Penting!!! Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

    Kesehatan

Menjaga kesahatan tubuh memang wajib hukumnya bagi orang-orang yang yang ingin selalu sehat dan panjang umur. Dengan berolah raga dan makan-makanan yang bergizi memang dapat membuta tubuh kita menjadi sehat, namun kita harus ingat kalau manusia tidak hanya tersusun dari anggota tubuh seperti kepala, badan, tangan dan kaki saja. Didalam tubuh manusia juga terdapat organ-organ yang sangat fatal yang berfungsi sebagai pemeran utama dalam kehidupan manusia. Jika salah satu saja organ dalam tubuh manusia itu sakit maka akan berdampak buruk untuk kelangsungan hidup manusia itu sendiri.

Nah, untuk itu kita harus menjaga kesehatan organ dalam kita agar selalu sehat dan dapat menjalankan fungsinya dengan optimal. Sebenarnya di media internet sudah banyak yang membahas bagaimana caranya merawat organ dalam untuk selalu sehat dan prima. Namun kali ini Blog Unik akan mencoba untuk memberikan kalian informasinya yang lebih jelas lengkap dengan pantangan-pantangan yang harus dihindari agar organ dalammu selalu sehat dan terhindar dari yang namanya penyakit.

1.  Otak

photo via : bigthink.com

Sebagaimana yang kita tahu, otak yang ada dikepala kita ini memegang peranan yang sangat penting terhadap pengaturan seluruh badan ataupun gerakan badan. Tak hanya itu otak juga mengatur sistem pemikiran manusia dan bertindak sebagai komandan yang memerintah segala gerak-gerik anggota tubuh kita.

Untuk menjaga otak agar selalu sehat dan dapat berpikir jernih ada beberapa yang harus kalian hindari nih! seperti :

  • Merokok, kenapa? karena asap rokok banyak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi otak, tak hanya otak sih paru-paru dan jantungmu juga bisa rusak gara-gara rokok.
  • Terlalu Membebani Otak, semua orang pasti tau ya kalau otak terlalu banyak pikiran apalagi memikirkan masalah hutang, masalah pacar, keluarga, pekerjaan, pokoknya masalah yang berat-berat maka bisa menyebabkan stress. Nah kalau sudah stres maka otakmu akan panas dan pada akhirnya dapat menurunkan kesehatan mental dan otak kamu.
  • Melewatkan Sarapan, nah kamu orang yang sering melewatkan sarapan gak nih? kalau ia sebaikanya kamu hilangkan kebiasaan kamu untuk melewatkan waktu sarapan dalam kamus kamu. Karena sebenarnya dengan sarapan akan memberikan otak nutrisi penting di pagi hari yang mampu membuat otak segar serta sehat.
  • Tidur Kurang Dari 7-8 Jam, bagi yang suka begadang, hal ini harus selalu diperhatikan nih!, demi menjaga otakmu selalu sehat jadi usahakan untuk tidur 7-8 jam setiap harinya. Karena saat tidur, maka saraf otak dapat tumbuh dan meyingkirkan racun di otak serta memilihkan energi. Bayangin kalau kamu begadang terus, dan tidur hanya 2-3 jam setiap harinya, maka dalam otakmu akan banyak racun yang berbahaya dan membuat badanmu selalu lemas tak berenergi.
  • Berteriak, Lah kok bisa??. Selama ini yang kita tahu kalau dengan berteriak kita bisa meringankan dan melepaskan beban pikiran yang mengganggu kita seperti sedang marah ataupun stres. Namun ternyata berteriak mampu membahayakan kesehatan otak, sebab selain membuat saraf otak Anda menegang, berteriak juga akan meningkatkan stres Anda secara drastis.

2. Jantung

photo via : tokoacep.info

Selain otak, Jantung juga merupakan organ yang sangat fatal dan memegang peranan penting untuk kehidupan sesorang. Jantung yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Dimana darah merupakan alat transportasi yang bertugas membawa nutrisi jantung dan pembuluh dan membentuk sistem kardiovaskular.

