Tempat Wisata Unik Yang Ada Di Indonesia

1 bulan lalu

Indonesia merupakan negara di Asia Tenggara yang dilewati oleh garis khatulistiwa dan merupakan negara kepulauan karena memiliki sekitar 17.504 pulau. Selain itu, Indonesia juga memiliki penduduk terbesar keempat di dunia, Indonesia juga terdiri dari berbagai makan suku bangsa, bahasa dan agama. Indonesia memiliki keindahan alam yang mendukung tingkat keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia, berbanggalah kalian yang tinggal di Indonesia. Jika membahas tentang keindahan alam Indonesia memang tidak akan pernah ada habisnya, hal ini dikarenakan ada banyak sekali spot tempat wisata yang bagus dan unik. Tak heran jika Indonesia menjadi salah satu negara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing untuk berlibur. Selain dikenal dengan keindahan pantainya, indonesia juga memiliki tempat wisata unik yang sayang sekali dilewatkan. Berikut ini tempat wisata unik yang ada di Indonesia, kamu udah pernah kemana aja?

1. Desa Trunyan – Bali

Tempat Wisata Unik Yang Ada Di Indonesia - Desa Trunyan, Bali

Photo via : https://blog.traveloka.com

Bali merupakan salah satu pulau yang berada di Indonesia, Pulau Dewata ini memang dikenal memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Selain itu, di dunia Bali dikenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan dan berbagai macam hasil kerajinan seni. Bali juga memiliki beberapa tempat wisata unik salah satunya yaitu Desa Trunyan. Desa ini berada di kawasan Kintamani, dimana sebuah areal datar dibawah tebing bukit dan berbatasan langsung dengan danau Batur dijadikan sebagai tempat pemakaman. Tempat pemakaman disini cukup unik karena jenazah diletakkan diatas tanah dibawah pohon taru menyan tanpa dikubur dan hanya dipagari dengan ancak saji (anyaman bambu) agar tidak diganggu binatang liar. Meskipun hanya diletakkan begitu saja, jenazah tersebut tidak mengeluarkan bau busuk. Sehingga keunikan inilah yang membuat banyak wisatawan tertarik mengunjunginya.

2. Pulau Komodo – Nusa Tenggara Timur

Tempat Wisata Unik Yang Ada Di Indonesia - Pulau Komodo, NTT

Photo via : https://www.blibli.com

Pulau Komodo adalah salah satu pulau yang berada disebelah timur Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Timur. Pulau Komodo ini telah diakui dan ditetapkan sebagai salah satu keajaiban dunia yang harus dilindungi dan tidak bisa ditemukan di belahan dunia manapun. Pulau Komodo ini merupakan habitat asli dari hewan langka yang hampir punyah yaitu komodo, hewan ini memiliki panjang bisa mencapai 2-3 meter. Selain itu, hewan edemik ini hanya dapat ditemukan di kawasan Taman Nasional Komodo, di pulau ini kamu juga bisa menikmati indahnya pantai yang memiliki pasir berwarna pink.

3. Danau Kelimutu – Nusa Tenggara Timur

Tempat Wisata Unik Yang Ada Di Indonesia - Danau Kelimutu, NTT

Photo via : https://feel-planet.com

Danau Kelimutu merupakan salah satu tempat wisata unik yang sudah tidak asing lagi, tempat wisata ini hanya bisa ditemukan di Indonesia. Danau ini dikenal memiliki tiga warna berbeda yaitu merah, biru dan putih, terkadang warnanya bisa berubah-rubah tergantung gas, suhu dan mikroba di dalamnya. Danau Kelimutu ini berada di kawasan Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Dinding Danau Kelimutu ini bisa dibilang terjal dan curam karena memiliki kemiringan 60 hingga 70 serrajat. Untuk menikmati keindahannya, kamu bisa berjalan kaki dengan menaiki puluhan anak tangga dengan trek yang cukup menanjak. Ketika sampai diatas kamu bisa melihat pemandangan 360 derajat yang mengelilingi Danau Kelimutu.

4. Goa Gong – Pacitan

Tempat Wisata Unik Yang Ada Di Indonesia - Goa Gong, Pacitan

Photo via : https://beritautama.net

Goa Gong merupakan salah satu tempat wisata unik yang ada di Pacitan, Jawa Timur. Goa ini diberi nama goa gong karena setiap batuan yang dipukul menyerupai bunyi gong yang dipukul. Selain itu, goa kapur yang dihiasi stalkatit dan stalakmit ini memiliki leindahan yang mengagumkan. Goa ini juga disebut goa terindah di Asia Tenggara karena formasi stalaktit dan stalakmit yang indah. Ketika mulai memasuki goa ini, kamu akan disuguhi dengan pemandangan indah dari formasi stalaktit dan stalakmit, di ujung perjalanan kamu akan melihat sebuah ruangan seperti kubah raksasa.

5. Pura Goa Lawah – Bali

Tempat Wisata Unik Yang Ada Di Indonesia - Pura Goa Lawah, Bali

Photo via : http://balihellotravel.com

Pura Goa Lawah merupakan sebuah pura yang terletak dikawasan Desa Pasinggahan, Klungkung Bali. Pura Goa Lawah ini sangat unik karena terdapat goa yang berada dibawah pepohonan yang rindang dan di dalam dinding mulut goa terdapat banyak sekali kelelawar yang bergelantungan. Selain itu, Pura goa lawah ini juga bersebrangan dengan pantai. Untuk memasuki kawasan Pura Goa Lawan ini, para wisatawan diwajibkan untuk menggunakan kain dan selendang, selain itu untuk wanita yang sedang datang bulan dilarang keras memasuki area ini.

6. Kambira (Kuburan Bayi) – Toraja

Tempat Wisata Unik Yang Ada Di Indonesia - Kambira (Kuburan Bayi), Toraja

Photo via : https://travelingyuk.com

Kuburan Bayi Kambira adalah salah satu kuburan bayi yang berada di Tongko Sarapung, Sangalla, Tana Toraja Sulawesi Selatan. Di sini kamu akan disambut dengan pohon-pohon yang menjulang tinggi di tengah rimbunnya pohon bambu. Pohon-pohon ini disebut dengan pohon tarra, pohon ini memiliki pintu yang terbuat dari ijuk. Menurut masyarakat Toraja, bayi yang masih berusia 6 bulan merupakan bayi yang masih suci dan tanpa dosa sehingga harus dimakamkan dengan cara yang khusus. Pohon tarra ini sengaja dipilih sebagai tempat menguburkan bayi karena memiliki banyak getah yang dianggap sebagai pengganti air susu ibu (ASI). Penempatan jenazah bayinya pun sesuai dengan kasta, makin tinggi derajat sosial keluarga maka makin tinggi letak bayi yang dikuburkan dan bayi yang meninggal dunia diletakkan sesuai arah tempat tinggal keluarga yang berduka.

7. Danau Toba dan Samosir – Sumatera Utara

Tempat Wisata Unik Yang Ada Di Indonesia - Danau Toba dan Samosir, Sumatera Utara

Photo via : https://www.pinterest.it

Danau Toba merupakan danau terluas di Asia Tenggara, memiliki panjang 100 km dan lebar 30 km. Danau ini berada di Sumatera Utara dan tempat ini menjadi salah satu tempat wisata unik di Indonesia. Yang unik dari danau ini yaitu ditengah-tengah danau terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Samosir. Uniknya lagi di pulau Samosir ini terdapat dua buah danau kecil yaitu danau Aek Natonang dan danau Sidihoni. Disini kamu bisa menikmati keindahan alam dan juga dapat menikmati kearifan lokal disana.

