Ini Lho Minuman Tradisional Indonesia Yang Enak Dan Menyehatkan

5 bulan lalu

Minuman tradisional Indonesia Sarabba

Negara Indonesia adalah negara kepulauan dangan 34 provinsi yang memiliki ragam budaya yang melimpah dibandingkan negara lain di dunia. Mulai dari adat-istiadatnya, bahasa daerah, makanan tradisional hingga minuman khas daerah guys. Maka dari itu, kamu harus bangga dan bersyukur karena bisa menikmati beragam budaya hingga kuliner yang ada di Indonesia ini. Nah ngomongin soal minuman khas daerah, dari Sabang sampai Merauke Indonesia ini memiliki minuman khas dengan ciri khas daerahnya masing-masing guys! Seperti Bandrek dan Bajigur yang merupakan mminuman khas Jawa Barat, atau seperti Bir Pletok yang merupakan minuman khas Betawi. Nah selain itu masih banyak lagi guys! kira-kira apa saja ya? Berikut Berbagai Minuman Tradisional Indonesia Yang Enak Dan Menyehatkan. Check it out guys!

1. Bajigur – Jawa Barat

Berbagai Minuman Tradisional Indonesia Yang Enak Dan Menyehatkan - Bajigur

photo via : www.instagram.com/jogjafoodranger

Minuman tradisional Indonesia yang enak sekaligus menyehatkan pertama adalah Bajigur guys! Minuman khas masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat ini merupakan minuman penghangat badan. Cocok diminum saat musim hujan ataupun saat kamu masuk angin. Minuman hangat ini dibuat dari campuran gula aren, dan santan yang ditambah dengan jahe, garam dan bubuk vanili. Minuman hangat ini akan terasa lebih nikmat jika diminum bersama camilan seperti kacang rebus, ubi rebus, klepon, gorengan, dan lain sebagainya.

2. Bandrek – Jawa Barat

Berbagai Minuman Tradisional Indonesia Yang Enak Dan Menyehatkan - Bandrek

photo via : resepkoki.id

Masih dari Jawa Barat guys! Kali ini minuman tradisional Indonesia yang enak sekaligus menyehatkan adalah Bandrek. Minuman satu ini cocok diminum saat begadang sebagai pengganti kopi guys! Bahkan manfaatnya lebih menyehatkan daripada kopi. Minuman khas Jawa Barat ini dipercaya bisa menambah tenaga dan stamina. Bandrek ini terbuat dari berbagai rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, pala, lada hitam, dan gula aren. Selain dapat menghangatkan badan, banyak yang percaya bahwa bandrek dapat meringankan sakit tenggorokan dan batuk dan sebagainya.

3. Wedang Uwuh – Yogyakarta

Berbagai Minuman Tradisional Indonesia Yang Enak Dan Menyehatkan - Wedang Uwuh

photo via : kagamatp.com

Selanjutnya ada Wedang Uwuh nih guys! Wedang Uwuh ini berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Minuman ini memiliki ciri khas berwarna merah, yang berasal dari kayu secang. Bahan-bahan minuman ini ialah pala, cengkeh, kayu manis, jahe, dan secang. Dari berbagai macam jenis wedang, wedang uwuh menjadi salah satu jenis yang unik, jika dilihat dari namanya. Wedang yang dalam bahasa Jawa artinya minuman, sementara uwuh sendiri artinya sampah. Namun jangan salah sangka, wedang uwuh ini bukan sembarang minuman sampah, tetapi sampah yang dimaksud di sini adalah dedaunan organik, yang tentunya mengandung banyak khasiat.

4. Bir Kotjok – Bogor

Berbagai Minuman Tradisional Indonesia Yang Enak Dan Menyehatkan - Bir Kotjok

photo via : travel.kompas.com

Nah selanjutnya ada bir Kotjok nih guys! Walaupun dibilang bir, namun minuman satu ini sama sekali tidak mengandung alkohol lho! Tak hanya non alkohol, minuman asal Bogor satu ini justru sangat menyehatkan lho. Itu karena minuman ini terbuat dari berbagai rempah-rempah seperti jahe merah, kayu manis, cengkeh, dan gula merah. Di Bogor sendiri bisa ditemukan di kawasan Suryakencana.

5. Bir Pletok – Betawi

Berbagai Minuman Tradisional Indonesia Yang Enak Dan Menyehatkan - Bir Pletok

photo via : ayammercon.com

Bir Pletok adalah salah satu minuman khas dari etnik betawi. Bir Pletok ini terbuat dari tumbuh tumbuhan rempah-rempah yang banyak tumbuh di negeri ini seperti jahe, pandan wangi, sereh, dan secang. Karena terbuat dari rempah-rempah, bir Pletok ini justru menyegarkan dan menghangatkan badan. Selain itu bisa dijadikan pelepas dahaga bila dengan di tambah batu es. Walaupun namanya bir, namun bir Pletok ini bebas alkohol kok!

6. Wedang Secang – Jawa Tengah

Berbagai Minuman Tradisional Indonesia Yang Enak Dan Menyehatkan - Wedang Secang

photo via : www.bukalapak.com

Selanjutnya ada wedang secang nih guys! Masih sama menggunakan kayu secang sebagai bahan utamanya, minuman tradisional khas Jawa Tengah ini memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh guys. Kayu secang sebagai bahan utama minuman ini mampu meredakan rasa sakit, melindungi oragan hati, memperbaiki dinding usus, sebagai antibiotik alami hingga sebagai penangkal radikal bebas. Wedang secang ini mampu memberikan rasa hangat ke tubuh saat cuaca dingin. Rasa hangat dari minuman ini didapat dari jahe yang sangat pas dinikmati saat cuaca dingin atau setelah lelah beraktivitas dan menempuh perjalanan jauh.

7. Sekoteng – Jawa Tengah

Berbagai Minuman Tradisional Indonesia Yang Enak Dan Menyehatkan - Sekoteng

photo via : http://www.klikhotel.com

Sekoteng adalah minuman khas Jawa Tengah yang dibuat dari air jahe yang biasa dihidangkan panas. Bahan lain yang biasanya dicampur ke dalam minuman sekoteng adalah kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, dan potongan roti. Di beberapa daerah seperti Malang, Sekoteng merujuk pada minuman yang bernama Angsle. Hanya saja, kalau angsle tidak memakai kuah air jahe tetapi kuah santan susu. Konon minuman ini merupakan singkatan dari “nyoKOT weTENG” yang artinya “menggigit perut”. Minuman ini memang terasa seperti menggigit perut karena memberikan rasa hangat.

8. Wedang Ronde – Jawa Tengah

Berbagai Minuman Tradisional Indonesia Yang Enak Dan Menyehatkan - Wedang Ronde

photo via : cookpad.com

Hampir mirip dengan Sekoteng, Wedang Ronde juga merupakan minuman tradisional khas Jawa Tengah. Wedang ronde adalah seduhan air jahe yang berisi bola-bola yang disebut ronde yang menjadi ciri khasnya. Biasanya disajikan dengan kacang yang sudah disangrai, kolang-kaling, dan potongan roti di dalam minuman tersebut. Rasa dari wedang ronde ini pedas manis namun enak dan menggugah selera. Minuman ini juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh karena terbuat dari jahe.

9. Wedang Jahe – Jawa Tengah

Berbagai Minuman Tradisional Indonesia Yang Enak Dan Menyehatkan - Wedang Jahe

photo via : www.tehsariwangi.com

Dari segala jenis wedang, pastinya wedang jahe satu ini yang paling sering kalian dengar bahkan kalian minum. Minuman tradisional khas Jawa Tengah yang sudah terkenal hingga keseluk beluk Indonesia ini dibuat dari bahan-bahan alami dan diolah dengan cara yang sederhana. Seperti namanya, Wdang Jahe ini hanya terbuat dari irisan jahe yang ditambah dengan gula merah. Wedang jahe ini terasa sangat nikmat dan bisa berfungsi untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin dan baik juga diminum saat sedang flu atau masuk angin.

10. Wedang Angsle – Jawa Timur

Berbagai Minuman Tradisional Indonesia Yang Enak Dan Menyehatkan - Wedang Angsle

photo via : www.pegipegi.com

Masih kategori wedang nih guys! Wedang Angsle yang merupakan minuman tradisional Jawa Timur ini terbuat dari air yang direbus bersama jahe, serai, dan gula Jawa. Minuman yang mirip dengan sekoteng karena memiliki isian yang mirip dengan sekoteng. Ada roti, kacang tanah sangrai, kacang hijau rebus, serta aroma daun pandan. Yang membedakan, angsle ditambahkan petulo (putu mayang), ketan putih kukus, dan tape singkong. Hal lain yang membedakan angsle dengan sekoteng adalah pada kuahnya. Jika kuah sekoteng hanya rebusan jahe, serai, dan gula Jawa, maka kuah angsle ditambahkan santan.

11. Jamu Jun/Jamu Coro – Semarang

Berbagai Minuman Tradisional Indonesia Yang Enak Dan Menyehatkan - Jamu Jun

photo via : www.instagram.com/jamujun

Jamu Jun atau Jamu Coro merupakan minuman khas kota Semarang. Di semarang minuman ini biasa di sebut sebagai Jamu Jun, sedangkan di wilayah Demak di sebut sebagai jamu coro. Jamu Jun merupakan minuman hangat yang terbuat dari rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, merica dan lain-lain. Rasanya pedas di tenggorokan, hangat dan menyegarkan tubuh. Walaupun disebut minuman namun jamu jun ini memiliki tektur yang kental seperti bubur. Jamu jun dibuat dari berbagai macam rempah, tepung beras ketan, santan, gula pasir, gula jawa, daun pandan, dan tentu saja air. Tepung beras ketan adalah komponen yang membuat minuman ini menjadi kental. Di dalam jamu jun ada bola-bola kecil mirip ronde, yang disebut krasikan. Krasikan terbuat dari beras ketan dan kelapa parut yang disangrai, kemudian dicampur dengan gula, santan dan vanili. Sehingga terasa manis, gurih dan harum. Warna krasikan tergantung pada jenis gula yang digunakan. Krasikan putih menggunakan gula pasir, dan krasikan coklat menggunakan gula jawa.

12. Limun Sarsaparilla – Yogyakarta

Berbagai Minuman Tradisional Indonesia Yang Enak Dan Menyehatkan - Limun Sarsaparilla

photo via : www.bukalapak.com

Minuman selanjutnya adalah Limun Sarsaparilla dari Yogyakarta guys! Minuman ini merupakan soda hasil dari fermentasi air tanaman sarsaparilla yang pertama di Pulau Jawa. Karena langkanya tanaman ini sehingga membuat minuman ini sulit ditemukan. Dan yang membuat istimewa dari minuman ini adalah karena rasanya yang unik dari soda pada umumnya. Minuman ini lebih segar disajikan dengan menambahkan es batu. Minuman ini diproduksi secara lokal di kota Yogyakarta.

13. Minuman Lahang – Pasundan

Berbagai Minuman Tradisional Indonesia Yang Enak Dan Menyehatkan - Minuman Lahang

photo via : http://vhadollindo.blogspot.com

Minuman tradisional Indonesia yang menyehatkan selanjutnya adalah Lahang. Lahang sendiri merupakan minuman isotonik yang terbuat dari cairan manis yang berasal dari tebu, bit, sorgum, mapel atau getah tandan dari aren, kelapa, kurma dan lainnya yang berasal dari keluarga palma. Proses mengolah lahang sendiri tidaklah mudah, karena harus melewati beberapa tahapan, pertama-tama cairan harus dikumpulkan dengan cara disadap bunga jantan dari pohon yang akan digunakan sebagai bahan baku lahang. Setelah terkumpul dan disimpan dalam bambu, lahang siap untuk dikonsumsi. Minuman isotonik tradisional khas Tanah Pasundan ini baik untuk menggantikan cairan tubuh, karbohidrat dan elektrolit tubuh.

14. Loloh Cemcem – Bali

Berbagai Minuman Tradisional Indonesia Yang Enak Dan Menyehatkan - Loloh Cemcem

Dari Pasundan kita terbang ke Bali guys! Di Bali yang terkenal dengan wisatanya ternyata memiliki minuman herbal juga lho! Minuman herbal di Bali tersebut dinamakan Loloh. Loloh ini bisa diartikan jamunya orang bali guys! Tapi loloh berbeda dengan jamu biasanya. Dimana minuman khas Bali ini identik dengan warna hijau. Di Bali, Loloh yang paling populer adalah loloh cemcem. Loloh ini memiliki rasa pedas, manis, asem dan asin dicampur menjadi satu dan mengandung daun Cemcem, maka dari itu disebut dengan loloh cemcem. Saat diminum, loloh ini biasanya dicampur dengan suwiran daging kelapa muda yang membuat rasanya semakin nikmat. Minuman ini dipercaya bisa membantu menurunkan tekanan darah dan melancarkan percernaan, serta baik juga untuk ibu menyusui.

15. Sarabba – Makasar

Minuman tradisional Indonesia Sarabba

photo via : ringkaskata.com

Selanjutnya ada Sarabba guys! Minuman khas Makasar ini merupakan minuman nusantara yang kaya rempah. Minuman ini dipercaya bisa memulihkan stmanima karena adanya kandungan kuning telur di dalamnya. Cocok diminum untuk mengusir masuk angin, mencegah flu, bahkan bisa jadi teman begadang saat lemburin tugas kuliah. Sarabba ini di buat dari campuran jahe, gula aren, santan dan kuning telur mentah sehingga memiliki paduan rasa manis dan gurih.

16. Tuak – Sumatera Utara

Berbagai Minuman Tradisional Indonesia Yang Enak Dan Menyehatkan - Tuak

photo via : http://kadobatak.blogspot.com

Nah minuman tradisional Indonesia yang enak dan menyehatkan selanjutnya adalah Tuak guys! Walaupun termasuk minuman beralkohol, namun tuak memiliki kadar alkohol yang lebih rendah dibandingkan dengan bir ataupun anggur. Minuman ini mengandung berbagai vitamin, karbohidrat, mineral, dan lain-lain yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tuak ini dihasilkan dari pohon kelapa dan pohon enau yang diambil nira atau sari manisnya yang kemudian difermentasikan. Selain menjadi minuman khas Sumatera Utara, tuak juga sangat populer menjadi minuman khas masyarakat Bali. Tapi meskipun menyehatkan, namun kalian tidak boleh sering-sering meminum tuak ini, karena tuak mengandung alkohol yang mampu membuat kamu mabuk jika diminum terlalu banyak.

17. Kunyit Asam – Jawa tengah

Berbagai Minuman Tradisional Indonesia Yang Enak Dan Menyehatkan - Kunyit Asam

photo via : http://sidomi.com

Nah kalau minuman tradisional satu ini paling populer dikalangan para wanita guys! Apalagi kalau bukan Kuyit Asam. Minuman khas Jawa Tengah dan populer di berbagai kota di Indonesia ini memang dipercaya khasiatnya untuk kecantikan. Tidak hanya wanita, sebenarnya pria dan anak-anak pun bisa merasakan khasiat kunyit asam untuk kesehatan. Aman pula dikonsumsi wanita hamil. Minuman tradisional ini terbuat dari kunyit, asam, gula jawa dan sedikit garam. Nah minuman ini akan terasa lebih nikmat jika ditambah es batu.

