15 Tempat Wisata di Sumba Terbaru dan Lagi Hits yang Harus Kamu Kunjungi

3 minggu, by blogunik

Tempat wisata Sumba terbaru

Tak banyak yang tahu kalau pesona yang dimiliki oleh Pulau Sumba mampu membuat kita lupa akan Bali dan Lombok. Ya, pulau misterius dan “liar” yang terletak di Nusa Tenggara Timur sebelah barat daya Flores ini memang menyajikan pesona alam yang indah, mempesona dan juga anti mainstream. Tempat wisata di Sumba ini akan menawarkan pengalaman wisata yang berbeda. Pasalnya wisata Sumba menyimpan banyak keseruan dengan beragam tempat eksotis yang dapat di eksplore. Salah satunya melihat keberadaan pohon tengkorak di beberapa desa dimana kepala yang terpenggal dipajang dan dipertontonkan.

Meski terdengar sedikit menyeramkan, namun Sumba juga menyajikan hamparan padang rumput dan perbukitan batu kapur yang menawan dan memberi nuansa tersendiri. Selain itu, kamu juga bisa menjumpai desa-desa tradisional yang dibangun di atas puncak bukit dan dilindungi oleh dinding batu bersejarah.

Meskipun lokasinya cukup jauh di bagian timur Indonesia, namun Sumba bisa menjadi tujuan wisata yang tepat buat kamu yang suka berburu tempat-tempat wisata yang masih alami. Sebagai rekomendasi, berikut 15 tempat wisata di Sumba terbaru dan lagi hits yang wajib kamu kunjungi!

15 Tempat Wisata di Sumba Terbaru

1. Bukit Wairinding

Tempat Wisata Terbaik Sumba

photo via instagram.com/srih968

Tempat wisata di Sumba yang belakangan lagi hits dikalangan wisatawan adalah Bukit Wairinding. Bukit ini terkenal dengan pemandangannya yang begitu mempesona. Wairinding ini dikenal juga dengan nama Bukit Persahabatan. Lanskap Wairinding ini sangat mirip dengan daerah perbukitan yang ada di New Zealand dan Afrika. Kamu akan disajikan dengan perbukitan yang saling bersaling-silang menciptakan formasi yang megah dengan balutan rumput hijau yang memanjakan mata. Suhu udara di Bukit tempat wisata Sumba ini juga sangat sejuk karena berada diketinggian. Cocok buat kamu yang ingin ketenangan. Tak hanya itu, Bukit Wairinding juga begitu hits sebagai tempat wisata yang instagramable. Ada dua aktivitas menarik yang tidak boleh dilewatkan ketika berada di Bukit Wairinding yaitu, melihat momen matahari terbit, dan juga momen matahari tenggelam.

Lokasi : Desa Pambotanjara, Kecamatan Pandawai, Sumba Timur.

2. Pantai Nihiwatu

Tempat Wisata Terbaik Sumba

photo via goodnewsfromindonesia.id

Tak kalah dari pantai yang ada di Bali ataupun Lombok, Sumba juga memiliki wisata pantai terbaik bernama Pantai Nihiwatu. Bahkan pantai ini berada di peringkat ke 17 dari 100 pantai terbaik di dunia dan satu-satunya pantai di Indonesia yang terpilih menjadi pantai terbaik di Asia, seperti yang dikutip dari situs Katalog Wisata. Hanya saja untuk sampai di pantai indah ini, dibutuhkan waktu tempuh yang cukup panjang.

Meski begitu, Pantai Nihiwatu memiliki pemandangan air laut yang biru nan bersih dengan pasir putih yang indah. Bagi kalian yang gemar melakukan selancar, pantai ini wajib ada di daftar tempat untuk dikunjungi. Karena tak hanya menawarkan pemandangan yang menakjubkan, pantai ini menjadi salah satu surga bagi para surfer dunia untuk mencoba keganasan ombak pantai tersebut.

Sayangnya pantai ini merupakan pantai privat bagi kalangan tertentu. Kalian harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk menikmati keindahan pantai ini beserta fasilitas kelas dunia yang ditawarkan.