8. Kawah Ijen – Jawa Timur

Tempat Wisata Unik Yang Ada Di Indonesia - Kawah Ijen, Jawa Timur

Photo via : https://www.tempat.me

Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam yang berada di puncak Gunung Ijen. Kawah ini dikenal memiliki air yang sangat asam terbesar di dunia dan kawah ijen ini berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi. Ada hal yang menarik dari kawah ijen ini jika datang sekitar pukul 02.00 hingga 04.00 disekitar kawah ini kita bisa melihat fenomena blue fire atau api biru. Di tempat ini kamu bisa melakukan dua aktivitas yaitu melihat blue fire dan trekking sambil melihat para penambang yang lali lalang membawa batu belerang yang sangat besar.

9. Danau Kakaban – Kalimantan Timur

Tempat Wisata Unik Yang Ada Di Indonesia - Danau Kakaban, Kalimantan Timur

Photo via : https://magazine.job-like.com

Danau Kakaban adalah danau air tawar yang unik dan tidak bisa ditemui di kawasan lainnya. Danau ini menjadi tempat hidupnya ubur-ubur yang telah terjebak selama ribuan tahun yang lalu sehingga racun yang dimilikinya hilang dan menjadi salah satu keunikan di dunia. Selain itu, disini pengunjung bisa snorkeling sambil bermain dengan ubur-ubur yang tidak menyengat. Danau ini bisa terbentuk akibat dari karang yang naik ke atas permukaan laut dengan ketinggian hingga 50 meter dan kemudian sejumlah air terperangkap dan terbentuklah danau ini.

10. Pulau Satonda – Nusa Tenggara Barat

Tempat Wisata Unik Yang Ada Di Indonesia - Pulau Satonda, Nusa Tenggara Barat

Photo via : http://gunung-indonesia.com

Pulau Satonda merupakan salah satu daratan vulkanik yang terbentuk karena letusan gunung api di dasar laut sedalam 1000 meter sejak jutaan tahun yang lalu. Air di pulau ini pun unik karena memiliki kadar asin dengan tingkatan kebasaan yang tinggi dibandingkan dengan air laut pada umumnya, jadi kita bisa mengambang tanpa perlu takut tenggelam. Pulau Satonda juga ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam Laut tahun 1999. Pulau gunung api yang memiliki luas sekitar 2.600 yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Nusa Tenggara Barat. Disini kamu bisa menikmati hamparan pasir putih, danau air asin, ekosistem alam pegunungan dan kekayaan terumbu karangnya. Namunsayang sekali, kebanyakan yang berwisata kesini adalah wisatawan mancanegara daripada lokal.

11. Hutan De Djawatan – Banyuwangi

Tempat Wisata Unik Yang Ada Di Indonesia - Hutan De Djawatan, Banyuwangi

Photo via : https://ngadem.com

Hutan De Djawatan merupakan salah satu hutan yang lagi hits, hutan ini bisa dibilang persis seperti di film Lord of The Rings. Hutan ini berada di Benculuk, Kecamatan Cluring, Banyuwangi. Di hutan ini ada beberapa titik swafoto yang disediakan pengelola. Disini para pengunjung dapat berkeliling sambil menikmati keindahan hutan ini. Disini juga terdapat fasilitas toilet dan musholla. Bahkan kamu juga bisa pre wedding disini.

12. Pulau Timang – Yogyakarta

Tempat Wisata Unik Yang Ada Di Indonesia - Pulau Timang, Yogyakarta

Photo via : https://www.jestpic.com

Pulau Timang adalah salah satu tempat dimana para nelayan mencari udang lobster. Uniknya untuk menuju pulau ini harus menggunakan sebuah kereta gantung yang ditarik secara manual. Hal ini dikarena kerasnya ombak dan banyaknya terumbu karang yang tidak memungkinkan para nelayan untuk membawa perahu ke pulau Timang tersebut. Tak ada yang mengira jika kereta gantung ini menjadi daya tarik wisata yang khas. Selain kereta gantung disini juga terdapat jembatan gantung yang dibuat persis disebalah kereta gantungnya. Kamu juga bisa menikmati enaknya udang lobster yang segar hasil dari tangkapan para nelayan.

Facebook Comments

Baca Juga