Untuk menjaga jantung kita ini agar selalu berdetak dan bekerja dengan benar maka kita harus merawatnya baik-baik, ada beberapa hal yang harus kalian hindari seperti :

  • Merokok, seperti yang kita tau merokok dapat menyebabkan kerusakan jantung, paru-paru, ataupun ginjal. Karena dengan zat nikotin yang terkandung dalam rokok tersebut memperbesar peluang kalian mengalami serangan jantung dibanding dari mereka yang tidak merokok. Namun bagi kalian yang statusnya tidak merokok namun selalu berdampingan dengan orang yang merokok atau kita sebut dengan perokok pasif, kalian juga mempunyai peluang yang sangat besar terkena serangan jantung jika kamu tidak menjauhi mereka yang sedang merokok.
  • Makanan yang mengandung gula, kenapa?? karena salah satu penyebab dari penyakit jantung adalah penyakit diabetes.
  • Makanan yang mengandung lemak atau berkoresterol tinggi. Kamu yang ingin jantungnya tetap sehat harus rela mengurangi konsumsi makanan yang kaya akan lemak agar terhindar dari masalah obesitas.
  • Makanan yang mengandung karbohidrat. Nah selain makanan yang berlemak ternyata makanan yang mengandung karbohidrat tinggi juga harus kamu kurangi nih sobat.- Stres, kamu juga harus menghindari stres nih sobat, selain itu kamu juga harus menjaga tekanan darahmu agar selalu stabil agar tidak mengalami penyakit darah tinggi atau hipertensi, karena hipertensi akan membuat dinding pada arteri jantung mengalami luka.

3. Ginjal

photo via : otcdigest.id

Ginjal walaupun hanya berukuran kecil, akan tetapi memiliki fungsi penting yang tidak dapat tergantikan. Organ kecil ini berperan dalam proses filtrasi cairan, menghalau racun dari tubuh, memproduksi air kencing, menjaga tekanan darah, dan lain sebagainya. Oleh karena itu kerusakan pada organ ini tidak hanya akan berdampak pada organ ginjal itu sendiri, akan tetapi pada tubuh manusia secara keseluruhan. Maka dari itu rawatlah ginjal kalian dengan baik.

Ada beberapa hal yang harus kamu hindari untuk menjaga ginjalmu tetap sehat seperti berikut ini!.

  • Terlalu banyak makan daging, nah loh yang setiap harinya makan sate kambing, ataupun steak sapi, harus berhati-hati nih!. Karena jika makan terlalu banyak daging dapat merusak ginjal dalam jangka panjang, sebab kandungan protein yang tinggi dapat meningkatkan beban ginjal.
  • Menunda buang air, mungkin diantara kalian punya kebiasaan menunda buang air kecil atau air besar. Menunda buang air kecil dapat menyebabkan bakteri dalam urine berkembang biak dan menyebabkan infeksi, seperti infeksi saluran kemih, uremia, dan nefritis. Jadi kebiasaan buruk yang satu ini harus dirubah sekarang juga ya sobat!.
  • Mengkonsumsi gula berlebih, terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat meningkatkan kadar protein yang akan membebani ginjal. Bahkan, jika air seni mengandung protein tinggi, itu bisa menjadi tanda dari masalah ginjal.
  • Sering minum obat penghilang rasa sakit, ternyata obat yang mampu meredakan rasa sakit ini dapat berakibat buruk bagi ginjal loh!, dan bukan hanya ginjal yang terkena efeknya, melainkan hati juga akan ikut terkena dampaknya.
  • Sering meminum minuman beralkohol, mengkonsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan endapan asam urat dalam tubulus ginjal, yang dapat mengakibatkan gagal ginjal.
  • Terlalu banyak garam, kandungan sodium yang berlebih pada garam juga dapat menyebabkan retensi air dan tekanan darah tinggi, sehingga dapat menganggu ginjal.
  • Kurang tidur, bahkan kurang tidur adalah kebiasaan yang dapat mengganggu ginjal Anda. Hanya saat tidur tubuh Anda akan dapat memperbaiki jaringan yang rusak di ginjal.

4. Hati

photo via : kalsel.prokal.co

Hati adalah organ yang vital bagi tubuh manusia dan vertebrata hewan bertulang belakang. Fungsinya antara lain: menawarkan dan menetralisir racun, mengatur sirkulasi hormon, mengatur komposisi darah yang mengandung lemak, gula, protein, dan zat lain. Hati juga membuat empedu, zat yang membantu pencernaan lemak.

Untuk menjaga hati agar selalu berfungsi dengan baik maka ada beberapa hal yang harus kamu hindari seperti berikut ini :

  • Membuat tato, siapa yang menyangka jika tato yang lumayan digemari oleh banyak orang ini ternyata memiliki potensi besar menyebabkan kerusakan hati. Dengan membuat tato disembarang tempat yang tidak terjamin kebersihannya, dapat menyebabkan infeksi serius yaitu hepatitis C.
  • Obat antidepresi, kamu yang selama ini mengkonsumsi obat antidepresi, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, karena obat satu ini dapat memberi pengaruh buruk pada organ hati.
  • Minuman berkarbonasi, hampir semua minuman berkarbonasi yang kita tahu mengandung pemanis buatan dan karbondioksida, kedua kandungan tersebut sangat tidak sehat untuk organ hati, bahkan pemanis buatan diyakini bisa menimbulkan racun dalam tubuh.
  • Makanan kemasan, yang suka ngemil makanan yang sudah dikemas yang biasa dijual diwarung ataupin mini market deket rumah, harus segera mengurangi kebiasaan buruk satu ini nih, karena hampir semua makanan kemasan mengandung lemak trans yang membahayakan hati.
  • Kelebihan garam, Penelitian mengatakan bahwa diet yang tinggi garam juga bisa menyebabkan lemak bertumpuk dalam hati. Kelebihan asupan garam bisa jadi salah satu hal paling buruk untuk hati.
  • Makanan capat saji, kita semua tahu bahwa makanan cepat saji tidak baik untuk kesehatan. Tapi ceritanya tidak hanya sampai disana, lemak dan gula yang terdapat didalamnya juga dapat merusak hati.
  • Kelebihan berat badan, kelebihan berat badan juga bisa meningkatkan resiko bertumpuknya lemak pada hati. Bila terkena hal ini, sangatlah penting untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan melakukan olahraga secara teratur.
  • Konsumsi vitamin A yang berlebih, pasti banyak yang tak menduga jika mengkonsumsi vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata ini secara berlebuh dapat mengganggu kesehatan hati. Bila ingin mengkonsumsi vitamin A dengan bentuk suplemen, pastikan dosis yang dimunim sesuai dan merupakan resep dari dokter.
  • Begadang, kamu suka begadang? baik itu mengerjakan tugas ataupun menonton film atau bola. Sebaiknya kamu ubah kebiasaan kamu satu itu karena dengan begadang akan secara berlahan merusak organ hati kamu.
  • Makan tengah malam, Kalian suka makan tengah malam? sebaiknya kalian stop kebiasaan itu deh!, karena makan tengah malam ternyata berdampak buruk bagi kesehatan hati. Kenapa bisa begitu? karena saat malam, hati akan melakukan detoksifikasi racun bukannya malah bekerja memproduksi kelenjar makanan sehingga membuatnya semakin bekerja keras.
  • Sering mengkonsumsi obat tanpa resep dokter, Beberapa jenis obat mengandalkan hati sebagai organ pemetabolisme utamanya, sehingga hati akan bekerja lebih berat saat kalian meminum beberapa jenis obat ini. Umumnya tak akan masalah jika obat yang dikonsumsi sesuai dengan resep dokter namun jika pemakaiaannya tidak dengan resep dokter dan mengkonsumsi dengan dosis yang berlebih serta penggunaan yang berkepanjangan secara sembarangan, dapat memberikan resiko terjadinya kerusakan hati. Jadi kalian harus selalu pastikan untuk selalu mengkonsumsi obat sesuai anjuran dokter ya!.
  • Gula berlebih, Nah yang suka makan di warteg, minumnya pakek teh manis ataupun yang sering jajan permen yang kandungan gulanya sangat tinggi harus hati-hati nih! Karena ternyata para ahli kesehatan sudah memperingatkan tentang dampak konsumsi gula berlebih pada kehidupan sehari-hari. Ternyata mengkonsumsi gula yang berlebih akan membuat hati kita menjadi rusak dan terjadi penumpukan lemak pada hati.
  • Minuman beralkohol, Meminum minuman beralkohol secara berlebih ternyata menjadi penyebab kerusakan hari yang paling umum dan kebanyakan kasus kerusakan hati yang terjadi adalah pada mereka yang pecandu alkohol. Konsumsi alkohol yang berlebih menyebabkan kinerja hati menjadi berubah dan akan lebih terfokus untuk mengubah cairan alkohol menjadi cairan yang memiliki kadar bahaya lebih rendah. Nah jika kamu meminum alkohoh secara berlebih terus-menerus setiap harinya, akan menyababkan kerusakan permanen dan menyebabkan sirosis(luka pada hati) yang nantinya akan membuat hati kehilangan fungsinya, dan kalian pasti tau kan kalau hati sudah kehilangan fungsinya maka yang terjadi adalah?
  • Merokok, Kamu yang sudah terlanjur menjadi pecandu rokok sebaiknya segera berhenti untuk merokok sebelum terlambat nih. Sebagaimana yang kita tahu rokok adalah benda yang katanya nikmat namun sebenarnya adalah pembunuh paling kejam karena akan membunuh korbannya perlahan demi perlahan. Bukan hanya membunuh isi dompet namun juga dapat merusak organ dalam tubuh kita. Dalam kasus ini rokok dapat merusak hati karena bahan beracun dalam rokok dapat menyebabkan stres oksidatif bagi hati yang perlahan akan merusak hati.

5. Paru-Paru

photo via : dedaunan.com

Paru-paru adalah organ pada sistem pernafasan yang berhubungan dengan sistem peredaran darah. Paru-paru berfungsi untuk menukar oksigen dari udara dengan karbonmonoksida dari darah. Proses ini disebut dengan bernafas. Paru-paru memiliki fungsi yang sangat vital bagi tubuh karena melakukan pekerjaan yang sangat penting setiap hari. Paru-paru yang sehat dapat menyediakan oksigen dalam jumlah besar untuk darah. Ketersediaan oksigen yang cukup bagi tubuh dapat memberikan dampak bagus bagi tubuh agar dapat bekerja dan melakukan aktifitas dengan baik. Gaya hidup yang sehat dapat menjaga kesehatan paru-paru.

Untuk menjaga paru-paru agar selalu berfungsi dengan baik maka kamu harus menghindari beberapa hal berikut ini :

  • Berpergian dengan motor tanpa memakai masker. Banyak yang masih kurang menyadari jika penggunaan masker sama halnya dengan penggunaan helm jika berkendara. Padahal masker berfungsi untuk melindungi paru-paru dari polusi asap dan debu serta radikal bebas yang siap mencemari pernafasan dan merusak paru-paru.
  • Tidak memperhatikan gizi, seperti yang kita tahu bahwa sebagian besar pelosok dunia sudah terkena polusi udara yang cukup tinggi dan tentunya dapat merusak paru-paru. Untuk menyelamatkan paru-paru kita, kita harus memperhatikan gizi yang sesuai dan dibutuhkan oleh organ dalam kita seperti paru-paru. Mencukupi kebutuhan vitamin A yang kaya akan antioksidan tinggi dapat membantu menangkal radikal bebas dan meregenerasi sel paru-paru yang terkena zat toksin dan polutan.
  • Menggunakan cairan pembersih lantai, siapa sih yang menyangka jika benda yang dipercaya sebagail alat utuk membersihkan lantai rumahmu agar terlihat kinclong ternyata menyimpan hal yang berbahaya. Yup ternyata cairan pembersih lantai yang sering kamu gunakan itu dapat merusak paru-paru kamu loh!. Kandungan kimia yang terdapat didalamnya bisa menguap dan menimbulkan masalah pernafasan kronis hingga reaksi alergi.
  • Tidak mencuci tangan, siapa sih yang tidak pernah mendengar salah satu penyakit paru-paru yang sangat mematikan seperti Tuberkulosis (TBC)?. Dimana salah satu penyebab penularannya adalah melalui udara. Maka dari itu biasakan untuk mencuci tangan kalian hingga bersih sebelum menyentuh makanan atau setelah beraktifitas diluar rumah, apalagi habis menjenguk pasien dirumah sakit.
  • Merokok, setiap orang pasti tahu jika merokok dapat menyebabkan kesehatan organ dalam kita menjadi buruk, salah satunya adalah paru-paru. Maka dari itu berusahalah untuk berhenti merokok bagi mereka yang sudah terlanjur menjadi perokok aktif, dan bagi kalian yang ingin merokok segera kubur dalam-dalam keinginan itu ya. Serta bagi mereka yang statusnya perokok pasif pastikan kamu menjauh dari orang-orang yang sedang merokok agar paru-parumu terselamatkan.
  • Berada didalam mobil dengan ac yang menyala dalam waktu yang lama. Kalian semua pasti menginginkan suasana mobil kalian terasa sejuk dan nyaman dengan ac yang menyala ketika berkendara disiang hari yang panas. Namun kalian harus tahu nih karena ternyata berada didalam mobil dengan ac yang menyala dalam jangka waktu yang lama dapat membahayakan diri kita sendiri loh!. Ternyata dengan ac yang terus menyala dapat memudahkan penyebaran microorganism dan bakteri yang menyebabkan gangguan pernafasan dan paru-paru. Untuk itu, pastikan jaga kebersihan mobil dan nyalakan AC mobil secukupnya.

6. Mata

photo via : www.health.com

Mata adalah salah satu dari panca indra yang memiliki fungsi penting dalam kehidupan kita. Dengan mata kita bisa dengan leluasa melakukan aktifitas sehari-hari tanpa takut dengan kegelapan. Dengan adanya mata kita dapat melihat benda-benda ataupun hal-hal yang terjadi disekitar kita. Namun jika kesehatan mata menurun makan segala aktifitas kita sehari-hari otomatis juga akan terpengaruh. Untuk itu kita harus selalu menjaga kesehatan mata agar selalu sehat.

Berikut beberapa hal yang dapat merusak kesehatan mata yang harus kamu hindari :

  • Membaca dan menonton sambil tiduran
    Membaca dan menonton sambil tiduran memang menyenangkan dan sangat santai, namun ternyata membaca dan menonton sambil tiduran dapat merusak mata perlahan demi perlahan. Membaca dalam keadaan tidur membuat kita susah mengatur jarak mata yang baik dengan buku sehingga menyebabkan mata lelah dan pegal yang akhirnya merusak mata.
  • Membaca dengan cahaya yang redup
    Sepertinya ada banyak peraturan dalam membaca gar mata tetap sehat nih! kali ini pastikan kalian tidak membaca dengan keadaan cahaya yang redup karena bisa mengakibatkan mata lelah. Ini karena lensa mata kita dipaksa untuk menebal atau menipis serta pupil mata dipaksa mengembang. Jika ini terus menerus kita lakukan, maka mata kita cepat rusak. Sebaliknya, jika membaca di bawah cahaya yang terlalu terang juga tidak baik karena dapat menyilaukan mata.
  • Membaca saat diperjalanan
    Kebiasaan membaca saat berada di atas mobil atau kendaraan lainnya adalah kebiasaan yang tidak baik. Guncangan dari kendaraan bisa membuyarkan fokus kita saat membaca dan mata kita harus kembali menyesuaikan dengan gerakan yang terjadi secara berulang-ulang.
  • Lensa kontak yang tidak bersih
    Ada yang suka makek lensa kontak gak nih?? Jika ada pastika lensa kontak kalian tetap terjaga kebersihannya ya!, karena lensa kontak yang kotor dapat membuat mata iritasi serta mata merah.
  • Mengucek mata
    Tanpa kita sadari kita sering mengucek mata ketika terasa gatal, padahal mengucek mata ternyata dapat merusak lapisan kornea. Tidak hanya itu, mengucek mata juga dapat menyebabkan kerutan halus disekitar mata yang timbul karena pembuluh darah yang ada dimata merasa terganggu dengan aktifitas mengucek mata.
  • Melihat layar komputer dan smartphone terlalu lama
    Sebagaimana yang kita tahun radiasi pada komputer dan smartphone yang kita lihat setiap harinya dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan mata kelelahan, gangguan mata serta penyakit mata lainnya. Memandang komputer atau smartphone kalian terlalu lama juga dapat membuat kita jarang untuk berkedip sehingga membuat mata menjadi kering.
  • Kurang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran
    Pastikan asupan makanan kalian setiap hari mengandung vitamin yang diperlukan untuk mata maupun untuk tubuh yang lainnya.
    Buah-buahan, khususnya buah-buahan yang mengandung vitamin A, dan sayuran kaya akan vitamin yang bisa menutrisi mata. Jika tidak, kondisi mata akan cepat menurun.
  • Tidak memakai kaca mata hitam
    Saat berada di tempat yang sangat terik dan sinar matahari terasa menyengat, radiasi UV akan berpengaruh buruk bagi mata, ditambah jika tidak memakai kacamata hitam sebagai pelindung. Hal itu bisa merusak mata.
  • Menyipitkan mata
    Kebiasaan menyipitkan mata karena pancaran sinar bisa mengacaukan kerja bola mata. Hal ini bisa menambah kerja lensa mata kita semakin keras dan tentunya berpengaruh buruk bagi kelangsungan kesehatan mata.

7. Telinga(Pendengaran)

photo via : www.netdoctor.co.uk

Telinga berfungsi untuk mendengar suara-sura yang ada disekitar kita, tanpa adanya telinga yang berfungsi sebagaimana mestinya hidup kamu tak akan pernah tahu seperti apa musik terdengar. Jadi sama seperti mata, telinga juga merupakan salah satu panca indra yang sangat penting bagi kehidupan kita.

Untuk itu mari kita menjaga telinga kita untuk selalu sehat dan selalu berfungsi dengan baik, berikut beberapa hal yang harus kamu hindari untuk mejaga telingamu tetap sehat!.

  • Menggunakan cotton bud
    Hampir setiap orang sering mengorek telinganya menggunakan cotton bud! Pada dasarnya penggunaan cotton bud agar telinga menjadi bersih, namun ternyata salah loh sobat!, karena sebenarnya kotoran telinga dapat bergerak keluar dengan sendirinya. Nah ketika cotton bud kontak dengan serumen atau kotoran yang tadinya keluar malah terhenti. Akibatnya kotoran yang ada di liang telinga cenderung lengket dan makin lama makin menggumpal.
  • Menggunakan metode ear candle
    Kebiasaan lain yang dapat merusak telinga adalah menggunakan metode ear candle untuk membersihkan kotoran telinga. Jika kamu pernah membersihkan telinga dengan cara ini, kamu pasti tahu jika kotoran yang keluar bisa sangat banyak. Namun kalian harus tahu cara kerja dari ear candle ini. Jadi cara kerja dari ear candle itu memang menguap tapi justru dia akan mengubah suhu di liang telinga. Telinga menjadi lembab dengan kondisi asam diubah suhunya, akhirnya bakteri yang tadinya normal di telinga berubah jadi merusak liang telinga.
  • Mengorek telinga dengan benda-benda asing
    Bagi kamu yang suka ngorek-ngorek telinga yang gatel menggunakan benda asing seperti boby pin, bulu ayam, dan sebagainya, pastikan untuk berhenti melakukannya karena menggunakan benda asing untuk membersihkan telinga malah dapat mengakibatkan gendang telinga terluka dan terinfeksi bakteri yang ada pada benda-benda asing tersebut.
  • Menggunakan earphone
    Mendengar musik melalui earphone memang digemari oleh kebanyakan anak muda jaman sekarang, karena memang ampuh untuk mengusir bosan. Apalagi jika yang didengar adalah musik favorit kalian, dengan otomatis biasanya kalian akan mengeraskan volumenya. Namun kalian harus tahu nih semakin besar volume dan semakin lama waktu memakainya, resiko gangguan pada pendengaran meningkat, baik bersifat sementara maupun permanen.
  • Berenang tanpa ear plug
    Kalian yang suka berenang ada baiknya jika selalu menggunakan ear plug saat masuk ke dalam air. Karena jika telinga kemasukan air dan terus didiamkan maka telinga akan menjadi tempat favorit jamur dan bakteri jahat berkembang biak, yang selanjutnya akan berubah menjadi infeksi telinga.
  • Mendengar suara yang keras
    Mendengar suara yang keras apalagi mendengar musik-musik favorit memang sangat menyenangkan apalagi dengan musik yang keras kamu dapat melampiaskan rasa penatmu. Namun mendengar suara-suara atau musik yang terlalu keras secara terus menerus bisa membuatmu semakin dekat kata tuli.

