisa kamu temui di Alun-Alun Kidul ataupun di daerah tempat sekitar Jogja lainnya. Untuk rasa sendiri, makanan dengan bahan dasar bakmi ini sudah pastinya amat enak.

17. Gatot

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Gatot

photo via : www.outingjogja.com

Hampir mirip dengan Tiwul, makanan yang satu ini juga terbuat dari Gaplek. Hanya saja, sebelum dikukus dan juga dihidangkan pada selembar daun pisang bersama parutan kelapa dan juga gula merah, Gatot harus melewati proses fermentasi terlebih dahulu. Hal ini membuat Gatot memiliki jamur dengan corak kehitaman yang unik pada setiap bagiannya. Untuk tekstrurnya sendiri, makanan yang satu ini memiliki tekstur yang legit dan juga memiliki rasa yang manis begitu dimasukkan ke mulut. Makanan khas yang satu ini sendiri bisa kalian temui dengan amat mudah di sekitaran objek wisata Gunung Kidul dan biasanya dijual seharga Rp 10.000 sampai Rp 20.000.

18. Nasi Kucing

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Nasi Kucing

photo via : id.wikipedia.org

Kuliner yang satu ini biasanya disebut dengan sebutan Sego Kucing oleh orang Jawa dan merupakan termasuk kuliner yang cukup fenomenal di kalangan orang Jogja dan juga di daerah lain di Indonesia. Makanan yang satu ini biasanya dijual oleh para pemilik angkringan. Sesuai dengan namanya yakni nasi kucing, tentu saja porsi dari nasi yang satu ini amatlah sedikit yang menyesuaikan dengan makanan dari hewan yang biasanya dipelihara oleh orang-orang tersebut. Dengan nasinya yang sedikit dan juga lauknya yang sederhana seperti kering tempe, telur, ikan, ayam dan juga sambal. Dengan porsi dari nasi ini yang amat sedikit, tentu saja tidak akan membuat puas para pembelinya. Hal inipun membuat para pembeli tidak hanya membeli satu buah saja, melainkan lebih dari itu. Untuk harganya sendiri, makanan yang satu ini bisa dibilang murah yakni berkisaran antara Rp 3.000 sampai Rp 5.000

19. Brongkos

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Brongkos

photo via : dapuranggi.id

Untuk makanan yang selanjutnya bernama Brongkos. Makanan yang satu ini terdiri dari sayur yang terbuat dari kacang tolo, telur, tahu dan koyor dengan kuahnya yang berwarna hitam. Untuk nuansa kaldu dari makanan ini diperoleh dari santan yang diberi Kluwak. Dengan rasanya yang gurih tapi sedirikt pedas akibat bumbu cabai rawit utuh yang membuat rasanya menjadi amat pedas. Selain didampingi dengan nasi yang masih hangat, hidangan ini juga biasanya didampingi oleh lauk tambahan seperti perkedel, tempe goreng, peyek dan kerupuk karak. Untuk bisa memnikmati kelezatan dari kuliner ini, kalian tidak perlu bingung-bingung, lantaran makanan yang satu ini bisa didapatkan hampir di sbagian besar rumah makan yang ada di Jogja.

20. Sate Kere

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Sate Kere

photo via : travelingyuk.com

Kuliner kita yang selanjutnya adalah satekere yang terbuat dari gajih sapi yang diberi dengan rempah-rempah khusus lalu dibakar hingga matang. Setelah itu, makanan yang satu ini dihidangkan bersama sambel dan juga kecap manis. Cukup dengan menghirup aroma dari makanan ini saja pastinya bakalan membuat kalian kelaparan. Buat kamu yang berkunjung ke Jogja, kamu bisa menemui makanan ini di selatan pasar Beringharjo yang tentunya amat menggugah selera.

21. Sego Abang Lombok Ijo

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Sego Abang Lombok Ijo

photo via : travelingyuk.com

Jika dari namanya, mungkin agak sulit membayang makanan yang satu ini seperti apa. Sajian makanan ini merupakan makanan yang terdiri dari nasi merah yang dihidangkan dengan sayur lodeh cabai hijau. Untuk lauknya sendiri yang biasanya ikut serta meramaikan sajian masakan yang satu ini adalh gudeg daun pepaya, ayam goreng, tempe, tahu, botok, pepes dan empal goreng. Dengan cita rasanya yang pedas, namun tetap gurih, makanan yang satu ini akan makin nikmat saat disajikan bersama dengan sambal bawang.

22. Nasi goreng Beriharjo

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Nasi goreng Beriharjo

photo via : www.sewamobildijogja.net

Nasi goreng adalah salah satu makanan khas Indonesia yang biasa dinikmati oleh banyak orang sekaligus disukai oleh semua lapisan masyarakat Indonesia. Tidak terkecuali masyarakt Jogja yang juga menyukai makanan ini. Salah satu nasi goreng yang paling khas Jogja adalah nasi goreng Beringharjo. Makanan nasi goreng yang satu ini memang memiliki ciri khasnya sendiri dan bahkan kelezatannya telah dibuktikan dan juga diakui sejak tahun 1960. Kuline yang merupakan hasil perpaduan dari masakan Jawa dan Cina ini menggunakan bumbu yang sebagian besar didominasi oleh kecap dan juga bawang putih. Dalam satu porsinya, makanan ini berisi banyak bahan, mulai dari irisan kol, potongan tomat, acar, daun seledri, telur dadar dan cabai sebagai pelengkap.

