Aneka Tumbuhan Paling Unik Dan Langka di Dunia

5 bulan lalu, by blogunik

Aneka Tumbuhan Paling Langka Di Dunia Yang Menakjubkan - Pohon Baobab

0

Semua pastinya sudah tahu Tuhan menciptakan makhluk hidup dengan berbagai macam bentuk salah satunya tumbuhan. Di dunia ini ada berbagai macam bentuk tumbuhan mulai dari yang biasa hingga yang memiliki bentuk luar biasa. Selain bentuk, ada juga tumbuhan yang hidupnya tidak bisa ditempat sembarangan dan bisa dikatakan tumbuhan tersebut langka.Pastinya kamu penasaran tumbuhan-tumbuhan apa saja yang paling langka tersebut. Berikut ini aneka tumbuhan paling langka di dunia yang menakjubkan

1. Bunga Bangkai (Amorphophallus titanum)

Aneka Tumbuhan Paling Langka Di Dunia Yang Menakjubkan - Bunga Bangkai

Photo via en.wikipedia.org

Bunga Bangkai adalah salah satu tumbuhan paling langka di dunia, dimana tumbuhan ini dari suku talas-talasan endemik dari Sumatra, Indonesia. Tumbuhan ini dikenal memiliki bau busuk dimana baunya ini dapat mengundang kumbang dan lalat untuk menyerbuki bunganya. Bunga bangkai ini juga dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga terbesar di dunia. Bunga bangkai ini memiliki beberapa ciri-ciri seperti memiliki warna kelopak merah hati, jingga dan hijau, warna tongkol keungguan serta kuning, mengeluarkan bau busuk, tingginya busa mencapai 5 meter dan berdiameter 1,5 meter, biji berwarna merah dan masa mekarnya 7 hari.

2. Bunga Jericho (Selaginella lepidophylla)

Aneka Tumbuhan Paling Langka Di Dunia Yang Menakjubkan - Bunga Jericho

Photo via botanichka.ru

Bunga Jericho atau juga dikenal dengan bunga kebangkitan adalah tanaman dari spesies dari tanaman gurun pasir yang tumbuh di Timur Tengah dan Amerika Tengah. Tanaman ini dikenal mampu bertahan hidup dalam kondisi cuaca apapun. Ketika cuaca kering dihabitat aslinya, batangnya akan mengkerut dan menggulung menjadi sebuah bola kecil. Ketika ada air, batangnya akan melepaskan diri dari gulungannya dan terurai kembali. Bunga Jericho ini banyak ditemui dihabitat aslanya yaitu Gurun Chihuahua.

3. Padma Raksasa (Rafflesia arnoldii)

Aneka Tumbuhan Paling Langka Di Dunia Yang Menakjubkan - Rafflesia arnoldii

Photo via klikwarta.com

Padma Raksasa atau yang lebih dikenal dengan Rafflesia Arnoldii adalah tumbuhan parasit obligat yang terkenal karena memiliki bunga berukuran sangat besar. Bunganya yang besar ini membuat bunga ini menjadi salah satu bunga terbesar di dunia. Bunga ini tumbuh di jaringan tumbuhan merambat Tetrastigma dan tidak memiliki daun sehingga tidak bisa melakukan fotosintesis. Bunga ini dinamakan Rafflesia Arnoldii karena tidak lepas dari sejarah penemuannya di hutan tropis Bengkulu. Seorang pemandu yang bekerja pada Dr. Joseph Arnold yang menemukan bunga raksasa ini pertama kali. Dr. Joseph Arnold sendoro saat itu tengah mengikuti ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles. Jadi penamaan bunga tersebut didasarkan dari gabungan nama Thomas Stamford Raffles sebagai pemimpin ekspedisi dan Dr. Joseph Arnold sebagai penemu bunga.

4. Pohon Baobab (Adansonia grandidieri)

Aneka Tumbuhan Paling Langka Di Dunia Yang Menakjubkan - Pohon Baobab

Photo via medicalnewstoday.com

Pohon Baobab adalah pohon yang tingginya bisa mencapai antara 5 meter hingga 25 meter, selain itu pohon ini menyimpan air di dalam batang mereka dengan kapasitas diatas 120.000 liter untuk bertahan dalam kondisi lingkungan sekitar mereka. Pada umumnya pohon ini bisa ditemukan di Madagaskar, Australia dan Afrika. Pohon ini juga bisa dikatakan pohon botol karena pohonnya mirip sekali dengan botol. Menariknya pohon ini dapat tumbuh hingga 500 tahun lamanya. Di Indonesia sendiri ternyata ada juga pohon Baobad ini dimana bisa kamu temui di Waduk Ria Rio, selain itu pohon ini juga ditanam disisi kanan Gedung Blok G Kompleks Balai Kota.

5. Pohon Darah Naga (Dracaena cinnabari)

Aneka Tumbuhan Paling Langka Di Dunia Yang Menakjubkan - Pohon Darah Naga

Photo via needleinthehay.net

Pohon Darah Naga adalah tanaman unik yang berasal dari kepulauan Socotra, Yaman. Pohon ini memiliki bentuk yang khas dan juga memiliki getah yang berwarna merah. Pohon darah naga ini termasuk ke dalam pohon langka dan tua yang ada di dunia. Jika dilihat pohon ini memiliki bentuk seperti payung dengan daun-daun yang tumbuh dupucuknya. Bentuknya ini ternyata berfungsi untuk kehidupan pohon karena daun-daun yang rimbun dapat mengurangi proses penguapan dan membantu pohon ini untuk bertahan hidup di daerah yang suhunya sangat panas.

7. Pohon Dinamit (Hura crepitans)

Aneka Tumbuhan Paling Langka Di Dunia Yang Menakjubkan - Pohon Dinamit

Photo via rare.us

Pohon Dinamit adalah tanaman yang berasal dari hutan tropis Amazon, Amerika Selatan. Pohon ini memiliki duri-duri tajam yang menutupi sekujur batang pohonnya. Pohon ini juga memiliki getah, dimana getahnya ini beracun dan oleh penduduk setempat getahnya ini digunakan untuk meracuni mata panah untuk berburu. Pohon ini juga memiliki buah, dimana ketika matang buah ini akan meledak dengan daya ledak yang cukup kuat sehingga dapat melukai manusia atau hewan yang berada didekatnya.

8. Tanaman Bola Baseball (Euphorbia obesa)

Aneka Tumbuhan Paling Langka Di Dunia Yang Menakjubkan - Tanaman Bola Baseball

Photo via reddit.com

Tanaman Bola Baseball adalah tanaman yang bentuknya seperti bola tanpa duri. Pada umumnya tanaman ini dikenal dengan pabrik bisnol dan memiliki diameter antara 6 cm dan 15 cm tergantung dari usianya. Tanaman edemik ini berasal dari daerah Freat Karoo, Afrika Selatan. Karena memiliki bentuk yang lucu, banyak orang yang mengambil tanaman ini dan mengekoleksinya sehingga populasinya rusah berat.

9. Perangkap Lalat Venus (Dionaea muscipula)

Aneka Tumbuhan Paling Langka Di Dunia Yang Menakjubkan - Perangkap Lalat Venus

Photo via bukalapak.com

Perangkap Lalat Venus adalah tanaman karnivora yang berasal dari tanah basah subtropis di pantai timur Amerika Serikat di Carolina Utara dan Carolina Selatan. Tanaman ini dapat memangsa serangga dengan struktur jebakan yang terbentuk dari belahan daunnya yang memiliki rambut-rambut kecil dipermukaan dalam mereka. Begitu ada yang menyentuhnya tanaman ini akan menjepit dengan erat mangsanya dalam waktu kurang dari sedetik.

10. Welwitschia Mirabilis

Aneka Tumbuhan Paling Langka Di Dunia Yang Menakjubkan - Welwitschia Mirabilis

Photo via gondwana-collection.com

Welwitschia Mirabilis adalah tanaman yang hidup di gurun sepanjang pesisir pantai Namibia dan Angola di Afrika. Tanaman ini memiliki daun yang besar, daunnya hanya dua helai. Daun yang pertama tumbuh, daun itu terus tumbuh membesar. Namun karena angin dan panas, daun tersebut terbelah-belah dan sebagian lapuk sehingga terlihat seperti banyak. Bahkan tumbuhan ini ada yang terlihat seperti tumpukan sampah daun kering.

Itulah beberapa aneka tumbuhan paling langka di dunia yang menakjubkan, beberapa diantaranya juga ternyata terdapat di Indonesia lho.

0
Artikel Terkait