Akibat Buruk Tidak Pernah Membersihkan Dispenser Dan Bagaimana Cara Membersihkan Dispenser Yang Baik Dan Benar

    Kesehatan, Info

Dispenser adalah salah satu alat atau tempat untuk menampung air minum. Dispenser sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari karena manfaatnya sangat banyak yaitu air aman dari debu dan kotoran yang berasal dari luar. Namun tahukah kamu dispenser juga memerlukan perawatan untuk menjaga kebersihannya. Mungkin kamu hanya membersihkan bagian luar dan dalamnya saja, namun kamu tidak memperhatikan kebersihan bagian dalam dispenser lainnya seperti bagian tabung pemanas. Ketika kamu pertama kali membersihkan bagian dalam dispenser mungkin kamu akan kaget, karena ketika membersihkan bagian tabung pemanasnya, kamu akan melihat banyak gumpalan-gumpalan putih yang menyerupai seperti bubur kertas.

Photo via : http://kabar-ntb.blogspot.co.id

 

Dampak Buruk Tidak Membersihkan Dispenser

Photo via : www.sharp-indonesia.com

Belum diketahui apa kandungan dari gumpalan-gumpalan putih tersebut namun sepertinya gumpalan tersebut terbentuk dari zat-zat yang terkandung dalam air seperti fluoride, jamur, debu yang tidak tersaring secara sempurna saat proses produksi air minum tersebut. Nah, bisa kamu bayangkan berapa banyak bakteri yang ada disana dan bagaimana bahayanya bagi kesehatan kita akibat dari meminum air minum yang tiap hari bercampur dengan gumpalan kotoran tersebut. Ditinjau dari aspek mikrobiologi, air yang sehat tidak mengandung mikroba/patogen penyebab penyakit. Misalnya seperti bakteri E. coli yang dapat menyebabkan Salmonela typhi dan diare yang menyebabkan tipus jika air yang kita minum tercemar oleh kedua bakteri tersebut.

 

Cara Membersihkan Dispenser

Photo via : http://pelitaac.blogspot.co.id

Cobalah untuk rutin membersihkan dispenser air minum setiap dua bulan sekali. Kamu dapat membersihkan dispenser saat air galon sudah abis yang akan mempermudah kamu untuk membersihkannya. Cobalah untuk membaca buku petunjuk dispenser untuk mengetahui bagaimana perawatan dispenser dengan benar. Karena biasanya beberapa jenis dispenser memiliki cara perawatan yang berbeda-beda. Selain itu kamu juga harus rutin membersihkan bagian luar dispenser sesekali dalam seminggu atau ketika kamu mengganti galon air.

Berikut cara membersihkan dispenser :

  1. Matikan terlebih dahulu aliran listrik yang menyambung pada dispenser
  2. Kuras hingga habis air yang terdapat didalam dispenser. Kamu dapat mengurasnya lewat kran dispenser.
  3. Lepas bagian alas tempat tetesan air yang ada di bawah penyaring dan kran
  4. Siapkan air dan karbol (secukupnya)
  5. Anda dapat merendam dahulu filter dan penampung air ke dalam air selama kurang lebih 5 menit
  6. Bersihkan bagian dalam dispenser dengan lap yang sudah dibasahi dengan campuran air dan karbol tadi
  7. Setelah dirasa bersih, cuci dan bilas bagian dalam dispenser hingga karbol didalamnya hilang.
  8. Lap bersih bagian filter dan penampung teresan dengan kain mikrofiber
  9. Setelah semua bagian bersih, kering dan bebas dari karbol, kamu dapat memasang bagian-bagian dispenser kembali.

Demikian tentang bahaya penggunaan dispenser yang tidak dibersihkan dan cara membersihkan dispenser yang benar. Seringlah melakukan strelisasi pada bagian dalam dispenser secara teratur agar bakteri yang ada hilang dan dapat meminimalisir penyebaran bakteri pada air.

Advertisements
Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >