Venom vs Carnage, Siapakah Yang Terkuat?

Dibuat oleh blogunik

Siapa nih yang udah nggak sabar nonton sekuel dari film Venom (2018), yakni Venom: Let There Be Carnage? Film ini rencananya akan dirilis pada November 2021 mendatang di Indonesia. Sesuai judulnya, dalam film keduanya ini, Venom akan bertemu dengan musuh bebuyutannya yakni Carnage. Carnage digambarkan memiliki kekuatan yang sulit ditandingi Venom.

Bagi kalian yang masih bingung, Venom sendiri merupakan makhluk symbiote berbentuk seperti cairan, mereka hidup dengan menempel pada tubuh inangnya yang berupa manusia atau makhluk hidup lainnya. Dalam film ini Venom menumpang di tubuh seorang pria bernama Eddie Brock.

Sedangkan Carnage merupakan symbiote berwarna merah dan lebih kurus dari Venom. Carnage ini merupakan musuh bebuyutan dari Venom yang digambarkan memiliki kekuatan yang sulit ditandingi oleh Venom. Symbiote yang identik berwarna merah tersebut diceritakan melekat dalam tubuh seorang pembunuh berantai bernama Cletus Kasady.

Sosok Carnage sebenarnya sudah muncul pada bagian akhir film Venom (2018). Namun, kita belum diperlihatkan dengan kekuatan musuh dari Venom tersebut. Padahal, dalam versi komiknya Carnage memiliki sejumlah kekuatan super yang sangat keren.

Nah biar nggak penasaran, berikut perbandingan antara Venom dan Carnage, siapakah diantara mereka yang terkuat? Yuk kita cari tahu!

1. Kekuatan Venom dan Carnage dipengaruhi oleh kekuatan inangnya

Kekuatan Venom dan Carnage dipengaruhi oleh kekuatan inangnya

photo via imdb.com & moviepostermexico.com

Venom dan Carnage sama-sama menjadi parasit alien berbahaya dan haus darah. Meski begitu mereka menjadi dua parasit alien yang sangat berbeda. Venom ini memiliki kuasa penuh untuk mengendalikan inangnya. Bahkan kekuatan Venom selalu bergantung dengan inangnya. Nggak heran jika Venom sempat menjadi parasit Deadpool, Peter Parker, dan kemudian pindah permanen ke dalam tubuh Eddie Brock.

Sementara itu, Carnage lebih setia kepada Cletus Kassady yang menjadi inangnya. Itu berarti, kekuatan diantara kedua symbiote tersebut juga dipengaruhi oleh inangnya. Maka dalam hal ini, bisa dikatakan jika Carnage lebih unggul karena Cletus Kassady, yang merupakan inangnya adalah seorang pembunuh berantai yang buas. Kassady bahkan mempunyai kuasa penuh atas kekuatan parasit alien yang ada dalam tubuhnya. Hal ini membuatnya lebih leluasa menentukan target. Sementara itu, Eddie Brock yang menjadi inangnya Venom hanyalah seorang jurnalis biasa.

2. Carnage punya cakar, taring, dan tentakel sedangkan Venom punya air liur berbahaya

Kekuatan Venom dan Carnage dipengaruhi oleh kekuatan inangnya

photo via talenthouse.com

Menurut kalian, siapa yang bakal menang, Venom apakah Carnage? Pasalnya, sebagai modal bertarung, Carnage ini dilengkapi dengan cakar, taring dan tentakel. Sedangkan Venom tidak memiliki hal tersebut. Selain itu, Carnage juga bisa melahap parasit lain dan menggabungkannya dalam tubuhnya sendiri. Bahkan Carnage dapat menularkan parasit tubuhnya lebih mudah.

Meski begitu, Venom sang tokoh utama tidak boleh disepelekan, ia memiliki rahang yang lebar dengan gigi tajam dan lidah panjang berotot. Mulut Venom juga memiliki liur yang berbahaya karena mengandung asam yang bisa menghancurkan segala hal. Selain itu, asam ini juga terkandung di dalam darahnya. Jika mereka bertarung, kira-kira siapa yang menang?

3. Venom memiliki kemampuan untuk mengkloning kekuatan orang lain sedangkan Carnage memiliki kekuatan telepati dan tubuh yang unik

Venom vs Carnage, Siapakah Yang Terkuat

photo via viralhare.com

Perbedaan lain antara Venom dan Carnage jika dilihat dari kekuatan mereka adalah kemampuan mereka dalam memanfaatkan korban atau orang-orang sekitarnya. Venom diketahu memiliki kemampuan untuk mengkloning kekuatan orang lain. Setiap kali Venom bonding atau bersatu dengan host, maka kekuatan host tersebut akan menjadi milik Venom.

Nggak heran jika Venom memiliki kekuatan Spider-Man dan bisa mengkamuflase dari spider sense miliknya. Selain itu, Venom juga memiliki memori genetis, yang membuat symbiote Venom dapat menyimpan kekuatan host sebelumnya, meskipun dirinya sudah pindah ke host yang baru.

Selain itu, Venom juga mempunyai akses pada seluruh kekuatan Knull, pikirannya mampu berkomunikasi dengan seluruh symbiote di universe, dan bahkan mengendalikan mereka. Yang paling menarik adalah kemampuannya untuk berada di waktu dan lokasi berbeda pada saat yang bersamaan. Di komiknya diceritakan bahwa pada saat yang bersamaan Venom bisa mengobrol dengan X-Men di Krakoa, dengan Avengers di Bumi, dengan Quick Silver di luar angkasa, dan dengan Guardians of Galaxy di pesawatnya. Bahkan pada saat yang sama, dia juga sedang makan malam bersama Spider-Man.

Sedangkan Carnage memiliki kemampuan dalam menggunakan telepati. Telepati yang dimaksud adalah Carnage mampu menanamkan berbagai kenangan yang ada dalam tubuh Cletus Kasady berpindah ke kepala korban yang ditujunya tanpa menaruh curiga. Ini memungkinkan Carnage menggunakan manipulasi psikologis dan fisiologi licinnya untuk menggoyahkan musuh.

Selain kemampuan telepati, Carnage juga memiliki tubuh yang unik dan aneh. Sekujur tubuhnya dapat menjadi sistem reseptor yang dapat merespons sinyal dari luar selnya. Hal inilah yang memungkin bagian mana pun dari tubuhnya dapat melakukan apa saja saat diperlukan. Kemampuan tersebut membuatnya lebih unggul dari Venom.

4. Sama-sama bisa kamuflase, namun siapa yang lebih unggul?

Venom vs Carnage, Siapakah Yang Terkuat

photo via sonysspidermanuniverse.fandom.com & sg.style.yahoo.com

Baik Venom maupun Carnage, sama-sama dapat berkamuflase. Venom bisa berkamuflase dalam tubuh inangnya, semau dia sendiri. Venom bisa berkamuflasi menjadi suit-nya Spider-Man. Venom juga bisa berubah menjadi t-shirt hitam khas Eddie Brock. Selain itu, Venom juga bisa berubah wujud menirukan orang lain.

Sedangkan Carnage bisa meleburkan dirinya menjadi berbagai macam bentuk dan menembakkan materi mirip jaring dari tubuhnya seperti Spider-Man. Carnage bisa berubah menjadi kabut. Dia juga bisa berubah ke berbagai macam sulur. Dia bisa mengambil bentuk yang berbeda. Dia juga bisa mempersenjatai dirinya dan melakukan semua hal yang berbeda.

5. Venom mampu memunculkan senjata dari tubuhnya sedangkan Carnage mampu membuat tubuhnya sebagai senjata

Venom vs Carnage, Siapakah Yang Terkuat

photo via digitalspy.com & lrmonline.com

Perbedaan antara Venom dan Carnage lain yang dapat membuat kita menebak siapa yang terkuat diantara mereka berikutnya adalah kondisi dimana Venom tidak memiliki preferensi senjata favorit. Tapi biasanya para inang Venom punya pilihan senjata masing-masing, selain gigi tajam dan liur asamnya. Makanya Venom bisa memunculkan senjata dari badannya sendiri. Seperti memunculkan kait atau pedang, tombak, kapak, atau tameng di bagian tubuhnya yang lain.

Sedangkan Carnage juga memiliki tubuh yang unik dan aneh. Sekujur tubuhnya dapat menjadi sistem reseptor yang dapat merespons sinyal dari luar selnya. Hal inilah yang memungkin bagian mana pun dari tubuhnya dapat melakukan apa saja saat diperlukan, termasuk menjadikannya sebagai tameng atau senjata. Kemampuan tersebut membuatnya lebih unggul dari Venom.

6. Venom dan Carnage sama-sama dapat menyembuhkan penyakit dengan cara yang berbeda

Venom vs Carnage, Siapakah Yang Terkuat

photo via screenrant.com

Kalau membicarakan siapa yang lebih kuat antara Venom dan Carnage, kita bisa melihat dari kemampuan mereka dalam menyembuhkan inang mereka. Venom memiliki kekuatan untuk menyembuhkan inangnya dengan cepat. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk semua penyakit.

Seperti yang kita tahu, inangnya Venom, yakni Eddie Brock memiliki penyakit kanker sebelum dia bonding dengan Venom. Saat mereka bonding, Venom menekan kanker Eddie dan mengontrolnya tapi Venom tidak bisa menyembuhkannya. Karena ketika Venom dengan inang baru, kanker Eddie muncul lagi.

Sedangkan kekuatan Carnage ini bisa dibilang membuat inangnya kebal. Bahkan jika inangnya terbelahpun Carnage mampu mengembalikannya menjadi utuh. Ya, salah satu kekuatan Carnage adalah tetap menjaga inangnya tetap hidup dan dapat bertarung bersamanya.

Bahkan, ketika inangnya dipenggal dan terbelah dua, Carnage mampu mengembalikannya seperti semula. Bahkan, ia mampu menghentikan tembakan peluru berkaliber tinggi tanpa banyak luka. Ini karena Carnage memiliki kemampuan untuk menyusun kembali selnya sendiri saat semua sel tersebut terpisah.

7. Cara kerja mereka yang berbeda

Venom vs Carnage, Siapakah Yang Terkuat

photo via shophu.hasuwshop.ru

Menurut kalian siapa yang lebih kuat? Venom yang terkadang bekerja dengan tim atau Carnage yang bekerja sendiri? Seperti yang kita tahu, Venom diceritakan beberapa kali sempat tergabung dalam beberapa tim seperti Guardian of the Galaxy, agen SHIELD, dan bahkan Avenger sebagai karakter antihero. Venom bahkan masuk sebagai anggota Sinister Six bersama penjahat super lain, dan bertarung bersama anggota kelompok mereka.

Sedangkan Carnage lebih suka berkerja sendiri. Carnage menolak bekerja sama dan tunduk kepada kelompok tertentu. Carnage selalu bertarung sendiri karena ia menganggap bahwa kesetiaan hanyalah milik inangnya, Cletus Kassady dan dirinya sendiri. Maka dari itu, Carnage dan inangnya, Cletus Kassady tidak bisa dipisahkan.

8. Kenyataan bahwa Carnage adalah pihak musuh dan Venom adalah sang karakter utama

Venom vs Carnage, Siapakah Yang Terkuat

photo via artstation.com

Meski Carnage lebih kuat, namun kita tidak bisa menyangkal kalau Carnage merupakan pihak musuh dari karakter utama. Seperti yang kita tahu, hampir dalam setiap film superhero, pihak musuh akan selalu bisa ditaklukkan. Tentu kalian masih ingat, Thanos yang bisa menghancurkan dunia dengan jentikan jaripun pada akhirnya bisa dikalahkan oleh para Avengers.

Ini berarti, Carnage kemungkinan akan dikalahkan oleh Venom. Meski musuhnya sangat kuat, namun karakter utama dalam sebuah film pasti menemukan beragam cara untuk menumbangkan musuh mereka.

Nah itu dia beberapa perbedaan antara Venom dan Carnage. Dari perbedaan-perbedaan tersebut, kira-kira siapa yang terkuat diantara mereka? Share pendapat kalian dikolom komentar ya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *