Wow!! Makanan Ekstrim Khas Indonesia Ini Tak Kalah Ekstrim Dari Luar Negeri Loh!! Kalian Sanggup Makannya??

    Unik, Kuliner
Iklan

Indonesia memang sangat kaya akan keindahan alamnya, beragam suku dan budaya, beragam rempah-rempah, hingga beragam kuliner. Tak heran jika kemanapun kalian pergi di wilayah Indonesia ini kalian akan menemukan makanan-makanan enak khas daerah tersebut. Dari jajanan dan makanan tradisional hingga modern bisa kalian temukan di daerah kalian masing-masing. Namun apakah kalian tahu kalau Indonesia menyimpan sebuah cerita di dunia kulinernya? Yap!! Mungkin banyak yang belum tahu kalau Indonesia mempunyai kuliner ekstrim yang tak kalah mengejutkan dari makanan ekstrim negeri Cina atau Negeri lain di Luar sana. Bahkan makanan ektrim asli Indonesia ini sendiri kurang disenangi oleh kebanyakan penduduk Indonesia. Penasaran makanan ekstrim khas Indonesia yang dapat membuat selera makan kalian terganggu? Yuk simak ulasannya!

1. Ulat Sagu Cemilan Ekstrim Khas Papua

Photo Via : blog.reservasi.com

Papua memang terkenal mempunyai berjuta keunikan mulai dari budaya, suku, adat-istiadat hingga kulinernya. Salah satu kuliner yang terbilang cukup unik dan ekstrim dari Papua adalah ulat sagu. Ulat sagu biasanya mereka temukan di pohon sagu dan pohon kelapa yang sudah mati. Untuk menikmati cemilan ekstrim ini mereka biasanya memakannya mentah-mentah atau di bakar. Makanan ini juga dipercaya mengandung vitamin yang tinggi.

2. Belalang Goreng Cemilan Ekstrim Khas Gunung Kidul

Photo Via : www.bukalapak.com

Binatang yang biasa dijumpai di area persawahan ini memang sudah biasa dikonsumsi penduduk sekitar. Biasanya hewan ini digoreng hingga renyah baru dikonsumsi. Menu ekstrim ini dapat ditemukan dengan mudah di kios-kios dadakan yang ada di sepanjang jalan Gunung Kidul. Tidak seperti kuliner ekstrim di Thailand yang mengolahnya dengan rasa original, di Gunung Kidul ini belalang goreng diolah menjadi beraneka rasa, ada pedas, manis ataupun original.

3. Paniki Santan Makanan Ekstrim Berbahan Daging Kelelawar Atau Kalong Khas Manado

Photo Via : www.superadventure.co.id

Di Manado ada satu makanan khas yang berasal dari daging kalong, namanya paniki. Paniki santan sendiri adalah hidangan kuah santan berbahan utama daging mamalia yang aktif di malam hari tersebut.

4. Ulat Bulu Cemilan Ekstrim Khas Purworejo – Jawa Tengah

Photo Via : www.freerepublic.com

Menu yang satu ini berasal dai Purworejo, Jawa Tengah. Ulat bulu menjadi makanan yang biasa di konsumsi karena dipercaya dapat menyembuhkan sakit gigi. Ulat bulu yang dikonsumsi adalah ulat bulu pilihan dari famili Lyman Tridae dan ulat pohon turi. Ulat bulu ini bisa disajikan dengan digoreng atupun disate. Ulat ini juga mengandung protein dan tidak beracun sehingga aman untuk dikonsumsi. Manurut orang yang sudah mencicipinya rasa dari ulat ini enak dan gurih.

5. Sate Biawak Makanan Khas Jawa

Photo Via : rxyzcha.com

Banyak sekali orang yang suka makan sate biawak ini sebab dibanding makanan ekstrim yang lain daging biawak ini terlihat tidak menjijikkan apalagi sudah dalam bentuk sate dan dilumuri bumbu. Makan daging biawak memang dapat menyembuhkan gatal-gatal pada kulit bahkan daging biawak yang mengandung minyak biasanya dijual dalam bentuk botolan.

6. Rujak Cingur Makanan Khas Surabaya

Photo Via : erwinisasi.wordpress.com

Rujak Cingur adalah salah satu makanan tradisional yang terbuat dari campuran bahan seperti mentimun, cingur, kangkung, nanas dan lain – lain. Makanan satu ini sangat kaya akan campuran bahan, karena di dalamnya tedapat beberapa sayuran, buah – buahan, dan bahan lainnya. Rujak Cingur ini merupakan salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal di Jawa Timur, terutama daerah Surabaya. Sekilas memang tak ada yang terlihat sangat ekstrim, tapi pemakaian cingur sebagai bahan bakunya membuat makanan ini termasuk makanan unik dan ekstrim versi blog unik. Cingur sendiri adalah irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan.

7. Jus Cacing Tanah Minuman Berkhasiat Untuk Menyembuhkan Penyakit Tifus

Photo Via : tifus.autoimuncare.com

Photo Via : guide.alibaba.com

Tak hanya makanan, minuman berbahan dasar cacing tanah ini dipercaya sebagai obat tifus dan penambah nafsu makan yang efektif bagi sebagian orang. Cacing tanah diolah dengan cara dikeringkan kemudian dijadikan serbuk sehingga nantinya bisa dijadikan jus.

8. Tikus Panggang Makanan Ekstrim Khas Minahasa

Photo Via : makemoneyaday.com

Daerah Minahasa Sulawesi Utara memiliki makanan khas yang ekstrim yaitu tikus panggang. Tikus yang disajikan adalah tikus hutan yang dianggap belum terkontaminasi manusia. Menurut penikmat makanan ini, rasa tikus panggang menyerupai daging ayam yang lezat.

9. Lawar Makanan Ekstrim Khas Bali

Photo Via : www.indoindians.com

Makanan khas Bali ini terbuat dari daging babi, sayuran, parutan kelapa dan darah babi segar. Darah babi digunakan sebagai campuran untuk menambah selera makan. Dahulu makanan ini hanya disajikan saat upacara adat. Namun kini hidangan ini telah menjadi menu yang disajikan di hotel berbintang di Bali dan di warung-warung makan khas Bali. Meskipun sangat lezat namun kuliner yang satu ini tidak direkoendasikan bagi mereka yang memeluk agama islam.

10. Pakasam Makanan Ekstrim Khas Suku Banjar

Photo Via : www.unikaneh.net

Pakasam adalah makanan yang berasal dari fermentasi ikan air tawar yang rasanya asam. Ikan yang telah dibersihkan sisiknya dan direndam dalam air garam selama dua hari ini merupakan makanan khas Suku Banjar. Mereka menambahkan bakteri asam laktat dan menyimpannya selama seminggu sebelum mengkonsumsinya.

11. Sate Buaya Makanan Ekstrim Khas Balikpapan

Photo Via : adityaparama.blogspot.com

Meskipun termasuk hewan yang dilindungi, ternyata buaya dijadikan makanan unik yang ekstrim asal Balikpapan. Buaya ini biasanya diolah dagingnya untuk dijadikan sate. Hewan reptil ini dipercaya memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh.

Recent search terms:

Facebook Comment

similar posts