18 Jenis Burung Hantu Yang Ada Di Dunia

Dibuat oleh blogunik

Siapa sih yang nggak tahu burung hantu? Jika di daerah Barat, burung hantu dianggap simbol kebijaksanaan. Berbeda dengan Indonesia yang menganggap kalau burung yang identik dengan mata yang bulat besar ini sebagai pembawa pertanda maut. Jadi nggak heran kalau di Indonesia burung ini disebut dengan nama burung hantu. Meskipun terkesan sedikit menyeramkan, ternyata tidak sedikit dari pecinta burung yang memelihara burung yang aktif dimalam hari ini. Ada beberapa spesies burung hantu yang justru terlihat lucu dan menggemaskan sehingga banyak orang yang ingin memeliharanya. Kalau kamu salah satu orang yang ingin memiliki burung hantu, mungkin 18 jenis burung hantu yang ada didunia ini bisa menjadi pertimbangan.

Jenis Burung Hantu di Dunia

1. Long-Eared Owl (Burung Hantu Bertelinga Panjang)

Jenis-Jenis Burung Hantu Di Dunia

photo via allaboutbirds.org

Jenis burung hantu dengan penampilan yang menggemaskan diawali oleh Long-Eared Owl alias Burung Hantu Bertelinga Panjang. Sesuai namanya, ciri khas utama pada burung ini terletak pada telinganya. Selain itu, burung satu ini juga memiliki ukuran tubuh yang sedang dengan warna bulu coklat kekuningan dengan bintik-bintik dan memiliki habitat asli pada kawasan Amerika Utara.

Long-Eared Owl sangat senang bertengger di pohon seperti pohon willow dan pohon mesquiters pada musm dingin, mereka juga termasuk hewan yang hidup berkelompok dan jumlah kelompoknya ada pada kisaran lusinan jadi jangan heran kalau ketika musim dingin datang, satu pohon bisa dihinggapi hingga lusinan burung hantu bertelinga panjang.

Uniknya meski disebut dengan burung hantu bertelinga panjang, namun sebenarnya burung ini tidak memiliki telinga panjang, apa yang kita lihat seperti teliga yang panjang sebenarnya merupakan jumbai bulu yang agak panjang yang disebut jumbai telinga sehingga nampak menyerupai telinga.

2. Barn Owl (Serak jawa)

Jenis-Jenis Burung Hantu Di Dunia

photo via mtswiring.prolocomontefano.it

Selanjutnya ada Barn Owl atau di Indonesia lebih dikenal dengan Serak Jawa. Bahkan Barn Owl memiliki lebih dari 22 nama lain yang tersebar dipenjuru dunia. Ciri-ciri burung hantu Serak jawa terlihat pada warna bulunya. Bulu sayap bagian atas dan punggung berwarna kelabu agak kekuning-kuningan berbecak halus. Sedangkan bulu bagian bawah sayap, dada, dan perut terdapat bintik-bintik hitam di antara bulu-bulu yang berwarna putih, baik pada burung yang betina maupun yang jantan.

Pada saat butung hantu Serak jawa ini masih muda, warna bulunya terlihat lebih tua dan gelap. Ciri lain dari jenis burung hantu ini yang menjadikan burung hantu ini populer adalah piringan wajah berwarna putih yang melebar dan berbentuk hati, sehingga terlihat unik.

3. Spectacled Owl

Jenis-Jenis Burung Hantu Di Dunia

photo via commons.wikimedia.org

Jenis burung hantu yang menarik untuk dibahas selanjutnya adalah Spectacled Owl. Ciri khas dari burung hantu ini adalah lingkaran gelap pada area kedua mata sehingga membuat burung hantu ini sekilas seperti menggunakan kaca mata. Seperti layaknya hewan nocturnall lainnya burung hantu satu ini akan mencari makan dan aktif dimalam hari. Hebatnya burung hantu penghuni hutan hujan ini tidak takut memakan mangsa yang lebih besar dari dirinya.

4. Oriental Bay Owl

Jenis-Jenis Burung Hantu Di Dunia

photo via britannica.com

Oriental Bay owl memiliki nama lain yaitu Phodilus Badius adalah salah satu spesies burung hantu yang masuk dalam klasifikasi seperti barn owl, sama seperti semua burung hantu, untuk jenis oriental bay owl juga merupakan hewan nokturnal dan tersebar diseluruh kawasan asia tenggara. Burung hantu Oriental Bay ini menyukai pohon berlubang sebagai sarangnya. Dengan warna dan bentu yang unik, burung hantu ini disebut telah berada diambang kepunahan.

5. Eastern Screech Owl

Jenis-Jenis Burung Hantu Di Dunia

photo via chesapeakebay.net

Eastern Screech Owl merupakan jenis burung hantu selanjutnya yang memiliki keunikan tersendiri. Eastern screech owl bisa banyak ditemukan pada bagian wilayah Timur negara Amerika, dari Kanada hingga Meksiko. Jenis burung hantu ini memiliki bentuk yang pendek dan agak gempal. Berbeda dari jenis burung hantu lainnya, Eastern Screech Owl tidak terlalu suka mengeluarkan suaranya. Selain itu untuk masa aktif berburu mangsa burung satu ini juga cukup berbeda dengan yang lain karena mereka sudah mulai aktif ketika sore hari.

6. Snowy Owl

Jenis-Jenis Burung Hantu Di Dunia

photo via treehugger.com

Snowy Owl adalah jenis burung hantu lainnya yang populer di dunia yang bisa ditemukan pada Kutub Utara, beberapa negara Eropa dan juga Asia, mereka dinamakan sebagai snowy karena pola warnanya memang menyerupai salju dan terlihat seperti bintik bintik. Menariknya Snowy Owl adalah jenis burung hantu paling terberat yang ada didunia.Meski begitu, burung hantu ini bisa dikatakan sebagai burung hias karena tampilannya yang memang paling menonjol dibandingkan dengan jenis burung hantu pada umumnya. Ketika musim dingin tiba, Snowy Owl akan melakukan kamuflase, sedangkan ketika berada pada musim panas mereka akan nomaden dan akan menetap pada tempat yang daerahnya terdapat banyak tikus kecil.

7. Eurasian Eagle Owl

Jenis-Jenis Burung Hantu Di Dunia

photo via turbarywoods.co.uk

Jika jenis snowy merupakan yang terberat di Dunia, makan jenis Eurasian eagle owl merupakan paling terbesar di Dunia dengan lebar sayap 5 sampai 6 kaki, mereka juga memiliki nama lain seperti burung hantu kelabu besar atau strix nebulosa karena tubuhnya yang sangatlah panjang. Di alam liar dan habitatnya mereka bisa hidup dalam kurun waktu hingga 20 tahun sedangkan ketika dalam penangkaran masa hidupnya bisa mencapai hingga 60 tahun. Burung yang berada pada kawasan amerika dan asia ini sangat senang memangsa mamalia kecil, tikus, kelinci hingga landak, bahkan ketika didalam krisis mereka juga memakan rubah dewasa.

8. Tawny Owl

Jenis-Jenis Burung Hantu Di Dunia

photo via woodlandtrust.org.uk

Tawny Owl juga disebut sebagai burung hantu cokelat karena warna bulunya yang didominasi oleh warna coklat. Tawny Owl merupakan jenis burung hantu yang memiliki postur tubuh kekar, dan sangat bergantung pada penglihatan dan pendengaran untuk menentukan mangsa. Selain warna coklat, ciri yang paling nampak dari jenis burung ini adalah pada bagian bawahnya terdapat beberapa warna pucat yang dikombinasikan dengan warna garis yang gelap. Mereka tinggal dengan membuat sarang, sarang mereka biasanya terdapat dilubang pohon karena ditempat tersebut mereka bisa melindungi telur dan anak-anaknya dari pemangsa atau predator.

9. Great Gray Owl

Jenis-Jenis Burung Hantu Di Dunia

photo via allaboutbirds.org

Jenis burung hantu lainnya adalah Great Gray Owl. Jenis burung hantu ini jika dilihat sekilas tampak seperti memiliki ukuran tubuh yang besar dan panjang, namun sebenarnya itu merupakan sebuah ilusi belaka. Great Gray Owl terlihat besar karena bulunya yang sangat tebal dan ekornya yang panjang, sedangkan tubuh aslinya tidak begitu besar.

Great Gray Owl bisa melakukan pemburuan pada siang dan juga malam hari, ketika musim panas datang mereka menggeser waktu makan siangnya menjadi pada waktu fajar atau ketika senja datang, spesies ini juga biasanya melakukan pemburuan dengan cara diam, mendengarkan pergerakan calon mangsa dan langsung menukik dari atas ketinggian ketika melihat lawannya ada pada posisi yang lemah.

10. Great Horned Owl

Jenis-Jenis Burung Hantu Di Dunia

photo via aces.edu

Great Horned owl merupakan jenis burung hantu yang mudah ditemukan di hampir seluruh kawasan Amerika Utara dan juga di beberapa kawasan Amerika Selatan, mereka adalah jenis burung yang cukup besar jika di bandingkan dengan jenis lainnya. Keunikan dari jenis burung hantu ini adalah mereka hanya akan memakan makanan yang bervariasi pada sepanjang hidupnya, jadi tidak seperti jenis lainnya yang hanya akan memangsa katak atau tikus.

11. Northern Pygmy Owl

Jenis-Jenis Burung Hantu Di Dunia

photo via audubon.org

Berbeda dari jenis burung hantu lainnya, Northern Pygmy Owl justru merupakan salah satu jenis burung hantu terkecil didunia. Mereka sangat aktif di siang hari, mereka juga termasuk burung dengan kemampuan terbang rendah yang sangat cepat dan biasanya mereka terbang tidak untuk tempat yang jauh melainkan hanya dari satu pohon ke pohon lainnya saja. Meski memiliki ukuran tubuh yang mini, namun Northern Pygmy Owl merupakan pemburu yang sangat agresif dan bisa memangsa musuhnya dengan sangat cepat dengan cara menirukan suara dari calon mangsanya.

12. Burrowing Owls (Burung Hantu Burrow)

Jenis-Jenis Burung Hantu Di Dunia

photo via hcn.org

Tidak semua burung hantu hidup di pohon, karena jenis Burrowing Owls justru tinggal di lubang tanah. Keunikan lain dari burung hantu ini adalah keramahannya ketika ada seseorang yang melewatinya. Burung hantu ini akan mengangguk-angguk ketika ada orang yang melintas dihadapanya, jadi nggak heran kenapa banyak orang Amerika yang memeliharanya. Spesies satu ini melakukan pemburuan di malam hari, ia bisa terbang serta menggunakan kakinya yang panjang untuk berlari dan menangkap mangsanya.

13. Northern Saw-Whet Owl

Jenis-Jenis Burung Hantu Di Dunia

photo via allaboutbirds.org

Northern Saw-Whet Owl memiliki penampilan seperti boneka, memiliki panjang 6-8 inci dan merupakan salah satu burung hantu terkecil yang ditemukan di Amerika Utara. Mereka melakukan perburuan pada malam hari dengan cara bertengger pada tempat yang rendah lalu memangsa ketika mereka melihat buruannya. Jenis burung hantu ini juga memiliki keunikan dimana, pada awalnya pejantan yang sudah memasuki umur dewasa akan membawakan makanan kesarang untuk anak anak jenis burung ini, lalu betinanya lah yang akan memberikan makan sehingga bisa dikatakan bahwa kehidupan dari jenis burung hantu satu ini adalah gotong royong untuk anaknya. Gotong royong ini setidaknya dilakukan hingga anak-anak mereka berusia hingga 4 minggu.

14. Striped Owl

Jenis-Jenis Burung Hantu Di Dunia

photo via stabroeknews.com

Sesuai namanya, jenis Striped Owl memiliki ciri utama pada corak warna bulunya dimana memperlihatkan pola garis-garis disepanjang tubuhnya. Selain itu, ciri unik dari jenis burung hantu ini adalah memiliki telinga penuh humbah yang panjang, mereka juga memiliki ukuran sayap yang sangat pendek dan berbentuk bulat. Warna pada bagian atas Striped Owl dipenuhi dengan warna kayu manis dengan garis yang cukup tebal, pada bagian bawahya terdapat pola kuning pucat dengan garis yang sedikit kehitaman. Striped Owl adalah hewan asli negara Amerika Selatan dan juga Amerika bagian Tengah.

15. Tawny Fish Owl

Jenis-Jenis Burung Hantu Di Dunia

photo via outlookindia.com

Selanjutnya ada Tawny Fish Owl yang merupakan spesies yang dikenal sebagai jenis khas strigidae yang berasal dari negara Nepal, Bangladesh, Vietnam dan juga China. Jenis burung hantu satu ini juga memiliki jalur penyebaran yang cukup luas bahkan hingga ke Indonesia dan oleh karena hal tersebut ia masuk dalam daftar merah IUCN. Sesuai namanya, burung hantu ini merupakan penggemar ikan, serta makhluk air lainnya mulai dari kepiting hingga katak. Ia juga sering memanjakan diri dengan makan bebek Mandarin.

16. Western Screech Owl

Jenis-Jenis Burung Hantu Di Dunia

photo via ebird.org

Jenis burung hantu berikutnya adalah Western Screech Owl. Spesies ini dapat ditemukan di sepanjang sisi barat Amerika Utara dan Amerika Tengah. Jenis burung hantu ini juga sangat senang tinggal dikawasan pantai tenggara Alaska hingga beberapa tempat yang dipenuhi oleh gurun. Dengan penampilan yang tidak begitu mencolok, burung hantu ini tidak begitu populer dibanding dengan jenis burung hantu lainnya.

17. Spotted Wood Owl

Jenis-Jenis Burung Hantu Di Dunia

photo via oiseaux.net

Spotted Wood Owl merupakan burung hantu lainnya yang jika dilihat sekilas memiliki ekspresi wajah yang sedih. Mereka juga memiliki bulu dengan motif yang serupa dengan motif pohon tua, sehingga mereka bisa menyamar menjadi batang pohon tua. Meskipun memiliki ekspresi wajah yang sedih, namun burung hantu ini merupakan jenis yang sangat berisik. Burung hantu ini dapat ditemukan di hutan tua di Asia Tenggara, Sumatera, Jawa, dan Filipina.

18. Collared Scops-Owl

Jenis-Jenis Burung Hantu Di Dunia

photo via ebird.org

Terakhir ada Collared Scops-Owl, dimana jenis ini dapat ditemukan di Asia dari Pakistan Utara, India Utara hingga China Selatan. Meskipun ukuran tubuh mereka hanya sekitar 23 – 25 cm, tetapi mereka adalah salah satu yang terbesar dari spesies scops owl. Mereka adalah pemakan serangga dan merupakan binatang nokturnal. Karena kemampuan kamuflasenya yang cukup mumpuni, akan sangat sulit menemukan mereka di siang hari.

Itu dia 18 jenis burung hantu yang ada di dunia yang wajib kalian ketahui. Terlepas dari segala misteri tentang burung hantu yang beredar di Indonesia, apakah kalian tertarik untuk memelihara salah satu jenis burung hantu diatas?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *