Selain Naik Haji Ke Mekah, Kamu Akan Menyesal Kalau Gak Kunjungin Tempat Ini, Wisata Religi Muslim Terbaik Di Dunia

    Unik, Traveling
Iklan

Liburan dan tempat wisata yang asyik adalah beberapa hal yang membuat siapa saja akan bersemangat untuk melepas penat sejenak dan menghibur diri. Banyak wisata di dunia ini yang menyajikan konsep wisata air, wisata ekstrim, wisata kuliner, hingga wisata sejarah. Berbicara mengenai sejarah, salah satu wisata sejarah yang paling diminati oleh umat muslim selain museum, adalah wisata religi yang kental akan sejarah perjalanan para Nabi atau perjuangan kaum muslimin. Berwisata ke kota-kota yang penuh dengan jejak para nabi atau perjuangan kaum muslim bisa menghadirkan kepuasan berbeda. Selain mendapat kesenangan, bisa sekaligus menyelami sejarah Islam. Berikut beberapa destinasi kota wisata religi yang suatu saat wajib kalian kunjungi.

1. Iskandariyah (Mesir)

Photo Via : www.republika.co.id

Photo Via : www.skyscrapercity.com

Kota Iskandariyah yang terdapat di mesir ini sering disebut The Pearl Of Mediterranean, karena terletak 225 kilometer dari kairo. Di kota ini terdapat masjid Attarine yang semula gereja dan kemudian diubah menjadi masjid ketika arab berkuasa. Terdapat Masjid Abu Al-abbas-Mursi yang merupakan masjid terbesar di kota itu, memiliki menara tinggi dan empat kubah. Ada juga benteng Qaitbay yang dibangun sultan Qaitbay pada tahun 1480 dan perpustakan Universitas Iskandariyah yang merupakan perpustakaan super besar dan tertua.

2. Amman (Yordania)

Photo Via : notwithoutmypassport.com

Photo Via : www.alamy.com

Jika kalian ingin berwisata sambil napak tilas jejak-jejak para Nabi, maka kota ini adalah salah satu pilihan yang tepat. Di kota ini kalian bisa menemukan peninggalan Nabi Musa dan Nabi Syuaib. Obyek wisata yang dapat anda kunjungi adalah benteng Grand Hussain Mosque dan King Abdullah Mosque. Di pinggiran kotanya, Jubeha, terdapat makam Abdurrahman ibn Awf Al Zuhri. Makam muazin Nabi Muhammad SAW, Bilal ibn Rabbah dan gua kahf alraqim yang disebut dalam Al-Quran ada di kota ini.

3. Karak (Yordania)

Photo Via : www.citiestips.com

Photo Via : www.rojakdaily.com

Masih di Negara yang sama, namun kali ini di kota yang bernama Karak. Jejak-jejak nabi sulaiman ada dikota ini, tepatnya di sirka. Di daerah inilah Nabi Sulaiman tinggal cukup lama, yaitu dikota yang terkenal dengan kastilnya dan menjadi lokasi perang mutah pada 629 Masehi. Disini juga terdapat makam anak angkat Rasulullah, Zaid bin Haritsah.

4. Granada (Spanyol)

Photo Via : marbellainstyle.com

Photo Via : www.alansvejk.com

Pesona masjid yang memukau beserta sejarahnya bisa kalian dapatkan disini. Letaknya disebelah selatan kota Madrid, ibu kota Spanyol. Disini pernah menjadi pusat ilmu keislaman terbesar dan merupakan salah satu mata rantai kebudayaan Islam ketika berada dibawah kekuasaan Bani Ahmar. Pada saat itu Bani ahmar membangun Istana Alhambra yang indah.

5. Kordoba (Spanyol)

Photo Via : www.ruralidays.fr 

Photo Via : www.colourbox.com

Selain Granada, Spanyol juga memiliki Kordoba sebagai wisata religi yang memiliki pesona tersendiri. Pada masa kekuasaan Muslim, Kordoba pernah menjadi ibu kota andalusia. Dan diabad 10 dan 11 kota ini menjadi pusat peradaban Eropa yang paling berpengaruh. Disini terdapat masjid kordoba, dan kemudian menjadi katedral kordoba pada 1236 dan menjadi pusat perhatian turis.

6. Istanbul (Turki)

Photo Via : uhdwallpapers4k.net

Photo Via : istanbulclue.com

Wisata religi muslim di dunia berikutnya adalah Istandbul, Turki. Kota ini dulu disebut Konstantinopel. Namanya diubah saat kerajaan Ottoman di bawah pimpinan Sultan Mahmud II berhasil menguasainya dan kemudian menjadikan ibukota kerajaan. Istanbul bermakna kota islam. Sejumlah bangunan menjadi saksi kejayaanya, seperti hagia sophia, bangunan berarsitektur bizantium itu merupakan gereja yang diubah menjadi masjid dan sekarang sebagai museum. Selain itu, terdapat Topkapi palace, istana raja yang didalamnya menyimpan pedang Nabi Muhammad SAW dan perangkat lainnya.

7. Kairo (Mesir)

Photo Via : www.godayuse.com

Photo Via : www.beautifulmosque.com

Kota yang dikenal dengan sebutan seribu menara ini, menjadi rujukan menimbang ilmu bidang agama islam. Daerah yang kental dengan nuansa islam adalah central kairo. Ada universitas Al-Azhar dengan masjid tertua di Kairo. Selain itu terdapat sejumlah masjid dan monumen, diantaranya masjid dan madrasah sultan hasan, masjid alraifil, Mausoleum of the saha, menara spiral, masjid Alabster dan benteng.

8. Karbala (Irak)

Photo Via : imgur.com

Photo Via : www.pinterest.com

Kota ini terletak sekitar 100 meter dari Baghdad ibu kota irak. Kawasan karbala tua menjadi tujuan, karena terdapat makam Mashad Al husain, cucu Nabi Muhammad SAW, Hussain Bin Ali.

9. Yerussalem (Israel)

Photo Via : interactive.aljazeera.com

Photo Via : www.wolmfortmyersfl.net

Masjid Al-Aqsa dan Masjid Qubbat As-Sakhrakh atau Dome of the Rock menjadi tujuan wisata religi umat muslim dunia. Masjid Al-Aqsa menjadi bagian penting dalam peristiwa Isra Miraj.

10. Abu Dhabi (Arab Saudi)

Photo Via : www.accsal.com

Photo Via : www.bursa.com.sa

Masjid yang terletak di Abu Dhabi ini menjadi incaran wisatawan karena arsitektur yang dimilikinya. Sheikh Zayed Grand Mosque adalah masjid yang menggabungkan arsitektur tradisional dan desain modern. Pembangunan Masjid Agung Sheikh Zayed merupakan gagasan dari pendiri Negara UEA, Sheikh Zayed Al Nahyan sebagai bagian dari mimpinya memimpin rakyat UEA dari sebuah Negara berkembang tradisional menjadi sebuah Negara maju yang modern. Pintu utamanya terbuat dari bahan kaca setinggi 12,2 meter dan lebar 7 meter memiliki berat mencapai 2,2 ton. Dinding sisi luar dihias dengan mozaik kaca berlapis emas. Masjid ini juga memiliki 82 kubah yang dihiasi batu pualam putih

Facebook Comment

similar posts