Tips Menabung Untuk Menikah Paling Mudah Yang Bisa Kamu Coba

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Siapa nih yang udah punya rencana nikah tapi modal buat nikahnya belum ada? Jangan khawatir, sebab dengan tips menabung untuk menikah paling mudah ini bisa kamu coba, hanya kurang dari 3 tahunan, kamu sudah bisa mengumpulkan modal untuk menikah.

Seperti yang kita tahu, menikah dan membangun rumah tangga dengan keluarga kecil memang tujuan setiap orang. Sayangnya untuk menikah tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan mulai dari catering, gedung, gaun pengantin, undangan, souvenir, hingga jasa wedding organizer yang semuanya membutuhkan uang yang tidak sedikit. Belum lagi jika kalian memiliki konsep pernikahan impian kalian sendiri yang pastinya memerlukan modal yang lebih banyak.

Nah buat kamu yang tengah berencana menikah 3-4 tahun kedepan, kamu bisa menabung mulai dari sekarang. Untuk itu, berikut tips menabung untuk menikah paling mudah yang bisa kamu coba. So let’s check it out guys!

1. Pastikan kalian sudah memiliki komitmen

Tips Menabung Untuk Menikah Paling Mudah

photo via timesofindia.indiatimes.com

Yang paling penting dalam menabung adalah komitmen. Jadi sebelum kamu dan pasangan mulai menabung untuk biaya pernikahan, pastikan kalian memiliki komitmen yang kuat dan siap dengan semua resiko yang akan kalian hadapi ketika mulai menabung. Pasalnya, dalam proses menabung ini, akan ada beberapa hal yang harus rela kalian korbankan.

Mulai dari menghilangkan kebiasaan makan di luar seperti di restoran atau cafe, menekan keinginan untuk belanja online, bahkan aktivitas travelling mungkin harus kalian coret dari jadwal kalian untuk sementara waktu. Dengan memgang teguh komitmen ini, niscaya tabungan untuk menikah kalian akan segera mencapai target.

2. Buat rincian anggaran pernikahan

Nah setelah memiliki komitmen, kalian diwajibkan untuk membuat rincian anggaran pernikahan agar kalian bisa memperkirakan berapa tabungan yang harus dikumpulkan untuk biaya menikah nanti.

Catat secara detail semua kebutuhan beserta rincian pengeluaran yang akan kalian perlukan untuk pernikahan kalian. Mulai dari sewa gedung, ga

un pengantin, katering, biaya decorasi, MUA, cetak undangan, souvenir dan serba-serbi pernikahan lainnya.

Catat semua hal yang membutuhkan biaya dalam pernikahan kalian agar menghindari pengeluaran yang membengkak. Selain itu, dengan membuat anggaran pernikahan, kalian juga dapat mengetahui berapa target tabungan yang kalian butuhkan untuk menikah.

Misalnya kalian akan menikah dalam kurun waktu 3 tahun kedepan, dan anggaran pernikahan yang kalian butuhkan adalah Rp 150 juta. Maka kalian berdua bisa menabung setiap bulannya sekitar Rp 4,2 jutaan. Masing-masing dari kalian bisa menabung Rp 2,1 juta agar menabung bisa lebih ringan.

3. Siapkan tabungan khusus untuk dana menikah

Tips Menabung Untuk Menikah Paling Mudah

photo via bsmi.co.id

Setelah kalian membuat rincian anggaran untuk biaya pernikahan dan target tabungan sudah kalian ketahui, mulailah untuk menyiapkan rekening tabungan khusus untuk dana pernikahan.

Pilihlah rekening dengan biaya admin bulanan yang paling minim atau yang tidak dipotong biaya admin setiap bulannya. Jangan samakan rekening gaji dengan rekening untuk tabungan pernikahan agar menghindari kalian menggunakan tabungan pernikahan tanpa sadar atau karena godaan-godaan yang sering muncul.

Kamu dan pasangan bisa membuat satu rekening tabungan khusus dana menikah dan menjadikan tabungan bersama. Dengan ini kalian bisa mengingatkan satu sama lain untuk tidak lupa menabung setiap bulannya.

4. Sisihkan 20% -30 % dari gaji

Jika kalian sudah memiliki rekening khusus maka tahap selanjutnya adalah konsisten dalam menabung. Kalian tidak perlu meggunakan seluruh gaji kamu untuk tabungan pernikahan. Cukup sisihkan 20% sampai 30% dari gaji kamu setiap bulannya sehingga menabung tidak terasa berat.

Dengan konsisten menabung 20% hingga 30% dari gaji kamu setiap bulannya, niscaya dalam beberapa tahun kedepan kalian bisa menyenggelarakan pesta pernikahan impian kalian tanpa harus hutang sana sini.

5. Terapkan gaya pacaran hemat

Tips Menabung Untuk Menikah Paling Mudah

photo via kake.com

Selain tips menabung untuk menikah di atas, kalian juga perlu yang namanya menghemat. Jika masing-masing dari kalian sudah komitmen, maka mulailah menerapkan gaya pacaran yang hemat. Nggak perlu pacaran ke tempat-tempat yang mengeluarkan banyak uang. Hindari dulu makan romantis di restoran mahal, jangan dulu nonton film dibioskop.

Mulailah menekan budget untuk pacaran dengan berpacaran di rumah, selain hemat, pacaran di rumah juga jadi lebih sehat karena ada orang tua yang memantau kalian.

6. Bawa bekal makan siang dan minum ke tempat kerja biar gak jajan

Selain gaya pacaran yang hemat, masing-masing dari kalian juga harus bisa menghemat pengeluaran harian kamu. Jika biasanya kamu makan siang di cafe atau resto, cobalah untuk berhemat dengan membawa bekal makan siang dan minum ke tempat kerja. Membawa bekal makan siang akan menahan kalian untuk jajan dan menghamburkan uang. Setidaknya kamu bisa memangkas biaya makan sehingga bisa ditabung untuk tambahan biaya pernikahan nanti.

7. Menghemat dana transportasi

Tips Menabung Untuk Menikah Paling Mudah

photo via istockphoto.com

Tips menabung untuk menikah selanjutnya adalah dengan menghemat uang transportasi. Setidaknya dana untuk transportasi bisa dialihkan ke dalam tabungan pernikahan.

Untuk menghemat biaya transport ini, bisa dengan mencari tempat kos didekat kantor atau berangkat bersama pasangan dengan naik motor jika kalian memiliki tempat kerja yang searah.

8. Catat pengeluaran dan pemasukan

Walaupun kalian sudah menabung dan berhemat dalam berbagai sektor, tetap saja kalian harus mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan kalian setiap bulannya. Catat semuanya tanpa ada yang terlupakan, bahkan setiap pengeluaran dan pendapatan sekecil apapun harus di catat. Dengan cara ini, kalian dapat memantau apakah terdapat kebocoran dan pengeluaran konsumtif yang dapat kalian tekan.

9. Menabung dengan investasi

Tips Menabung Untuk Menikah Paling Mudah

photo via techbullion.com

Cara lain agar dapat menabung dengan mudah untuk biaya pernikahan adalah dengan investasi. Pelajari apa saja instrumen investasi yang paling sesuai dengan tujuan tersebut. Pilihlah instrumen yang memberikan keuntungan tinggi tanpa mengabaikan risikonya.

Salah satunya, kamu bisa berinvestasi dalam bentuk emas, karena harga logam mulia ini cenderung stabil dan terus meningkat dari tahun ke tahun di pasaran.

Selain itu, kamu juga bisa membuat tabungan dalam bentuk deposito untuk jangka panjang, selain bunga yang diberikan lebih besar dari tabungan biasa, deposito memiliki jatuh tempo pengambilan. Sehingga kalian tidak bisa sesuka hati memakai uang tersebut.

10. Cari penghasilan tambahan

Jika pendapatan kalian tiap bulannya terlalu kecil untuk ditabung, atau masih belum bisa memenuhi target menabung kamu, maka kalian bisa mencari penghasilan tambahan.

Saat ini ada banyak jenis pekerjaan yang bisa dikerjakan sebagai freelance dan tidak mengganggu pekerjaan utama kamu. Seperti bisnis affiliate marketing, jualan online, penulis dan lain sebagainya.

Mencari penghasilan tambahan bisa jadi pilihan yang tepat daripada kalian mengundur tahun pernikahan yang telah kalian rencanakan sebelumnya.

Nah itu dia beberapa tips menabung untuk menikah paling mudah yang bisa kamu dan pasangan coba. Menikah adalah momen yang sakral dan terjadi sekali seumur hidup, jadi nggak ada salahnya kamu mempersiapkan pernikahan sematang mungkin dengan menabung dari jauh-jauh hari sehingga nantinya kalian tidak harus mencari pinjaman sana-sini hanya untuk menggelar pesta pernikahan. Jadi siap untuk menikah?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.