23. Sate Kuda

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Sate Kuda

photo via : jalanmenujusehat01.blogspot.com

Sama seperti jenis makanan yang lainnya yang berupa sate yang mana daginynya diberi bumbu dan lalu dipanggang, untuk sate yang satu ini juga seperti itu. Hanya saja untuk bahan daging yang digunakan saja yang berbeda yakni sesuai dengan namanya, sate yang satu ini menggunakan bahan dasar daging kuda sebagai bahan dari sate. BUat mereka yang sudah mengetahui manfaatnya, daging kura amat bermanfaat bagi kesehat tubuh, khsusunya untuk menyembuhkan penyakit rematik, asma, pegal-pegal, flek paru-paru, eksim, epilepsi dan masih banyak lagi yang lainnya.

24 Sate Buntel

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Sate Buntel

photo via : babacaca.com

Berbeda dari sate pada umumnya, sate ini dibuat dengan cara dibuntel. Sate ini merupakan sebuah kuliner kreatif yang mengubah kesderhanaan dari sate menjadi sesuatu hal yang mewah. Pada awalnya, sate buntel dibuat dengan memanfaatkan bagian daging kambing yang memiliki tekstur keras yang kemudian dicacah dan selanjutnya dibuntel dengan lemak kambing. Dengan cara ini tentu saja diharpakan orang bisa memakan daging kambing yang memiliki struktur yang keras. Setekah dicacah dan dibuntel, selanjutnya daging ini dibakar dengan menggunakan bumbu rempah yang mewangi yang membuat sate buntel berbeda dengan sate lainnya.

25. Ayam Geprek

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Ayam Geprek

photo via : merahputih.com

Saat ini pasti kalian sudah tahu ataupun pernah makan hidangan yang satu ini. Bagaimana tidak, hampir di setiap kota di Indonesia sudah ada sajian daging ayam yang satu ini. Namun mungkin beberapa dari kalian belum ada yang tahu jika ayam geprek merupakan sebuah makanan khas dari Jogja. Sesuai dengan namanya, ayam geprek merupakan sajian kuliner dengan bahan dasar daging ayam goreng yang digeprek dengan dan diberi cabai sesuai dengan selera.

26. Wedang Ronde

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Wedang Ronde

photo via : soloraya.com

Wedang Ronde merupakan salah satu minuman dari Jogja yang amat terkenal akan kelezatannya. Minuman yang satu ini memang amat cocok untuk diminum kala musim hujan lantara bisa membantumu untuk menghangatkan tubuh. Wedang Rode sendiri merupakan salah satu minuman yang kuahnya berasal dari air gula yang diberi jaheyang membuat rasanya menjadi pedas dan disajikan dalam keadaan hangat. Untuk rondenya sendiri terbuat dari ketan yang didalmnya terdapat kacang tanah. Pada umumnya, ronde yang digunakan memiliki ukuran yang lebih besar. Warna dari ronde pun beraneka ragam mulai dari warna merah dan putih.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

27. Wedang Uwuh

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Wedang Uwuh

photo via : mitrapost.com

Jika dilihat dari arti namanya, mungkin minuman yang satu ini agak aneh, yakni wedang yang berarti minuman dan Uwuh yang berarti sampah. Jadi jika digabungkan, minuman wedang uwuh bisa diartikan sebagai minuman sampah. Minuman ini dinamakan seperti itu lantaran bahan bahan yang digunakan pada minuman ini berupa dedaunan yang amat mirip dengan sampah. Wedang Uwuh ini sendiri disajikan dalam keadaan panas untuk menemani malam. Minuman yang berasal dari Imogiri Bantul ini selain disajikan dalam keadaan panas, rasanya juga manis dan pedas dengan warna merah cerah didalamnya dan juga aroma harum yang dimilikinya.

28. Beer Jawa / Bir Pletok

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Beer Jawa / Bir Pletok

photo via : beergembira.com

Dengan warnanya yang kuning keemasan dan adanya sedikit didih busa dibagian atas dari minuman ini, tentu saja membuatnya memiliki bentuk yang amat mirip dengan Beer pada umumnya. Adapaun salah satu bahan yang digunakan untuk membuat Beer jawa yang satu ini adalh Kapulaga yang amat mudah ditemukan di daerah Jawa, terutama di Jogjakarta. Selain hal itu, Beer Jawa juga dicampur dengan rempah-rempah yang lainnnya seperti sereh, kayu manis, jahe dan masih banyak lagi bahan-bahan yang lainnya.

29. Es Semlo

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Es Semlo

photo via : jogjaupdate.com

Jyang sebelumnya merupakan minuman-minuman yang disajikan saat hangat-hangatnya, untuk minuman yang satu ini disajika dalam keadaan dingin. Namun hal unik dari minuman ini adalah adanya kandungan bahan rempah-rempah yang banyak ditemukan diberbagai wedang pada umumnya. Es Semlo sendiri memiliki bahan dasar pisang sebagai isiannya, sedangkan untuk airnya, es semlo menggunakan campuran antara gula pasir dan berbagai rempah, plus air jeruk nipis. Untuk membuatnya tampil lebih menarik, minuman yang satu ini deberikan sebuah pewarna alami yakni kayu secang.

30. Rujak Es Krim

Makanan dan Minuman Khas Jogjakarta - Rujak Es Krim

photo via : www.goodindonesianfood.com

Makanan khas Jogja berikut ini sangatlah unik. Sesuai dengan namanya, kuliner ini terbuat dari es krim hanya saja berisi berbagai campuran bahan lainnya yang membuatnya disebut dengan rujak. Adapun berbagai bahan yang digunakan ataupun diisikan pada minuman yang satu ini adalah buah kedondong, mangga, pepaya muda, nanas, bengkuang yang semuanya dicampur dan disiram dengan gula jawa.

Jadi jika kalian berkunjung ke Jogja, jangan lupa untuk mencicipi makanan dan minuman khas Jogja diatas ya guys.

Baca Juga