8. Pita Suara

photo via : phys.org

Pita suara merupakan organ tubuh yang sangat penting karena dapat menghasilkan suara untuk berinteraksi dengan orang lain, tetapi sayangnya kesehatannya kurang begitu diperhatikan, bahkan cenderung dilupakan. Ada beberapa kebiasaan yang kita lakukan yang secara tak sadar dapat melukai pita suara.

Untuk itu hindari beberapa kebiasaan buruk berikut ini yang dapat membahayakan pita suara :

  • Berteriak
    Kamu yang suka marah-marah dengan berteriak sampai suara serak, harus mengurangi kebiasaan satu itu ya! karena berteriak dapat merusak lapisan pita suara. Ketika sedang berteriak, otot-otot di tenggorokan akan mengencang dan pernapasan menjadi dangkal karena ketegangan yang berlebihan. Jika kamu terus menerus berteriak meski suara telah serak dan tenggorokan kamu terasa sakit, hal ini dapat meningkatkan risiko kerusakan jangka panjang pada pita suara.
  • Berdehem
    Banyak orang yang memiliki kebiasaan berdehem setelah batuk atau untuk membersihkan tenggorokannya. Tetapi jika kamu terlalu sering berdehem dan terlalu kuat, hal itu juga dapat mengakibatkan kerusakan pita suara. Daripada berdehem, lebih baik mencoba untuk mengistirahatkan tenggorokan yang terasa kering dan gatal dengan minum air.
  • Refluks asam
    Refluks asam yaitu mengalirnya asam lambung naik ke kerongkongan dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada tenggorokan dan kadang-kadang menyebabkan gangguan suara. Untuk mengurangi refluks asam, jangan terburu-buru ketika makan agar makanan dapat tercerna dengan baik dan menghindari makan tepat sebelum tidur.
  • Nada bicara yang dibuat berat
    Seseorang kadang akan menekankan nada berbicaranya agar terdengar lebih garang, agresif, berwibawa, atau dengan tujuan mengundang reaksi negatif dari orang lain. Tetapi hal ini dapat membuat pernapasan menjadi dangkal ketika laju berbicara semakin berat dan cepat, sehingga dapat melukai pita suara.
  • Bernyanyi dengan teknik neck voice
    Jika kamu adalah seorang penyanyi pop, jazz, dangdut, melayu, rock, blues, RnB, dll yang cenderung menggunakan neck voice, mulai sekarang cobalah untuk belajar teknik “head voice” agar pita suara kamu tidak cepat aus atau dalam beberapa kasus malah sampai rusak permanen.

9. Punggung

photo via : www.futuready.com

Punggung berfungsi sebagai tempat tumpuan badan ketika duduk. Ketika punggung sakit, dudukpun akan terasa tidak nyaman. Ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan punggung menjadi sakit seperti berikut ini :

  • Terlalu lama duduk
    Posisi duduk memberikan tekanan 40 persen lebih besar pada tulang belakang dibandingkan posisi berdiri. Seseorang biasanya mempertahankan posisi duduknya jika sedang sibuk bekerja sehingga tidak bisa beristirahat atau melakukan peregangan. Tapi melewatkan waktu istirahat bisa menyebabkan punggung makin menderita. Semakin lama otot punggung akan melemah jika tidak digunakan, sendi menjadi tidak aktif dan kehilangan pelumasan.
  • Mengemudi dalam perjalanan panjang
    Sama seperti duduk, mengemudi terlalu lama bisa memberikan tekanan pada otot-otot dada dan bahu. Karena itu sakit punggung bisa menjadi keluhan utama dari seseorang yang sering melakukan perjalanan panjang. Untuk itu perhatikan sikap duduk yang benar saat mengemudi.
  • Sering membawa tas yang berat
    Ketika seseorang membawa tas yang berat, maka bahu akan menjadi tidak seimbang dan membuat tulang belakang menjadi tidak beraturan. Melakukan hal ini setiap hari akan menyebabkan otot terasa sakit.
  • Tidak pernah mengganti kasur yang digunakan
    Sebuah kasur hanya akan berfungsi dengan baik selama 9-10 tahun, karena itu jika kasur tidak pernah diganti akan membuat seseorang bangun tidur dengan rasa sakit di punggungnya.
  • Menggunakan high heels dalam waktu yang lama
    Sepatu dengan hak tinggi memaksa seseorang untuk melengkungkan punggungnya dan membuat otot-otot tulang belakang bekerja lebih keras. Selain itu mendistribusikan berat badan yang tidak merata juga menyebabkan rasa sakit.
  • Sering memendam rasa marah
    Peneliti dari Duke University Medical Center mengamati bahwa seseorang yang mengalami sakit punggung kronis lebih sering memendam kemarahan, kebencian dan depresi. Peneliti James W. Carson, PhD menuturkan antara emosi, ketegangan otot dan pikiran bisa secara langsung berhubungan dan mempengaruhi sinyal dari rasa sakit.
  • Terlalu lama menonton televisi
    Dalam sebuah studi yang dilakukan peneliti Norwegia didapatkan orang yang duduk di depan teelvisi atau komputer selama 15 jam atau lebih dalam seminggu, memiliki kemungkinan 3 kali lipat lebih besar mengalami sakit punggung dan pinggang. Hal ini disebabkan orang tersebut duduk dengan posisi membungkuk selama berjam-jam.
  • Sering meregangkan otot punggungnya hingga berbunyi “kletek”
    Jika seseorang merasa pegal, seringkali meregangkan punggungnya hingga terdengar bunyi “kletek”. Hal ini tidak bisa menstabilkan otot, melainkan berkontribusi terhadap rasa nyeri dan juga ketidakseimbangan pusat atau poros tengah. Selain itu tekanan yang berlebihan bisa mengakibatkan tulang belakang melengkung ke depan yang berbentuk mirip huruf C.

10. Tulang Dan Otot

photo via : journal.20fit.co.id

Menjaga kesehatan tulang sejak dini adalah salah satu hal yang tidak boleh kalian sepelekan. Karena menurut para ahli melemahnya tulang seperti osteoporosis terjadi pada usia-usia senja, maka dari itu jika ingin terhindar dari yang namanya osteoporosis saat kamu tua nanti, ada baiknya mulai dari sekarang kita menjaga kesehatan tulang dan otot, serta menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat merusaknya.

Seperti beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak tulang dengan cepat berikut ini :

  • Minuman beralkohol
    Sering meminum minuman beralkohol dapat menyebabkan hilangnya setidaknya 2% massa tulang kamu dari waktu ke waktu dalam satu tahun. Alkohol juga mengganggu penyerapan kalsium dan vitamin D, yang keduanya diperlukan untuk pembentukan tulang. Selain itu, mengonsumsi alkohol yang berlebihan dapat menghancurkan osteoblas yaitu sel-sel tulang yang membentuk lapisan tulang baru.
  • Rokok
    Bahan dalam asap rokok dapat mengganggu siklus alami dari kesehatan tulang. Merokok dapat menghalangi pembentukan tulang baru dan juga menyebabkan tulang yang lama menjadi memecah lebih cepat. Akibatnya, tulang menjadi lemah dan rapuh.
  • Kurang berolahraga
    Jika kamu orangnya yang tidak suka beraktifitas fisik seperti olahraga maka kamu sudah membahayakan kelangsungan nasib tulang-tulangmu. Kurangnya latihan fisik dapat melemahkan otot-otot dan mengekspos otot-otot tersebut untuk luka fisik.
  • Kekurangan vitamin D dan kalsium
    Kekurangan vitamin D dan penyerapan kalsium yang minim dapat merusak dan mengganggu pertumbuhan tulang. Kalsium dalam tubuh bila sampai berkurang jumlahnya, maka kalsium dalam tulang akan dimobilisasi untuk dibawa ke tubuh. Akibatnya, tulang menjadi rapuh.
  • Konsumsi banyak kafein
    Mengonsumsi kafein berlebihan akan mengurangi kepadatan tulang. Kafein menyebabkan ginjal mengeluarkan kalsium dalam tubuh. Akibatnya bila tubuh kekurangan kalsium, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang, yang akan membuat tulang kekurangan kalsium sehingga rapuh.
  • Konsumsi banyak soda
    Kandungan asam fosfat dalam soda akan membuang kalsium dari tubuh dan tulang sehingga mengganggu kepadatan tulang.

 

Recent search terms:

Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >