Tempat Wisata Terbaik Di Flores Yang Wajib Masuk Bucket List

Dibuat oleh blogunik

Mungkin selama ini, kalian hanya mengenal Taman Nasional Komodo dan Labuan Bajo yang terletak di ujung paling Barat pulau Flores, sebagai tempat wisata yang bisa dikunjungi di Flores. Namun ternyata, Flores memiliki banyak tempat wisata dengan pemandangan yang menakjubkan lho. Bahkan kini banyak wisatawan yang mulai penasaran dan ingin mengeksplorasi beragam tempat wisata yang ada di pulau Flores karena keindahan alamnya yang tiada duanya. Nah buat kamu yang penasaran, berikut beberapa tempat wisata terbaik di Flores yang wajib masuk bucket list kalian. So lets check it out guys!

1. Labuan Bajo

Tempat Wisata Terbaik Di Flores

photo via tripadvisor.co.id

Tempat wisata terbaik di Flores diawali dengan Labuan Bajo. Labuan Bajo adalah nama sebuah desa sekaligus pelabuhan kecil yang terletak di ujung paling Barat pulau Flores, NTT. Tempat wisata ini memiliki pemandangan alam yang indah dimana kamu bisa menikmati beragam keindahan mulai dari pantai, laut, bukit serta padang rumput.

Selain memiliki panorama yang indah, Labuan Bajo juga merupakan pintu gerbang bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi tempat-tempat wisata unggulan di Flores, Nusa Tenggara Timur dan juga menjadi salah satu lokasi diving terbaik para penyelam Internasional. Kamu juga bisa menemukan hotel maupun losmen dengan mudah di tempat wisata satu ini.

2. Desa Wae Rebo

Tempat Wisata Terbaik Di Flores

photo via instagram.com/exploredolan.id

Selanjutnya ada Desa War Rebo yang merupakan desa tradisional terindah di Indonesia yang berlokasi di pegunungan terpencil di Kampung Satar Lenda, Kecamatan Satar Mese Barat, Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Desa satu ini dikenal dengan sebuta desa di atas awan karena terletak di ketinggian 1.200 mdpl. Nggak heran jika satu ini memiliki pemandangan yang indah dan asri dan masuk sebagai salah satu situs warisan budaya dunia oleh UNESCO pada 2012 yang lalu.

Desa Wae Rebo sendiri terdiri dari 7 rumah adat berbentuk kerucut yang dikelilingi dengan pegunungan yang hijau sehingga membuat desa ini terlihat sangat eksotis. Jika kamu bermalam saat cuaca sedang cerah, kamu bisa melihat panorama milky way yang begitu menakjubkan sambil bercengkrama dengan warga lokal Flores yang ramah dan hangat. Namun untuk sampai di desa tradisional terindah ini, kamu harus mendaki sekitar 3-4 jam terlebih dahulu karena trekking menuju desa Wae Rebo sejauh 7 km.

3. Pulau Padar

Tempat Wisata Terbaik Di Flores

photo via instagram.com/furstset

Rekomendasi tempat wisata terbaik di Flores, Nusa Tenggara Timur selanjutnya adalah Pulau Padar. Pulau ini merupakan pulau ketiga terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo, setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca dan disebut sebagai surga tersembunyi yang berada di Flores, karena untuk mencapainya perlu perjuangan ekstra namun sesampainya disana, kamu akan dibuat takjub dengan pemandangan yang begitu menawan dan memanjakan mata.

Saat kamu sudah tiba di puncak maka kamu akan menyaksikan betapa indahnya panorama dua teluk yang saling bertemu. Pemandangan perbukitan yang indah mengelilingi pulau Padar akan memanjakan mata kamu. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan pemandangan air laut biru yang turut menghiasi keindahan pulau ini.

Selain menikmati keindahan pulau dari puncak, pulau ini juga menjadi spot favorit untuk Snorkeling dan Diving karena keindahan pemandangan bawah lautnya yang luar biasa. Banyak wisatan yang menjadikan Pulau Padar sebagai spot selfie paling favorit karena background yang ditawarkan sangat instagramable.

4. Pulau Komodo

Tempat Wisata Terbaik Di Flores

photo via gysnaofficial.my.id

Tempat wisata paling terkenal di Flores, Nusa Tenggara Timur berikutnya adalah Pulau Komodo. Pulau Komodo adalah bagian dari rangkaian pulau yang termasuk ke dalam Taman Nasional Komodo. Sesuai namanya, daya tarik utama pulau ini adalah habitat komodo nya. Kamu bisa dengan muda melihat hingga berfoto bersama para komodo. Namun sangat disarankan untuk selalu menggunakan jasa pemandu sebagai langkah preventif dan agar selalu berhati-hati. Umumnya komodo yang berkeliaran di pulau ini terlihat tenang, namun tetap berbahaya karena mereka memiliki air liur yang mengandung bakteri mematikan. Selain untuk melihat komodo, hewan yang sudah langka dan terancam punah, pulau ini juga merupakan tujuan populer untuk menyelam.

5. Pulau Rinca

Tempat Wisata Terbaik Di Flores

photo via instagram.com/okkymarita

Selain Pulau Komodo, kamu juga bisa melihat hewan komodo di Pulau Rinca. Pulau sendiri juga terletak di Kawasan Taman Nasional Pulau Komodo dan merupakan salah satu tempat hits dan instagrammable pada saat ini. Tak hanya komodo saja, di pulau ini, kamu juga bisa melihat berbagai jenis binatang lain seperti babi liar, kerbau dan burung.

Untuk melihat pemandangan terbaik, kamu bisa mendaki titik tertinggi pulau ini yang berada di Doro (Gunung) Ora dengan ketinggian sekitar 670 mdpl. Kamu tidak akan merasa lelah saat melakukan perjalanan karena disepanjang jalur trekking, kamu akan dapat menyaksikan pemandangan indah berupa jajaran perbukitan dan hamparan laut biru. Di sela-sela perjalanan trekking, pengunjung akan menemukan puncak bukit yang memiliki pemandangan khas Pulau Rinca. Daya tarik pulau ini selain aneka satwa yang menghuninya adalah pemandangan indah dengan hamparan laut biru yang dipadukan dengan perbukitan eksotis.

6. Pulau Kanawa

Tempat Wisata Terbaik Di Flores

photo via instagram.com/entertraveller

Pulau Kanawa juga menjadi salah satu tempat wisata yang sayang dilewatkan jika kamu berlibur ke Flores. Pulau kecil yang terletak hanya 10 kilometer dari labuan Bajo ini memiliki pemandangan yang nggak kalah menawan dari tempat wisata lainnya, dan menjadi salah satu spot snorkeling dan diving terbaik di Flores. Kamu bisa melihat indahnya aneka terumbu karang dan ikan hias kecil warna warni yang sesekali melintasi terumbu karang.

Tempat wisata ini juga menyediakkan banyak spot foto instagramable seperti ayunan kayu, pohon dengan ranting unik atau hanya duduk dan bermain di hamparan pasir putih nan bersih. Ada juga bukit yang tidak terlalu tinggi yang merupakan lokasi terbaik untuk melihat birunya langit dan hamparan laut lepas yang menawan.

Bagi yag ingin bermalam, Pulau Kanawa juga dilengkapi dengan fasilitas penginapan berupa bungalow. Pulau ini sangat jauh dari keramaian sehingga cocok buat kamu yang sedang mencari inspirasi atau sedang ingin menyendiri dan membutuhkan ketenangan.

7. Danau Kelimutu

Tempat Wisata Terbaik Di Flores

photo via instagram.com/travelwonderfulplace

Destinasi wisata terpopuler di Flores selanjutnya adalah Danau Kelimutu. Danau Kelimutu sendiri merupakan bagian dari Taman Nasional Kelimutu yang berlokasi di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende.

Danau yang terletak di Gunung Kelimutu, yang merupakan sebuah gunung berapi di Flores ini terkenal juga sebagai Danau Tiga Warna karena airnya memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pagi hari. Pasalnya, pada pagi hari, kamu bisa melihat panorama sunrise dari puncak Gunung Kelimutu yang sangat menawan apalagi dipercantik dengan danau yang indah.

8. Danau Sano Nggoang

Tempat Wisata Terbaik Di Flores

photo via instagram.com/firman_photography

Selain Danau Kelimutu, kamu juga bisa menikmati keindahan dan asrinya pemandangan Danau Sano Nggoang yang merupakan salah satu pilihan destinasi ekowisata yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Danau terbesar se-Nusa Tenggara Timur ini berlokasi di ujung barat Pulau Flores, tepatnya di Kabupaten Manggarai Barat dan berada di kawasan hutan lindung Mbeliling, Labuan Bajo.

Danau Sano Nggoang adalah salah satu danau vulkanik terbesar di NTT dengan akses ekstrim yang sudah pasti akan memicu adrenalin para pecinta alam. Danau ini masih dikelilingi oleh hutan-hutan dan memiliki warna air hijau alami yang indah. Pemandangan alamnya yang indah dan terjaga keasliannya membuat Danau Sano Nggoang menjadi salah satu destinasi favorit bagi para wisatawan.

9. Pink Beach/Pantai Pink

Tempat Wisata Terbaik Di Flores

photo via instagram.com/travelandleisureasia

Pink Beach adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika kamu melancong ke Taman Nasional Komodo (TNK), Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur adalah Pink Beach.

Sesuai namanya Pink Beach atau Pantai ini memiliki pasir pantai yang berwarna pink atau merah muda yang berpadu cantik dengan birunya air laut, sehingga membuat pantai pink ini memiliki pemandangan unik dan lain daripada yang lain. Warna pink dari pasit ini sendiri berasal dari hewan berukuran mikroskopis bernama Foraminifera yang kemudian memberikan pigmen merah pada koral. Koral-koral tersebut terbawa oleh gelombang menuju pesisir lalu hancur menjadi serpihan dan butiran yang kini menjadi pasir pantai.

Selain menikmati keindahan alam, kamu juga bisa melakukan snorkeling dimana kamu akan dimanjakan dengan suguhan berbagai macam koral dan spesies ikan.

10. Pantai Koka

Tempat Wisata Terbaik Di Flores

photo via instagram.com/nttupdate

Ada juga Pantai Koka yang merupakan salah satu wisata pantai paling populer di Flores. Pantai Koka sendiri terletak di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pantai ini merupakan lokasi favorit bagi warga yang ingin berakhir pekan. Pemandangan dan karakteristik Pantai Koka tak kalah indah dengan beberapa pantai yang berada di Pulau Padar, Pulau Kanawa, dan Pantai Pink Pulau Komodo. Menariknya, akses menuju pantai ini sangat dekat dengan jalan raya Maumere–Ende.

Selain menawarkan keaslian pemandangan dan suasana, kamu juga bisa berenang, selfie, dan menaiki bukit di Pantai Koka untuk melihat pemandangan dari ketinggian. Kamu juga bisa duduk manis sambil menikmati minuman ringan, kopi, jagung muda, pisang goreng, dan makanan ringan lainnya yang disediakan penjual setempat. Nggak heran jika pantai satu ini menjadi pilihat paling favorit warga lokal untuk berakhir pekan bersama keluarga.

11. Pantai Nanganesa

Tempat Wisata Terbaik Di Flores

photo via instagram.com/bagasfeka

Rekomendasi tempat wisata terbaik di Flores berikutnya adalah Pantai Nanganesa. Pantai ini merupakan pantai indah yang dipenuhi dengan bebatuan dan hamparan pasir yang cukup luas dan ombak pantai selatan yang lumayan besar.

