15 Tempat Wisata Tegal Terbaru Yang Menarik Untuk Dikunjungi

1 bulan, by blogunik

Tempat Wisata Tegal Terbaru Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Kalau ngomongin Tegal, pasti kita langsung kepikiran dengan “Warteg” alias “Warung Tegal” dan bahasa dialek “ngapak”nya yang unik dan khas. Sekali mendengar, pasti kita bakal langsung tau kalau orang tersebut pasti berasal dari Tegal. Meskipun tak sepopuler Bali ataupun daerah pariwisata lainnya di Indonesia, namun salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ini ternyata menyimpan banyak hal yang patut untuk di explore lebih dalam. Tak hanya wisata kulinernya, tapi juga wisata alam, budaya dan edukasinya.

Tegal memang mempunyai destinasi wisata yang tak kalah keren dengan tempat wisata di Semarang, Brebes, Pekalongan, Purwokerto dan daerah lain di sekitarnya. Sebut saja Guci dan Rita Park yang cukup populer di Jateng. Soal harga tiket masuk tak usah kuatir, Kamu tinggal pilih mau objek wisata yang gratis, murah meriah, sampai yang mahal tersedia di Kota ini. Nah untuk itu, berikut tempat wisata Tegal terbaru yang menarik untuk dikunjungi. Let’s check it out guys!

15 Tempat Wisata Tegal Terbaru

1. Pantai Alam Indah

Tempat Wisata Tegal Terbaru Yang Menarik Untuk Dikunjungi - Pantai Alam Indah

photo via juuroku1604.blogspot.com

Pantai Alam Indah merupakan salah satu pantai paling populer di Tegal. Pantai Alam Indah ini memiliki sebuah jembatan dermaga yang membelah pantai menuju bibir lautan. Walaupun terkesan menantang, namun pada faktanya banyak wisatawan yang menapaki jembatan tersebut untuk berfoto. Keindahan pemandangan sunset di sore hari juga semakin menjadi daya tarik pantai ini

Di lokasi Kompleks Pantai Alam Indah ini juga sudah dibangun beberapa fasilitas yang menarik diantaranya adalah waterboom, Monumen Bahari serat wisata perahu yang sangat diminati wisatawan. Jika kamu berminat berkunjung ke Kompleks Pantai Alam Indah ini kamu dapat datang ke alamat jalan Sangir Kelurahan Mintaragen Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal.

Alamat: Mintaragen, Kec. Tegal Timur, Kab. Tegal, Jawa Tengah.

2. Pantai Muarareja

Tempat Wisata Tegal Terbaru Yang Menarik Untuk Dikunjungi - Pantai Muarareja

photo via ihategreenjello.com

Selain Pantai Alam Indah, ada juga Pantai Muarareja yang merupakan salah satu tempat wisata Tegal yang menarik untuk dikunjungi. Selain menikmati pemandangan pantai yang memanjakan mata, di Pantai Muarareja ini juga merupakan spot memancing yang seru. Kawasan ini terkenal dengan pepohonan cemara yang mengelilingi pantai. Suasana sejuk akan kamu rasakan ketika sampai di sini. Kalau lapar, kamu juga bisa menyantap ikan bakar lezat yang dijual di beberapa warung di pinggir pantai.

Alamat : Jl. Brawijaya, Muarareja, Kec. Tegal Barat, Kab. Tegal, Jawa Tengah

3. Wana Wisata Prabalintang

Tempat Wisata Tegal Terbaru Yang Menarik Untuk Dikunjungi - Wana Wisata Prabalintang

photo via instagram.com/helloindonesia_co

Tempat wisata Tegal terbaru yang menarik untuk dikunjungi selanjutnya adalah Wana Wisata Prabalintang. Di tempat ini kamu akan disuguhkan dengan panorama berupa barisan pohon pinus yang tumbuh menjulang dan menyejukkan mata. Suasananya sangat asri berbaur secara sempurna dengan sungai dan aneka tumbuhan. Wisata prabalintang juga memiliki spot-spot natural dan pesona indah untuk berfoto selfie atau wefie. Jadi nggak heran Wana Wisata Prabalintang menjadi hits dikalangan para wisatawan.

Alamat : Jl. Raya Danasari, Kec. Bojong, Kab. Tegal, Jawa Tengah

4. Bukit Bintang

Tempat Wisata Tegal Terbaru Yang Menarik Untuk Dikunjungi - Bukit Bintang

photo via wisatategal.com

Tegal juga punya destinasi yang menjadi spot sempurna untuk menikmati bintang. Destinasi ini kerap disebut dengan Bukit Bintang oleh warga sekitar, karena mirip dengan Bukit Bintang di kota lain yang bisa melihat keindahan germelapan malam lampu rumah penduduk dari atas bukit. Namun bedanya di tempat ini masih tergolong masih sunyi dan jauh dari polusi udara, polusi suara, maupun polusi cahaya kendaraan. Lokasinya ada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa. Baru-baru ini, bukit bintang jadi wisata kekinian yang banyak diincar generasi muda. Momen paling asyik berkunjung ke tempat ini adalah menjelang sore hingga malam hari sehingga bisa menikmati sunset dan juga melihat langsung gemerlap dan panorama city light Kota Tegal saat malam hari.

Alamat : Guci, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal, Jawa Tengah

5. Bukit Goa Lawa/Bukit Batu Agung

Tempat Wisata Tegal Terbaru Yang Menarik Untuk Dikunjungi - Bukit Goa Lawa/Bukit Batu Agung

photo via instagram.com/indonesiacorak

Bukit Batu Agung atau kerap disebut Bukit Goa Lawa merupakan tempat wisata baru di Tegal yang lagi hits dikalangan anak muda yang suka dengan tantangan. Sebagian besar pengunjung mengatakan jika Batu Agung ini merupakan sebuah wisata alam antimainstream cukup menantang adrenalin. Ini adalah sebuah puncak batu yang menjulang tinggi dan curam di tengah perbukitan nan hijau. Uniknya, batu yang sangat besar tersebut memiliki beberapa warna yang khas dan unik, serta bentuk yang menarik. Ada beberapa bagian yang bisa dijadikan lokasi duduk bersantai maupun tempat foto yang cukup ekstrim.

Meskipun perjalanan menuju ke puncak bukit sangat menantang, namun semua lelahmu akan segera terbayarkan dengan keindahan alam di depan mata. Landscape pegunungan dan hamparan hutan menjadi suguhan alam yang begitu menyejukkan.

Alamat : Harjowinangun, Kec. Balapulang, Kab. Tegal, Jawa Tengah

6. Bukit Baper (Batursari Perkemahan)

Tempat Wisata Tegal Terbaru Yang Menarik Untuk Dikunjungi - Bukit Baper

photo via instagram.com/wisata_qu

Kalau di Bukit Bintang kamu bisa menikmati keindahan kota Tegal pada malam hari, maka di Bukit Baper, kamu bisa menikmati pemandangan indah kota Tegal sepanjang hari. Bukit Baper yang sebenarnya merupakan sebuah kepanjangan dari “Batursari Perkemahan”. Bukit ini berlokasi tepat di perbatasan Kabupaten Tegal dan Brebes tepatnya di daerah Bumijawa (Kab. Tegal) dan Sirampog (Kab. Brebes). Selain sebagai lokasi menikmati pemandangan alam Bumijawa Kabupaten Tegal, bukit ini juga menjadi spot hits untuk berfoto. Ketika berfoto, kamu bisa meniti jembatan bambu untuk mencapai ujung dan berfoto di sana dengan background landskap perbukitan dan pedesaan di bawahnya.

Alamat : Jl. Bumijawa, Tembelang, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah 52466

7. Bukit Cepu

Tempat Wisata Tegal Terbaru Yang Menarik Untuk Dikunjungi - Bukit Cepu

photo via trepelin.com

Bukit Cepu merupakan tempat wisata dengan pemandangan alam perbukitan yang indah dan memanjakan mata. Ada banyak pohon pinus dan cemara yang tumbuh menjulang tinggi. Benih pohon baru pun tampak tumbuh subur dengan diberi pagar bambu supaya tidak cepat rusak. Bagi kamu yang butuh ketenangan, tempat tersembunyi ini sangat cocok untuk dikunjungi. Untuk mencapai puncak bukit, kamu harus melewati jalan setapak dan anak tangga yang jumlahnya cukup banyak. Maka tak heran jika harus menyiapkan tenaga dan bekal ekstra. Setelah sampai, rasa lelahmu akan terbayar saat menatap lanskap panorama alam yang begitu eksotis, sangat cocok buat objek fotografi.

Alamat : Krajan, Batumirah, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah

8. Curug Cantel

Tempat Wisata Tegal Terbaru Yang Menarik Untuk Dikunjungi - Curug Cantel

photo via instagram.com/wisata_curug_cantel

Tak hanya perbukitan, Tegal juga memiliki wisata air terjun alias Curug yang wajib dikunjungi bagi kamu pecinta adventure. Namanya Curug Cantel, air terjun ini berlokasi di Pedukuhan Kalipedes, Desa Sigedong Kec. Bumijawa, Kab. Tegal. Buat kamu yang suka tantangan, berlibur ke tempat wisata ini adalah pilihan yang tepat. Untuk bisa mencapai curug ini, memerlukan tracking yang cukup panjang dengan menyusuri aliran sungai dengan bebatuan yang cukup besar. Kamu diharuskan untuk tracking sejauh kurang lebih 400 meter dari jalan raya dengan melawan arus sungai. Namun, setelah sampai kamu akan menemukan pemandangan yang luar biasa, dan seketika lelah akan terbayarkan.

Curug Cantel memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Jadi bisa dibayangkan betapa tingginya air terjun ini. Percikan air terjun akan langsung terasa membasahi wajah begitu sampai di lokasi ini. Tidak disarankan untuk mandi di bawah air terjun karena air yang turun begitu kuat.

Alamat : Jl. Raya Kalipedes, Sigedong, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah

9. Taman Wisata Air Panas Guci

Tempat Wisata Tegal Terbaru Yang Menarik Untuk Dikunjungi - Taman Wisata Air Panas Guci

photo via travelspromo.com

Pemandian Air Panas Guci merupakan salah satu wisata pemandian air panas alami yang menjadi ikon wisata Kabupaten Tegal. Berlokasi tepatnya di kaki Gunung Slamet, di wisata ini kamu bisa menikmati pemandian air panas alami dan juga dapat menikmati panorama pemandangan alam kaki Gunung Slamet yang hijau dan sejuk. Taman Wisata Air Panas Guci Tegal ini memiliki beberapa tempat pemandian umum yang terbuka dan tertutup. Pemandian air panas tertutup ini terdiri dari 20 kamar pemandian air panas sekaligus fasilitas kamar mandi umum. Sedangkan untuk pemandian air panas yang terbuka, kamu tidak perlu repot repot menyiapkan biaya retribusi karena spot ini dibuka untuk umum secara gratis.

Alamat: Jl. Objek Wisata Guci, Sigedong, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah

10. Waduk Cacaban

Tempat Wisata Tegal Terbaru Yang Menarik Untuk Dikunjungi - Waduk Cacaban

photo via instagram.com/infotegal

Tempat wisata Tegal terbaru yang menarik untuk dikunjungi selanjutnya adalah Waduk Cacaban. Waduk Cacaban merupakan sebuah bendungan yang terletak di Kecamatan Kedung banteng, Kabupaten Tegal. Waduk ini didukung oleh latar belakang pemandangan hutan dengan panorama yang indah yang menjadikan daya tarik wisatawan untuk mengunjungi waduk cacaban ini. Menikmati pemandangan di Obyek wisata waduk cacaban paling enak saat siang menjelang sore hari. Udaranya yang sejuk, alamnya yang indah, dipadukan dengan pantulan langit di air waduk menjadi pesona kecantikannya.

Mengarungi waduk menggunakan perahu sewa menjadi salah satu aktivitas yang bisa dilakukan untuk bersenang-senang. Tak hanya itu, kamu juga bisa memancing dan menikmati hasil budidaya ikan di area waduk tersebut. Waduk Cacaban juga merupakan spot terbaik di Tegal untuk menikmati sunset.

Alamat : Penujah, Kedung Banteng, Tegal, Jawa Tengah

11. Danau Beko Margasari Tegal

Tempat Wisata Tegal Terbaru Yang Menarik Untuk Dikunjungi - Danau Beko Margasari Tegal

photo via instagram.com/ade.p05

Danau Beko Margasari Tegal merupakan salah satu objek wisata kekinian yang cukup menarik dengan indahnya paanorama yang memanjakan mata. Pasalnya, tidak hanya memberikan pemandangan baru bagi siapapun yang berkunjung disini, namun juga menyuguhkan spot foto instagramable yang dapat mengabadikan momenmu. Tidak hanya satu danau, namun di Danau Beko Margasari, terdapat lima buah danau, kelimanya memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi tebing batuan kapur yang mengelilingi danau juga tidak luput menjadi incaran para pemburu foto. Danau ini sebenarnya bukan tempat yang sengaja dikelola sebagai objek wisata, namun karena keindahannya maka tak sedikit warga, terutama anak muda yang mengunjunginya. Danau Beko merupakan cekungan bekas penambangan batu kapur oleh warga.

Alamat : Jatilaba, Margasari, Tegal, Jawa Tengah

12. Jembatan Gantung Danawarih

Tempat Wisata Tegal Terbaru Yang Menarik Untuk Dikunjungi - Jembatan Gantung Danawarih

photo via instagram.com/martikavoliani

Buat kamu yang sedang mencari tempat wisata instagramable, maka kamu wajib mengunjungi Jembatan Gantung Danawarih. Jembatan gantung ini ada di desa Danawarih, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. Jembatan Gantung Danawarih terpasang di atas bendungan Kali Gung yang berfungsi sebagai sarana irigasi. Jembatan ini merupakan jalan penghubung antara desa Danawarih dengan desa Sangkanjaya Kecamatan Balapulang. Selain menyajikan keindahan alam yang masih sangat asri, keberadaan jembatan gantung di tempat ini banyak menarik minat para penghobby selfie. Jembatan gantung sepanjang 270 meter ini memang terlihat unik dengan kombinasi warna yang menarik.

Alamat : Danawarih, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah

13. Taman Kampung Nelayan Tegalsari

Tempat Wisata Tegal Terbaru Yang Menarik Untuk Dikunjungi - Taman Kampung Nelayan Tegalsari

photo via instagram.com/infotegal

Taman Kampung Nelayan Tegalsari merupakan salah satu tempat wisata terbari di Tegal yang saat ini sedang hits dikalangan wisatawan lokal. Taman ini berlokasi di Jl. Blanak, Tegalsari atau lebih tepatnya jembatan Jl. Blanak ke utara. Tempat ini bisa dikatakan unik, karena kita bisa dengan leluasa melihat kapal nelayan berlalu lalang ataupun hanya sekedar bersandar di pinggiran. Beberapa tanaman hias ditanam agar menambah cantik si Taman Tegasari ini.

Isi dari taman ini ada cukup banyak fasilitasnya, ada play ground dengan permainan perosotan dan ayunan, toilet umum dengan menggunakan eks peti kemas, jogging track mini, ada space untuk bermain sepatu roda, tempat parkir sepeda yang bisa dikunci pada bagian rodanya, dan masih banyak lagi. Tempat yang paling favorit untuk berslfie ria adalah di atas jembatan kayu dengan bentuk melengkung. Tempat ini hits karena bisa menangkap langsung lalu lalang kapal nelayan, sehingga menghasilkan foto yang instagramable.

Alamat : Jl. Blanak, Tegalsari, Tegal Barat, Jawa Tengah

14. Konsorsium Rumah Wayang

Tempat Wisata Tegal Terbaru Yang Menarik Untuk Dikunjungi - Konsorsium Rumah Wayang

photo via ceknricek.com

Selain wisata alam, Tegal juga memiliki wisata budaya yang bisa kamu temukan di Konsorsium Rumah Wayang. Lokasinya terletak di Desa Bengle, Kabupaten Tegal. Tempat wisata budaya ini dikelola langsung oleh Sanggar Satria Laras. Dan dipimpin oleh dalang Ki Enthus Susmono yang sudah terkenal di dunia perwayangan. Saat masuk, sebuah bangunan khas kerajaan siap menyambut. Nuansa yang kental akan budaya Jawa akan kamu temui di sini, mulai dari jenis-jenis wayang, senjata khas milik wayang, lukisan, musik, dan jenis-jenis aksesori yang biasa ikut tampil dalam pertunjukkan wayang dan masih ada banyak lagi.

Alamat : Lemah Duwur-Talang, Desa Bengle, Kab. Tegal, Jawa Tengah

15. Sulaku Bumijawa Park Tegal

Tempat Wisata Tegal Terbaru Yang Menarik Untuk Dikunjungi - Sulaku Bumijawa Park Tegal

photo via cakrawalatour.com

Satu lagi tempat wisata terpopuler di Tegal yang wajib kamu kunjungi untuk melepas penat adalah Sulaku Bumijawa Park. Sulaku Bumijawa Park Tegal merupakan wahana bermain berupa Waterboom. Berenang dan bermain air dengan suasana pegunungan yang sejuk bisa kamu dapatkan di Sulaku Bumijawa Park. Konsep wisata alam yang lengkap akan membuat momen liburanmu semakin nyaman. Bukan hanya berenang saja, kamu juga bisa melakukan kegiatan seru lainnya seperti outbound, memancing, ATV, flying fox, hingga mandi uap dengan jamu rebus yang menyehatkan.

Alamat : Desa Bandarsari, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah

Nah itulah 15 tempat wisata Tegal terbaru yang menarik untuk dikunjungi saat kamu memutuskan untuk berlibur ke Tegal. Jadi tunggu apa lagi, buruan cari waktu dan jelajahi tempat wisata Tegal yang sayang banget dilewatkan tersebut.

Artikel Terkait