18. Aia Kawa – Padang, Sumatera Barat

Berbagai Minuman Tradisional Indonesia Yang Enak Dan Menyehatkan - Aia Kawa

photo via : http://s.picmix.it

Kawa daun atau aia kawa atau aia kawa daun merupakan salah satu jenis minuman khas yang ada di Sumatera Barat yang terbuat dari daun kopi yang telah dikeringkan terlebih dahulu. Pembuatan minuman ini persis seperti pembuatan minuman teh. Keunikan dalam penyajian minuman ini adalah minuman ini diminum tidak dengan menggunakan gelas atau cangkir, akan tetapi minuman ini diminum dengan menggunakan wadah batok atau tempurung kelapa. Minuman aia kawa daun memiliki kandungan protein yang sangat reendah dibandingkan dengan kopi yang telah diolah menjadi bubuk seperti kebanyakan yang telah ada, dan memiliki manfaat yang baik terhadap tubuh kita, diantaranya adalah mampu menurunkan resiko diabetes dan penyakit jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, melancarkan saluran pernafasan bagi penderita asma, dan banyak lagi khasiat-khasiat lainnnya. Selain bermanfaat untuk mencegah dan mengobati beberapa penyakit, kawa daun juga memiliki khasiat untuk memulihkan stamina sebagai penunjang produktivitas. Khusus kamu yang laki-laki, juga berkhasiat untuk daya vitalitas lho.

19. Le Boh Timon – Banda Aceh

Berbagai Minuman Tradisional Indonesia Yang Enak Dan Menyehatkan - Le Boh Timon

photo via : www.flickr.com – Asri

Minuman ini merupakan minuman khas Banda Aceh. Minuman es yang menyegarkan ini dgunakan untuk menetralisir masakan Acah yang banyak mengandung kolestrol karena minuman ini terbuat dari mentimun. Selain itu, tidak hanya menyegarkan tapi juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh dan mampu mencegah dari beberapa penyakit. Seperti Menetralisir racun, Melawan sel kanker, menurunkan berat badan, menyehatkan sistem pencernaan dan mencerdaskan otak. Bahan utama minuman ini yaitu timun, air gula serta sirup Tirmizi asli Aceh dan sedikit perasan jeruk nipis.

20. Jus Martabe – Sumatera Utara

Berbagai Minuman Tradisional Indonesia Yang Enak Dan Menyehatkan - Jus Martabe

photo via : http://grosirkeripik.com/

Sumatera Utara juga memiliki satu minuman khas loh, yakni jus martabe. Jus martabe ini adalah minuman yang hadir sebagai hasil kombinasi buah markisa dan terong Belanda, maka dari itu dinamakan Mar(markisa)Tebe (terong Belanda). Minuman ini memiliki cita rasa asam, manis dan tentunya menyegarkan. Jus ini dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh pasalnya, buah markisa mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, riboflavin, zat besi, magnesium, fosfor, potasium, tembaga, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh, sedangkan buah terong belanda mengandung provitamin A yang baik untuk kesehatan mata .juga vitamin C yang mengobati sariawan, panas dalam dan meningkatkan daya tahan tubuh. Mengandung sejumlah mineral penting seperti potasium, fosfor dan magnesium mampu menjaga dan memelihara kesehatan.

Jadi guys… buat kalian yang suka minum softdrink atau minuman kemasan instan lainnya, tidak ada salahnya jika kalian mulai menggemari minuman tradisional Indonesia. Selain menyehatkan dan memiliki rasa yang enak dan unik, dengan meminum minuman tradisional Indonesia maka kita turut membantu melestarikan minuman khas milik bangsa Indonesia.

Baca Juga