Nggak Bisa Mudik? Aplikasi Silaturahmi Online Ini Solusinya

Aplikasi silaturahmi online

Lebaran tahun ini nggak bisa mudik? Tenang, aplikasi berikut bisa membuat semangat lebaran dan momen silaturahmi dengan keluarga besar maupun rekan di kampung halaman tetap terasa kok!

Seperti yang kita tahu, demi mencegah penyebaran virus Corona lebih meluas di Indonesia, Pemerintah kembali memperbarui larangan untuk mudik lewat surat edaran yang dikeluarkan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Kamis 22 April 2021 lalu. Dalam surat edaran tersebut dijelaskan jika pelarangan mudik diberlakukan mulai tanggal 22 April – 24 Mei 2021.

Dengan larangan tersebut, masyarakat menjadi tidak bisa melakukan mudik ke kampung halaman dan merayakan lebaran dengan keluarga besar di kampung. Kondisi ini membuat Idul Fitri kali ini mungkin akan terasa cukup berjarak. Namun dengan kecangghihan teknologi sekarang ini, munculah istilah baru yaitu Lebaran online. Meski fisik kita tidak bisa bertemu, namun dengan adanya aplikasi video call tentu kita bisa tetap bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman maupun dengan teman-teman kita.

Untuk itu, berikut ini merupakan beberapa aplikasi mobile yang bisa kamu gunakan untuk mendukung lebaran online atau silaturahmi online saat Idul Fitri nanti. So let’s check it out guys!

10 Aplikasi Silaturahmi Online

1. WhatsApp

Aplikasi Silaturahmi Online

photo via neowin.net

Yang pertama ada WhatsApp. Tentu kalian sudah nggak asing dengan aplikasi chatting satu ini. Aplikasi sejuta umat ini bisa kamu gunakan untuk bersilaturahmi dengan keluarga di kampung dengan mudah dan gratis. Kamu bisa mengirim pesan chat hingga melakukan video call dengan 8 orang sekaligus. Kualitas video call nya juga tergolong baik, disesuaikan dengan jaringan yang dipakai. Jadi jika ingin bersilaturahmi dengan keluarga dikampung menggunakan aplikasi WhatsApp tanpa nge-lag, pastikan jaringan internet kamu stabil ya!

2. Zoom

Aplikasi Lebaran Online

photo via rbc.ru

Selain aplikasi sejuta umat WhatsApp, ada juga aplikasi Zoom atau Zoom Meeting. Buat kamu yang melakukan work from home, ataupun belajar online, tentu sudah nggak asing dengan aplikasi ini. Meski dikenal sebagai aplikasi untuk rapat atau meeting, namun aplikasi Zoom juga bisa digunakan sebagai aplikasi silaturahmi online dengan keluarga ataupun kerabat di kampung halaman.

Pasalnya Zoom bisa menampung hingga 100 peserta video call bersamaan untuk versi gratis. Hanya saja ada batasan waktu 40 menit untuk kalian yang bukan pengguna premium. Untuk mendapatkan aplikasi ini juga sangat mudah, cukup download di Play Store untuk pengguna Android atau App Store bagi pengguna iOS. Untuk tampilan yang lebih lebar, Zoom Meeting juga bisa kita pakai di perangkat komputer, silaturahmi online pun bisa jadi lebih memuaskan.

3. Google Meet

Aplikasi Silaturahmi Online

photo via tekdeeps.com

Selain Zoom, Google Meet juga bisa dijadilan alternatif untuk menghubungi keluarga dikampung guna bersilaturahmi dengan mereka. Google Meet sendiri merupakan versi terbaru dari Google Hangouts. Dengan Google Meet kita bisa bertatap muka secara online dengan seluruh keluarga dan kerabat di kampung. Pasalnya Google Meet bisa digunakan gratis, dengan jumlah peserta bisa mencapai hingga 100 orang.

Tak hanya gratis, kamupun bisa menggunakan Google Meet tanpa batas waktu sehingga akan lebih puas ketika bersilaturahmi dengan keluarga besar nanti. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, pastikan kamu memiliki akun email google dan membuat link untuk di share kepada sanak saudara yang akan kita ajak video conference.

4. Skype

Aplikasi Lebaran Online

photo via rnd.de

Aplikasi yang bisa digunakan untuk silaturahmi online selanjutnya adalah Skype. Skype sendiri bisa dibilang merupakan salah satu pelopor aplikasi video conference yang populer digunakan sejak dulu bahkan sebelum WhatsApp mendunia. Skype banyak digunakan karena memiliki layanan Meet Now yang bisa digunakan secara gratis untuk video call. Jumlah peserta yang bisa bergabung hingga 50 orang dengan batasan panggilan empat jam. Aplikasi Skype ini bahkan bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu yang ingin melakukan panggilan video dengan kerabat di luar negeri.

5. LINE

Aplikasi Silaturahmi Online

photo via smartphones.gadgethacks.com

Ada juga aplikasi LINE yang bisa digunakan sebagai alternatif melakukan silaturahmi online dengan keluarga dan kerabat di kampung saat lebaran nanti. LINE sendiri merupakan aplikasi chatting keluaran Negeri Sakura yang lebih populer di kalangan anak muda. Tak jauh berbeda dengan WhatsApp, LINE juga menyediakan fitur untuk video call. Kamu bisa memanfaatkan fitur LINE Group Call untuk kumpul bersama keluarga di kampung secara daring hingga 200 orang secara bersamaan. Menariknya, selain untuk perangkat mobile, kamu juga dapat mengaksesnya dari komputer, dengan laar yag lebih lebar, tentu lebaran online akan menjadi lebih memuaskan meskipun tidak bertemu secara fisik.

6. Google Duo

Aplikasi Lebaran Online

photo via firstpost.com

Bagi pengguna Android, kamu bisa menggunakan aplikasi Google Duo sebagai alternatif untuk melakukan silaturahmi online saat lebaran nanti. Google Duo sangat menguntungkan bagi pengguna smartphone Android, karena merupakan bawaan handphone Android sehingga tidak perlu repot untuk mengunduhnya. Aplikasi ini bisa menampung hingga 12 orang dalam satu waktu percakapan. Selain itu, cara penggunaanya juga mudah dan koneksinya juga stabil dan cepat karena adanya teknologi WebRTC. Aplikasi ini tentu akan cukup mengobati kerinduan kamu untuk berkumpul dengan keluarga di kampung meskipun hanya lewat online.

7. Blue Jeans

Aplikasi Silaturahmi Online

photo via bluejeans.com

BlueJeans merupakan aplikasi konferensi video yang memudahkan komunikasi tim, sehingga akan sangat cocok digunakan untuk membantu silaturahmi online kamu dengan keluarga di kampung. Tiap konferensi video bisa diikuti hingga 50 orang untuk versi gratis, namun jika ingin menambah lebih banyak partisipan, kita harus membuat akun premium dengan biaya tambahan tentunya. Salah satu kelebihan dari aplikasi Blue Jeans ini adalah sangat ringan untuk digunakan pada smartphone dan tablet. Meski begitu, kualitas audio dan videonya sangat baik.

8. Facebook Messenger

Aplikasi Lebaran Online

photo via enter.co

Pengguna Facebook tentu sudah nggak asing dengan Facebook Messenger. Ya, Facebook Messenger merupakan bagian dari Facebook namun terpisah sehingga Facebook dan Facebook Messenger merupakan dua aplikasi yang berbeda. Nah Facebook Messenger ini bisa kamu gunakan sebagai pilihan untuk video call saat silaturahmi lebaran. Aplikasi yang merupakan bagian dari Facebook ini akan memungkinkan pengguna untuk membuat ruang panggilan video call hingga maksimal 50 orang secara gratis dan juga mudah melalui fitur Messenger Rooms. Menariknya, kamu bisa melakukan panggilan video ke sesama pengguna Facebook Messenger secara gratis tanpa batas waktu. Bahkan tak hanya lewat HP, kamu juga bisa melakukan panggilan video melalui laptop atau PC kamu.

9. Instagram

Aplikasi Silaturahmi Online

photo via klgadgetguy.com

Instagram juga bisa menjadi alternatif lain untuk melakukan silaturahmi online dengan keluarga di kampung saat lebaran nanti. Tak hanya sekedar berbagi foto atau memberikan komentar pada foto yang dibagikan. Kamu juga bisa berkirim pesan hingga melakukan obrolan video dengan beberapa orang yang ingin kamu ajak bergabung. Kamu bisa membuat grup obrolan di menu messages, kemudian sentuh ikon video chat. Kamu bahkan bisa mengundang beberapa orang lagi untuk bergabung pada obrolan video kamu.

10. Microsoft Teams

Aplikasi Lebaran Online

photo via microsoft.com

Microsoft Teams mungkin aplikasi video conference yang populer di kalangan pekerja kantoran. Namun aplikasi ini juga bisa menjadi alternatif untuk melakukan silaturahmi online dengan keluarga dan kerabat di kampung halaman. Sesuai namanya, aplikasi video conference satu ini dikembangkan oleh Microsoft, dan merupakan pembaruan dari Skype for Business. Aplikasi Microsoft Teams ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar sehingga bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan.

Kelebihan dari Microsoft Teams adalah telah terintegrasi dengan Microsoft office 365 meliputi Word, Excell, Power Point, OneNote, dan Outlook sehingga partisipan secara bersamaan bisa menggakses dan membagikan file dari Microsoft office 365 saat conference berlangsung. Menariknya, Microsoft Teams dapat dijalankan di platform Windows, Mac, Android, iOS, dan web.

Nah itu dia beberapa aplikasi yang bisa kamu jadikan solusi untuk bersilaturahmi dengan kerluarga dan kerabat di kampung halaman secara online saat lebaran nanti. Meskipun fisik tak dapat bertemu, tentu semangat ramadan tak akan padam dengan adanya aplikasi-aplikasi obrolan online seperti di atas.

Artikel Terkait