Lokasi : Nihiwatu, Hoba Wawi, Wanokaka, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.

3. Pantai Mangrove Walakiri

Tempat Wisata di Sumba Terbaru dan Lagi Hits

photo via wisatamilenial.com

Selanjutnya ada Pantai Mangrove Walakiri yang merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Sumba yang wajib kamu kunjungi. Walakiri menyajikan pemandangan yang menakjubkan dengan hamparan pantai berpasir putih yang indah dengan ombak lembut, pohon kelapa dan bakau kerdil yang membuat pemandangan pantai menjadi lebih unik. Jika biasanya pohon bakau tinggi menjulang, di Pantai Walakiri ukurannya lebih mungil. Letaknya yang saling berjauhan justru membuat pohon bakau di Pantai Walakiri semakin menarik sekaligus membuat suasana terasa asri dan sejuk. Pantai Mangrove Walakiri juga menjadi spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbit dan matahari terbenam.

Lokasi: Watumbaka, Pandawai, Watumbaka, Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

4. Danau Weekuri

Tempat Wisata Terbaik Sumba

photo via pegipegi.com

Danau Weekuri menjadi buruan wisatawan selanjutnya saat berkunjung ke Sumba lantaran menawarkan pemandangan indah bak surga dunia. Danau Weekuri merupakan danau air asin, berasal dari air laut yang menembus batu karang yang mengelilingi danau, sehingga dinamakan dengan Weekuri dimana dalam bahasa Sumba berarti air percikan.

Warna air Danau Weekuri bening kehijauan sehingga membuat danau ini sangat indah. Tak hanya itu, danau satu ini juga dikelilingi oleh batuan cantik. Mulai dari batuan gua yang membentuk stalaktit hingga stalagmit. Selain itu ada juga batuan karang yang ditumbuhi oleh tumbuhan seperti kaktus. Kedalaman Danau Weekuri berkisar antara 30 cm hingga 2,5 meter, tapi saat air sedang pasang bisa mencapai 5 m. Menariknya, pengunjung bisa mengapung tanpa harus menggunakan pelampung saat berenang di danau ini.

Lokasi : Desa Kalena Rongo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur

5. Desa Ratenggaro

Tempat Wisata di Sumba Terbaru dan Lagi Hits

photo via instagram.com/eastnesiatrip

Buat kamu yang ingin merasakan kehidupan zaman dulu, maka kamu bisa berkunjung ke Desa Ratenggaro. Desa Ratenggaro merupakan sebuah desa adat yang bisa dikunjungi dan dijadikan objek wisata budaya yang wajib dikunjungi. Berkunjung ke Desa Ratenggaro akan membuat kamu merasa seperti kembali ke zaman megalithikum. Hal ini dikarenakan pada saat berkunjung wisatawan bisa mendapati kuburan batu tua yang ada di area perkampungan.

Rumah adat yang berada di Desa Ratenggaro ini memiliki bentuk cukup menarik dimana terdapat menara menjulang setinggi 15 meter sebagai ciri khasnya. kemudian, atapnya terbuat dari jerami dengan ketinggian berdasar status sosial pemiliknya. Warga Desa Ratenggaro ini masih memegang teguh dan melestarikan adat dan tradisi peninggalan leluhurnya terbukti dari masyarakatnya yang masih menganut tradisi Marapu sama seperti kampung-kampung lain di Kabupaten Sumba Barat Daya pada umumnya.

Keunggulan Desa Ratenggaro lainnya adalah letaknya yang berdekatan dengan Pantai Ratenggaro. Sehingga kamu akan disajikan dengan pemandangan menarik dari perpaduan eksotisnya laut dengan uniknya rumah adat setempat. Warga di kampung adat Ratenggaro juga menawarkan jasa menunggang Sandelwood, kuda khas Sumba ketika ingin mengitari pesisir pantai, atau untuk mengelilingi rumah adat satu per satu dalam kampung tersebut.

Lokasi : Desa Umbu Ngedo, Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

6. Kampung Tarung

Tempat Wisata Terbaik Sumba

photo via potret123.com

Tak hanya Desa Ratenggaro, di Sumba, kamu juga bisa berkunjung ke Kampung Tarung yang akan membawamu kembali ke masa lalu. Bentuk rumah-rumah di kampung ini mirip dengan yang ada di Desa Ratenggaro. Rumah panggung dengan atap jerami yang sepenuhnya dibuat dari bahan alami, seperti bambu dan akar.

Rumah tradisional di kampung Tarung ini diberi nama Uma dimana lokasinya sangat menarik yakni di puncak bukit menghadap ke kota Waikabubak menghasilkan pemandangan lembah bukit serta kota Waikabubak yang menawan.

Rumah-rumah di Kampung Tarung juga tersusun rapi mengelilingi alun-alun desa. Tak hanya itu di Kampung ini kamu juga akan menjumpai makam megalitik, sebuah kuil Marapu, dan sebuah tiang di mana mereka dulu menggantung kepala musuh.

Lokasi : Wailiang, Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur

7. Air Terjun Tanggedu

Tempat Wisata di Sumba Terbaru dan Lagi Hits

photo via instagram.com/nusatrip.co.id

Tempat wisata terpopuler di Sumba berikutnya adalah Air Terjun Tanggedu yang juga dikenal dengan sebutan The Twin Canyon Tanggedu. Air terjun ini memiliki bebatuan yang berlapis-lapis dan menyerupai ngarai sehingga memberikan panorama yang unik dan memanjakan mata. Wisata air terjun terbaik di Sumba ini memiliki dua sumber air yang berbeda yang menyebabkan warna air berbeda.

Letak Air Terjun Tanggedu bisa dibilang cukup tersembunyi lantaran cukup sulit untuk dijangkau, karena ada beberapa tebing karang yang perlu dilalui dengan rute naik turun serta berliku. Meski begitu setibanya di lokasi wisata semua lelahmu akan terbayar dengan pemandangan air terjun yang masih alami, eksotis dan menakjubkan.

Lokasi : Ndapayami, Kanatang, Ndapayami, Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

8. Air Terjun Koalat (Desa Maidang)

Tempat Wisata Terbaik Sumba


photo via instagram.com/mas.indraena

Tempat wisata terpopuler di Sumba yang wajib kamu kunjungi berikutnya adalah Air Terjun Koalat yang terletak di Desa Maidang, Kecamatan Kambatta Mapambuhangu. Untuk mencapainya, kamu harus menenmpuh jarak kurang lebih 70 Km dari pusat kota Waingapu. Air Terjun Koalat memiliki ketinggian yang bisa dibilang cukup rendah dan ramah bagi pendaki pemula, meski begitu, aliran airnya cukup deras.

Menariknya terdapat formasi bebatuan yang unik disebabkan oleh aliran air sehingga menciptakan kolam-kolam air yang tenang layaknya jacuzzi alami yang bisa kamu manfaatkan untuk berendam dan bermain air. Tak hanya itu, kamu juga bisa berfoto selfie dengan panorama alam yang cantik nan indah sebagai latarnya. Pasalnya disekitar air terjun ini juga dikelilingi oleh pepohonan yang sangat rindang dan cocok untuk dijadikan tempat berteduh.

Lokasi : Desa Maidang, kecamatan Kambatta Mapambuhangu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

9. Air Terjun Kanabu Wai

Tempat Wisata di Sumba Terbaru dan Lagi Hits

photo via instagram.com/mas.indraena

Air terjun di Sumba yang tak kalah indahnya dari wisata air terjun di lainnya adalah Air Terjun Kanabu Wai. Airnya mengalir keluar dari beberapa celah di hamparan dinding batu yang luas, dengan vegetasi tumbuh di antaranya. Bahkan dibeberapa spot, airnya akan terlihat seperti keluar dari celah semak-semak yang hijau. Tak hanya itu, di bagian bawah juga terdapat undakan batu yang menciptakan pemandangan yang sangat menawan. Menariknya di sekitar tempat wisata ini ada juga beberapa kolam alami yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk berenang atau mungkin hanya bermain air. Namun karena masih sangat alami, air terjun ini sangat sulit untuk dijangkau sehingga hanya cocok untuk mereka yang benar-benar berjiwa petualang.

Lokasi : Desa Waikanabu, Kecamatan Tabundung, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

10. Air Terjun Waikelo Sawah

Tempat Wisata Terbaik Sumba

photo via harmoniindonesia.com

Satu lagi wisata air terbaik di Sumba yang sayang jika dilewatkan adalah Air Terjun Waikelo Sawah. Waikelo Sawah merupakan air terjun terbesar di koya ini dimana dulunya adalah bendungan yang dirancang oleh Camat Lele Umbu Zogara untuk tujuan irigasi dan pembangkit listrik pada 1976. Namun seiring berjalannya waktu, bendungan ini menjadi destinasi favorit untuk dikunjungi karena lebih mirip gua alami dengan aliran air yang jernih.

Bendungan ini memiliki bentuk yang besar dan menawarkan pesona alam unik. Stalaktit yang ada di langit-langit gua menambah keindahannya. kamu bisa berenang dan menikmati dinginnya air yang jernih dan mengalir dari mulut gua. Lokasi Air Terjun Waikelo Sawah yang berada di kaki bukit dengan dikelilingi pepohonan rimbun dan sawah-sawah penduduk setempat, menjadikan suasana di Waikelo Sawah ini sangat teduh dan menyegarkan.

Lokasi : Waikelo Sawah, Tema Tana, Wewewa Tim., Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur

11. Bendungan Kambaniru

Tempat Wisata di Sumba Terbaru dan Lagi Hits

photo via nusantarabicara.id

Bendungan Kambaniru atau yang lebih dikenal Bendungan Lamba Napu oleh masyarakat setempat, merupakan sumber mata air yang mengalir indah di tengah-tengah perbukita hijau yang eksotik. Bendungan ini merupakan bendungan terbesar di Sumba Timur yang mampu mengairi lahan persawahan seluas hampir 1.440 hektar. Selain merupakan bendungan terbesar di Sumba Timur, daya tarik Bendungan Kambaniru juga terlihat dari keindahan latar belakang yang berupa jajaran perbukitan hijau asri.

Di atas aliran bendungan yang mengalir cukup deras juga terdapat sebuah jembatan besi yang membentang cukup panjang guna menghubungkan kedua desa setempat yang berada di sekitaran bendungan. Pengunjung dapat melintasi jembatan besi ini untuk sekedar melihat pemandangan aliran sungai dan jajaran perbukitan dari ketinggian. Selama perjalanan menuju Bendungan Kambaniru, kamu juga disuguhkan pemandangan hamparan sawah yang hijau dan luas yang akan memanjakan matamu.

Lokasi : Kelurahan Lamba Napu, Kecamatan Kambera, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

12. Savana Puru Kambera

Tempat Wisata Terbaik Sumba

photo via herjourneys.com

Tempat wisata terbaik di Sumba berikutnya yang wajib dikunjungi adalah Savana Puru Kambera. Savana Puru Kambera, juga dikenal sebagai suatu nama dari sebuah pantai yakni Pantai Puru Kambera di Sumba Timur.

Saat berada di Savana Puru Kambera, pengunjung akan mendapati panorama alam berupa savana berwarna kuning keemasan yang beratapkan birunya langit sehingga menjadikan suasana di sekitar lokasi mirip seperti di alam Afrika. Tak hanya itu saja, latar belakang hamparan biru laut dari kejauhan pun nampak kontras dengan warna kuning padang savana ketika musim kemarau dan hijau pada musim penghujan.

Saat berkunjung ke tempat ini kamu akan melihat beragam hewan seperti sapi, kambing, kuda, atau pun babi yang sengaja dilepaskan sehingga menambah kecantikan dan keeksotisan destinasi ini. Savana Puru Kambera kerap dijadikan destinasi utama bagi para pengunjung yang ingin melihat tingkah laku kuda liar Sumba di alam bebas. Jangan lewatkan untuk dapat berswafoto di tempat wisata Sumba yang instagramable satu ini.

Lokasi : Mondu, Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

13. Hamparan Bunga Sakura – Kampung Maudolung

Tempat Wisata di Sumba Terbaru dan Lagi Hits

photo via tripzilla.id

Sekarang kamu nggak perlu lagi jauh-jauh terbang ke Jepang hanya untuk melihat bunga Sakura, pasalnya, Sumba juga memiliki keindahan bunga sakura yang serupa dengan Jepang. Hamparan Bunga Sakura ini bisa kamu temukan di Sumba Timur tepatnya di Kampung Maudolung, Desa Hambapraing, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur. Di kampung ini kamu bisa menemukan hamparan bunga sakura yang tumbuh di sekitar rumah masyarakat setempat. Tak hanya tumbuh di sekitar rumah. Hamparan bunga sakura juga bisa kamu temukan di pinggir kiri dan kanan jalur pantura di Maudolung. Nah buat kamu yang ingin berswafoto dengan latar bunga sakura, kamu bisa berkunjung ke Kampung Maudolung pada bulan September hingga bulan Oktober. Pada bulan tersebut bunga sakura akan tumbuh dan bermekaran.

Lokasi : Kampung Maudolung, Desa Hambapraing, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

14. Taman Kincir Angin Maubokul

Tempat Wisata Terbaik Sumba

photo via travelingyuk.com

Spot foto instagramable di Sumba yang sayang jika dilewatkan adalah Taman Kincir Angin Maubokul. Taman Kincir Angin Maubokul awalnya merupakan sebuah pembangkit listrik tenaga angin yang dimiliki oleh Sumba Timur dan digunakan untuk memberi pasokan listrik untuk warga desa Kemanggih. Namun karena kolaborasi kincir angin dan indahnya bumi Sumba berpadu dengan sempurna, membuat tempat ini disulap menjadi tempat wisata instagramable terbaik di Sumba. Taman Kincir Angin Maubokul menyediakan banyaknya spot foto selfie yang bisa kamu eksplore untuk mendapatkan hasil foto yang instagenik. Jika sudah berada di sini, kamu akan merasa seperti sedang di negeri seribu kincir, Belanda. Jumlah kincir angin yang ada disini sangat banyak, sehingga menjadi keunikan tersendiri.

Lokasi : Moubokul, Kab. Sumba Timur, Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur.

15. Pulau Salura

Tempat Wisata di Sumba Terbaru dan Lagi Hits

photo via travel.trubus.id

Satu lagi tempat wisata Sumba yang wajib dikunjungi adalah Pulau Salura atau yang kadang disebut juga dengan Pulau Halura. Tempat Wisata Baru Di Sumba ini merupakan sebuah pulau cantik yang masuk kedalam Kecamatan Karera Kabupaten Sumba Timur. Pulau ini merupakan daerah terluar dari negara Indonesia dan menjadi wilayah perbatasan antara Indonesia dengan Australia atau sekitar 800 mil dari Australia.

Tak kalah dari pesona pulau eksotis lainnya, Pulau Salura terkenal dengan garis pantainya yang indah berwarna biru kehijauan sejauh mata memandang. Pasir putih pantai yang sangat tebal dan bersih dari sampah memanjakan siapapun yang bersantai disana. Pemandangan lepas pantai juga dihiasi oleh pulau kecil tak berpenghuni dan kapal-kapal milik nelayan setempat. Pulau Salura bisa menjadi pilihan liburan dengan keindahan yang tak kalah dari destinasi wisata lainnya di Pulau Sumba.

Lokasi : Kecamatan Karera, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur

Itu dia 15 tempat wisata terbaik, terbaru dan lagi hits di Sumba yang wajib kamu kunjungi saat liburan. Semua tempat wisata di Sumba ini menawarkan keindahan yang menakjubkan yang tentunya dapat menghilangkan stres dan cocok buat kamu yang ingin mendapatkan suasana liburan yang menenangkan.

+2
Artikel Terkait