Dari pantai ini, kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Meja dan Gunung Ia secara jelas. Bahkan pemandangan menawan dari teluk Ende dan jajaran pegunungan khas Nusa Bunga bisa kamu nikmati dari Pantai Nanganesa. Selain, itu Pantai Nanganesa juga merupakan muara kali Wolowona sehingga kamu bisa menikmati mandi air tawar dan air laut sekaligus.

12. Cunca Wulang

Tempat Wisata Terbaik Di Flores

photo via instagram.com/travel_soul_2021

Tak hanya pantai, Flores juga memiliki wisata air terjun populer yakni Cunca Wulang. Air terjun Cunca Wulang ini berlokasi di Mbeiling, sekitar 30 kilometer dari Labuan Bajo. Daya tarik air terjun ini adalah memiliki pemandangan yang mirip seperti Green Canyon namun dalam versi kecilnya. Nggak heran kalau tempat wisata ini cukup populer di kalangan masyarakat.

Air Terjun Cunca Wulang berada di ketinggian 200 meter di atas permukaan laut yang membuat udara di sekitar menjadi lebih sejuk sejuk serta dilengkapi dengan kolam alami. Disini kamu bisa melihat aliran air yang diapit oleh tebing yang menjulang tinggi. Banyak wisatawan yang mencoba loncat dari atas tebing untuk merasakan sensasi adrenalin sebelum menceburkan diri ke kolam alami yang luar biasa jernih.

13. Kampung Melo Labuan Bajo

Tempat Wisata Terbaik Di Flores

photo via instagram.com/fdianasari

Jika kamu masih di Labuan Bajo, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Kampung Melo untuk melihat wisata budaya khas Flores yang menakjubkan. Kampung Melo Labuan Bajo berada di lokasi yang tinggi sekitar 624 meter di atas permukaan laut, sehingga ketika kamu sampai ditempat ini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan memanjakan mata dari ketinggian. Sejauh mata memandang akan terlihat hamparan hijau yang asri.

Kampung Melo juga merupakan tempat wisata budaya, dimana saat tiba di tempat ini, kamu akan disajikan tarian khas kampung, yaitu tarian caci. Tarian ini merupakan tarian khas Manggarai serta orang yang memerankannya merupakan kaum pria asli dari kampung ini.

14. Air Terjun Cunca Rami

Tempat Wisata Terbaik Di Flores

photo via instagram.com/travelsparksid

Selain Taman Nasional Komodo, Flores juga memiliki objek wisata populer lainnya yaitu Air Terjun Cunca Rami. Air terjun Cunca Rami memiliki suasana yang asri karena letak air terjun ini memang dikelilingi oleh hutan rindang dan pepohonan asri. Selain itu, air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan debit air yang cukup besar ini terdapat sebuah kolam yang menyerupai danau kecil yang biasanya digunakan pengunjung untuk sekedar bermain air ataupun berendam.

Salah satu akses satu-satunya untuk menuju ke Air Terjun Cunca Rami hanya dengan berjalan kaki melewati kebun dan sawah-sawah warga. Kamu harus menyiapkan tenaga ekstra karena kamu juga harus trekking ke hutan Mbeliling yang masih alami.

15. Gua Liang Bua

Tempat Wisata Terbaik Di Flores

photo via instagram.com/costello.pilsner

Satu lagi tempat wisata terbaik yang wajib kamu kunjungi di Flores, NTT adalah Gua Liang Bua. Gua ini adalah sebuah situs pemukiman di zaman prasejarah yang terletak di Dusun Rampasasa, Desa Liang Bua, Manggarai NTT.

Bagi kamu yang menyukai destinasi wisata sejarah, maka objek wisata gua ini bisa jadi pilihan wajib untuk dikunjungi. Pasalnya, di gua yang ditemukan pada tahun 1930-an ini ditemukan sisa-sisa peninggalan manusia purba, seperti penemuan manusia Flores atau yang nama Latinnya adalah Homo florensiensis.

Nah itu dia beberapa tempat wisata terbaik di Flores yang wajib masuk bucket list atau masuk daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi. Jadi, tertarik berlibur ke Flores?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *