Enak dan Lezat! Berbagai Macam Olahan Nasi Yang Ada Di Indonesia


    Kuliner, Info


Makanan pokok orang Asia adalah nasi, khususnya Indonesia sendiri menjadikan nasi sebagai menu utama ketika makan, baik sarapan hingga makan malam. Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki makanan yang sangat beragam. Dari sabang sampai merauke memiliki banyak sekali jenis makanan dan berbeda-beda pula cara penyajiannya, salah satu contohnya adalah nasi yang menjadi makanan pokok orang Indonesia. Nah berikut Berbagai Macam Olahan Nasi Yang Ada Di Indonesia, yang pastinya bisa buat kamu langsung kelaparan.

1. Nasi Goreng

photo via : resepkoki.id

Orang Indonesia mana sih yang gak pernah makan nasi goreng? Nasi goreng adalah makanan yang sangat akrab dan populer bagi orang Indonesia. Siapapun bisa membuatnya dengan mudah. Bisa dibilang jika nasi goreng adalah makanan otentik orang Indonesia. Nasi goreng adalah makanan yang berbahan dasar nasi yang di masak dengan cara digoreng bersama dengan daging sapi, bakso, ikan, udang, cumi, telur dadar cincang, dan sayuran lalu dihidangkan bersama kerupuk. Bukan hanya bagi orang Indonesia, masyarakat luar negeri yang pernah mencicipi nasi goreng bahkan menyebut nasi goreng adalah makan yang enak. Saking populernya nasi goreng di Indonesia, Kementrian Pariwisata menetapkan nasi goreng sebagai salah satu dari lima makanan nasional selain soto, rendang, sate, dan gado-gado.

2. Nasi Kuning

photo via : http://depotmakay.com

Seperti nasi goreng, nasi kuning juga merupakan olahan nasi yang populer dan gampang ditemukan di setiap daerah di Indonesia. Cara memasaknya pun sangat mudah sehingga siapapun bisa membuatnya. Nasi kuning dibuat dari beras yang direbus bersama kunyit, santan dan rempah-rempah, sehingga rasanya lebih gurih dibanding nasi putih biasa. Cara penyajian nasi kuningpun berbeda-beda dalam setiap daerah, ada yang menyajikannya sebagai nasi tumpeng, ada juga yangmenyajikannya dengan berbagai lauk pauk seperti telur, ayam suwir, mie, tempe manis hingga serundeng.

3. Nasi Uduk

photo via : //resepkoki.id

Orang Jakarta pastinya sudah akrab dengan olahan nasi satu ini, apalagi kalau bukan Nasi Uduk. Nasi uduk merupakan salah satu makanan tradisional yang berasal dari Jakarta yang dibuat dari beras yang dikukus dengan santan dan diberi bumbu pala, merica, jahe, kayu manis dan daun pandan untuk memberi rasa gurh dan aroma yang harum pada nasi uduk. Nasi uduk biasanya dihidangkan bersama emping goreng, tahu goreng, telur dadar, abon, tempe, ayam ataupun daging serta di lengkapi dengan bawang goreng. Nasu uduk ini biasanya disantap sebagai menu sarapan namun banyak juga yang menjualnya sebagai menu makan malam.

4. Nasi Liwet

photo via : resepkoki.id

Keberadaan nasi liwet juga sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia. Walaupun berasal dari kota Solo, namun nasi liwet memiliki 2 versi, yakni versi Sunda dan versi Solo. Cara paling mudah untuk membedakannya adalah lewat penyajian. Biasanya nasi liwet Sunda disajikan di kastrol, nasi liwet Solo di pincuk daun pisang. Nasi liwet memiliki tekstur yang agak pulen dan memiliki rasa gurih yang berasal dari santan kelapa. Nasi liwet dimasak dengan santan hingga setengah matang, lalu di kukus hingga matang seperti memasak nasi pada umumnya. Nasi liwet disajikan bersama opor ayam, telur pindang, ayam dan juga sayur labu siam lalu dibungkus menggunakan daun pisang agar semakin harum dan memiliki aroma yang alami.
*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

5. Nasi Hainan

photo via : limakaki.com

Nasi Hainan memang merupakan olahan nasi orang Tionghoa tepatnya dari Hainan China. Namun walaupun berasal dari China, Nasi Hainan sudah menjadi salah satu makanan yang akrab bagi masyarakat Indonesia. Cara memasak nasi hainan adalah beras dimasak bersama jahe, daun pandan, kaldu ayam, dan lemak ayam. Biasanya nasi hainan disajikan dengan ayam rebus dan kuah kaldu. Nikmat adalah kesan pertama saat kamu memakan nasi hainan ini.

6. Nasi Kebuli

photo via : http://resepnasidansambal.blogspot.com

Pastinya kalian sudah tak asing lagi dengan nasi kebuli. Nasi Kebuli merupakan makanan khas yang bersal dari Betawi. Nasi kebuli kaya akan rempah karena dimasak dengan bumbu kaldu kambing atau santan lalu ditumis bersama bumbu-bumbu seperti bawang putih, lada hitam, bawang merah, cengkeh, kapulaga, kayu manis, jintan, ketumbar, dan pala. Nasi kebuli semakin nikmat karena disajikan bersama potongan daging kambing dan irisan kurma.

7. Nasi Bakar

photo via : craftlog.com

Olahan nasi yang ada di Indonesia selanjutnya adalah nasi bakar. Olahan nasi satu ini berbeda dari pada olahan nasi lainnya karena dimasak dengan cara dibakar. Sebelum dihidangkan, nasi terlebih dahulu dibungkus dengan daun pisang dan dibakar diatas bara api sampai tercium aroma wangi yang khas. Nasi bakar biasanya disajikan bersama ayam goreng, ikan asin, ikan teri, ikan peda, udang, tahu, tempe, jamur, telur bebek asin, dan lainnya.

8. Nasi Becak

photo via : www.youtube.com

Olahan nasi asli Indonesia berikutnya adalah Nasi Becak. Walaupun tak semua daerah di Indonesia, namun nasi becak atau biasa disebut dengan sego becak ini merupakan makanan khas kota Semarang yang populer dikalangan masyarakat. Nasi becak memiliki porsi lebih besar dari porsi makanan pada umumnya karena dikhususkan untuk para tukang becak. Tak heran jika seporsi nasi becak dibandrol dengan harga yang sangat murah sesuai kantong para tukang becak. Selain itu nasi becak juga menggunakan lauk seadanya seperti mie, telur, dan sedikit daging yang memakai cabe.

9. Nasi Becek

photo via : twitter.com/NganjukKotaBayu

Setelah becak, selajutnya ada nasi becek. Sesuai namanya, nasi becek atau sego becek adalah makanan nasi berkuah yang mirip dengan kuah soto namun diberi sambal kacang. Ciri khas nasi becek ini terletak pada bagian atas nasinya yang terdapat tambahan kubis yang telah diiris tipis-tipis, tauge, dan potongan daging, lalu disajikan bersama sate kambing yang lengkap dengan bumbu kacang dan bawang merah diatasnya.
*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

10. Nasi Bogana

photo via : photo via : http://ilmu-memasak.blogspot.com

Mungkin banyak diantara kalian yang belum pernah mendengar tentang nasi Bogana. Olahan nasi ini berasal dari tegal. Nasi ini dihidangkan bersama berbagai lauk pauk seperti opor ayam, atau dendeng sapi, srundeng kelapa, sambel goreng dan sambel terasi. Kemudian dibungkus pada daun pisang dan dikukus sehingga menghasilkan cita rasa gurih pedas yang tidak ada pada makanan lain.

11. Nasi Boranan

photo via : limakaki.com

Nasi Boran adalah racikan nasi khas dari Lamongan yang banyak ditemukan jika kita berkunjung ke Lamongan. Hampir di setiap sudut kota Lamongan ada penjaja nasi boran ini. Nasi khas Lamongan ini dikenal dengan sebutan nasi Boran, berasal dari nama wadah nasi anyaman bambu yang dipakai, yang oleh warga dikenal dengan nama Boran. Nasi boranan terdiri dari nasi, rempeyek, serta lauk pauk. Lauk pauk yang ditawarkan juga bervariasi disetiap tempat, seperti ayam, jeroan, telur dadar, tahu ataupun tempe. Lauk lain yang tidak ditemukan di makanan lainnya adalah ikan Sili yang harganya lebih mahal dibandingkan dengan harga lauk lainnya.

12. Nasi Campur

photo via : id.wikipedia.org

Hampir setiap daerah di Indonesia mudah menemukan warung atau pedagang yang menjual nasi campur. Olahan nasi yang begitu akrab dihati masyarakan Indonesia ini memang selalu menjadi pilihan banyak orang untuk bersantap di siang hari. Nasi campur sendiri adalah masakan khas Indonesia. Makanan ini terdiri dari nasi putih yang dihidangkan dengan bermacam-macam lauk-pauk. Lauk yang digunakan adalah sambal goreng, abon, serundeng, tahu goreng, ikan goreng, telur dan lain-lain.

13. Nasi Empal

photo via : travelingyuk.com

Nasi empal merupakan olahan nasi dengan empal sebagai lauk utama. Empal yang digunakan adalah daging sapi yang dimasak bersama bumbu hingga jering dan gurih. Nasi empal yang lezat ini biasanya dihidangkan bersama sayuran, tempe, tahu, mie atau bihun serta irisan mentimun dan sambel yang pedas. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

14. Nasi Gandul

photo via : anakjajan.com

Nasi gandul merupakan makanan nasi yang berasal dari daerah Pati, dibagian pesisir Jawa Tengah. Nasi gandul merupakan makanan berkuah yang warnanya merah kecoklatan. Saat membeli nasi gandul biasanya hanya akan mendapatkan nasi putih ditambah kuah gandul dengan sedikit potongan daging sapi. Apabila lauk yang telah diberikan dianggap tidak cukup, pembeli dapat meminta tambahan lauk kepada penjual. Biasanya tambahan lauk yang tersedia pada nasi gandul adalah tempe goreng, perkedel, telor bacem, daging sapi, dan jerohan sapi. Tambahan lauk ini dapat dipotong kecil-kecil sesuai dengan permintaan pembeli. Ciri khas nasi gandul ini terletak pada cara makannya, yaitu tidak memakai alat makan seperti sendok ataupun garpu, tetapi memakai suru. Suru sendiri merupakan daun pisang yang dilipat dan digunakan untuk menggantikan sendok.

15. Nasi Geghog

photo via : www.idntimes.com

Nasi Geghog adalah makanan khas dari kota Trenggalek. Makanan yang satu ini mempunyai cita rasa yang berbeda dari makanan-makanana yang lain. Bukan hanya cita rasanya saja yang berbeda namun juga bentuknya yang unik. Nasi Geghog ini dibungkus dengan daun pisang dan memiliki rasa yang pedas luar biasa. Bumbu yang digunakan adalah bumbu yang tradisional, yaitu bawang merah, bawang putih, cabe, dan ikan teri. Pada mulanya beras dimasak hingga mencapai setengah matang, kemudian dicampur dengan bumbu dan ikan teri, lalu dimasak lagi hingga benar-benar matang.

16. Nasi Grombyang

photo via : travelingyuk.com

Nasi grombyang adalah sejenis nasi campur yang merupakan makanan khas dari masyarakat Pemalang, Jawa Tengah. Nama makanan ini berasal dari bentuk penyajiannya, yaitu antara isi dan kuah lebih banyak kuahnya sehingga kelihatan bergoyang-goyang. Bergoyang-goyang sendiri dalam bahasa Jawa artinya Grombyang, makanya nasi ini dinamakan Nasi Grombyang. Lauk nasi grombyang memakai daging kerbau dan kuah, serta disajikan bersama sate kerbau.

17. Nasi Gudeg

photo via : http://indo.amuslima.com

Siapa sih yang kenal dengan olahan nasi gudeg? walaupun makanan khas Yogyakarta, namun nasi gudeg ini disukai oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. makanan ini terbuat dari buah nangka muda yang dimasak dengan santan selama berjam-jam lalu disajikan bersama nasi, santan kental (biasa disebut areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek. Ciri khas nasi gudeg terletak pada rasa yang gurih dari gudeg yang dicicipi bersama nasi dan juga kelezatan dari opor ayam ataupun sambal goreng krecek, menjadikan makanan ini memiliki cita rasa tinggi yang khas.

18. Nasi Gudang

photo via : http://daridapurdwek.blogspot.com

Nasi gudang atau biasa disebut Sego Gudang adalah makanan sehari-hari penduduk pedesaan di beberapa wilayah di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Nasi gudang terdiri dari nasi putih dengan sayur gudangan. Sayur gudangan terbuat dari rebusan berbagai sayuran seperti daun bentis, daun bayung dan kecambah. Gudangan diberi bumbu atau sambal yang berbahan parutan kelapa dan cabe. kemudian dibungkus dengan daun jati ataupun daun pisang. Selain itu nasi gudang juga dilengkapi dengan lauk tempe goreng atau kedelai goreng.
*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

19. Nasi Sela

photo via : haip.club

Nasi sela adalah makanan khas dari Karangasem Bali, yang berisi campuran nasi putih dan cacahan ubi berukuran kecil-kecil. Saking populernya di Bali, nasi sela ini tidak hanya dijual di Karangsem, namun di berbagai daerah di Bali kalian bisa menemukan penjual nasi sela di pagi ataupun di malam hari. Nasi Sela biasanya di sajikan dengan jukut (sayur) bejek, ada grago (udang kecil kecil), kacang tanah, jukut (sayur) bejek bumbu kalas, sambal bongkot, dan ayam betutu yang disuwir. Selain varian tersebut Nasi Sela juga dicampur dengan lauk ayam betutu, sate kulit ayam, pindang tongkol, urab sayur kacang panjang berisi timun dan kacang merah, pesan celengis, sambel matah, dan sambal teri.

20. Nasi Jagung

photo via : koranyogya.com

Nasi jagung atau biasa disebut nasi empog merupakan salah satu makanan khas indonesia yang berbahan dasar jagung yang telah tua dan ditumbuk. Nasi jagung sangat familiar dikalangan masyarakat di pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah, Jawa Timur, Flores, Sumbawa, dan pulau Timor. Nasi jagung ini dibuat untuk pengganti nasi putih, pasalnya harga beras yang cukup mahal sehingga bagi kalangan menengah ke bawah kesulitan untuk membeli beras.

21. Nasi Jamblang

photo via : cireboncinnamon.com

Nasi Jamblang merupakan makanan khas Cirebon yang telah ada sejak jaman penjajahan Belanda, dan kini kian populer hingga kini. Nasi jamblang memiliki sebutan lain yaitu sega jamblang, yang artinya adalah nasi jamblang. Nasi jamblang diambil dari nama desa di Cirebon, yaitu desa Jamblang. Ciri khas nasi jamblang terletak pada penyajiannya yang dibungkus menggunakan daun jati dan lauknya yang beragam yang bisa dipilih dan ditambahkan sesuai selera. Lauk nasi jamblang bisa dipilih, diantaranya adalah tempe, tahu, ikan asin, semur ikan, telur dadar, telur goreng, telur sambal goreng, tahu sayur, paru-paru, semur hati, daging, perkedel, sate kentang, dan sambal goreng.

22. Nasi Jinggo

photo via : http://casavabali.com

Nasi jenggo adalah makanan siap saji khas Bali yang dibungkus dengan daun pisang dengan porsi kecil. Isinya adalah nasi putih sekepalan tangan dengan lauk-pauk dan sambal. Lauk-pauk yang digunakan biasanya adalah sambal goreng tempe, serundeng, ayam suwir dan mie. Dan bisa juga divariasi dengan daging sapi atau babi. Ciri khas nasi jinggo terletak pada porsinya yang sedikit dan harganya yang sangat merakyat.

23. Nasi Kapau

photo via : ksmtour.com

Nasi Kapau adalah nasi ramas khas nagari Kapau, Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Ciri khas nasi kapau menggunakan banyak kelapa untuk menghasilkan rasa gurih, dan juga dilengkapi dengan gulai nangka yang dicampur dengan santan, kacang panjang, kol, rebung, pakis dan jengkol. Dalam penyajiannya Nasi Kapau terdiri dari nasi, sambal, dan lauk pauk khas Kapau, gulai sayur nangka (cubadak), gulai tunjang (urat kaki kerbau atau sapi), gulai cangcang (tulang dan daging kerbau), gulai babek (babat) atau paruik kabau. Beras yang digunakan juga tidak sembarang beras. Beras yang digunakan adalah beras berkualitas tinggi yang di dapat dari kota Bukittinggi dan Agam.

24. Nasi Krawu

photo via : www.pengusahasukses.com

Nasi krawu merupakan makanan khas dari daerah Gresik, Jawa Timur. Cirinya adalah nasinya yang pulen dan disajikan dengan daun pisang. Nasi Krawu disajikan dengan lauk berupa daging sapi yang telah disuwir-suwir yang dicampur dengan jaroan sapi dan ditemani oleh sambal terasi yang pedas, serta serundeng.

25. Nasi Kucing

photo via : http://blog.negerisendiri.com

Nasi kucing merupakan makanan khas yang berasal dari beberapa tempat di Jawa, yaitu Yogyakarta, Semarang dan Surakarta. Nasi kucing adalah nasi putih yang disajikan dengan sambal dan ikan atau ditambah dengan tempe, kemudian dibungkus dengan daun pisang dengan porsi yang sedikit. Nasi kucing biasanya dijual dengan harga murah ditempat yang kecil, maupun jajanan pinggir jalan yang disebut angkringan.

26. Nasi Langgi

photo via : http://blog.ivacanza.co

Nasi Langgi merupakan makanan yang berasal dari kota Solo. Nasi Langgi adalah olahan nasi dengan bahan rempah beserta santan dan asam Jawa. Nasi langgi sangat nikmat karena memiliki lauk yang beragam serta nasi yang sangat gurih yang berasal dari santan kelapa. Nasi Langgi dilengkapi dengan lauk seperti telur dadar, bistik, kering kentang, daging, serundeng, kerupuk udang, sambal goreng hati, dan mentimun.

27. Nasi Lengko

photo via : travelingyuk.com

Nasi lengko adalah makanan khas Jawa Timur. Masyarakat Cirebon biasa menyebutnya dengan sebutan sega lengko. Nasi Lengko merupakan perpaduan bahan utama nasi dengan berbagai sayuran dan lauk-pauk yang menyehatkan, seperti tahu goreng, tempe goreng, tauge, daun kucai, dan timun lalu disiram dengan saus kacang yang gurih dan lezat. Ciri khas nasi lengko adalah makanan ini tidak menggunakan bahan-bahan hewani, jadi sangat cocok untuk vegetarian.

28. Nasi Megono

photo via : /travelingyuk.com

Nasi Megono merupakan olahan nasi yang berasal dari Pekalongan. Nasi megono ini disajikan dengan sangat sederhana dan identik dengan makanan orang desa. Nasi Megono terdiri atas nasi yang diatasnya diberikan cacahan nangka muda yang dicampur dengan parutan kelapa beserta bumbu-bumbu lainnya. Nasi megono biasa disajikan dengan mendoan yaitu tempe goreng tipis bertepung yang setengah matang. Lauknya lainnya yang bisa kamu temui jika membeli nasi megono, adalah opor ayam, ayam goreng, tempe goreng tepung, pepes tahu teri, pepes jamur dan ikan pindang.

29. Nasi Minyak

photo via : www.goodindonesianfood.com

Nasi minyak adalah kuliner khas Jambi. Nasi minyak ini menggunakan banyak bumbu, seperti jahe, lada, saus tomat, cengkeh, susu, minyak samin, jintan, dan kayu manis. Lalu di masak bersama beras dan menghasilkan nasi yang kaya akan rempah. Umumnya nasi lemak disajikan bersama daging malbi, sate pentol, ayam goreng, acar ketimun, kismis dan sambal nanas. Di Jambi nasi minyak umum dimakan bersama dengan kuah kari. Selain menggunakan beras lokal, nasi minyak dapat menggunakan beras basmati sebagai bahan utama.

30. Nasi Pindang

photo via : www.idntimes.com

Nasi pindang adalah makanan khas daerah Kudus, yang memiliki ciri khas kuah pindang dan aroma melinjo dari daun melinjo. Nasi Pindang adalah masakan yang berupa nasi dan daging disajikan dengan kuah pindang dan daun melinjo atau daun so. Nasi Pindang memiliki isian berupa daging sapi, babat, jeroan sapi, telur, tempe dan perkedel jagung.

31. Nasi Padang

photo via : https://www.nibble.id

Nasi padang adalah makanan khas dari kota Padang, namun kepopuleran nasi Padang sudah merambah hingga ke seluruh pelosok Indonesia. Jika kalian pernah makan di rumah makan padang, pastinya kalian akan terpukau dengan atraksi penyajiannya seperti menumpuk beberapa piring yang berisi lauk nasi padang ke salah satu lengan atau kedua lengan pramusaji dan dihidangkan ke meja pengunjung. Nasi padang terkenal dengan santannya dan pedasnya yang luar biasa. Ciri khas nasi padang terletak pada lauknya yang kaya dan beragam, seperti gulai gajebo, gulai kepala ikan kakap, gulai tunjang, rendang, soto Padang, dendeng, ayam, dan sambal balado.

32. Nasi Sayur

photo via : http://tataxz.net

Nasi sayur adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari kota Surabaya. Isiannya sangat sederhana seperti mie, sawi, dan daging ayam cincang yang ditumis secara bersamaan, setelah itu di tuang ke atas nasi atau nasi goreng dan dilengkapi dengan irisan mentimun. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

33. Nasi Tempong

photo via : http://www.samkuliner.com

Nasi tempong atau akrab dengan sebutan Sego tempong adalah makanan khas Banyuwangi. Nasi Tempong merupakan nasi campur yang berisikan nasi panas, sayuran rebus seperti bayam, kenikir, daun kemangi, serta gorengan tahu dan tempe. Untuk lauk lain bisa memilih ikan asin, ikan laut, empal, pepes, ayam, telur dadar, dan sebagainya. Ciri khas nasi tempong terletak pada bau kencur pada sambalnya dan sangat pedas.

34. Nasi Tim

photo via : http://www.diahdidi.com

Nasi tim adalah hidangan Tionghoa Indonesia berupa nasi dan ayam berbumbu gurih yang dikukus. Ciri khas nasi tim terletak pada cara masaknya yaitu dengan cara menaruh lauk dan bumbu di bagian bawah mangkuk logam, seperti jamur, telur ayam rebus, daging ayam, bawang putih, kecap asin. Kemudian ditambahkan nasi hingga menjadi padat lalu dikukus hingga matang. Nasi tim disajikan bersama sup kaldu ayam yang dilengkapi daun bawang.

35. Nasi Tewel

photo via : http://picbear.xyz/lextora77

Nasi tewel adalah nasi dan sayur tewel atau nangka muda yang dimasak dengan menggunakan santan. Nasi tewel disajikan bersama siraman kuah sayur tewel yang segar bersama santan yang encer, ditambahi cabe rawit agar semakin pedas. Nasi Tewel juga disajikan dengan piring yang dilapisi daun jati. Aroma khas daun jati yang terhirup bersama aroma tewel sangat menggugah selera. Rasa sedikit pedas juga memberi sensasi tersendiri. Keunikan dari nasi tewel ini adalah tidak menggunakan lauk yang beragam, namun hanya menggunakan tempe goreng dan bakwan.

36. Nasi Tumpang

photo via : www.sumber.com

Nasi tumpang populer di daerah Kediri dan sekitarnya dan digunakan sebagai menu sarapan pagi, dijual di warung-warung makan di pagi hari. Nasi tumpang memiliki ciri khas yang terletak pada kuahnya yaitu sambal tumpang. Sambal tumpang adalah sambal yang terbuat dari tempe yang difermentasikan dalam waktu yang lama hingga basi. Tempe memang sengaja dibuat basi agar menciptakan citarasa yang diinginkan dan tidak memakai sembarang tempe melainkan tempe khusus yang diolah sedemikian rupa agar tempenya dapat basi hingga level tertentu. Sambal tumpang ini kemudian dituang keatas nasi bersama sayur seperti nasi pecel.

37. Nasi Tumpeng

photo via : travelingyuk.com

Makanan ini bisa dibilang sebuah makanan yang unik karena bentuknya yang berupa kerucut yang ditaruh pada wadah yang bernama tampah. Dalam penyajiannya, nasi tumpeng dikelilingi oleh berbagai macam lauk yang terdiri dari hewan darat (ayam atau sapi), hewan laut (ikan bandeng, ikan teri) serta sayur mayur. Olahan nasi yang dipakai umumnya berupa nasi kuning, meskipun kerap juga digunakan nasi putih biasa atau nasi uduk. Selain rasanya yang lezat, nasi tumpeng juga memiliki tampilan yang menarik karena ditata dengan rapi dan juga memiliki perpaduan warna yang enak dipandang yang terdiri dari wana kuning, merah, hijau muda, dan hijau tua.

38. Nasi Ulam

photo via : /www.kindmeal.my/

Nasi ulam adalah makanan khas Betawi yang dimasak dengan berbagai bumbu dan rempah, khususnya daun pegagan (Centella asiatica) atau kadang diganti daun kemangi, sayuran, dan berbagai bumbu, serta ditemani beberapa macam lauk-pauk. Nasi ulam dihidangkan dengan daun kemangi, kacang tanah tumbuk, serundeng (kelapa parut yang telah disangrai), sambal, dendeng, telur dadar, perkedel, tahu, tempe dan kerupuk.

39. Nasi Glewo

photo via : http://www.instahu.com/kulinersemarang

Nasi glewo merupakan makanan legendaris Semarang yang populer pada era 70 hingga 80-an. Tapi sayangnya, kuliner satu ini sudah jarang ditemui dan hampir punah di kota asalnya. Sajian ini diracik dengan nasi gurih yang diberi lauk opor dan tahu, sambal goreng labu siam dan areh (bumbu gudeg). Tapi, opor yang digunakan bukanlah daging ayam. Melainkan berasal dari daging sapi dan koyor. Kuahnya seperti sayur terik dan menggunakan kecur, sehingga aromanya begitu khas. Terik sendiri merupakan bumbu kuning, biasanya digunakan untuk mengungkep tahu dan tempe dengan rasa agak sedikit manis.

40. Arem-arem

photo via : resepkoki.id

Arem-arem merupakan camilan khas dari Kota Kebumen juga banyak pula di temukan di Jogja, Solo dan daerah lain di Jawa. Penganan ini serupa lemper, yaitu nasi berisi sayuran atau sambal goreng yang dibungkus dengan daun pisang. Arem-arem populer sebagai penganan pengganti sarapan. Arem-arem memiliki isian wortel, kentang ataupun sambal oncom atau bisa juga menggunakan sayuran. Arem-arem kemudian dibungkus dengan daun pisang agar aromanya semakin mantap.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Recent search terms:

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >