16 Tempat Wisata Keluarga Terbaik di Jogja

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Liburan sekolah udah deket nih, saatnya mengajak keluarga tercinta berlibur ke tempat-tempat wisata yang menarik. Salah satu kota yang menjadi pilihan tepat untuk berlibur bersama keluarga adalah Jogja, pasalnya kota ini memiliki pilihan tempat wisata yang lengkap, mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata sejarah, wisata belanja hingga wisata kuliner, semua bisa kamu temukan di kota satu ini.

Mengajak anak-anak liburan di Jogja pasti akan membuat mereka bahagia karena banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi. Bahkan tak hanya anak yang bahagia, orang tua pun bisa berlibur dengan tenang, karena Jogja menyediakan banyak tempat wisata keluarga terbaik yang ramah di kantong.

Untuk itu, berikut ini rekomendasi tempat wisata keluarga terbaik di Jogja yang bisa kalian kunjungi. So let’s check it out guys!

16 Tempat Wisata Keluarga di Jogja

1. Sindu Kusuma Edupark (SKE)

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Di Jogja

photo via instagram.com/skedupark

Tempat wisata keluarga terbaik di Jogja yang pertama adalah Sindu Kusuma Edupark (SKE) yang terletak di Sleman. Sindu Kusuma Edupark ini merupakan taman hiburan di Jogja yang mengangkat konsep taman bermain sekaligus wisata edukasi.

Ada banyak wahana yang bisa kamu coba bersama keluarga mulai dari Cakra Manggilingan (Bianglala), Pit Egrang (Segway), Montor Tumbur (Bumper Car), Panggon Lunjak (Trampolin), Kursi Mabur (Flying Chair), Sepur Kluthuk, Sepeda Mabur (Flying Bicycle), Komidi Puter, Roti Puter, Sepur Cilik, Dino Park, Cleret Gandul, Mobil Kuno, House Of Batik, dan Taman Lampu (Light Festival).

Kamu juga bisa menyaksikan film dengan format 8D di Cinema 8D. Serta menguji nyali di House of Terror. Jangan khawatir takut capek, karena kamu bisa berkeliling taman hiburan ini dengan naik kereta api, menggunakan segway hingga mengendarai mobil kuno.

Lokasi : Jl. Jambon Jl. Kragilan, Kragilan, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284

2. Grand Puri Waterpark

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Di Jogja

photo via instagram.com/grandpuri_waterpark

Buat kalian yang ingin mengajak anak ataupun adik-adiknya untuk bermain air, maka Grand Puri Waterpark bisa menjadi pilihan yang tepat. Grand Puri Waterpark merupakan taman rekreasi air yang berada di kawasan Bantul, Yogyakarta. Tempat ini menyedialan beragam wahana air yang seru untuk anak-anak hingga dewasa.

Ada beberapa pilihan water slide dan racing slide yang dijamin seru untuk dicoba. Ada juga kolam arus yang dikhususkan buat kamu yang ingin memompa adrenalin. Nah buat kamu yang ingin mengajak si kecil, tempat ini juga menyediakan kolam batita lengkap dengan ember tumpah, water playground dan dua water slide mini untuk dinikmati si kecil.

Lokasi : Jl. Parangtritis KM. 9,5, Gabusan, Balong, Timbulharjo, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55186

3. Kids Fun Parcs

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Di Jogja

photo via instagram.com/kids_fun_yogyakarta

Selanjutnya ada Kids Fun Parcs yang merupakan sebuah taman hiburan yang cocok didatangi oleh keluarga. Pasalnya, tempat ini dipenuhi dengan wahana-wahana bermain yang cocok untuk anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Terdapat lebih dari 22 wahana yang bisa dipilih sesuai keinginan. Mulai Yogya Gokart, Aquasplash, Zyclon Coaster, Water Bike, Jurassic Park hingga Kids Fun’s Kingdom. Ada juga rafting, bombom car hingga flying fox. Para orang tua tidak usah khawatir karena wahan-wahana yang ada di Kids Fun Parcs dirancang untuk anak-anak sehingga memiliki tingkat keamanan yang terjamin. Namun, ada pula berbagai wahana yang bisa dinaiki oleh remaja maupun orang dewasa.

Lokasi : Jl. Wonosari, Tegaltirto, Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55573, Indonesia

4. Taman Pelangi Jogja

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Di Jogja

phtoo via instagram.com/tamanpelangijogja

Jika pagi hingga siang hari bermain di taman hiburan, maka di sore hari hingga malamnya, kalian bisa mengajak keluarga untuk menikmati malam bertaburkan lampion berwarna-warni di Taman Pelangi Jogja. Lokasi Taman Pelangi Jogja ini satu kawasan dengan Museum Monumen Jogja Kembali. Sehingga kamu bisa melakukan wisata sejarah di Museum Monumen Jogja Kembali sembari menunggu Taman Pelangi Jogja buka pada pukul 16.30 WIB.

Di Taman Pelangi Jogja ini terkenal sebagai wisata malam Jogja, yang sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga, destinasi wisata romantis hingga wisata kuliner di malam hari.

Selain aneka lampu yang berwarna-warni, hingga lampion, yang membuat taman ini memiliki pemandangan yang Instagramable, taman ini juga menyajikan banyak sekali ragam permainan yang bisa dinikmati oleh kamu dan keluarga. Jika merasa lapar, ada banyak stand kuliner khas jogja yang bisa kamu nikmati dengan harga yang ramah dikantong.

Lokasi : Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284

5. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Di Jogja

photo via instagram.com/jogjabay

Tempat wisata keluarga terbaik di Jogja yang wajib dikunjungi bersama keluarga tercinta berikutnya adalah Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark merupakan salah satu tempat wisata modern bertema air terbesar di Jogjakarta yang memiliki 19 wahana dan aneka pertunjukan seru.

Setidaknya ada 7 wahana seluncur dengan tingkat kesulitannya masing-masing seperti Memo Racer, Bekti Adventure, Volcano Coaster, Timo-Timo Rider, Jolie Raft River, Brando Boomeranggo, dan Ziggy Giant Barrel.

Selain wahana seluncur, kamu juga bisa bermain air di kolam-kolam unik yang ada di tempat ini. Mulai dari kolam ombak South Beach yang memiliki 9 jenis ombak dengan keseruannya masing-masing salah satunya seperti ombak simulasi tsunami yang seru abis. Selain itu, ada juga kolam-kolam unik yang menarik lainnya seperti Donte Wild River, Kula Playpool, dan Mimi Family.

Tak sampai disitu, ada juga pertunjukan spektakuler berupa drama musikal serta petualangan edukasi untuk anak-anak yang digelar setiap hari Minggu. Sementara itu, para ibu bisa menikmati fasilitas spa sembari menunggu anak-anak bermain.

Lokasi : Jl. Utara Stadion, Jenengan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

6. Gembira Loka Zoo

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Di Jogja

photo via instagram.com/glzoojogja

Buat para orang tua yang ingin mengenalkan berbagai jenis satwa kepada si kecil, maka Gembira Loka Zoo alias Kebun Binatang Gembira Loka bisa menjadi pilihan tempat wisata yang pas. Di kebun binatang terbesar di Jogja ini terdapat lebih dari 100 satwa yang dipelihara sehingga pengunjung dapat mengenal lebih banyak hewan dilokasi ini.

Selain mengenal satwa-satwa yang ada, kamu dan keluarga juga bisa menikmati berbagai wahana rekreasi seperti Perahu Katamaran, Speed Boat, Bumper Boat, Atv, Taring (TransportasiKeliling), Skuter Air, Perahu Kayuh, Terapi Ikan, Kolam Tangka, Gajah Tunggang, Kolam Sentuh, Ninebot, Zoo Express, Petting Zoo, hingga Onta Tunggang, yang pastinya sangat seru untuk dicoba.

Lokasi : Gembira Loka Zoo, Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171

7. Candi Borobudur

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Di Jogja

photo via instagram.com/borobudurpark

Buat para orang tua yang ingin mengajak anak-anaknya untuk berlibur ke Jogja, maka masukan Candi Borobudur kedalam daftar wajib tempat wisata yang akan dikunjungi. Seperti yang kita tahu, Candi Borobudur merpakan candi Buddha terbesar di dunia dan masuk menjadi salah satu warisan budaya dunia dan ditetapkan langsung oleh UNESCO.

Ditempat ini, kamu bisa mengajak keluarga kamu untuk melihat megahnya artitektur candi Borobudur, belajar sejarah serta mengagumi hebatnya budaya serta kemampuan leluhur kita dulu. Menariknya, kamu bisa mengajak keluarga tercinta untuk menunggang gajah mengelilingi kawasan Candi Borobudur di Safari gajah.

Selain itu, kalian juga bisa bersepeda mengitari area atau mengitari candi dengan kereta kelinci. Kalian juga bisa mengajak keluarga untuk berwisata kuliner hingga belanja oleh-oleh di kawasan Candi Bororbudur.

Lokasi : Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

8. Candi Prambanan

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Di Jogja

photo via instagram.com/queenofjourneys

Selain Candi Borobudur, Candi Prambanan juga menjadi salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi bersama keluarga tercinta. Sama halnya dengan Candi Borobudur, Candi Prambanan juga merupakan situs warisan dunia yang telah ditetapkan oleh UNESCO. Hanya saja Candi Prambanan ini merupakan kompleks candi Hindu yang terbesar di Indonesia. Candi Prambanan juga dihiasi relief yang diukir mengelilingi candi dan menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana.

Kamu juga bisa mengajak keluarga untuk berfoto dengan latar belakang Candi Prambanan dan berkeliling sampai sore hari. Menariknya lagi, kalian bisa menyaksikan pertunjungan sendratari Ramayana hingga belanaja oleh-oleh khas Jogja di kawasan Candi Prambanan. Kamu bisa menemukan replika candi dan arca, gelang etnik, kaus dengan gambar Candi Prambanan, makanan khas, dan masih banyak lagi.

Lokasi : Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571

9. The World Landmarks – Merapi Park Yogyakarta

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Di Jogja

photo via instagram.com/merapipark.jogja

The World Landmarks – Merapi Park Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata keluarga terbaik di Jogja yang wajib kamu dan keluarga kunjungi. The World Landmarks Merapi Park ini menyajikan miniatur landmark berbagai negara di dunia serta dilengkapi dengan banyak spot foto instagramable.

Selain landmark beberapa negara dan spot foto instagramable, taman wisata ini juga menyediakan beragam atraksi atau wahana seperti Kids Waterpark dimana anak-anak bisa puas bermain air, Cowboy Town dimana kamu akan diajak jalan-jalan menikmati pemandangan yang ada di Merapi Park sambil menunggang kuda. Hingga Cats House & Rabbit Town dimana kamu dapat bermain bersama kucing dan kelinci yang menggemaskan.

Dengan area yang luas, kamu dan keluarga bisa bermain ataupun piknik menghabiskan waktu bersama keluarga dengan cara yang mengasyikkan.

Lokasi : Jl. Kaliurang No.KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

10. The Lost World Castle

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Di Jogja

photo via instagram.com/thelostworldcastle

Selanjutnya ada The Lost World Castle yang terletak di kaki Gunung Merapi. Tempat wisata keluarga terbaik ini menyuguhkan pemandangan alam Gunung Merapi yang sangat memukau serta spot selfie yang instagramable.

Selain itu, tempat wisata yang memiliki bentuk bangunan mirip “Benteng Takeshi” ini juga juga dilengkapi dengan beberapa wahana seru dan menyenangkan lainnya seperti Gledekan dimana kamu bisa meluncur bebas diatas jalur khusus menggunakan sebuah alat seperti sepeda yang memiliki roda kecil.

Kamu juga bisa menonton film dengan sensasi 9D serta menikmati pemandangan ala Jepang di Stonehenge. Disini kamu bisa berfoto dengan menggunakan pakaian khas Jepang disewakan. Ada juga perkampungan suku Indian dan banyak wahana lain yang dapat kamu eksplor.

Yang paling menarik, kamu bisa melakukan perjalanan menuju The Lost World Castle dengan menggunakan mobil offroad yang pastinya bakal membuat liburan keluarga lebih menyenangkan.

Lokasi : Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583

11. Funworld Arena

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Di Jogja

photo via instagram.com/funworld

Funworld Arena merupakan salah satu tempat wisata keluarga terbaik di Jogja yang wajib kamu dan keluarga kunjungi. Funworld Arena sendiri merupakan sebuah taman bermain indoor yang telah memiliki beberapa cabang di Jogja dan Solo seperti di Malioboro Mall dan Hartono Mall Yogyakarta.

Di tempat ini, kamu bisa mengajak anak-anak atau adik-adik untuk bersenang-senang menikmati berbagai wahana dan games yang tersedia seperti Kidzilla, Fun & Fit, Choo-Choo Train, Dave & Dom’s, Zoonior, Carnival, Funworld Adventure, Little Venice, Arena Fantasi, Moiland, Carniville, Dll.

Mengajak anak-anak bermain ke Funworld Arena merupakan salah satu pilihan tepat karena sembari menunggu anak-anak bermain, para orang tua bisa melakukan banyak hal, mulai dari shopping hingga kegiatan yang menghibur lainnya.

Lokasi : Mal Malioboro, Jl. Malioboro, Suryatmajan, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271

12. Desa Wisata Rumah Domes/Kampung Teletubbies

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Di Jogja

photo via instagram.com/rumahdomes

Buat kamu yang ingin mengajak keluarga untuk menikmati liburan menyenangkan, maka kamu bisa mengajak keluarga kamu untuk menginap di Desa Wisata Rumah Domes atau biasa disebut dengan Kampung Teletubbies. Di tempat wisata keluarga terbaik di Jogja ini kamu bisa menemukan sejumlah bangunan rumah unik seperti rumah Igloo khas suku eskimo namun dengan warna-warna yang menarik.

Desa wisata ini dikelilingi oleh pemangandangan alam yang hijau sehingga membuat bangunan-bangunan yang berbentuk kubah setengah lingkaran tersebut terlihat seperti rumah dalam serial anak Teletubbies. Selain menikmati pemangan yang ada, kamu dan keluarga juga bisa naik odong-odong dan menyewa ATV untuk berkeliling kampung.

Lokasi : Sengir RT.06/RW.25, Sengir, Sumberharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572

13. Wisata Lemah Rubuh Siluk Selopamioro

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Di Jogja

photo via instagram.com/lumbungpangansolo

Tempat wisata keluarga terbaik di Jogja berikutnya adalah Wisata Lemah Rubuh Siluk Selopamioro yang berada di Bantul. Tempat wisata di Jogja ini masih tergolong baru dimana kamu dan keluarga masih bisa menikmati pemandangan alam yang masih begitu asri.

Wisata Lemah Rubuh Siluk Selopamioro sendiri menawarkan panorama berupa sungai dan kawasan perbukitan yang masih sangat asri menawan. Selain itu terdapat spot foto kece yakni berupa gardu pandangan berbentuk sangkar burung raksasa. Kamu dan keluarga bisa menghabiskan waktu dengan piknik hingga berburu spot selfie yang instagramable.

Lokasi : Dusun Lemah Rubuh, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta.

14. Teddy Bear World Jogja

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Di Jogja

photo via instagram.com/beautifulljogja

Buat kalian yang anak-anaknya suka banget dengan boneka beruang, bisa banget mengajak anak-anak atau adik-adik kalian ke Teddy Bear World Jogja yang terletak di Sleman. Disini kamu bisa sepuasnya berfoto dan memeluk boneka Teddy Bear yang ukurannya hampir sebesar orang dewasa.

Kamu bisa menemukan sembilan ruangan dengan tema Teddy Bear yang dilengkapi dengan konsep yang berbeda-beda seperti suasana wisuda, taman, halloween, ruang makan, pantai, sakura, musim dingin, bajak laut, dan safari. Tak hanya selfie biasanya, kamu juga bisa menggunakan kostum yang sesuai dengan tema ruangan yang telah disediakan. Jangan khawatir, karena disini juga disediakan fotografer, yang siap membantumu berfoto bersama keluarga secara lengkap.

Lokasi : Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.5, Glondong, Maguwoharjo, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571

15. Taman Pintar

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Di Jogja

photo via instagram.com/tamanpintar_yogyakarta

Satu lagi tempat wisata keluarga terbaik di Jogja yang wajib kamu dan keluraga kunjungi adalah Taman Pintar. Taman Pintar adalah taman hiburan yang berbasis edukasi sains. Di tempat ini, anak-anak tidak hanya bisa bermain namun juga bisa membangun ketertarikan mereka terhadap ilmu pengetahuan.

Menariknya, wahana-wahana permainan yang ada ditempat inipun dibuat dengan peragaan-peragaan sains, seperti Generator Van De Graaf yang bisa bikin rambut kamu seolah berdiri karena listrik statis yang dialirkan ke tubuh kamu.

Selain itu ada juga Parabola Berbisik, Dinding Berdendang, Pipa Bercerita, Cakram Spektrum Warna, Air Menari, Forum Batu, Tamak Pintar, Desaku Permai, Sinstem Katrol dll.

Menariknya, anak-anak juga bisa bermain di rumah pohon, istana pasir, kolam air dan jembatan goyang hingga jungkat-jungkit. Nggak ahanya puas bermain, namun anak-anak juga bisa mendapatkan ilmu tentang sains.

Lokasi : Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

16. HeHa Ocean View

Tempat Wisata Keluarga Terbaik Di Jogja

photo via instagram.com/hehaoceanview

Buat yang ingin menikmati liburan menyenangkan dengan keluarga, maka HeHa Ocean View tidak boleh dilupakan. HeHa Ocean View merupakan salah satu tempat wisata keluarga terbaik di Jogja yang terletak di tepi tebing pantai selatan Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Tempat wisata ini sangat cocok buat kalian yang ingin berburu foto keluarga yang menarik berlatarkan banckground yang instagramable. Pasalnya, HeHa Ocean View menawarkan tempat menginap sekaligus tempat nongkrong yang ramah anak-anak dengan spot foto Instagramable berlatar belakang laut selatan yang indah.

Sebut saja ada spot foto Santorini, Trinity Glass, Ringstone Waterfall, Terra Curve, Air Balloon, HeHa Airplane, Pink Horizon, Hexagon, Rainbow, Polkadot, hingga Chromatic Car.

Tak hanya itu saja, kamu dan keluarga juga bisa berwisata kuliner di tempat wisata terbaru di Jogja ini sambil menikmati momen sunset atau matahari terbenam di HeHa Ocean View.

Lokasi : Bolang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872

Nah itu dia beberapa tempat wisata keluarga terbaik di Jogja yang bisa kamu dan keluarga kunjungi saat weekend ataupun saat musim liburan. Menarik semua bukan?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *