10 Binatang Dengan Gigitan Terkuat di Muka Bumi

Dibuat oleh blogunik

Setiap hewan memiliki ciri fisik yang menakjubkan, salah satunya yaitu memiliki gigi yang kuat. Umumnya hewan / binatang dengan gigitan terkuat menggunakan nya sebagai alat untuk berkelahi dan bertahan hidup di alam liar. Selain itu, rahang mereka juga diketahui untuk mempertahankan diri dan makan.

Binatang-binatang yang memiliki gigi kuat ini umumnya berada di posisi teratas dalam rantai makanan. Untuk mengukur seberapa kuat gigitan binatang tersebut, para peneliti telah menggunakan sejumlah metode mulai dari pengukuran langsung hingga pemodelan untuk memperkirakan kekuatan gigitan tersebut, dinyatakan sebagai PSI (satuan tekanan).

Lantas, binatang apa saja itu? Beirkut ini binatang dengan gigitan terkuat di bumi.

1. Hiu Putih – 4,000 PSI

Binatang Dengan Gigitan Terkuat Di Bumi

photo via drhealth.news

Hiu Putih atau hiu putih besar merupakan salah satu binatang laut yang dikenal dengan ukurannya yang besar. Ukurannya sendiri bahkan melampaui 6 meter dan memiliki berat sekitar 2.268 kg. Binatang ini memiliki warna abu-abu kebiruan dengan sedikit warna putih dibagian perutnya. Giginya sendiri berjumlah 300 yang tajamnya tak perlu diragukan lagi, hiu putih ini memiliki kekuatan gigitan hampir 4.000 PSI. Hmmm… tak bisa dibayangkan bagaimana sakitnya jika tiba-tiba menemukan mereka di lautan dan mengigit kita di lautan.

2. Buaya Air Asin – 3,700 PSI

Binatang Dengan Gigitan Terkuat Di Bumi

photo via ichi.pro

Yang paling dihindari manusia ketika bermain di sungai atau di dekat laut yaitu buaya air asin. Jenis buaya terbesar di dunia ini konon katanya pernah memangsa manusia dan babi yang memasuki wilayahnya. Binatang ini bisa kalian temukan di perairan dataran rendah dan didaerah tropis seperti Asia Selatan, Asia Tenggara dan Australia. Untuk panjang tubuhnya sendiri sekitar 4,5 hingga 5,5 meter tapi ada juga yang bisa mencapai panjang 6 meter lho. Bobotnya sendiri bisa mencapai 1000 kg.

3. Kuda Nil – 1,800 PSI

Binatang Dengan Gigitan Terkuat Di Bumi

photo via jutarnji.hr

Siapa yang tidak mengenal hewan terberat dan besar satu ini yaitu kuda nil. Binatang ini memiliki gading yang besar dimana gadingnya ini digunakan untuk mempertahankan diri dari predator. Selain itu mulutnya pun bisa terbuka sekitar 180 derajat dan gigitannya dapat menghancurkan semangka utuh. Dari semua herbivora, kuda nil bisa dikatakan memiliki rahang terkuat. Mereka mampu menggigit buaya setinggi 10 kaki menjadi dua. Binatang yang memiliki tubuh besar yang beratnya bisa mencapai 1,5 hingga 3 ton ini mampu berlari dengan kecepatan 30 km/jam lho dimana kecepatannya ini mengalahkan manusia berlari pada umumnya. Di Afrika sendiri, hewan ini memiliki sifat yang agresif dan dianggap paling berbahaya.

4. Jaguar – 1,500 PSI

Binatang Dengan Gigitan Terkuat Di Bumi

photo via it.aliexpress.com

Binatang ini termasuk kucing terbesar di Amerika dan menjadi binatang dengan gigitan terkuat di bumi. Bahkan gigitannya bisa menembus cangkang kura-kura yang dikenal kuat. Tidak seperti kucing lainnya, jaguar membunuh dengan menggigit tengkorak korbannya. Kucing besar ini dapat memangsa rusa, tapir, rubah dan bisa memangsa ular anaconda.

5. Gorilla – 1,300 PSI

Binatang Dengan Gigitan Terkuat Di Bumi

photo via cutewallpaper.org

Bukan giginya, namun otot leher dan rahangnya yang besar membuat gorila menjadi salah satu binatang dengan gigitan terkuat dalam kerajaan primata. Geraham gorila yang kuat memungkinkannya untuk mengunyah pucuk berat, kulit kayu, kacang-kacangan, umbi-umbian dan makanan berserat lainnya. Gigi taring yang panjang dan tajam pada pria dewasa sebagian hanya untuk pajangan saja.

6. Beruang Kutub – 1,200 PSI

Binatang Dengan Gigitan Terkuat Di Bumi

photo via themoscowtimes.com

Jika diperhatikan beruang sangat menggemaskan, tapi dibalik wajahnya yang menggemaskan mereka masuk kedalam binatang dengan gigitan terkuat. Beruang memiliki gigi yang dirancang untuk memangsa flora dan fauna, mereka juga secara agresif memakan daging. Dari inilah gigitan mereka menjadi sangat baik dan dapat memangsa apa saja yang ditemui di Kutub Utara. Yang mengejutkannya lagi, beruang kutub menjadi satu-satunya mamalia yang aktif berburu manusia. Hebatnya lagi mereka memiliki indra penciuman yang sangat tajam, mereka mampu mencium bau bangka dari jarak 20 mil.

7. Hiena – 1,100 PSI

Binatang Dengan Gigitan Terkuat Di Bumi

photo via quora.com

Hiena merupakan hewan pemburu yang terampil dan mereka bisa melakukan pemburuan sendiri. Memiliki rahang yang kuat mereka mampu mencari bangkai hewan yang ditinggalkan oleh predator lain. Gigi mereka yang serba guna memungkinkan mereka untuk memotong daging dan menghancurkan tulang. Otot rahang heina yang besar dikombinasikan dengan struktur melengkung unik yang melindungi tengkorak dari kekuatan yang dihasilkan oleh gigitan mereka sendiri. Hal ini membuatnya menjadi pemulung yang sangat efisien. Menariknya lagi, ketika kawanan heina turun untuk memburu hampir tidak ada sisa.

8. Harimau Benggala – 1,050 PSI

Binatang Dengan Gigitan Terkuat Di Bumi

photo via goodnewsfromindonesia.id

Diantara kucing besar yang hidup saat ini, harimau benggala menjadi yang terdepan. Memiliki gigi taring terpanjang sekitar 2,5 hingga 3 inci dari semua kucing. Memiliki perawakan yang menakutkan membuat hewan ini memiliki kekuatan untuk memburu. Kekuatan giginya sendiri sekitar 1,050 PSI hampir dua kali lipat kekuatan gigitan dari raja hutan.

9. Beruang grizzly – 975 PSI

Binatang Dengan Gigitan Terkuat Di Bumi

photo via inverse.com

Beruang Grizzly memiliki kemampuan memenggal rusa dengan satu sapuan cakar besar mereka, Beruang coklat yang memiliki tubuh besar ini menjadi salah satu predator puncak di habitat alaminya di Amerika Utara. Meskipun terlihat begitu menggemaskan, jangan coba-coba mendekatinya jika menemukan mereka. Hal ini dikarenakan kekuatan gigitan mereka cukup kuat bahkan mampu menghancurkan bola bowling.

10. Singa – 650 PSI

Binatang Dengan Gigitan Terkuat Di Bumi

photo via thelionroarsonline.co.uk

Awalnya mungkin kalian mengira jika hewan yang memiliki gigitan terkuat adalah singa. Namun singa menempati urutan ke-10 dalam binatang dengan gigitan terkuat di bumi. Hal ini dikarenakan mereka memiliki kekuatan menggigit sekitar 650 PSI. Meskipun begitu, singa tetaplah hewan yang harus dihindari ketika bertemu. Singa termasuk ke dalam golongan pemburu yang berkelompok dan memakan hasil buruannya di tempat yang jauh. Selain itu, singa termasuk hewan yang menjaga daerah kekuasaannya, jadi siapa yang mendekat daerah kekuasaannya akan diserang olehnya.

Itulah beberapa binatang dengan gigitan terkuat di bumi. Meskipun beberapa diantaranya memiliki wajah yang lucu dan menggemaskan, namun siapa sangka mereka memiliki kekuatan yang luar biasa untuk membunuh mangsanya. Kira-kira mana binatang favorit atau yang mewakili karakter kamu?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.